60+ Resep Umpan Ikan Mas Murah Meriah Hasil Melimpah

Bagi seseorang yang hobi memancing biasnyamengetahui berbagai cara pembuatan umpan ikan mas. Karena di saat memancing, kita perlu menggunakan umpan yang di sesuaikan kebutuhan dari ikan tersebut.

Akan tetapi masih da sebagian orang yang belum mengetahui cara pembuatan umpan ikan mas tersebut, meskipun hobi memancing. Dan yang lebih paham dalam pembuatan umpan ikan mas ialah seorang petani ikan mas.

Petani ikan biasanya membuat umpan atau makanan sendiri agar lebih murah dalam mengeluarkan modal dan lebih cepat proses pertumbuhan ikan tersebut. Para pembudidaya mengeluarkan modal sedikit dengan keuntungan berlipat.

Caranya ialah membuat pakan ikan sendiri yang dibuat dengan menggunakan pelet atau dedak yang dicampur dengan telur asin (kuningnya saja). Setelah itu akan diberikan dengan cara ditebarkan ke kolam ikan tersebut setelah diaduk rata.

Nah, cara tersebut bisa cepat mendapatkan ikan mas jika kita gunakan saat memancing ikan di muara atau empang yang terdapat ikan mas. Karena umpan tersebut adalah kebutuhan atau makanan favorit dari ikan mas.

Adapun cara alami yang lebih mudah dan murah lagi selain cara diatas ialah dengan menggunakan pakan keong sawah  yang telah di rebus dan di cincang menjadi kecil-kecil. Setelah itu bisa kita berikan dengan cara di terbarkan ke kolam yang berisi ikan mas.

Dalam waktu sebulan bisa cepat besar dalam proses pertumbuhan tersebut, jika diberikan pakan tersebut setiap hari. Berbeda jika kita hanya mengadnalkan pakan atau umpan yang dibeli di toko-toko penyedia pakan ikan.

Selain itu rangsangan untuk memakan umpan atau pakan yang dapat dibeli di toko-toko akan lama untuk dimakannya, karena memang jenis umpan tersebut kurang terlalu disukainya. Pakan ikan atau umpan yang dibeli di toko, biasanya hanya mengandalkan jenis umpan seperti pellet saja.

Dan setelah kita uji coba memancing dikolam ikan mas yang sama, dengan umpan berbeda, maka yang lebih cepat dimakan ialah umpan alami atau racikan sendiri. Karena sejatinya ikan hanya akan memakan jenis makanan yang lebih alami dibandingkan umpan yang dibeli dari toko.

Terkecuali dalam kolam tersebut memang tidak ada lagi jenis umpan yang alaminya, maka ikan tersebut akan tetap makan umpan yang dari toko. Prosesnyapun pertumbuhannya pun lebih cepat jika memakai umpan atau pakan yang alami.

Adapun cara lainnya dengan menggunakan kroto yang dicampur dengan serbuk kinoy. Jika ingin ditambahkan bisa dengan satu butir telur ikan asin (kuningnya saja). Cara ini lumayan ampuh untuk mendapatkan ikan mas lebih banyak lagi.

Maka dari itu jika kita akan memancing di empang ikan mas, perlu dengan umpan racikan tersebut agar cepat mendapatkan dan lebih banyak lagi hasil yang kita dapatkan dari sebelumnya.

Cara ketiga ialah dengan menghaluskan sarden yang telah dicampur kroto dan 5 tetes essen. Setelah itu di aduk hingga merata dan buat gumpalan-gumpalan berukuran bulat kecil agar bisa di tempelkan ke kail tersebut.

umpan ikan mas

http://essenkilogebrus.com

Umpan Jitu Ikan Mas 

Umpan Jitu Ikan Mas 

http://essenkilogebrus.com

Memancing adalah hiburan yang sering dilakukan banyak orang, namun ada sebagian orang yang memang hobi dengan mancing. Maka disarankan bagi kalian yang hobi memancing dan belum mengetahui umpan jitu untuk mendapatkan ikan mas, maka perlu dengan cara diatas.

