10+ Urutan Pangkat TNI Dengan Penjelasannya Terlengkap

Pangkat TNI AD

Apa saja sih pangkat TNI?. Memang tidak semua orang bisa mengetahui urutan dari pangkat TNI ini. Terkecuali memang kita menjadi salah satu orang anggota, mungkin dengan hafal mengetahui urutan dari pangkat tersebut.

Memang dari setiap anggota masing-masing memiliki urutan dari pangkat yang ia jalani sebagai tugas dan kewajiban yang di embannya. Dan setiap pangkat mempengaruhi tugas dan bidangnya tersendiri.

Adapun anda urutan dari pangkat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Semua itu mengikuti aturannya yang telah disesuaikan dengan jabatan selama ia mengemban tugas tersebut.

Untuk meraih prestasi hingga naik jabatan, tidaklah mudah, karena membutuhkan perjuangan yang memang tidak mudah. Mak kita perlu mengapresiasikan untuk semua Tentara Nasional Indonesia ini, karena telah melewati beberapa perjuangan yang hebat.

Bisa kita lihat dari setiap pangkat yang ia rai ialah suatu perjuangan yang sangat gigih, hingga berlanjut ke pangkat yang akan lebih tinggi lagi. Jika pangkat tersebut dinaikkan lebih tinggi, selain pertanda prestasi, akan tetapi ia diberi tugas yang lebih berat lagi daripada sebelumnya.

Lambang Pangkat TNI

Lambang Pangkat TNI

http://ardi-lamadi.blogspot.com

Menurut aturan yang sudah berlaku di zaman dahulu. Pangkat tentara dimulai dari TNI masih bernama TKR. Hingga berubah seiring waktu berjalan berubah menjadi TNI atau Tentara Nasional Indonesia.

Nama TKR atau (Tentara Keamanan Rakyat) sendiri sudah menjadi keputusan pemerintah di zaman dahulu. Dan telah diterbitkan surat perintah tersebut dari Kepala Markas Tertinggi pada tanggal 5 November 1945.

Mendengar kisah dari beberapa sumber atau saksi hidup yang pernah mengalami menjadi TKR (Tentara Keamanan Rakyat) ini dahulunya masih jarang yang berani dan mau untuk jadi seorang tentara, karena kematian sudah didepan mata kita.

Namun seiring berjalannya waktu, maindset orang-orangpun berubah sesuai dengan perkembangan zaman, menjadi berani dan bahkan sekarang banyak yang ingin mendaftarkan diri sebagai Tentara Nasional Indonesia.

Meskipun tidak lulus dalam ujian atau test masuknya tentara. Akan tetapi kita bangga,bahwa di Indonesia semakin tahun semakin banyak jiwa-jiwa muda yang ingin sekali menjadi Tentara Nasional Indonesia ini.

Pangkat Dalam TNI

Pangkat Dalam TNI

https://konkzmedia.blogspot.com

Tanda pangkat yang tercantum bisa kita lihat saat memakai pakaian (PDU) Pakaian Dinas Upacara , (PDL) Pakaian Dinas Latihan dan (PDH) Pakaian Dinas Harian. Dari pakaian tersebut merupakan pangkat yang terbagi menjadi tiga bagian.

Untuk jenis pangkat dari bintara tinggi hingga pangkat kehormatan ditempatkan pada pundak kemeja. Sedangkan untuk temtama ditaruh pada lengan baju. Berbeda dengan saat memakai pakaian dinas apangan yang ditaruh pada kerah baju.

Macam-macam pangkat ini ditempatkan pada tempatnya masing-masing dan disesuaikan dengan baju yang dipakainya, seperti memakai baju (PDU) Pakaian Dinas Upacara, (PDH) Pakaian Dinas Harian dan (PDL) Pakaian Dinas Latihan.

Urutan Pangkat TNI

Urutan Pangkat TNI

https://www.youtube.com

Semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan angkat tertinggi. Dimana sebuah pangkat tertinggi ini ialah sebuah kehormatan besar bagi kita yang mendapatkannya.

Namun tentunya memerlukan perjuangan yang keras. Karena tidak mudah untuk mendapatkan angkat kehormatan tersebut. Hanya orang-orang yang bekerja keras, gigih dan pantang menyerah dalam melaksanakan tugas tersebut. Dan tentunya tidak akan ada usaha yang sia-sia, jika kita memiliki niat dan semangat.

Pangkat kehormatan adalah suatu jabatan tertinggi yang diberikan kepada seseorang. Dan tentunya diberikan kepada orang yang memiliki jasa besar kepada negara tersebut. Maka tidak salah lagi jika kita menghormati seseorang yang memiliki jasa besar.

Untuk mendapatkan pangkat kehormatan tersebut, masih dikatakan jarang. Karena tidak semua orang bisa mendapatkan itu. Karena hanya prajurit-prajurit yang berani matilah yang akan mendapatkannya.

Karena hasil tidak akan pernah menghianati proses. Seperti itulah kira-kira pribahasanya. Untuk bisa mencapai teratas, pastinya harus naik dari bawah hingga tertinggi.

Pangkat TNI AD

Pangkat TNI AD

https://bukubiruku.com

Pangkat Perwira Tinggi TNI AD

Pangkat Perwira Tinggi TNI AD

https://bukubiruku.com

Dalam jenjang karir dari prestasi sebuah kepangkatan TNI AD dibagi menjadi 4 pangkat yang dari tingkatan pangkat perwira tinggi. Dan dimulai dari urutan tertinggi hingga tingkatan terendah, ialah sebagai berikut :

Brigadir Jenderal

brigadir jendral

https://id.wikipedia.org

Brigadir Jenderal TNI AD atau yang kita kenal sebagai Brigjend, ialah pangkat terrendah dari jajaran perwira tinggi TNI AD. Ciri dari pangkat tersebut ialah memiliki lambang bintang satu.

