Sejarah Mata Uang Thailand Dengan Penjelasannya lengkap

Sejarah Mata Uang Baht Negara Thailand 

Sebelum kita melanjut untuk membahas mata uang negara Thailand yang paling terkenal yaitu baht. Mungkin kalian sudah tahu bukan bahwa semua negara mem[unyai mata uang sendiri.

Seperti negara Timor Leste, Ekuador, El Salvador, dan Zimbabwe mereka menggunakan mata uang jenis dolar, uang yang sama dipakai di negara Amerika Serikat tersebut.

Namun dari negara Australia, Hongkong, Selandia Baru, Singapura, dan Taiwan ini, meskipun mempunyai mata uangnya jenis dolar tetapi hanya jenisnya saja yang sama, nilai kurs dan kode ISO-nya beda.

Untungnya pada negara yang dijuluki gajah putih ini tidak seperti negara-negara lainnya. Thailand memiliki mata uang sendiri, yang bernama Baht. Sangat beda sekali dengan nama mata uang negara lainnya.

Jadi di sini saya dapat mengulasnya lebih detail lagi dimulai dari simbol, kode ISO, denominasi atau pecahan baik kertas maupun logam/koin, nilai kurs, dan keunikan lainnya. Mau tau selanjutnya? Yuk baca selengkapnya di bawah ini

Mengenal Nama Mata Uang Negara Thailand Baht

Mengenal Nama Mata Uang Negara Thailand Baht

https://uangindonesia.com

Banyak sekali orang yang salah menulis baht. Mereka juga sangat keliru dengan bath. Padahal perbedaan arti keduanya ini sangat jauh. Kesalahan-kesalahan ini mungkin dikarenakan kode ISO mata uang Thailand adalah THB.

TBH sendiri juga merupakan sebuah singkatan dari Thailand Baht. Kalau kita menulis menggunakan huruf Thailand, baht menjadi บาทไทย .

Secara resmi baht ini menjadi mata uang thailand. Nama mata uang baht sebelumnya bernama Siam . Namun, meskipun begitu juga ada di negara lain yang ikut menggunakan mata uang baht ini untuk transaksi sehari-harinya.

Daerah-daerah ini biasanya sangat terletak di perbatasan negara Thailand. Dan negara lain yang juga ikut memakai baht secara tidak resmi contohnya negara Laos, Kamboja, dan Burma.

Sama seperti mata uang seperti negara lainnya yang ada di dunia, baht juga mempunyai simbol atau lambing-lambang yang biasanya ditulis di depan nominal angkanya.

Apasih symbol yang ada di mata uang tersebut? Simbol pada mata uang negara umumnya terbentuk dari karakter-karakter khusus atau hanya berupa singkatan dari nama mata uang itu sendiri.

Seperti halnya $ symbol untuk dolar dan Rp simbol untuk rupiah. Meskipun berupa singkatan tetapi tetap perlu diingat bahwa itu semua merupakan simbol. Jadi penulisannya tersebut tidak perlu tanda titik (.) segala. Jadi contoh yang benar seperti berikut Rp1.000.000,00, bukan Rp.1.000.0000,00.

Eh kenapa jadi ngelantur ya ko bahas rupiah sih? Ya maklumin saja saya orang Indonesia yang sangat mencinta rupiah, hehe. Jadi apakah lambang dari mata uang Thailand sebenarnya? Simbolnya tersebut mempunyai karakter khusus seperti ฿.

Saya juga tidak tau bagaimana caranya mengetiknya dengan keyboard. Kalau kalian sama-sama tidak bisa, tetapi butuh, silakan saja copy paste di atas. Atau kalian juga bisa dengan coba ketik U+0E3F. Kalau tetap gagal, coba lainnya seperti Alt +0E3F.

Uang di sebuah negara dapat digunakan dengan baik. Pasti butuh badan yang harus bertanggung jawab atas peredarannya itu. Mulai dari penerbitannya yang mengatur peredaran agar sirkulasinya lancar.

Sampai pencabutan bila mata uang tersebut sudah tidak layak pakai lagi. Pada mata uang baht ini diserahkan oleh Bank of Thailand yang selaku bank sentral di Thailand. Ya kalau di Indonesia ini seperti Bank Indonesia (BI) lah.

