Sejarah Bulu Tangkis Dan Penjelasannya Yang Cepat Di Mengerti

cara bermain bulu tangkis

Sejarah Bulu Tangkis adalah jenis olah raga yang di mainkan dengan kok dan raket, bulu tangkis berkembang di Negara Mesir pada tahun 2000 tahun yang lalu bisa juga di sebut di India dan Republik Rakyat Tiongkok.

Nenek moyang terdiri dan di prediksikan adalah sebuah permainan Tionghoa, Jianzi juga melibatkan yang digunakan kok dan tanpa raket. Berevolusi permainanya di rubah pakai kaki. Permainan ini ialah mencegah kok supaya tidak jatuh ke tanah agar tidak menggunakan tangan.

Di inggris pada zaman pertengahan, anak anak yang bermain disebut, Battledores dan Shuttlecocks dan sangat terkenal. Anak anak pada masa itu alat yang di gunakan menggunakan dayung atau tongkat (Batlledores) dan di siasati bersama supaya menjaga kok agar masih di udara dan mencegah supaya tidak menyentuk ke tanah.

Terkenal atau tenar juga pada suasana setiap hari di jalanan London pada tahun 1854 saat majalah Punch memberitakan kartun ini. Warga Inggris mengirimkan permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Tionghoa dan Siam (Thailand) dan mereka menjajahkan Asia. Dan kemudian dengan serentak menjadi permainan anak anak di Negara setempat.

Penemu Bulu Tangkis

Penemu Bulu Tangkis

https://blogpenemu.blogspot.co.id

Para tentara mengirim permainan itu ke Inggris kembali pada 1850-an. Olah raga ini mempunyai nama yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt, Seorang penyalur permainan Inggris diberi judul “ Badminton Battledore – a new game “ (“Battledore bulu tangkis – adalah permainan baru”).

Ini menggambarkan permainan adalah di Gedung Badminton (Badminton House) estat Duke of Beaufort’s di Gloucestershire, Inggris. Sistem peraturan yang utama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Persatuan bulu tangkis inggris dibentuk pada 1893 dan dapat kejuaraan internasional berawal berujuk-gigi pada awal tahun 1899 di kejuaraan All England.

Bulu tangkis ialah sebuah olah raga terkenal di dunia, yang paling utama di Negara Asia Timur dan Tenggara, pada saat ini mengklaim olah raga ini, dan di Negara Negara yang ada di skandianavia

Pengertian Bulu Tangkis

Pengertian Bulu Tangkis

https://afifbenzumaen.com

Pengertian bulu tangkis / badminton ialah salah satu olah raga yang di mainkan memakai alat raket dan shuttlecock (bulu) memkai cara pukul atau tangkis shuttlecock supaya tidak bisa jatuh ke tanah atau wilayah sendiri. Dan inilah yang bisa menjadikan penanaman olah raga badminton adalah permianan bulu tangkis.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

https://perpustakaan.id

  • Panjang lapangan = 13,40 meter
  • Lebar lapangan = 6,10 meter
  • Jarak antara garis net sampai garis servis = 1,98 meter
  • Jarak antara garis servis bagian tengah dan garis samping lapangan = 3,50 meter
  • Jarak antara garis servis bagian belakang (untuk permainan ganda ) pada garis bagian belakang lapangan = 0,76 meter
  • Jarak antara bagian garis samping pada pertandingan tunggal dan garis bagian pinggir lapangan = 0,46 meter
  • Tinggi bagian ting net = 1,55 meter
  • Tinggi bagian net = 1,55 meter

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar BFW Pada Kategori Tunggal Putra dan Putri

  • Panjang lapangan = 13,40 meter
  • Panjang lapangan = 4,72 meter
  • Lebar lapangan = 5,18 meter
  • Lebar lapangan pertandingan penerima servis = 2,59 meter

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar BWF Pada Kategori Ganda Putra, Putri Dan Campuran

  • Panjang lapangan = 13.40 meter
  • Lebar lapangan = 6,10 meter
  • Panjang lapangan permainan penerima servis = 3,96 meter
  • Lebar lapangan permainan penerima servis = 3,05 meter

Bentuk rupa dari peraturan tentang  pada ukuran lapangan bulu tangkis adalah salah satu ketentuan yang sudah di sepakati pada Nasional dan Internasional. Akhirnya pa da tiap kali ada pertandingan secara lokal, nasional hingga internasional  juga sama.