Umpan jitu ikan mas hanya diketahui oleh beberapa orang saja. Seperti yang memiliki kolam ikan atau pembudidaya dan seseorang yang hobi dengan memancing. Caranya ialah dengan mengumpulan kroto yang telah dicampur dengan jeroan ayam atau ikan.

Jeroan ayam atau ikan sagat tepat untuk dijadikan umpan ikan mas. Namun ada beberapa tahap dalam menggunakan jeroan tersebut. Tahap pertama ialah dengan mengambil air hangat secukupnya, lalu mengambil satu butir telur (kuningnya saja) yang akan dihaluskan dengan kroto dan dibuat seperti gumpalan bulat-bulat, sesuai ukuran mulut dari ikan tersebut

Biasanya membuat umpan denga meraciknya sendiri, akan dibentuk sesuai ukuran 2 ml, berdasakan mulut dari ikan yang akan menelannya. Dan ukuran tersebut biasa cukup untuk ditelan oleh ikan mas pada umumnya.

Cara selanjutnya ialah menggunakan cacing merah yang terdapat pada sampah yang mengandung tanah humus. Jenis cacing ini sangat disukai banyak ikan termasuk jenis mas. Jenis ikan mas sangat menyukai cacing  merah tersebut karena baunya sangat amis dan baik untuk pertumbuhan ikan mas.

Dan dalam memilih umpan yang baik, harus dalam keadaan segar atau masih alami, seperti lumut, sayuran kol yang di cincang, cacing, kroto, keong dan jeroan ayam. Jika kita rutin memberi pakan seperti itu pada ikan peliharaan, maka sudah bisa dipastikan, hanya membutuhkan satu bulan akan cepat dalam pertumbuhannya.

Dalam membuat umpan juga perlu kita gunakan cara atau trik agar bisa mendaptkan hasil ikan lebih banyak lagi ketika kita memancing di empang atau muara yang terdapat ikan mas. Bagaimana cara menggunakan umpan dengan trik tersebut?.

Triknya adalah menggunakan telur setelah umpan tersebut dikaitkan pada kail. Maka celupkan pada kuning telur yang sudah diaduk dalam wadah, agar bau amisnya semakin terasa bagi ikan yang ada di kolam atau empng tersebut khususnya ikan mas.

Dalam sejarah memancing, hanya satu trik yang lebih mudah dan cepat jika memang kepepet dan susah mencari umpan atau pakan ikan tersebut. Cukup dengan memberikan roti yang kita beli di toko-toko dan di kaitkan pada kail yang akan ditelan oleh ikan.

Cara ini lebih mudah dan menjadi alternatif lain jika sedang kepepet mencari pakan, maka perlu menggunakan trik tersebut yang menggunakan umpan seadanya. Dan jika ada satu butir telur, maka akan lebih terrangsang lagi jika dicelupkan kedalam kuning telur yang sudah di aduk dalam wadah.

Umpan Mancing Ikan Mas Lomba

Umpan Mancing Ikan Mas Lomba

https://www.infoikan.com

 

Memancing adalah salah satu hiburan yang memang bisa menghilangkan rasa jenuh disaat libur. Namun kebiasaan yang sering terjadi dan menjadi kendala banyak orang ialah mengenai cara pemilihan umpan yang kurang tepat.

Umpan yang lebih tepat ialah dengan menggunakan atau membuat racikan sendiri. Berbeda dengan umpan yang dibeli pada toko penyedia pakan ikan. Semua itu hanya sekedar makanan kedua atau pilihan makanan jika tidak ada makanan utama, barulah ikan tersebut memakan pakan yang dibeli pada toko tersebut.

Padahal dalam membuat umpan ikan mas tidaklah sulit dan cukup dengan mengeluarkan modal yang sedikit namun akan menghasilkan ikan yang banyak. Dan perlu memperhatikan juga area-area yang sering di tempati ikan mas pada kolam ataupun empang.

Ikan mas biasanya memilih tinggal di tengah-tengah perairan, karena memang ikan jenis ini tidak terlalu kuat jika berada di pesisir atau pinggir muara/kolam tersebut. Berbeda dengan jenis ikan lele yang bisa hidup diperairan sedikit seperi di pinggir-pinggir yang kedalaman airnya berapa cm saja.