Denominasi atau Nilai-nilai yang Terdapat Pada Pecahan Pada Mata Uang Negara Thailand Kertas dan Koin

Denominasi atau Nilai-nilai yang Terdapat Pada Pecahan Pada Mata Uang Negara Thailand Kertas dan Koin

http://www.kamusdata.com

Sepertinya hampir dari semua mata uang yang ada pada negara di dunia ini yang terbuat dari bahan kertas dan logam/koin.

Begitu juga dengan uang yang dimiliki negara yang terletak di Asia Tenggara dan negara ini disejarah tidak pernah dijajah.

Sama seperti halnya rupiah kebanyakan, uang koin mayoritas yang bernominal kecil sedangkan kertas bernominal besar. Berikut inilah pembagian pecahan-pecahan itu.

Uang Kertas Baht Thailand dan Uang Koin Baht Thailand

Uang Kertas Baht Thailand dan Uang Koin Baht Thailand

https://satujam.com

Pada pembahasan uang koin di atas kita menemukan ada pecahan ฿0,01, apakah itu? Ingat kan dulu di Indonesia juga memiliki pecahan seperti ini, sebuah pecahan di bawah 1 rupiah?

Nah di negara yang memiliki julukan gajah putih juga sama seperti diatas. Bedanya, kalau di rupiah kita menyebutnya adalah sen, di Thailand dinamakannya adalah satang. Tepatnya 1 baht sama dengan 100 satang.

Meskipun koin-koin mata uang Thailand bernilai satang ini termasuk resmi dan bisa digunakan sebagai alat pembayaran apapun, bila kalian ingin membelanjakannya biasanya toko-toko kecil ini sudah tidak mau menerimanya.

Gambar Mata Uang Negara Thailand Baht

https://www.his-travel.co.id

https://www.his-travel.co.id

Setelah tau dari pecahan uang baht baik yang kertas maupun logam atau koin, sekarang ini pasti penasaran dong bagaimana gambarnya? Nih saya kasih lihat penampakannya.

Mungkin dari gambar di atas sudah ada bayangan atau gambaran penampakan dari mata uang beth tersebut. Mungkin kalian juga masih susah untuk menangkap gambar itu.

Di salah satu sisi pada gambar uang diatas terdapat gambar seorang raja. Bedanya di Indonesia adalah presiden pertama di indonesia.

Keunikan Mata Uang Negara Thailand Baht

Keunikan Mata Uang Negara Thailand Baht

http://ijofreak.blogspot.com

Perhatikan deh gambar uang baht di atas tadi. Pada salah satu sisinya tersebut bergambar Raja Bhumibol Adulyadej semua. Ini tentu menjadi salah satu ciri khas keunikan baht sendiri.

Bandingkan saja deh dengan mata uang rupiah Indonesia, masing-masing nominal memiliki potret atau gambar pahlawannya yang berbeda-beda. Bahkan pada nominal Rp 5.000, hanya berbeda tahun emisi pun gambar pahlawannya lain (ada yang Sudirman, Teuku Umar, dan Tuanku Imam Bonjol).

Kalian pasti sangat penasaran sekali siapakah Raja Bhumibol Adulyadej itu? Nama dan gelar lengkapnya itu merupakan Paduka Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej. Dalam huruf bahasa Thailandnya ditulis ภูมิพลอดุลยเดช; atau pʰu:mipʰon adunjadeːt. Ia lahir di Amerika Serikat, 5 Desember 1927.

Pada umur 19 tahun, tepatnya tanggal 9 Juni 1946, ia diangkat untuk menjadikan raja menggantikan kakaknya yang meninggal secara misterius tersebut. Selama menjadi raja ia sangat dikenal sebagai Raja Rama IX.

Dalam kepimpinannya tersebut, ia dikenal sebagai raja yang sangat pintar, bijaksana, dan banyak jasanya kepada kerajaan Thailand. Maka tak heran juga ia sangat dihormati oleh rakyatnya hingga kini.

Salah satu contoh penghormatan rakyat kepadanya adalah yang sudah saya katakan di atas tersebut di cetuskan gambar raja tersebut.

Semua uang Thailand baht baik kertas maupun koin memuat foto dia. Yang lebih ekstremnya, di sana ada aturan barang siapa, entah warga Thailand ini maupun pendatang/turis, yang ketahuan menginjak mata uang, bahkan hanya mengepal-ngepal mata uang Thailand baht bisa berurusan dengan polisi dan hukum.

