100+ Kumpulan Rumah Adat Bali Unik Dengan Penjelasannya Terlengkap

Angkul-Angkul

Indonesia merupakan sebuah negara yang bermacam-macam adat dan budaya, seperti yang kita ketahui, bahwa setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing dari setiap suku dan rasnya. Salah satunya rumah adat bali yang ada di Indonesia.

Beragam adat dan budaya menjadi keindahan tersendiri dalam berbangsa dan bernegara. Namun dari setiap perbedaan bukan menjadi penghalang untuk kita saling menyatukan kesatuan negeara republik Indonesia.

Salah satu contohnya ialah rumah adat Bali. Rumah ini sangat unik jika kita lihat dan perhatikan. Karena tidak semua daerah memiliki jenis rumah ini. Hanya ada di wilayah Bali dan sekitarnya yang sering membangun rumah semacam ini.

Banyak pujian yang membanjiri karya dari rumah adat Bali ini. Karena rumah ini lain daripada yang lain, atau berbeda pada umumnya. Semua itu menjadi karya seni dari sebuah garapan rumah adat Bali.

Bali menjadi sebuah pulau yang kaya dengan karya seninya. Nilai budayanya sangat disukai banyak orang. Tradisi wilayah Bali ini juga berbeda pada umumnya penduduk Indonesia.

Siapa yang tidak kenal Bali?. Bali menjadi tempat wisata no 1 setelah Jogja. Meskipun memang saat ini sudah banyak tempat-tempat wisata baru dengan beragam keindahan. Akan tetapi Bali tetap jadi sorotan utama untuk orang yang ingin berlibur.

Selain itu bali juga dikenal dengan sebutan pulau Dewata. Bali ini salah satu daerah yang memiliki rumah adat dengan nilai kesenian tinggi. Pasalnya rumah adat ini biasanya memakai desain dan arsitektur yang mewah.

Gambar & Nama Rumah Adat Bali

Gambar & Nama Rumah Adat Bali

https://adatindonesia.com

Untuk membuat atau membangun rumah adat Bali. Pastinya dibuat dengan tenaga ahli atau arsitek khusus. Karena tidak semua arsitek bisa membuat rumah tersebut. Hanya orang-orang tertentu yang bisa membangun rumah adat ini.

Dalam membangun rumah adat Bali ini biasanya berpedoman pada Asta Kosala Kosali, yang memang menganut dan menjunjung tinggi. Maka dari situlah nilai kemewahan tetap terlihat, meskipun masih dalam bentuk tradisional.

Contoh gambar dari rumah adat Bali ini bisa anda download di mbah google.Bermacam-macam bentuk dan modelnya. Namun tetap menjunjung tinggi nilai adat Bali, maka dari itu konsep tersebut masih dalam bentuk tradisional.

Bentuk dan Struktur Bangunan Rumah Adat Bali

Bentuk dan Struktur Bangunan Rumah Adat Bali

https://www.senibudayaku.com

Semua orang mengetahui bahwa Bali adalah Pulau yang memiliki sejuta keindahan seni dan budaya. Selain itu banyak juga tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi turis luar negeri dan dalam negeri.

Begitu pun dengan keindahan rumah adatnya yang dikagumi banyak orang karena masyarakat Bali dikenal sebagai penduduk yang mengutamakan adat serta budaya, sehingga tidak akan pernah hilang dimakan zaman.

Banyak yang mengagumi masyarakat Bali, karena mayoritas disana lebih menjunjung tinggi nilai adat. Hinga adat dan budaya tersebut menjadi kesenian dan hiburan oleh semua orang, karena kagum dan tertarik akan semua seninya.

Mengenai bangunan adat Bali ini, biasanya dibuat dengan kualitas serba bagus dan yang tentunya mahal. Namun itu hanya seberapa orang saja yang merasa mampu untuk membuat rumah dengan harga mahal.

Berbeda dengan masyarakat biasa, yang hanya membeli kayu dengan harga termurah. Membuat tembokpun dengan menggunakan speci. Dan atap sendiri memakai daun llontar ataupun ijuk.

