10+ Cara Cepat Ternak Burung Kicau yang Lagi Populer

Bagi para kicau mania buat menjadi ternak burung murai, cara membuat kandang buat ternak burung murai tidak begitu sulit dan sangat mudah. Tidak ada cara spesial dalam membuat kandang, biasanya yang sangat perlu diamati ialah kandang harus mudah saat anda akan membersihkan kandang, dan menerapkan saja dengan kebutuhan atau tempat yang anda miliki.

Baca juga : lovebird batman

Apabila anda ingin ternak burung kacer, namun menerapkan dengan kebutuhan kandang ternak burung kacer tersebut, supaya bisa dipakai buat ternak burung lovebird dan bisa bermanfaat buat pembudidayaan burung maupun  buat penangkaran.

Cara Membuat Kandang Ternak Burung

Cara Membuat Kandang Ternak Burung

http://burungkicaubali.blogspot.com

Sebelum membikin kandang ternak burung kenari cermati dulu lingkungan kandang tersebut, usahakan lingkungan sekitar tempat kandang ternak burung kenari supaya nyaman, aman dari para pemangsa, berlokasi di tempat yang tidak terlalu berisik, dan mempunyai perputaran udara yang bagus buat ternak burung kenari dan bisa terkena cahaya matahari yang lebih cukup.

Kita juga harus menghindari lingkungan yang basah dan lembab, sebab dapat mengganggu buat kesehatan ternak burung jalak suren nantinya. Tapi jangan memakai atap seng pada kandang ternak sebab bisa membuat sangat panas saat panasnya matahari.

Dan apabila hujan deras suara air jatuh sangat begitu berisik. Pilihlah atap asbes yang suaranya tidak terlalu berisik atau mengganggu pada utamanya saat hujan dan tetap nyaman saat terkena matahari panas.

Tentukan ukuran kandang ternak burung jalak suren dengan lahan yang anda miliki serta jumlah ternak burung jalak suren yang akan anda peternakan. Pada umumnya ukuran kandang ukurannya rata-rata 100 cm x 100 cm x 200 cm ini adalah ukuran kandang ideal buat penangkaran.

Anda sekarang membuat kandang memakai tembok batu bata atau batako pada posisi belakang, kiri, dan kanan. Tidak menutup karena juga anda bisa memakai sekat berupa triplek buat bagian kiri dan kanan atau hanya memakai kawat saja.

Baca juga : burung langka

Pada atap kandang lebih baiknya di kasih atap tertutup dan sebagian diberikan penutup kawat strimin ukuran kecil 100 x 25 cm yang berguna supaya sinar matahari masuk kedalam.

Kemudian jangan lupa untuk memberikan wadah air sebagai tempat mandi yang diletakkan di lantai (keramba). di bagian belakang,anda kasih papan seperti rak buat menaruh wadah pakan yang biasa buat pakan burung.

Selanjutnya, kasih juga buat tempat tangkringan busa berupa kayu atau ranting. Kemudian, Anda bisa menaruh sarang di bagian belakang. Sarang burung bisa dibuat  dari kayu atau papan bermotif kotak.

Kemudian Juga membuat dari bambu yang diameternya besar, Selain itu, anda juga membuat sarang guna pencegahan semut datang yang bentuknya seperti tiang bendera dan lalu di ujungnya di kasih wadah atau sarang.

Di bagian bawah, sebaiknya memakai kaleng yang diisi semen atau beton dan lalu di kasih oli secukupnya supaya menghindari adanya semut datang

Susunan kandang ternak bisa dibikin bersusun sedemikaan rupa, misalnya 2 atau 3 tingkat lalu digeser ke kiri atau ke kanan sesuai dengan kebutuhan anda. Bagian lantai, sebaiknya menggunakan sesuatu yang sangat mudah dibersihkan contohnya seman dan plat baja.

Pintu kandang ternak, anda bisa membuat lebih dari 1 pintu, misalnya 2 pintu buat memudahkan anda membersihkan kandang dan buat mengganti pakan dan minuman.

Kandang Ternak Burung Kicau dan lain-lain

Kandang Ternak Burung Kicau dan lain-lain

https://www.jalaksuren.net/

Biasanya kandang buat ternak burung lovebird sangat mirip ada modelnya koloni dan model buat perjodohan,  kandang ternak burung lovebird banyak tersedia di toko toko pakan burung atau bird shop.

Kandang Ternak Koloni

Kandang Ternak Koloni

http://www.petanisukses.com

Kandang ternak koloni menggunakan ternak burung parkit biasa yang juga sebenarnya bisa digunakan buat ternak burung kicau. Tapi anda sedikit kaget namun, sudah banyak peternak yang menggunakan sangkar yang digantung sebagai tempat ternak burung parkit minimal harus 50 x 50 x 60 cm.

Baca juga : gambar burung

Bisa juga anda memakai atau menerapkan yang berbentuk lingkaran sebaliknya berdiameter 50 cm.

Demikian lah cara yang harus dicermati saat membuat kandang buat ternak burung pleci, cara tersebut tidak harus menjadi acuan, kalau bisa cari cara yang menurut anda sangat mudah ialah dengan selalu uji coba. Soal hasil dan perawatan, mungkin memakai kandang ternak burung pleci yang berbentuk nyaman buat ternak burung.

Leave a Reply