100+ Pengertian Rantai Makanan dan Penjelasannya yang Lengkap

Struktur Trofik

Apa saja yang kita ketahui tentang rantai makanan? Rantai makanan ialah sebuah kebutuhan yang saling menghubungkan, seperti halnya hewan-hewan akan mencari makanan di hutan sesuai kebutuhannya atau kesukaannya.

Begitu pun manusia, bukanlah satu-satunya mahluk di bumi yang mencari makan, akan tetapi banyak juga seperti hewan-hewan yang membutuhkan makanan dengan mencari tumbuhan atau bahkan membunuh hewan lain demi kelangsungan hidupnya di kemudian hari.

Ketika hewan berburu makanan atau mangsa, bisa jadi hewan tersebut akan dimangsanya kemudian hari nanti. Karena rantai makanan memang sudah menjadi hukum alam dan patut diketahui oleh kita semua mengenai rantai makanan yang bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari.

Rumusnya kehidupan mahluk di bumi ialah saing berinteraksi dan berpengaruh dengan yang lainnya, atau dengan kata lain ada keterkaitan dan hubungannya pada mahluk sekitar. Entah itu dimakan atau memakan.

Seperti pada satu contoh yang sering kita lihat ialah, burung memakan semut, dan ketika burung tersebut sudah mati, maka akan dimakan semut pula. Itulah yang menjadi hukum alam di bumi ini, bahwa setiap mahluk pasti memiliki rantai makanan.

Berikut akan dijelaskan beberapa pengertian dari sebuah rantai makanan dengan contoh dan penggabungan rumus secara tumpang tindih seperti pada sebuah ekosistem yang sering terjadi di sekitar kita.

Pengertian Rantai Makanan

Pengertian Rantai Makanan

https://ibnudin.net

Rantai Makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan. Jaring-jaring makanan adalah bentuk gabungan dari rantai-rantai makanan yang telah dibuat dan digabungkan secara saling tumpang tindih pada suatu ekosistem.

Dan saling membutuhkan satu sama lain. Maka terlepas dari pengertian dari rantai makanan ini ialah memakan atau dimakan. Semua itu sudah menjadi hukumnya dalam kehidupan yang di jalani oleh mereka.

Studi di luar negeri pernah menyatakan ekosistem pada organisme ini menjadi hal yang unik. Pasalnya akan memudahkan dalam mencari makanan bagi si hewan yang ikut di dalam kumpulan habitat lain.

Biasanya terjadi hanya untuk mencari makanan di tempat atau habitat hewan lain. Setelah itu pergi dan esoknya akan kembali pula. Namun ada juga yang bahkan ikut menjadi satu organisme dalam satu habitat tersebut.

Jaring Jaring Makanan

Jaring Jaring Makanan

http://www.bangmuvet.com

Makhluk hidup dengan lingkungannya ini tidak bisa di pisahkan, karena antara makhluk hidup dengan lingkungannya itu saling membutuhkan dan melengkapi salah satunya. Setiap makhluk hidup harus menempati suatu tempat untuk kelangsungan hidupnya ini disebut juga dengan habitat.

Interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya ini baik secara langsung atau tidak langsung terjadi pada suatu tingkat organisme. Seperti pada saat berkelompok di satu habitat yang memungkinkan mereka saling membutuhkan satu sama lain.

Dalam sebuah kumpulan hewan yang hidup berkelompok, tidak mungkin dihuni oleh satu hewan saja, pasti ada hewan lain yang ikut masuk dalam sebuah habitat tersebut, entah itu sengaja menyelinap atau memang mengharuskannya untuk ikut.

Bisa di sengaja karena ingin ikut mencari makanan pada habitat tersebut yang dianggapnya banyak yang bisa di makan untuknya. Atau pun memang ingin memangsa hewan lain yang tinggal di habitat tersebut.

Sifat berkelompok tersebut bisa terdiri dari simbiosis atau pun predasi. Karena masih dalam ruang lingkup atau satu kesatuan hewan yang menghuni di tempat yang sama. Seperti di jelaskan diatas, jika ada hewan yang menyelinap ikut dalam habitat tersebut, mungkin memang keinginannya.

Ya, artinya di sengaja, karena ada yang ingin dia cari, seperti mangsa atau ikut mencari makan di area habitat disitu, atau bahkan ingin disusui. Seperti kabar dari stasiun TV, yang menyiarkan seekor anjing disusui oleh harimau.

Itulah keinginan dari hewan lain yang ikut masuk atau tinggal di habitat tersebut, alias bukan habitatnya sendiri. Namun jika di biarkan secara terus menerus, tidak baik untuk hewan tersebut, karena bisa mengancam populasi mereka, karena akan terganggu oleh hewan lain.