Akan tetapi dengan perkembangan zaman, ada sebagian dari mereka membangun rumah dengan menggunakan campuran semen dan batu bata, Meski demikian, nilai-nilai adat dan budayanya sangat dijunjung tinggi.

Angkul-Angkul

Angkul-Angkul

https://putradewataarchitect.wordpress.com

Dalam membuat rumah adat Bali biasanya yang pertama kali dibangun ialah angkul-angkul. Atau yang lebih kita kenal alah sebagai gapura. Angkul-angkul ini bangunan atau ditaruh paling depan, maka bangunan inilah yang pertama kali kita lihat.

Setiap rumah adat pasti ada bangunan seperti ini. Bangunan seperti ini dijadikan pintu utama dalam sebuah rumah adat yang berupa gapura. Keunikan ini berada pada atap artistik dan dengan model yang sangat tradisional, sehingga mirip sekali dengan candi.

Dan dibangun pada kanan kiri sehingga menyerupai bangunan candi. Maka dari itu banyak wisatawan yang berfoto di depan pintu gerbang tersebut. Karena dari situ saja orang sudah bisa mengenali, bahwa kita sedang berada di Bali.

Begitu sangat terkenalnya keindahan kota Bali ini, sehingga banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk berfoto-foto di setiap momen-momennya. Itulah keindahan dari Pulau Dewata.

Baru satu yang kita bahas yaitu rumah adat Bali. Masih banyak lagi yang belum kita bahas tentang keindahan Bali di setiap daerah dan ingkungannya. Seperti pantai Kute yang dikenal sangat indah, sehingga banyak turis yang berwisata di Bali.

Aling-Aling

Aling-Aling

http://balibangol.blogspot.com

Aling-aling adalah bangunan kedua setelah melewati pintu gerbang tersebut. Jika kita memasuki pintu gerbang, maka aka nada bangunan kecil layaknya pos jaga yang terletak di halaman depan rumah.

Bangunan itu biasanya dibuat untuk melakukan kegiatan membuat kesenian dan beberapa arca yang sering dijadikan sebuah koleksi tersendiri. Dan adapula kerajinan tangan tersebut yang dijual sesuai pesanan.

Hampir semua orang di daerah Bali membuat aling-aling untuk banyak kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Seperti melakukan kesenian dan kerajinan tangan lainnya yang menjadi kegiatan mereka sehari-hari.

Selain membahas bangunan tersebut untuk aktivitas tersebut. Aling-aling juga terdapat penyeker. Nah penyeker tersebut berfungsi sebagai pembatas dari aura negative dan positif dari lingkungan setempat.

Pamerajan atau Pura Keluarga

Pamerajan atau Pura Keluarga

http://wayansuyasahanura.com

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa mayoritas dari masyarakat Bali ialah beragama Hindu. Maka disana banyak yang membangun Pemerajan atau Pura Keluarga, yang fungsinya digunakan sebagai tempat beribadah.

Penempatan bangunan ini biasanya ditaruh pada pojok rumah yang tepatnya di sebelah timur laut. Kegiatan ini sering dilakukan dibangunan tersebut setiap hari, seperti sembahyang dan berdoa.

Jadi bangunan tersebut adalah yang sakral karena dipakai untuk kegiatan peribadatan oleh keluarga dan atau umum, seperti upacara adat setempat yang diikuti sekelompok masyarakat untuk kegiatan suci.

Bale Meten atau Bale Daja

Bale Meten atau Bale Daja

http://myseniindonesia.blogspot.com/

Bale Menten merupakan suatu tempat atau ruangan yang sering dipakai oleh kepala keluarga atau anak gadis. Kebiasaan dari penduduk Bali melakukannya seperti itu, sejak dari dulu hingga sekarang.

Bale Menten ini merupakan tempat tidur yang di khususkan anak gadis atau kepala keluarga. Untuk membangunnya juga di arahkan ke utara. Adpaun nama lain dari Bale Mente ini disebut sebagai Bale Deja.

Bale Dauh atau Bale Tiang Sanga

Bale Dauh atau Bale Tiang Sanga

http://www.balisemara.com

Beragam kesenian tradisional dan kebiasan penduduk Bali memang terkenal sangat unik dan mengundang banyak perhatian warga. Karena nilai adat dan budayanya sangat dijunjung tinggi oleh penduduk setempat.