Sejarah Mata Uang Baht Negara Thailand 

Sejarah Mata Uang Baht Negara Thailand 

http://4llizwell.blogspot.com

Baht (simbol ฿, THB) adalah jenis mata uang negara Thailand yang menjadi tanggung jawab Bank of Thailand. Dimasa perang Dunia II, yang tepatnya pada tahun 1980 Baht mengalami penurunan nilai uang.

Memang disaat itu terjadi adanya krisis ekonomi Asia, yang menyebabkan uang Bath turun sampai setengahnya. Dan paa saat itu kira-kira 56:1 pada Januari 1998. Namun Baht akhirnya bisa naik kembali menjadi stabil untuk waktu yang lama.

Mata uang Thailand ini terdapat versi baru, khususnya koin-koin bertuliskan angka Arab dan terdapat gambar seorang Raja. Untuk gambar seorang Raja tersebut berlaku untuk semua jenis mata Uang Thailand.

Mulai dari koin sampai dengan jenis uang kertas, semua terdapat potret Raja Bhumibol Adulyadej. Jika kita lihat atau perhatikan secara seksama, maka akan terlihat potret dari Sang Raja Bhumibol Adulyadej.

Dahulu kala mata uang Thailand bernama Siam, namun sekarang berubah menjadi Bath. Dan ada di beberapa negara-negara lain yang mengikuti mata uang ini secara tidak resmi untuk dijadikan sebagai transaksi dalam menjual beli sebuah barang atau jasa.

Diantara negara-negara yang mengikuti mata uang ini ialah, Laos, Burma dan Kamboja. Ini audah dilakukan sudah lama dan sudah digunakan untuk umum dibeberapa negara yang tidak resmi dalam memakai uang tersebut.

Mata uang Thailand yang Bernama Baht

Mata uang Thailand yang bernama Baht

https://www.cnbcindonesia.com

Terdapat mata uang dari terkecil hingga besar, yaitu 25 satang sampai dengan 1000 bhat. untuk pecahan terbesar, dan dibedakan menjadi dua yaitu koin dan juga lembaran. Namun untuk untuk uang koin sendiri sudah jarang yang mau menerimanya.

Mungkin anggapan dari para pedagang sana ialah sudah kuno dan takut tidak akan laku lagi. Padahal pemerintah Thailand belum mengumumkan apakah uang koin tersebut sudah tidak laku atau masih berlaku.

Seperti pada kabar REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK, yang mengumumkan bahwa Thailand akan segera mengeluarkan uang kertas baru. Dan uang kertas tersebut konon katanya akan keluar secepatnya.

Dari ciri-ciri uang yang akan dikeluarkan tersebut, terdapat gambar Raja pada bagian depan. Sedangkan untuk uang koin sendiri, belum ada kabar akan dikeluarkan dengan jenis baru.

Hal ini diumumkan oleh Gubernur Bank Sentral Thailand. Yang mengumumkan bahwa akan secepatnya dikeluarkan uang baru dalam bentuk lembaran tersebut dengan Seri 17, yang tentunya atas izin Raja Maha Vajiralongkor.

Dan untuk uang 500 sampai 1000 baht ini akan dikeluarkannya pada saat ulang tahun Raja yang baru, yakni tanggal 28 Juli. Berbeda dengan uang kertas pecahaan 20, 50,dan 100 baht ini akan dikeluarkan mulai 6 April.

Sekian dan terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung di website gellsy,com. Semoga anda mendapatkan apa yang dicari disini, mungkin informasi tentang mata uang Thailand atau informasi lainnya.

Untuk mengenai ulasan, pengertian atau penjelasan yang kurang dan tepat, harap maklum agar sekiranya artikel ini hanya menjadi sumber dari ilmu yang bermanfaat dan berbagi kepada semua pembaca.

Jika ada salah-salah kata atau dalam penulisan nama tokoh, tempat, penjelasan dan informasi, harap memaafkan kesalahan penulis. Saran dan kritiknya sangat diharapkan untuk menambah ilmu pengetahuan dan informasi yang terkait.

Karena penulis merasa artikel ini masih kurang lengkap dan jauh dari kata sempurna. Semoga adanya saran dan kritik dari pembaca, bisa menjadi tambahan wawasan bagi penulis untuk memperbaiki setiap kesalahan dari artikrl ini. Terima kasih untuk sahabat gellsy.com semoga Tuhan memberkati segala urusan kalian.

Leave a Reply