Hampir semua hewan hidup dengan bahan organik, karena menjadi kelangsungan hidup mereka dalam mengumpulkan energi. Salah satu contoh yang sering terjadi ialah perpindahan unsur kimia yang dilakukan secara langsung melalui proses makan memakan.

Suatu proses transfer energi kimia yang dilakukan secara memakan mangsanya. Cara tersebut lebih menguntungkan bagi si pemakan. Selain itu bisa menjadi jejaring makanan untuk selanjutnya sampai si pemakan termakan.

Pada tahun 1920, telah ditemukan oleh seorang ahli biologi yang bernama Charles Elton, ia berhasil mengemukakan pendapatnya setelah mengkaji ulang teori tersebut. Dan menyatakan bahwa rantai makanan bukanlah suatu unit yang terisolisasi, akan tetapi menjadi sebuah jejaring makanan yang dilakukan secara terus menerus.

Namun pendapat lain dari seorang ahli ekologi pernah mengemukakan pendapatnya tentang rantai makanan ini, merupakan suatu hubungan teotritik pada ekosistem dengan proses saling memakan, namun keterangan lebih lanjut dari pemakan bisa memakan apa dan yang memakan bisa di makan apa.

Struktur Trofik

Struktur Trofik

https://nainanggraeni.wordpress.com

Peristiwa antara memakan dan di makan menjadi satu kesatuan organisme dari setiap hewan yang ada di bumi. Trofik adalah kelompok dari suatu organisme yang sumber makanannya mencari tumbuhan atau memangsa hewan lain.

Dinamika dari komunitas ini sangat berhubungan erat dengan jejaring makanan. Seperti halnya memakan dan di makan. Penjelasannya ialah seperti transfer energi dari tumbuhan yaitu disebut autotoroph atau disebut produsen primer.

Semua itu bisa terjadi melalui proses herbivore, karnivora dan menjadi decomposer atau disebut dengan rantai makanan. Untuk karnivora sendiri termasuk jenis hewan yang mengonsumsi secara sekunder dan kuantener.

Dalam sebuah tingkat trofik yang pertama ialah organisme jenis autotroph. Salah satu jenis autotroph ini memakai bantuan dari sinar matahari, seperti pada tumbuh-tumbuhan yang sering kita lihat di lingkungan kita.

Akan tetapi ada juga jenis autotroph yang tidak mengandalkan sinar matahari, melainkan menggunakan energi dari panasnya bumi seperti hydrogen sulfat, dengan contoh bakteri sulfur. Sedikit berbeda dengan autotroph yang menggunakan sinar matahari untuk menghasilkan bahan organik.

Produsen

Produsen

https://fatmaawatii.wordpress.com

Struktur trofik dalam sebuah organisme autotrof di kenal sebagai produsen. Karena mahluk hidup tersebut bisa menciptakan makanannya sendiri menggunakan panasnya sinar matahari, yang di sebut (organisme autotrof).

Karena dinamakan produsen, ia tidak memakan mahluk hidup, melainkan mencari makanan dari tumbuh-tumbuhan hijau dan bakteri klorofil. Namun jika sebuah ekosisitem pada perairan laut merupakan ganggang hijau biru.

Dan kedua organisme tersebut akan membentuk fitoplankton. Karena jika bukan atau selain fitoplankton tersebut, maka ekosistem air menjadi berwarna seperti tumbuhan hijau dan mengankibatkan ganggang.

Konsumen

Konsumen

http://gurupintar.com

Untuk konsumen sendiri justru malah tidak bisa membuat bahan organik sendiri. Karena terjadi sebuah organisme yang berkumpul secara bersamaan dalam satu ekosistem tersebut dan menjadikan suatu organisme heterotrof.

Konsumen pertama ialah, memakan secara langsung produsen tersebut. Kumpulan ini dinamakan dengan herbivore. Seperti pada contoh konsumen primer ialah sebagai berikut: sifut, serangga, hewan mamalia dan burung pemakan buah.

Untuk konsumen yang kedua ialah hewan bertubuh kecil, dengan jenis karnivora kecil seperti ayam, katak, jangkrik, cacing, laba-laba dan masih banyak lagi lainnya. Jenis karnivora diatas adalah konsumen sekunder.

Dekomposer

Dekomposer

http://www.lepank.com

Dekomposer adalah jenis organisme yang tugasnya menguraikan bangkai dari berbagai mahluk hidup yang ada di bumi. Dari semua trofik, jenis decomposer ini bisa memakan semua mahluk hidup dan bisa juga mengubah zat organic menjadi anorganik.

