Pengalaman Kerja di Kapal Pelayaran PT. Dua Berlian Perkasa

Bekerja di Kapal Pelayaran

Di awal Bulan Januari 2011 saya berencana ingin bekerja di kapal pelayaran di perusahaan Jakarta. Tapi saya harus mengambil sekolah pelayaran dulu di Sekolah Tinggi Ilmu pelayaran di Jakarta Utara.

Mengambil Sekolah Kapal Pelayaran

Mengambil Sekolah Kapal Pelayaran

https://metro.tempo.co

Dan pada bulan januari itu juga saya daftarkan diri saya di sekolah tinggi ilmu pelayaran di antar dengan saudara saya. Satu minggu kemudian saya masuk sekolah lalu mengisi materi Basic safety traning.

Dan besok harinya saya masuk sekolah mengisi materi tentang Survival Craft and Rescue Boats adalah tentang pengetahuan tentang perangkat keselamatan dan kapal penyelamat, dan sampai selesai.

Besok harinya saya masuk sekolah lagi mengisi materi lagi tentang AFF adalah tentang bagaimana cara Jadi penyelamat yang eksfentif yang terlatih dalam pemadam kebakaran di atas kapal laut.

Pada hari berikutnya saya masuk sekolah dengan materi tentang MFA adalah bagaimana dalam melalukan atau menindak lanjuti pertolongan pertama pada kecelakaan di atas kapal jika terjadi ada kecelakaan.

Teraakhir saya sekolah saya dengan materi tentang navigasi kapal, navigasi kapal adalah di mana kita haurs bisa mengoprasikan atau mengendalikan kapal kita di bawah pengawasan pemimpin tertinggi kapal atau kapten kita.

Dan Akhirnya saya sudah mengikuti ujian sekolah selama satu hari dan hasilnya dengan nilai yang sangat bagus dan sangat memuaskan dan akhirnya saya lulus. Setelah itu saya sangat senang dan bangga.

Melamar di Perusahaan Kapal Pelayaran

Melamar di Perusahaan Kapal Pelayaran

https://www.infoperbankan.com

Setelah saya dapat ijazah pelayaran saya melamar kerja di perusahan pelayaran yang ada di Jakarta utara atau tanjung priuk. Hampir seluruh kantor saya taruh kasih lamaran saya. Kurang dari satu minggu saya ada panggilan interview di sebuah perusahan.

Setelah saya di interview di sebuah perusahaan saya di tawarkan jabatan sebagai juru mudi dengan gaji 2 juta rupiah. Lalu saya terima dengan senang hati. Dan saya terima tanda tangan kontrak.

Bekerja di Kapal Pelayaran

Bekerja di Kapal Pelayaran

https://www.viva.co.id

Setelah saya di terima kerja lalu saya berangkat menuju kapal yang sedang berlabuh di Surabaya. Saya berangkat dari Jakarta atau terminal Tanjung ke Surabaya priuk menggunakan Bus malam Rosalia.

Perajalanan menuju Surabaya kurang lebih 12 jam lamanya. Dan sampai di pelabuhan Tanjung perak subuh saya sudah ada di atas kapal. Bertemu dengan ABK lainya dan berkenalan Satu persatu.

Setelah pagi kami bertemu dengan kapten dan menyerahkan dokumen saya di atas kapal. Lalu kapal kami berangkat dari Surabaya menuju Kalimantan selatan ke Kecamatan Tarjun.

Kapal kita berangkat dari pelabuhan tanjung perak pukul 10.15 di dalam perjalanan kita dapat jam jaga 4 jam 4 jam selama kapal sampai di pelabuha tarjun.

Di dalam kapal kita bercerita satu sama lain dan kita berbagi makanan. Pengalaman pertama saya pada jam jaga saya begitu tegang dan di damping oleh kapten kapal.

Pada jam jaga saya ada kapal melintasi kapal saya dan kapten segara kasih perintah kesaya cikar kanan dan sampai melintasi atau melewatinya sampai benar keluar lintasanya.

Masih dalam perjalanan dan jam jaga saya KKM ( Kepala Kamar Mesin ) meminta saya untuk untuk menurunkan kan kecepatan saya dan saya gak tahu mengapa dan apa yang terjadi.

