40+ Kumpulan Contoh Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Ilmuwan

Kembali lagi sebagai siswa sekolah, yang mempelajari tentang sejarah beserta pengertiannya yukk kita belajar lagi hehe. Langsung saja kita bahas mengenai pengertian sejarah yang akan mengingatkan anda semua tentang pentingnya mengetahui ruang lingkup sejarah zaman dulu.

Sejarah bisa diartikan juga sebagai ilmu yang mengkaji secara sistematis atau penelitian yang mendalam. Namun tergantung sejarah apa yang kita kaji. Karena dalam setiap sejarah terdapat kajian dan pengertiannya masing-masing.

Pengertian secara luasnya ialah sebuah penelitian yang dikasi berdasar data-data dari sumber yang berpengaruh. Dan teliti sesuai apa yang terjadi di masa lampau. Karena sejarah tersebut merupakan kisah dari ratusan tahun yang silam dengan data dari sebuah peninggalan.

Peninggalan tersebut berupa benda yang nantinya di kaji oleh peneliti sebagai bukti-bukti yang asli. Dan data tersebut bisa dihasilkan melalui benda ataupun dari sumber-sumber yang berpengaruh, seperti saksi hidup atau tokoh lainnya yang telibat dalam sejarah tersebut.

Dari beberapa badan peneliti sejarah pernah menyatakan hasil temuannya yang merupakan sejarah kerajaan dengan benda-benda peninggalannya yaitu berupa perisai dan batu nisan yang bertuliskan sebuah kekacauan ulah penjajah dengan ejaan aksara Jawa.

Pengertian Sejarah Menurut Istilah

Pengertian Sejarah Menurut Istilah

https://www.zonasiswa.com

Dalam sebuah istilah sejarah diambil dari bahasa inggris yaitu histori, yang berarti masa lampau atau jejak terdahulu. Maka sejarah yang kita bahas ini ialah tak lain dari kisah-kisah kehidupan dimasa lalu sebelum kita.

Namun sedikit berbeda dalam baha Yunani yaitu istoria yang berarti belajar, sehingga arti dalam sejarah tersebut sering kita temukan sebagai ilmu dalam sebuah pelajaran atau pengetahuan sejarah, yang disingkat menjadi IPS.

Dalam singkatan tersebut terdapat kata pengetahuan yang bermaksud mengajak kita untuk mempelajari sebuah ilmu pengetahuan sejarah, agar lebih mengetahui tentang kehidupan dimasa lampau atau sesuatu yang telah terjadi di zaman dahulu.

Dan lain lagi dengan istilah dalam bahasa arab yang menyebutnya sebagai sajaratun (syajaroh) yang berarti pohon dan keturunan. Yang mempunyai artian atau maksudnya disaat kita  membaca silsilah raja-raja, maka akan terlihat pohon dari yang kecil hingga tumbuh menjadi besar.

Maka akan mengetahui sil-silah raja-raja yang berati sebuah peristiwa dari pemerintahan atau kerajaan dimasa lampau. Jika disederhanakan lagi menjadi sebuah urutan dari awal hingga akhir tentang semua sejarah yang telah terjadi di masa lalu..

Namun ada perbedaan istilah lagi dari baha Jerman yaitu sejarha yang disebut dengan geschichte atau dengan maksud dan artian seseuatu yang sudah terjadi dimasa lalu sebelum kehidupan kita sekarang ini.

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa

http://www.indonesiastudents.com

Menurut pengertian sejarah, telah dibagi dua, yaitu sejarah arti sempit dan sejarah dalam artian luas. Disini menekankan kata sempit dan luas, yang berarti sebagai sebuah peristiwa yang dimiliki secara tokoh pribadi atau sejarah yang melibatkan banyak orang, seperti kerajaan dan lain sebagainya.

Pengertian disini memang sangatlah luas, karena masih ada beberapa istilah yang mengatakan dengan persepsi berbeda-beda. Seperti halnya dengan peristiwa manusia dalam realisasi diri dengan sebuah kebebasan dan keputusan daya rohani dizamannya.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, mempunyai 3 artian yang diantarnya ialah asal usul beserta istilahnya. Peristiwa menjadi sebuah sejarah yang telah terjadi dimasa lampau dan sebuah cerita sebuah kehidupan dizaman dahulu kala.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