Selanjutnya akan membahas contoh detritus, yaitu kotoran hewan telah hancur. Dan bisa menjadi makanan untuk cacing, rayap, kalajengking. Karena semua itu menjadi bagian dari organisme detritus.

Tipe Rantai Makanan

Tipe Rantai Makanan

http://www.zonasiswa.com

Rantai Perumput

Rantai Perumput

http://pak.pandani.web.id

Diawali dari jenis tumbuhan, karena sebagai tingkat pertama, lalu hewan jenis herbivore menjadi yang kedua. Dan untuk yang ke tiga sendiri ialah jenis hewan karnivora. Mengapa? Ya, karena dalam sebuah contoh, karnivora ialah: Padi – Burung pipit – Ular – Elang.

Rantai Parasit

Rantai Parasit

http://pak.pandani.web.id/

Dalam sejarah biologi mengatakan. Parasite adalah tipe rantai makanan mulai dari organisme sampai dengan memakan organisme besar.

Seperti pada contoh yang tepat ialah: Sapi – Kutu – Burung Jalak – Elang
Itu menjadi sebuah parasit yang tidak pernah bisa lepas dari jejaring makanan atau dengan istilah organisme sebuah hewan dalam dalam penjelasan rantai makanan.

Aliran Energi

Aliran Energi

http://rizkiyapedrovalenzwa.blogspot.com

Semua manusia yang hidup di bumi membutuhkan sinar matahari, karena menjadi energy untuk mereka sendiri. Nah, begitu pun hewan-hewan lainnya, yang membutuhkan cahaya matahari untuk kepentingan hidupnya.

Dalam sebuah teori menguraikan rumusnya menyatakan bahwa cahaya matahari menjadi biotik melalui produsen. Setelah itu produsen akan berubah dari cahaya matahari menjadi energi kimia, yaitu tanah dan air sebagai pelarut.

Energi kimia ini bisa di rasakan oleh semua mahluk yang ada di bumi sebagai kekuatan dalam beraktivitas sehari-sehari. Begitupun hewan, akan lemas jika terlalu lama tidak mendapatkan energi dari cahaya matahari.

Energi kimia

Energi kimia

https://www.seocontoh.web.id

Contoh yang sering kita lihat di kehidupan sehari-hari ialah melihat air yang mengalami daur ulang di alam. Prosesnya ialah daur ulang tersebut dengan unsur kimia pada mahluk hidup dan bebatuan atau disebut (geofisik).

Semua itu menjadi proses energi kimia yang melibatkan lingkungan alam sampai ke mahluk hidup seperti hewan dan manusia. Karena mereka memang sangatlah membutuhkan untuk kehidupannya sehari-hari.

Dalam sebuah contoh energi kimia, sebuah studi menyatakan ada hal lain yang bisa menyebabkan mahluk hidup bisa kekurangan energi kimia, dan jika memang itu terjadi, maka semua yang tinggal di bumi akan merasa tidak sehat, jika kemarau berkepanjangan.

Daur Air

Daur air

https://www.temukanpengertian.com

Ada sebuah peneliti yang menyatakan bahwa air pada atmosfer awalnya hanya sebuah uap. Nah, uap tersebut berasal dari daratan dan lautan. Melalui proses tersebut akhirnya terjadi hujan, karena awan yang di darat dan laut terjadi uap yang bekerja dari panasnya matahari.

Ketika reaksi hujan tiba, maka air yang turun akan menyerap ke semua tanah dan tumbuh-tumbuhan. Setelah itu bisa pula akan terjadi hujan kembali melalui transpirasi uap air dilepaskan oleh tumbuhan ke atmosfer.

Mahluk hidup yang di bumi memerlukan air untuk kebutuhannya sehari-hari. Maka dari itu teori mengatakan bahwa seperempat dari air ada pada tubuh manusia. Itulah contoh kecilnya yang sering kita rasakan setiap hari.

Air banyak manfaat dan yang membutuhkan semua mahluk di bumi ini. Karena tanpa air mahluk akan mengalami sakit. Selain itu proses lainnya ialah terjadi pada hewan yang hidup di dalam air atau pun di darat, mereka butuh untuk habitat dan juga sebagai air minumnya.

“Sekian sudah artikel ini saya buat dengan sengaja untuk berbagi wawasan dan pengalaman dari ilmu biologi yang saya dapatkan dari sejak sekolah hingga sekarang. Apabila ada kata-kata yang salah mengenai tulisan nama tokoh, teori, tahun dll mohon untuk di maklumi.

Saran dan kritiknya sangat diharapkan untuk penyempurnaan artikel ini, agar bertambah lengkap dan tepat dalam menguraikan pembahasan atau data-data lainnya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua, khususnya pembaca. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply