17 Peninggalan Kerajaan Majapahit Paling Bersejarah Hingga Saat Ini

Candi Bajang Ratu

Peninggalan Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan terbesar yang pernah berdiri di Indonesia sepanjang sejarah. Kerajaan yang berdiri dan berpusat di Jawa Timur, tepatnya di wilayah Mojokerto Indonesia ini merupakan sebuah kerajaan yang menganut corak Hindu-Budha di dalamnya.

Tak heran jikalau Kerajaan Majapahit dinobatkan sebagai kerajaan terbesar di Indonesia. Pasalnya kerajaan yang berdiri pada tahun 1293 Masehi ini berhasil menguasai hampir seluruh wilayah Nusantara dan beberapa wilayah lainnya di negara lain. Seperti misalnya wilayah Jawa, Sumatra, Kalimantan, Semenanjung Malaya, Indonesia Timur hingga sebagai wilayah dari negara Filiphina.

Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit

Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit

https://id.wikipedia.org

Kerajaan yang pertama kali didirikan oleh Raden Wijaya yang juga dinobatkan sebagai raja pertama kerajaan Majapahit ini, sempat mengalami puncak kejayaan.

Meskipun puncak kejayaan kerajaan Majapahit tak pada masa pemerintahan Raden Wijaya, namun berkat kejayaan ini Majapahit berhasil menguasai beberapa wilayah nusantara dan sebagian wilayah di negara lain dalam beberapa dekade. Selain Raden Wijaya, ada seseorang yang juga berperan aktif dalam pencapaian kejayaan Majapahit ini, yaitu Hayam Wuruk.

Artikel terkait : 100+ Kumpulan Cerita Rakyat Pendek Legenda Nusantara

Pada saat pemerintahan Hayam Wuruk tepatnya pada tahun 1350 hingga 1389 inilah kerajaan Majapahit mengenyam manisnya kejayaan yang tentunya sangat diidam-idamkan oleh semua kerajaan yang berdiri di Indonesia dulunya. Untuk mempertahankan kejayaannya, Hayam Wuruk tidak sendirian, ia dibantu Maha Patih Gajah Mada.

Peninggalan Kerajaan Majapahit Paling Bersejarah Sepanjang Masa

Peninggalan Kerajaan Majapahit Paling Bersejarah Sepanjang Masa

https://baabun.com

Setelah merasakan kejayaan dalam jangka waktu yang cukup lama, akhirnya kerajaan Majapahit mengalami keruntuhan pada tahun 1527 Masehi. Setelah runtuhnya kerajaan besar ini membuatnya menjadi mangkrak dan hanya menyisakan peninggalan kerajaan Majapahit saja.

Ada banyak ditemukan peninggalan sejarah Majapahit yang masih utuh, yang hingga saat ini keberadaanya pun masih sangat mudah ditemukan di beberapa daerah kekuasaannya. Seperti misalnya candi, arca, kitab, gapura, serta situs arkeologi yang tersimpan rapi di sebuah situs peninggalan kerajaan Majapahit.

Artikel terkait : Perlak Adalah Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia

Nah, bagi yang belum mengetahui apa saja peninggalan kerajaan Majapahit yang hingga kini masih bisa ditemukan, berikut penjelasan mengenai daftar peninggalan sejarah kerajaan Majapahit yang wajib Anda ketahui selengkapnya.
Deretan Peninggalan Kerajaan Majapahit

Candi Tikus

candi tikus

https://ibnuasmara.com

Salah satu bukti benda peninggalan kerajaan Majapahit yang pertama adalah keberadaan Candi Tikus. Candi yang terletak di Kabupaten Mojokerto, tepatnya di dukuh Dinuk, Desa Temon Kecamatan Trowulan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1914 dalam keadaan terkubur di dalam tanah.

Artikel terkait : Sejarah Candi Borobudur dan Asal Usul Dibaliknya yang Wajib Diketahui 

Nah, setelah dilakukan penggalian dan pembersihan, akhirnya pada tahun 80-an Candi Tikus ini dipugar. Tenang saja, meskipun Candi Tikus ini sudah sempat dipugar oleh pemerintah setempat namun pemugaran tidak bertujuan untuk mengubah bentuk Candi Tikus melainkan hanya memperbaiki beberapa bagian Candi yang rusak karena telah lama tertimbun oleh tanah.

Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu

http://jayakartanews.com

Tak heran jikalau kebanyakan peninggalan Majapahit ini ditemukan di desa Trowulan, Mojokerto. Pasalnya dulunya Desa Trowulan, Kabupaten Mojokerto ini merupakan pusat pemerintahan kerajaan Majapahit. Bukti peninggalan kerajaan Majapahit berikutnya adalah Candi Bajang Ratu.