Mayor Jenderal

Mayor Jenderal

https://id.wikipedia.org

Mayor Jenderal TNI AD atau yang kita tahu sebagai Mayjen ini merupakan pangkat diatas Brigjen, karena pangkat ini memiliki lambang dua bintang. Jadi masih diatas dari Brigjen yang hanya memiliki satu bintang.

Letnan Jenderal

Letnan Jenderal

https://id.wikipedia.org

Letnan Jenderal TNI AD atau disebut dengan Letjen, merupakan pangkat diatas daripada Mayjen, yang dimana memiliki lambang tiga bintang. Masih diatas Brigjend yang hanya memiliki dua bintang saja.

Jenderal

Jenderal

https://www.kompasiana.com

Dalam sistem kepangkatan tertinggi ialah Jenderal, karena sudah mencapai empat bintang, diatas dari semua Letjen, Mayjen dan Brigjen yang masih dibawah daripada Jenderal.

Lambang Pangkat Tertinggi TNI AD Perwira Tinggi

Lambang pangkat tertinggi TNI AD perwira tinggi

https://salamadian.com

Pangkat Perwira Menengah TNI AD

Pangkat Perwira Menengah TNI AD

http://ilhamsptracta.blogspot.com

Dalam tingkatan pangkat perwira menengah dibagi menjadi 3 pangkat menurut urutan pangkat dari perwira menengah dari pangkat tertinggi sampai dengan pangkat terendah pada jenjang kepangkatan TNI AD ialah sebagai berikut:

Mayor

Pangkat terendah dalam jajaran perwira menengah ialah Mayor. Karena masih memiliki satu bunga melati emas dalam lambang TNI AD tersebut. Dan bisa dikatakan paling terendah diantara lainnya.

Letnan Kolonel

Letnan Kolonel TNI AD, atau yang lebih dikenal sebagai Letkol, merupakan pangkat diatas atau tinggi dibandingkan dengan Mayor. Karena sedikit berbeda pada lambang tersebut ialah memiliki dua bunga melati emas.

Kolonel

Kolonel merupakan sebuah lambang yang dimana masih diatas jika dibandingkan dengan Letnan Kolonel. Karena untuk Kolonel sendiri memiliki lambang tiga bunga melati emas.

Lambang Pangkat Perwira Menengah TNI Angkatan Darat

Lambang Pangkat Perwira Menengah TNI Angkatan Darat,jpg

https://www.zonareferensi.com

Pangkat Perwira Pertama TNI AD

Dalam sebuah karir kepangkatan TNI AD bisa dibagi menjadi 3 bagian. Pangkat ini menjadi tingkatan awal pada perwira pertama. Adapun urutan dari perwira pertama dari tingkat terendah hingga tingkat tertinggi:

Letnan Dua

Letnan Dua pada TNI AD atau sebagaimana yang kita tahu ialah disingkat menjadi Letda. Yang mana hanya memiliki lambang satu balok emas.

Letnan Satu

Letnan Satu TNI AD atau sering kita dengar sebagai Lettu. Pangkat ini masih diatas dari Letnan Dua. Karena Lettu ini memiliki dua balok emas.

Kapten

Kapten adalah sebuah pangkat tertinggi pada jenjang perwira pertama TNI AD. Lambang dari pangkat ini ialah tiga balok emas. Masih tinggi dibandingkan dengan Letnan Satu atau yang kita kenal sebagai Lettu.

Lambang pangkat perwira pertama TNI Angkatan Darat

Lambang pangkat perwira pertama TNI Angkatan Darat

https://www.slideshare.net/

Pangkat Bintara Tinggi TNI AD

Pangkat Bintara Tinggi TNI AD

https://thegorbalsla.com

Dalam urutan pangkat tingkat Bintara Tinggi dibagi menjadi dua pangkat, yang manakala disesuaikan pada urutan tertinggi hingga terendah, diantaranya ialah sebagai berikut:

Pembantu Letnan Dua

Dalam sebuah kepangkatan Letnan Dua TNI AD atau yang dikenal sebagai Letda, ialah pangkat terendah pada jajaran bintara tinggi. Karena lambang dari pembantu Letnan Dua ini hanya berpangkat satu balok emas bergelombang.

Pembantu Letnan Satu

Sedangkan untuk pembantu letnan satu, merupakan pangkat tertinggi pada jajaran bintara tinggi. Karena masih berpangkat balok emas bergelombang. Dan masih diatas dari pembantu Letnan dua, Karena untuk pembantu Letnan Satu ini memiliki dua balok emas bergelombang.

Sekian dan terima kasih atas kunjungannya ke website ini. Semoga sahabat gellsy.com bisa memahami apa yang sudah dituliskan mengenai contoh-contoh urutan pangkat yang dimulai dari TNI AD hingga banyak lagi lainnya.

Jika ada kesalahan dalam menulis nama tokoh, kata-kata, penjelasan dan uraiannya kurang berkesan untuk pembaca sendiri. Maka harap maklum, karena artikel ini dibuat semata-semata untuk berbagi ilmu dan wawasan yang berguna untuk kalian semua.

Sebelum kita akhiri, pesan yang harus kita ingat untuk selamanya ialah. Jangan pernah melupakan jasa para pahlawan. Jika kita mengerti akan semua itu. Mungkin tidak habis fikir bagi kalian semua, bahwa menjadi TNI itu harus siap mati didalam peperangan.

Leave a Reply