Seperti yang satu ini ialah Bale Dauh atau Bale Tiang Sanga. Bale Dauh atau Tiang Sanga ini adalah sebutan dari penduduk Bali yang memiliki makna bangunan. Sedangkan yang dimaksud dengan Tiang Sanga ialah memiliki 9 tiang.

Bentuk dari bangunan ini ialah persegi panjang yang menghadap ke Barat. Dan terdapat patung di pojok bangunan tersebut. Dan tingkat keunikan lainnya ialah mengukir dari setiap kayunya.

Bale Sekapat

Bale Sekapat

https://adatindonesia.com

Berbeda dengan Bale yang satu ini, hanya memiliki Empat tiang. Maka dari itu dinamakan dengan sebutan Bale Sekapat. Bentuk dari bangunan ini lebih sederhana, karena hanya menggunakan genteng dan jerami saja.

Tidak ada fungsi untuk kegiatan peribadatan. Melainkan hanya untuk sekedar istirahat para keluarga di siang hari. Atau sekedar untuk berkumpul keluarga disaat ingin mengobrol-ngobrol santai seperti ngopi bareng dll.

Hampir semua orang di daerah Bali memiliki bangunan ini, guna sebagai kopi santai bareng keluarga. Karena pasti ada kalanya kita libur untuk berbagi waktu sekedar cerita-cerita dengan anak dan cucu.

Bale Gede

Bale Gede

https://rumahulin.com

Bale ini memliki ukuran yang sangat besar, karena dibuat untuk kepentingan umum seperti upacara adat yang memang mengharuskan mengundang masyarakat banyak untuk mengikuti kegiatan upacara tertentu.

Sesuai dengan nama tersebut, bale ini memang sangat (gede) atau besar. Sengaja dibuat agar bisa menampung orang banyak. Bangunan ini tergolong dengan jenis bangunan yang mewah.

Dalam sebuah upacara tersebut terkadang menyediakan berbagai sesaji sebagai bentuk dari bagian upacara adat ini dan menjadi keharusan dalam melakukan kegiatan tersebut.

Paweregen

Paweregen

https://minglets.com

Paweregen ialah tempat untuk memasak, seperti yang kita kenal sebagai dapur. Selain untuk memasak akan tetapi bisa juga sebagai tempat menyimpan makanan. Namun jenis tempat ini dibagi menjadi dua.

  • Tempat memasak yang terbuka seperti dengan tungku atau kayu bakar
  • Ruangan penyimpan jenis-jenis makanan, seperti bumbu ataupun sembako lainnya.

Jineng

Jineng

http://bali.tribunnews.com

Jineng ini adalah sebuah bangunan yang berada di halaman rumah. Fungsi atau kegunaannya ialah sebagai penyimpan gabah atau padi. Maka dari itu bangunan tersebut dibuat di belakang rumah.

Ukuran Jineng ini tidak terlalu besar ataupun kecil, hanya berukuran sedang. Jadi bisa di kategorikan cukup untuk menyimpan gabah atau padi. Bentuk dari bangunan Jineng ini masih dalam kesenian tradisional masyarakat Bali.

Beragam kesenian tradisional dari penduduk Bali ini, membuat sangat mengesankan banyak orang. Sehingga Bali mempunyai banyak bangunan yang memiliki estetika dengan nilai-nilai yang menjunjung tinggi adat dan budaya.

Sekian artikel ini penulis buat untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang adat dan budaya dari penduduk Bali, yang dikenal dengan keindahan adatnya. Jika ada kesalahan dalam penulisan nama tokoh, tempat dan penjelasan.

Maka harap dimaklum, karena artikel ini penulis buat semata-mata hanya untuk berbagi pengalaman bersejarah yang mewariskan kesenian kepada penduduk Bali. Saran dan kritiknya di harapkan, agar menjadi kesempurnaan artikel ini.

Terima kasih, Salam sejahtera untuk masyarakat Bali.

Leave a Reply