Candi Bajang Ratu memiliki desain yang unik dan berbeda dengan candi-candi pada umumnya, yaitu berbentuk layaknya gapura. Bukti peninggalan Majapahit ini terletak di Desa Trowulan, Kecamatan Mojokerjo yang diperkirakan dibangun pada abad ke-14 Masehi. Namun, pemberian nama candi sebagai candi Bajang Ratu ini tercacat saat memasuki tahun 1915.

Candi Sukuh

Candi Sukuh

https://travel.detik.com

Selama mencapai puncak kejayaan, kerajaaan Majapahit ini sempat meluaskan wilayah kekuasaanya hingga ke tanah Jawa. Salah satu bukti peninggalan sejarah Majapahit di tanah Jawa yang hingga kini masih berdiri kokoh dan menjadi sebuah situs objek wisata di Jawa Tengah adalah Candi Sukuh.

Candi yang berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini memiliki struktur bangunan yang sangat unik yang hampir menyerupai segitiga piramida yang dilengkapi dengan teras berjumlah tiga buah sebagai altarnya.

Candi Brahu

Candi Brahu

http://www.wacana.co

Mungkin banyak masyarakat yang belum mengetahui Candi Brahu. Candi Brahu merupakan salah satu peninggalan Majapahit yang berada dalam kompleks situs arkeologi Desa Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Candi yang dibangun dengan corak Budha ini memiliki tinggi kurang lebih mencapai 20 meter yang kini keberadaannya kerap kali dijadikan sebagai destinasi wisata bersejarah yang berada di Jawa Timur.

Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang

https://afzanyusuf.com

Selain Candi Bajang Ratu, candi yang merupakan bukti sejarah kerajaan Majapahit ini juga memiliki bentuk layaknya gapura yang menjulang tinggi. Bangunan bersejarah yang diperkirakan dibangun pada abad ke 14 Masehi ini terletak di Mojokerto, tepatnya di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Jawa Timur. Nah, bagi yang bingung mencari destinasi wisata bersejarah, mungkin candi ini bisa Anda jadikan sebagai tujuan destinasi wisata Anda.

Candi Ceto

Candi Ceto

http://wisata-buahsirsak.blogspot.com

Candi Ceto merupakan sebuah candi bercorak Hindu yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawai, Kabupaten Karanganyar. Candi yang hingga kini masih berdiri kokoh ini di perkirakan di bangun pada akhir masa kejayaan kerajaan Majapahit.

Kini komplek candi Ceto tak hanya digunakan sebagai tempat pemujaan dan peziarah bagi umat Hindu semata, namun juga dijadikan sebuah tempat wisata sejarah yang paling populer di kota Karanganyar.

Candi Surawana

Candi Surawana

http://ulinulin.com/

Tak hanya di wilayah Mojokerto saja, namun di kabupaten Kediri tepatnya di Desa Cangau, Kecamatan Pare juga ditemukan sebuah candi yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit pada saat mengalami masa kejayaan.

Candi yang memiliki nama asli Candi Wishnubhawanapura ini di perkirakan dibangun pada abad ke 14 oleh kerajaan Wangker, yaitu sebuah kerajaan yang masih dalam kekuasaan kerajaan Majaphit.

Candi Wringin Branjang

Candi Wringin Branjang

https://jelajahblitar.com/

Satu lagi bukti peninggalan masa Majapahit yang berada di Pulau Jawa yaitu Candi Wringin Branjang. Candi Wiringin Branjang ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan candi-candi pada umumnya yang dibangun pada masa kejayaan kerajaan Majapahit.

Candi yang terletak di Desa Gadungan, Kecamatan Gadungsari, Kecamatan Blitar, Jawa Tengah ini memiliki bentuk yang mirip dengan atap sebuah rumah biasa. Konon, menurut sejarah yang beredar Candi Wringin Branjang ini dulunya digunakan oleh untuk menyimpan alat-alat yang kerap di gunakan untuk upacara pada zaman dulu.

Candi Pari

Candi Pari

http://ragnesia.blogspot.com

Sebenarnya setiap candi yang dibangun pada masa kejayaan kerajaan Majapahit ini memiliki makna dan fungsi sendiri, seperi misalnya Candi yang terletak di Desa Pari, Kecamatan Porong, Sidoharjo ini. Candi yang kerap dijuluki sebagai Candi Pari ini juga merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit yang dibangun untuk mengenang tempat hilangnya seorang sahabat.