Selanjutnya pada kok atau shuttleckoknya dan raket sudah di dukung pda macam macam piliha yang sesuai standar. Tapi ada dua pokok persiapan pertandingan ini  seperti biasa telah di tetapkan pada kelayakannya.

Pada awalnya raket yang kuat dan kekar tapi ringan supaya tangkisan kok bisa mudah dan tidi bisa memberatkan jarak tangan. Kita juga bisa belajar bersama teman karena pertandingan ini relative mudah dan berakhir apa bila telah mencapai skor 21 point.

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Teknik Dasar Bulu Tangkis

http://nysnmedia.com

Teknik Memegang Raket

Teknik Memegang Raket

https://twitter.com

Pada sebuah pertandingan bulu tangkis ada berbagai macam cara untuk memegang raket. Pada masalah ini akan membahas 4 cara memegang raket pertandingan bulu tangkis. Dan berikut ini adalah carannya :

  • Fore Hand Grip

Cara Fore Hand ialah cara memukul depan yang mengayunkan sebuah raket dengan cara Fore Hand.

  1. Posisikan kepala Raket menyamping
  2. Peganglah raket seperti layaknya sedang melakukan bersalaman pada orang lain.
  3. Diantara telunjuk dan ibu jari terdapat jarak bisa membentuk huruf V
  4. Pada jari yang lain (jari kelingking, manis, dan tengah) memegang raket
  • Back hand Grip

Cara Bak Hand Grip Pada pertandingan bulu tangkis semuanya sama cara memegang Fore Hand. Hanya saja ada yang sedikit berbeda pada posisi ibu jari dan telunjuk akan lebih dekat. Dan ini adalah tata cara atau teknik memegang raket teknik Back Hand :

  1. Letakkan kepala raket menyamping
  2. Letakan juga ibu jari pada ke empat jari lainya agak terpisah
  3. Pada ke empat jari lainnya (jari telunjuk, tengah, manis, dan kelingking) memegang raket
  • Combination Grip

Cara Combination Grip ialah perkumpulan pada semua teknik Fore hand Grip dan Back hand Grip. Cara Combination Grip adalah memiliki ke beruntungan sangat mudah dalam megadaptasikan arah tibanya bola/kok. Inilah  cara memegang raket dan teknik Combination Grip :

  1. Letakkan raket pada Posisi miring/menyamping
  2. Posisikan Jari telunjuk mengarah pada daun raket
  3. Ke empat jari yang lainnya (jari jempol, tengah, manis, dan kelingking) memegang kuat
  • American Grip

Cara ini memegang  lebih nyaman saat  melakukan pukulan smash, dan lebih utamanya pada bola /kok lebih baik  posisinya di depan net. Bukan karena itu juga, cara ini di pakai atau untuk di utamakan para pemain. Dan akhinya pemain tersebut melakukan laju bola ke sebelah kanan ataupun kekiri net dengan mudah.

Kita juga harus mengetahui  bahwa cara ini bisa mempunyai kelemahan. Ialah jika bola pada posisi sebelah kanan ataupun sebelah kiri pemain, bisa juga yang di lakukan pada pukulan Back Hand. Cara melalukan teknik American Grip sangatlah mudah. Letakanlah posisi seperti memegang sebuah alat pengebas kasur.

Cara Bermain Bulu Tangkis

cara bermain bulu tangkis

http://sukanuntukbelia97.blogspot.co.id

Permainan bulu tangkis tidak seharusnya di kuasi para pemain bulu tangkis  yang professional. Seluruh masyarakat yang pemula saja juga memiliki ketrampilan dalam bermain bulu tangkis. Mungkin bagi para pemula yang hanya ingin bermain bulu tangkis, kalian kalian juga bisa mengetahui dasar teknik bermain bulu tangkis dengan baik.

Mungkin anda akan mempelajari pelatihan lebih hebat dalam hidup ini. Saya tidak akan tahu hidup kita kedepannya, walaupun kita berlatih rutin setiap waktu, dan kita bisa hebat pada permainan bulu tangkis, kita tidak tahu bahwa permainan bulu tangkis adalah karir anda di dunia olah raga. Makanya jangan membuang waktu latihan anda.