https://4.bp.blogspot.com

  • Mohammad Abbas: ialah sebuah kejadian atau peristiwa yang dibenarkan berdasarkan sebuah kajian yang sudah di periksa oleh badan peneliti sejarah dengan mengumpulkan data dan benda-benda peninggalan dimasa lampau.
  • Ikhwa Khairin: Menurutnya sebagai catatan peristiwa yang telah terjadi dan sebagai pengetahuan untuk mempelajari sebuah temuan dari sejarah golongan kaum yang pernah hidup sebelum kita.
  • Sukron, Spd: Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang sudah dibenarkan oleh badan srkeologi atau badan peneliti sejarah dengan berbagai temuan yang diyakini adanya kehidupan sebelum kita semua.
  • Warsan Abdullah: Sejarah adalah peristiwa yang sudah lampau dan menjadi sebuah ccerita dimasa kini. Selain itu sejarah juga menjadi sebuah ilmu pengetahuan untuk dijadikan pelajaran bagi semua umat manusia.
  • Ferdi Al-MahdiW: Pengertian sejarah menurut menurut KH. Ferdi Al-Mahdi IALAH sebuah catatan yang bisa kita ambil hikmahnya dalam menentukan jalan hidup manusia agar tidak salah untuk memilih atau memutuskan suatu pilihan.
  • Patrey Nainggolan SH: Sejarah adalah bukti tertulis yang kuat berdasarkan catatan-catatan dari para ahli yang telah di uji keasliannya. Dengan begitu sejarah menjadi sebuah cerita nyata untuk dijadikan sebuah pelajaran untuk semua manusia.
  • Hendro Ferdinan SH.MH: Sejarah harus tetap dikenang dengan cara melestarikannya dengan sebuah pelajaran. Karena kita hidup berasal dari sebuah sejarah yang selama ini kita jalani hingga sekarang.
  • Thomas Carbun: Pengertian sejarah menurutnya ialah sebagai bukti hidupnya sebuah peristiwa yang terjadi sebelum kita. Dan akan tetap diyakini kebenarannya karena kita hidup diatas sejarah yang pernah hidup sebelum kita.

Aspek-Aspek Sejarah

Aspek-Aspek Sejarah

https://www.slideshare.ne

Terbagi menjadi tiga aspek dalam sebuah sejarah, yaitu masa depan, masa kini dan masa lampau. Semuanya akan dijelaskan sebagai berikut:

Yang pertama ialah masa lampau, menjadi sebuah titik balik dalam sebuah peristiwa yang telah terjadi di zaman dahulu. Karena ada sebuah pelajaran seperti nilai-nilai moral yang bisa kita ambil sebagai contoh pada kehidupan sehari-hari.

Kedua yaitu masa kini, adalah suatu perjalanan hidup yang akan melahirkan sejarah-sejarah baru yaitu sebuah kehidupan saat ini. Dan menjadi sebuah sejarah dengan lahirnya generasi-generasi baru didalamnya.

Ketiga masa lampau, merupakan cerita masa lalu yang sudah terjadi dan menjadi sebuah sejarah tentang kehidupan di zaman dahulu dengan beragam adat serta budaya di kehidupannya dulu.

Peristiwa tersebut tercatat lengkap berikut tanggal, bulan dan tahun berdirinya suatu kehidupan di dalam sebuah kerajaan atau golongan dengan identitas asal muasalnya menjadi sebuah sejarah yang diyakini kebenarannya.

Sumber Sejarah

2. Sumber berdasarkan asalnya. Sumber primer. Sumber sekunder. Sumber tersier.

http://slideplayer.info

Pengertian Sumber Sejarah  adalah pokok persoalan yang dibungkus oleh sebuah data dari seorang peniliti atau lembaga peneliti sejarah dimasa lampau. Dari temuan tersebut mendapatkan sebuah sumber-sumber, baik berwujud ataupun tidak berwujud.

Sedangkan pendapat Muh. Yamin mengenai sumber sejarah ialah kumpulan data dan benda dari budaya yang ada di kehidupan masa lampau. Dengan data tersebut menjadi sumber-sumber sejarah yang dibenarkan keabsahannya.

1, Sumber Lisan, merupakan sumber dari sebuah sejarah yang dihasilkan dari temuan-temuan berupa keterangan dari saksi hidup atau pelaku sejarah yang pernah terlibat dalam peristiwa yang dialami pada dirinya.

  1. Sumber Tertulis, adalah sumber yang dijadikan bukti otentik dalam sejarah yang pernah ditinggalkan oleh golongan atau kaum yang pernah hidup sebelum kita. Dan dari sumber tertulis tersebut menjadi sebuah dokumen seperti surat kabar, naskah dan rekaman.
  2. Sumber Benda (Artefak), merupakan sebuah benda peninggalan dari kehidupan dimasa lampau seperti pedang, golok, candi, kapak dan patung. Akan tetapi semua itu butuh kepastian dari keasliannya apakah memang dibenarkan sebagai benda peninggalan atau bukan.