Nah, seseorang yang dimaksud tak lain dan tak bukan adalah adik angkat dari salah satu Prabu Brawijaya dan istrinya yang dulunya menolak untuk tinggal di dalam keraton.

Arca Emas

Arca Emas

http://jelajah-nesia.blogspot.com

Selain candi yang terletak di seluruh wilayah kekuasannya yang memiliki struktur bangunan yang unik sesuai dengan fungsinya, bukti peninggalan kerajaan Majapahit yang lainnya adalah arca emas. Arca yang melambangkan masa kejayaan Majapahit pada zaman keemasan nusantara tersebut dicetak dengan emaspara murni.

Konon menurut cerita yang beredar peninggalan yang kental dengan gaya Majapahit ini menggambarkan seorang bidadari Kerajaan Majapahit yang anggun dan cantik rupawan.

Surya Majapahit

Surya Majapahit

https://sains.kompas.com

Ketika Kerajaan Majapahit hendak membangun sebuah candi atau bangunan bersejarah lainnya, kerajaan ini selalu menyematkan icon yang melambangkan sebuah kejayaan pada masanya. Salah satu lambang yang selalu terdapat dalam setiap reruntuhan bangunan Majapahit ini adalah Surya Majapahit.

Surya Majapahit ini memiliki makna dan bentuk yang unik seperti sebuah matahari yang memiliki sudut delapan dan disetiap sudutnya terdapat dewa-dewa Hindu.

Candi Jabung

Candi Jabung

https://www.idsejarah.net

Bukti peninggalan sejarah kerajaan Majapahit selanjutnya adalah Candi Jabung. Sama dengan candi-candi yang terletak di pulau Jawa pada umumnya yang sangat syarat sekali dengan agama hindu.

Nah, Candi yang terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Probolinggo, Jawa Timur ini juga kental sekali dengan corak Hindhunya, baik dalam segi ornamen maupun struktur bangunannya.

Candi yang berukuran 35 x 40 meter dan terbuat dari batu bata merah ini juga pernah dipugar pada tahun 1983 hingga 1987. Meskipun memiliki ukuran yang sedang, namun komplek candi Jabung ini sudah terbagi menjadi 4 bagian yang terdiri dari bagian batur, atap candi, tubuh serta kaki candi.

Celengan Majapahit

Celengan Majapahit

https://uangindonesia.com

Selain arca dan candi yang banyak ditemukan di wilayah-wilayah kekuasaannya, kerajaan majapahit ini juga meninggalkan benda- benda unik lainnya yang mungkin jarang sekali dimiliki oleh kerajaan lain pada masanya. Nah, salah satu peninggalan kerajaan Majapahit yang terbilang unik ini berupa celengan yang berbentuk seperti babi.

Meskipun awalnya celengan ini ditemukan dalam keadaan pecah dan terbagi menjadi puing-puing, namun beberapa pecahan dari celengan tersebut berhasil disatukan. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, celengan yang diperkirakan di buat pada abad ke 14 hingga 15 Masehi ini dulunya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan uang.

Jika Anda ingin melihat secara langsung keadaan celengan ini, bisa berkunjung ke Museum Gajah yang terletak di Jakarta.

Uang Gobong Majapahit

Uang Gobong Majapahit

http://kekunaan.blogspot.com

Meskipun berdiri di dalam satu negara yang sama, namun umumnya setiap kerajaan yang berdiri di Indonesia akan memiliki mata uang tersendiri yang dijadikan sebagai alat untuk bertransaksi. Nah, kerajaan yang berpusat di kota Mojokerto ini juga memiliki uang situs peninggalan bernama uang Gobong.

Uang Gobong merupakan mata uang kerajaan Majapahit yang umumnya terbuat dari tembaga. Bentuk dan ornamen dari uang Gobong ini terbilang cukup unik disetiap sisinya.

Misalnya saja pada sisi depan uang terdapat sebuah ornamen relief wayang lengkap dengan senjata-senjata yang berbentuk layaknya cakra. Sedangkan pada sisi belakangnya terdapat relief senjata, sesaji, dan juga pohon.

Itulah beberapa ulasan menarik mengenai peninggalan kerajaan Majapahit yang hingga saat ini masih terjaga rapi di situs sejarah yang tersebar di beberapa daerah.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentunya kita harus ikut menjaga dan melestarikan peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut agar anak cucu kita nanti juga bisa mempelajarinya juga. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan baru serta manfaat bagi Anda. Terima kasih.

Meta: Mau tahu apa saja peninggalan bersejarah kerajaan Majapahit? Berikut ini 14 peninggalan kerajaan Majapahit paling populer yang wajib Anda ketahui.

Leave a Reply