Dan ini adalah cara memberikan latihan yang paing tepat dan baik, sebagai berikut :

  • Cara memegang raket dengan teknik dasar yang baik anda harus saling mengetahui pada permainan bulu tangkis. Supaya kualitas kemampuan pemain adalah di pengaruhi strategi atau cara dalam menggenggam raket.
  • Atur sikap dan posisi tubuh anda pada posisi ini para pemain juga harus menentukan kualitas bermain bulu tangkis, dan anda harus siap menerima datangnya bola dari arah sang lawan. Para pemain harus benar benar mengatur dan perhatikan langkah langkah atau posisi agar tidak mudah tertipu oleh lawan.
  • Atur posisi badan bertumpu pada kedua kaki kanan dan kiri (hal ini wajib saat posisi menyerang atau bertahan
  • Tekuk atau lengkungkan pada kedua lutut lalu berdiri dengan ujung kaki sampai pinggang hingga pada posisi tegak.
  • Kedua kaki harus terbuka selebar bahu pada posisi sejajar atau salah satu kaki berada di posisi depan.
  • Lalu salah satu lengan siku tidak menggenggam raket pada posisi di samping badan, supaya tangan yang lain menggenggam raket bebas gerak.
  • Footwork adalah langkah kaki yang pas dan yang paling utama untuk dapat menghasilkan satu pukulan yang sangat keras untuk menipu lawan. Kelincahan langkah kaki kita di support posisi yang pas. Sehingga mendapatkan hasil pukulan yang sangat baik dan optimal.
  • Service adalah cara umum dan menjadi 3 bagian yaitu servie pendek, jauh, dan tinggi. Kita juga harus mengetahui service permainan dalam bulu tangkis adalah modal utama para pemain dalam meraih point.
  • Pukulan adalah salah satu jenis pukulan yang sering di gunakan dalam pertandingan bulu tangkis atau badminton. Cara seperti pukulan menggunakan teknik forehand dan di lakukakan pada posisi di ayunkan badan dari arah belakang bergerak mengarah pada bagian depan raket. Dan pada saat posisi telapak tangan mengarah ke shuttlecock. Meskipun ritail atau cara menggunakan pukulan  pada teknik forehand sebagai berikut.
  • Genggam raket dengan cara menggenggam raket teknik forehand
  • Pada posisi kaki sebelah kanan dan kiri menyilang (kaki kanan di bagian belakang dan kaki kiri pada posisi depan)
  • Lalu miringkan posisi badan kita kea rah sebelah kanan
  • Terus pukul Shuttlecock lalu mengayunkan bahu pada posisi ke depan
  • Biarkan tangan kita bergerak terus ke arah bawah
  • Saat anda ingin menggunakan pukulan clear, harus memukul shuttlecock sekenceng mungkin

Perwasitan Bulu Tangkis

Perwasitan Bulu Tangkis

https://aturanpermainan.blogspot.co.id

Terkadang terjadi dalam suatu kompetisi para pemain atau atlet terasa di rugikan oleh wasit atau petugas lapangan, intinya kepada wasit yang mengatur permainan atau hakim garis kemungkinan mengganggu fokusnya dan di anggap sebagai dari penyebab kekalahanya para pemain, atau sering kali pemain berhenti bermain dari lapangan ketika permainan belum selesai.

Apa yang terjadi di pertandingan tersebut adalah salah satu bukti bahwa adanya petugas lapangan (wasit, hakim servis, dan hakim garis) memiliki kedudukan yang besar dalam suksesan pada kompetisi. Untuk menghindari kejadian di atas, para wasit mengawasi poin poin diantarannya :