Berdasarkan urutan dari bukti-bukti sejarah diatas yaitu sebagai berikut:

Sumber Primer, merupakan barang peninggalan asli dari zaman dahulu, seperti prasasti candi dan piagam dari sejarah yang telah ditemukan.

Sumber Sekunder merupakan benda tiruan dari benda aslinya atau yang sengaja dibuat sebagai duplikat dan kepentingan dari maksud dan tujuan tertentu. Namun hasil tersebut harus di uji oleh badan peneliti sejarah agar bisa mengetahui kebenarannya.

Sumber Tersier, adalah sebuah buku-buku peninggalah pada zaman dahulu yang disusun sebagai laporan sebuah kajian atau penelitian dari pakar sejarah.

Ruang Lingkup Sejarah

Ruang Lingkup Sejarah

http://susanti-susanti99.blogspot.com

Ruang lingkup sejarah merupakan pemahaman yang dijadikan sebagai ilmu dan sebuah pelajaran untuk generasi di zaman sekarang. Menjadi sebuah konsep sejarah yang akan diwujudkan dalam bentuk gambar yang tak nampak nyata atau dengan kata lain ialah abstrak dalam sebuah data dari penelitian tersebut.

  1. Konsep Sejarah – Konsep merupakan wujud dari kemampuan akal seseorang yang membentu sebuah gambar baru namun berdifat abstrak menurut data penelitian sejarah.
  2.  Sejarah sebagai peristiwa, merupakan kejadian nyata atau dengan kata lain ialah (realita) yang berlangsung dimasa lampau.

Sejarah sebagai kisah, adalah sebuah cerita yang dibungkus dengan data-data dan dokumen asli dari peninggalan zaman dahulu. Dan seperti halnya narasi yang dicatat berdasarkan ingatan, tafsiran dari pelaku sejarah ataupun hasil penelitian sejarah.

Mengenai dokumen-dokumen yang ditemukan tersebut akan dibawa dan diuji keasliannya oleh badan peneliti sejarah, guna memastikan apakah benda tersebut merupakan peninggalan zaman dulu atau bukan.

Selain itu sejarah pernah mencatat beberapa temuannya seperti candid an benda-benda pusaka lainnya. Benda pusaka tersebut seperti keris, kujang dan trisula. Yang konon dibenarkan oleh badan peneliti benda-benda kuno atau fosil dari peninggalan zaman dulu.

Maka dari itu sebagai manusia modern perlu mengetahui semua sejarang yang ditinggalkan oleh leluhur kita dan menjaga atau melestarikannya dengan baik. Dengan maksud agar mengenang sebuah sejarah yang akan dijadikan sebuah pengetahuan bagi seluruh manusia.

Sebagai manusia yang hidup di zaman serba modern, tentunya kita akan merasa aneh ketika kita melihat atau menemukan benda-benda asing di zaman dahulu. Karena di zaman dahulu memang serba alami dan manual dalam pembuatan benda yang digunakan sehari-hari.

Seperti pedang yang menggunakan baja asli dan bahkan ada juga pisau yang terbuat dari batu. Benda tersebut digunakan oleh manusia purba, yang menggunakan alat serba ada dan serba sederhana.

Tidak mengena campuran kimi dalam makanan, minuman dan peralatan yang digunakan. Berbeda dengan zaman sekarang yang serba menggunakan bahan-bahan kimia pada makanan-minuman dan obat-obatan.

Pada zaman dahulu kala, pengobatanpun menggunakan serba alami atau dengan kata lain ialah herbal. Dengan menggunakan ramuan-ramuan dari daun-daun yang diracik atau ditumbuh untuk mengobati luka luar ataupun dalam.

Maka dari itu, manusia di zaman dahulu lebih sehat dibandingkan sekarang. Untuk memasakpun tidak mengenal minyak sayur atau bahan bakar. Dan hanya ditemukan garam saja, sebagai bumbu penyedap masakan.

Sewkian artikel yang saya buat, kiranya bisa menambahkan wawasan untuk kalian yang sedang membutuhkan pengetahuan tentang sejarah di zaman dahulu. Dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan nama tokoh, tempat, pengertian dan ulasan, agar dimaklumi.

Karena semata-mata hanya untuk berbagi pengetahuan tentang sejarah. Saran dan kritiknya sangat diharapkan bagi kalian yang ingin berkomentar diartikel yang saya tulis. Agar bisa menambahkan kekurangan dari artikel yang saya buat.

Terima kasih. Wa’alaikum salam Wr,Wb.

Leave a Reply