Pengalaman Bekerja Di Perusahaan Leasing Yang Penuh Tantangan

hasil kerja yang memuaskan

Perkenalkan sebut saja saya Rachman, waktu itu di Jakarta pada bulan april 2013 main di tempat kerja adik saya, niatnya mencari pekerjaan di sana, sudah hampir 1 bulan saya belum dapat kerjaan di tempat kerja adik saya.

Dan saya berusaha mencari loker di media sosial atau internet pun tidak dapat sampai bulan mei 2013. Dan pada hari minggu tanggal 12 mei 2013 akhirnya teman perempuan saya menelpon kasih kabar bahwa ada loker di tempat kampung halaman saya tinggal.

Melamar Pekerjaan

Melamar Pekerjaan

https://pixabay.com

Lalu saya pulang menaruh lamaran di sebuah perusahaan leasing yang bertempat di daerah Kecamatan Gabuswetan di indramayu pada hari senin tanggal 13 mei 2013. Besok paginya Tepat jam 09.00 saya pulang kampung berangkat ke indramayu.

Melakukan perjalanan dari terminal pulo gadung Jakarta timur ke indramayu menggunakan bus ekonomi. Sampai di indramayu kurang lebih pukul 12.00 saya berhenti di kecamatan patrol menuju Kecamatan anjatan menggunakan ojek.

Terus bertemu teman perempuan saya di kecamatan anjatan berbincang sebentar mengasih tahu alamat kantor yang mau saya kasih lamaran tersebut, lalu teman perempuan saya meminjam kan kendaraanya atau sepeda motornya kepada saya.

Pada pukul jam 13.00 saya sampai di kantor leasing di kecamatan gabuswetan bertemu dengan kepala kios bernama pak Nana Sudarna, dan saya di wawancarai oleh beliau. Dan saya di Tanya oleh beliau apakah siap kerja di leasing yang penuh tantangan, tekanan dan target, dan saya menjawab insya allah saya bisa pak.

Sekarang apa yang saya lakukan dengan pekerjaan saya ini pak, pak Nana menjawab kerjaan saudara adalah sebagai MCE ( Marketing Credit Executiv ) tugas pertama adalah mencari order bpkb atau dana tunai yang bila mana ada orang membutuhkan dana tunai dan jaminkan bpkbnya ke kita.

Tugas kedua apa bila konsumen berminat maka kita survey dulu kerumahnya apakah mampu atau tidak bila mana mengangsur kreditnya di kantor kita. Apa bila konsumen itu ada kemampuan setelah di survey maka kita setujui atau ACC dan kita cairkan dananya ke konsumen.

Tugas yang ketiga adalah menagih jatuh tempo angsuran konsumen yang sudah kita biayai atau kredit. Dan pak Nana menanyakan lagi kesaya apakah mampu anda melakukan kerjaan ini. Dan saya menjawab insya allah saya mampu pak. Dan saya bertanya ke pak Nana, berapakah target saya dalam 1 bulan ini pak, pak nanya menjawab, target anda adalah 25 order atau BPKB.

dan saya menjawab insya allah saya bisa pak. Setelah saya di wawancarai besok paginya saya di suruh pak Nana tanda tangan kontrak menemui pak dodo di kantor Cabang Jatibarang. Setelah saya tandangan kontrak berarti saya di terima oleh perusahaan. Berkat doa dan usaha saya selama ini akhirnya saya mendapatkan pekerjaan.

Proses Kerja Yang Menantang

Proses kerja yang menantang

https://pixabay.com

Setelah saya bekerja di  kios gabus saya mempunyai teman satu kantor yang berjumlah 9 orang  di antaranya adalah 7 laki laki dan 2 Perempuan, dan setelah itu saya perkenalkan diri saya ke teman teman saya, setelah saya udah masuk 1 bulan dan saya target mendapatkan gaji plus insentive yang begitu besar bila di total nominalnya hampir setara dangan pendapatan PNS.

Saat itu juga saya sampai tidak percaya melihat isi atm yang saya lihat waktu itu. Semua ini berkat doa orang tua saya dan orang yang dekat dengan saya juga. setelah saya dapat gaji saya mentraktir teman teman saya yang satu kantor untuk makan pedesan entog yang bikin adalah bapak caya penjaga kios gabus.

Hari hari yang sudah saya jalani penuh dengan rintangan, ada konsumen yang mau hutangnya saja tapi tidak mau bayar, dan ada yang mau hutang tapi motornya di jual atau di gadaikan lagi ke mafia motor, tapi dari 100% kunsumen yang bayar hanya 90 % saja angsuran yang bisa di tagih oleh saya.

Ada trick yang lebih jitu supaya tagihanya tidak jebol atau alir yaitu di talangin begitu kata teman saya. Dan apa bila mau dapat order yang banyak perbanyaklah kanvasing atau tebar pricelist angsuran dana tunai ke kampung kampung.

Sudah hampir 6 bulan saya bekerja di kios gabus ada masalah besar yaitu hilangnya 1 buah BPKB di dalam kantor,  semua orang 1 kantor di suruh bersumpah dan berjanji oleh pak Nana dan admin kios, apa bila mengambil dari salah satu dari kita, maka kita akan kena azabnya.

BPKB konsumen tersebut mempunyai hutang yang cukup lumayan besar sekitar 9 juta rupiah, sudah lewat 1 bulan kepala Cabang Jatibarang menanyakan kepada pak Nana di mana posisi bpkb tersebut. Pak nana menjawab jujur BPKB telah hilang tidak lama kemudian pak nana di berhentikan bersama dengan admin kios gabus dan 1 mce.

Dari cerita di atas bahwa pekerjaan bila tidak teliti dan berhati hati maka taruhanya adalah kita akan di berhentikan. Alhamdulillah untung bukan konsumen saya yang bpkbnya hilang. Mungkin pak Nana dan kios admin sudah saatnya berhenti dari pekerjaan ini. Kita satu kantor bersedih mendengar kepergian teman kita yang di berhentikaan.

Kita gak nyangka bahwa orang sebaik dan jujur seorang pak nana bisa lalai dalam pekerjaan ini. Hanya allah taala yang tahu tentang peristiwa ini. Setelah pak nana di berhentikan di ganti kepala kios oleh pak dede, orangnya masih muda suka bergaul dan humoris.

Hasil Kerja Yang Memuaskan

hasil kerja yang memuaskan

https://pixabay.com

Pak dede adalah kepala kios yang paling hebat hingga bisa mengasih semangat kerja dan loyalitas anak buahnya di penghujung tahun  2014 saya mendapatkan reward oleh perusahaan berupa tablet Samsung dengan kisaran harga 5.500.000, ini semua berkat kerja keras kita dan support dari Kepala Kios.

Berikutnya di tahun 2015 saya bekerja terus semangat dan pantang menyerah. Di mana ada konsumen saya langsung menggarap konsumen dan mencari lagi sampai keringat habis karena terserap oleh sinar matahari.

Dan pada akhir tahun 2015 saya mendapatkan reward sebuah televisi 55 inch. Alhamdulilah sekali ya Allah atas rahmat mu yang saya terima ini begitu besar kau berikan kenikmataan duniawi. Terima kasih semua teman yang sudah mensuport saya selama ini.

Leave a Reply