  1. Kita harus mengendalikan permainan
  2. Berpenampilan yang harus tegas dan mantap
  3. Berwibawa dan kita harus memiliki harga diri
  4.  Berpandangan netral dan tidak berpihak salah seorang pemain dan menjadi penengah
  5. Tidak bisa di pengaruhi oleh pemain dan penonton
  6. Berbicara yang keras dan  terdengar jelas untuk setiap kalimat yang di ucapkan
  7. Selalu merespon dan mempunyai inisiatif ketika mengambil keputusan, khususnya apa bila terjadi kasus saat berjalannya pertandingan yan sedang di pimpin.
  8. Memiliki pengetahuan bulu tangkis yang luas
  9. Selagi dapat mengikuti kelanjutan di dunia bulu tangkis, khususnya bila tarjadi  update peraturan
  10. Supaya menjaga dan mengembangkan kualitas perwasitan

Peraturan Bulu Tangkis

Peraturan Bulu Tangkis

https://sportourism.id

Peraturan Bulu Tangkis / Badminton – Lapangan

Lapangan bulu tangkis ini berhubung tak ada lapangan olah raga bulu tangkis ini tidak mungkin dilakukan untuk pertandingan ini, lapangan bulu tangkis bentukny persegi 4 dengan panjang 13, 40 meter dan lebar 6,10 meter dibatasi oleh garis dan lebarnya 40 mm. Garisnnya terbilang harus bisa di lihat dengan warna putih,

Lapangan bulu tangkis mempunyai wilayah servis pada tiap sisi lapangannya (bagian kiri dan kanan) oleh sebob itu servis pada pertandingan bulu tangkis di laksanak dengan cara menyimpang dari kiri dan kanan pada pertandingan partai tunggal dan ganda mempunyai wilayah servis yang berbeda, dan apa bila bola kok jatuh di luar wilayah lapangan maka point untuk lawan.

Pada posisi servis yang akan di mulai harus di pastikan dahulu dari jumlah point yang telah di miliki oleh para pemain yang melakukan servis. Posisi servis di bagian kanan juga bisa mainkan pada saat point genap dan di bagian sebelah kiri pada jumlah point ganjil. Posisi pada bagian kanan bisa di pakai pada saat point nol.

Pada bagian set pertama dan pasangan yang menggunak servis bermainya dengan cara di undi. Dan pada bagian bagian set berikutnya di pastikan oleh dasar pemain dan pasangan apa bila mana ada yang menang pada bagian set berikutnya.

Peraturan Bulu Tangkis / Badminton – Sistem Pindah Bola

Peraturan sistem pindah bola ialah sistem yang sudah berjalan sejak lama sebelum adanya reli point, untuk peraturan ini harus dipastikan terlebihnya dahulu pada para pemain dari tiap pasangan yang akan di lakukannya servis lebih dahulu ini harus di pastikan pad set set yang di mainkan.

Banyaknya point genap atau ganjil akan memastikan pemain yang harus melakukan servis, pada pertandingan bulu tangkissetiap pasangan pemain harus mempunyai dua kali kesempatan melakukan servis sebelum pindahnya bola tetapi pada saat saat awal permainan tidak bisa memiliki kesempatan yang kedua kalinya.

Saat pindahnya bola servis awal dilakukannya oleh para pemain yang berada di bagian sebelah kanan bukan pada pemain yang melakukan servis pertama pada awalnya pertandingan bulu tangkis.

Peraturan Bulu Tangkis / Badminton – Sistem Reli Point

Lebih berbeda lagi pertandingan yang melakukan sistem pindah bola sistem reli point ini pada pasangan hanya boleh melakukan satu kali kesempatan servis jadi tidak boleh ada servis yang kedua.

Bahkan pada posisi servis ini dipastikan oleh point yang akan di raih dan di dapatkan oleh setiap para pasangan maka posisi point genap harus dilakukan di bagian sebelah kanan dan jika ganjil harus di lakukan di bagian sebelah kiri wilayah servis, para pemain yang sama harus terus di lakukannya servis sampai point selanjutnya yang di dapat oleh lawan.

Peraturan Bulu Tangkis / Badminton – Sistem Perhitungan Point

Pada bagian sistem perhitungan point yang saat ini di pakai sejak mei 2006 ialah menggunakan peraturan Reli Point yaitu 3 X 21. Para pasangan tersebut apabila menjadi pemenang harus memenangkan dua set.

Peraturan perhitungan poin permainan bulu tangkis banyak mengalami perubahan, pada bagian peraturan perhitungan klasik pindah bola 15 point hingga peraturan yang paling baru, peraturan reli point 21.

Leave a Reply