Berikut ini penjelasan tentang umpan yang diperlukan saat memancing ikan mas agar cepat mendapatkannya lebih banyak lagi. Terlebih jika kita mengikuti lomba memancing ikan mas dan yang mendapatkan lebih banyak maka ia akan jadi juaranya.

Dengan begitu perlu anda gunakan umpan racikan, agar ikan mas tersebut mudah didapatkan, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Siapkan air hangat secukupnya dalam wadah
  2. Siapkan deho satu bungkus
  3. Masukan paikin biru
  4. Siapkan telur bebek tiga butir dan diambil kuningnya saja
  5. Susu bubuk Dancow satu sachet
  6. Kroto sebanyak tiga sendok makan
  7. Aduk hingga merata dan halus
  8. Kukuslah adonan tersebut hingga 15 menit
  9. Tunggu 20 menit agar meresap dan kering
  10. Buatlah bulat-bulatan kecil sebanyak mungkin dan harus disesuaikan dengan kail yang kita pakai.

Begitulah cara dan trik membuat umpan ikan mas yang lebih cepat dan murah. Jika anda sedang berlibur dan mengikuti kegiatan lomba memancing, maka cobalah dengan umpan racikan yang telah dijelaskan diatas.

Maka dalam waktu beberapa menit saja, anda akan mendapatkan ikan mas dengan cepat dan tanpa harus menunggunya lebih lama lagi. Karena dengan  umpan racikan tersebut sudah mencantumkan beberapa kebutuhan dari ikan mas tersebut atau dengan kata lain makanan favoritnya.

Sudah bisa dipastikan akan menang dalam kegiatan perlombaan tersebut. Karena anda membuat umpan racikan yang memang belum banyak diketahui orang dalam membuat pakan yang baik sesuai keinginan atau kebutuhan ikan tersebut.

Ketika anda memancing di dalam kolam pemancingan, pastikan anda membawa alat pancing yang banyak dan kuat jika menarik ikan yang ukurannya lebih besar, karena umpan ini akan dimakan secara berebut oleh ikan-ikan mas berukuran besar dan kecil.

Dan jangan lupa untuk mengambil posisi di tengah-tengah, karena ikan mas lebih senang di kedalaman air yang tenang. Maka dari itu perlu dengan benang yang panjang, agar bisa mencapai tepat pada tengah-tengah kolam tersebut.

Seseorang yang hobi memancingpun tidak semuanya mengetahui cara membuat umpan tersebut agar cepat dimakan ikan, karena cara pembuatan umpan seperti ini biasanya dilakukan oleh petani ikan yang membudidayakan ikan mas agar cepat dalam pertumbuhannya.

Petani ikan membuat jenis umpan ini hanya untuk sendiri dan tidak diketahui banyak orang, karena jika diberitahu, maka para peserta lomba yang ikut memancing di kolamnya, akan mendapatkan ikan lebih banyak, dan tentunya akan membuat pemilik kolam tersebut menjadi rugi.

Seorang petani biasanya jika sudah melakukan panen, maka dia akan melakukan perlombaan yang mendapatkan lebih banyak akan menjadi juaranya. Namun pemilik kolampun tidak mau ambil resiko atau rugi dengan menyediakan ikan banyak dalam kolam tersebut.

Semua ikan yang di jadikan perlombaan tersebut adalah ikan sisa dari panen yang ukurannya hanya rata-rata saja. Sedangka untuk ukuran yang lebih besarnya hanya ditinggal beberapa saja di dalam kolam tersebut.

Demikian sudah artikel ini saya buat agar menjadi info yang akan membuat kalian lebih berpengalaman dan pengetahuan tentang cara dan trik membuat umpan yang baik dan benar ialah kurang lebih seperti yang dijelaskan diatas.

Jika ada salah kata atau penulisan, harap memakluminya. Dan saran atau masukannya sangat dibutuhkan untuk melengkapi serta menyempurnakan artikel ini, agar lebih sempurna. Akan tetapi kesempurnaan hanya milik Allah semata. Bukan begitu sob.hehehehe

Leave a Reply