Setelah saya lepas jam jaga saya mau istirahat dan mau makan dan mandi setelah itu saya bertemu KKM dan saya bertanya kepada beliau, mengapa saya tadi di suruh menurunkan kecepatan saya.

Lalu beliau menjawab dan saya di suruh melihat ke dapur ternyata ada ikan besar sekali yg dapat di pancing KKM waktu berlayar tadi. Oh ternyata begitu kirain kenapa jadi saya kaget.

Setelah 3 hari lamanya kami berlayar akhirnya kita sampai juga di pelabuhan Tarjun lalu kami menyandarkan kapal.lalu kapal saya membuka palka lalu memuat semen di masukan palka.

Lalu kami turun ke darat mencari makanan atau jalan jalan sebagai stok makanan di kapal. Ternyata harga sembako di Kalimantan harganya sangat mahal beda dengan di pulau jawa.

Lalu kita balik lagi ke kapal dan beristirahat.lalu paginya kita lihat muatan ternyata belum penuh baru setengah kargo paling besok paginya baru penuh. Dan saya memantau mengawasi pekerja yang sedang memasukan semen di dalam kapal.

Ke esokan harinya kapal sudah penuh dan kita berangkat meneju pulau bali atau pelabuhan Buleleng. Berangkat dari tarjun jam 09.20. waktu berangkat saya tidak kena jam jaga karena saya sedang sakit.

Dan saya di urus atau di obati teman saya karena saya sedang mabuk laut. Ternyata mabuk laut lebih parah dengan mabuk darat. Sampai tidak ada lagi yang bisa di keluarkan lagi sampai angin yang ke luar.

Setelah esok paginya saya sembuh dari sakit mabuk saya. Dan teman teman saya tertawain saya setelah saya bercerita tentang saya kemarin waktu mabuk. Saya hanya diam dan tersenyum saja.

Ternyata kawan kawan saya di kapal orangnya asik dan pandai bergurau. Apa lagi kalau dalam perjalanan di atas kapal yang sangat membosan. Di atas kapal selama berlayar saya hanya bertemu dengan langit dan air saja.

Tak ada orang atau lainnya paling sesekali saja bertemu nelayan atau kapal lain dan pulau pulau kecil saja. Tak ada orang atau binatang yang melintas. Paling ada ikan lumba lumba saja yg berenang menikuti perjalanan kita yang Cuma sebentar.

Sudah 3 hari kita berlayar dan akhirnya kita betemu dengan pulau bali atau pelabuhan Buleleng. Tapi kita tidak langsung bersandar kita berlabuh dulu menunggu kapal lain yang sedang bongkar muatan selama 2 hari.

Setelah 2 hari lamanya kapal kami berlabuh lalu bongkar muatan dengan Crane kapal oleh teman saya. Bongkar muatan semen pake manusia manual di angkat ke atas mobil. Lalu pekerjaan saya menghitung jumlah semen yang di bongkar di atas mobil.

Sampai sore hari para pekerja pulang dan bongkaran muatan belum selesai.saya mandi dan istirahat dan paginya saya beraktifitas kembali seperti biasa. Sampai bongkaran selesai. Ternyata sudah 2 hari bongkaran belum selesai.

Samapi di hari minggu saya jalan jalan ke Denpasar bali di pantai kuta Bali naik mobil angkutan umum sampai tiba di tempat tujuan kota Denpasar . betapa indahnya pulau dewata bali.

Banyak turis asing yang hilir mudik di  kota Denpasar. Ramai sekali ternyata kota Denpasar banyak tempat hiburan di sudut kota Denpasar. Ternyata ada juga turis asing yang menetap di bali.

Kata mereka bali itu indah dan nyaman bagi mereka sampai betah dan tidak mau pulang. Lalu kami jalan jalan ke pantai ke wisata di pulau bali dengan kawan kawan saya sampai sore hari.

Demikianlah pengalaman kerja saya di kapal pelayaran ada duka dan ada suka. Sekian dan terima kasih kawan kawan ku yang sekarang yang jauh di sana dan tidak tahu kabarnya saat ini dan semoga kau baik baik saja.

Leave a Reply