Logo Koperasi Baru

Arti Lambang dan Logo Koperasi Terbaru Pengertian dan Penjelsaanya

Logo koperasi ialah suatu lambang yang mempunyai arti mendalam untuk sebuah instansi yang diwakilinya. Logo juga digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan, organisasi, daerah atau instansi lain.

Dalam sebuah logo terdapat simbol yang mengilustrasikan motto dan tujuan suatu instansi tersebut.

Tak terkecuali logo koperasi Indonesia. Logo koperasi juga mempunyai makna yang mendalam yang mewakili visi dan misinya. Dalam perkembangannya, logo koperasi telah mengalami perubahan.

Meskipun begitu bukan berarti menghilangkan visi dan misi yang terdapat dalam logo koperasi yang lama.

Logo Koperasi

Logo Koperasi
https://elizato.com

Logo koperasi yang lama sebelumnya ada perubahan. Pada tahun 2012 lalu, logo koperasi tersebut dirubah oleh Menteri Koperasi Syarif Hasan dari hasil kongres Tasikmalaya 1947. Dengan Permen No. 02/Per/M.KUKM/IV/2012.

Dalam logo koperasi lama itu mengandung banyak elemen dan unsur seperti pohon beringin, kapas, padi, rantai, neraca, bintang, gear dan warna merah putih.

Meskipun penggantian logo itu bertujuan untuk meningkatkan citra koperasi kepada masyarakat luas. Bahkan logo yang baru adalah berupa simbol dari bunga teratai dengan warna hijau sebagai warna utamanya.

Namun setelah berlalu selama tiga tahun, dikeluarkan suratSKEP/03/Dekopin-E/I/2015 melalui Munas Dekopin (Dewan Koperasi Indonesia) 2014 yang menyatakan kembali pada logo koperasi lama yang berupa pohon beringin. Dan Dekopin pun membatalkan penggunaan untuk logo koperasi baru yang berupa bunga teratai.

Perubahan logo ini pun menjadi dinamika bagi perkembangan koperasi Indonesia. Karena bukanlah suatu yang mudah untuk mendeskripsikan sebuah lembaga yang jangkauannya adalah tingkatan nasional.

Pengertian Koperasi

Pengertian Koperasi
http://www.monily.id

Sebenarnya, apa itu koperasi ? Pengertian Koperasi adalah suatu badan usaha (organisasi ekonomi) yang dimiliki dan dioperasikan oleh para anggotanya untuk memenuhi kepentingan bersama di bidang ekonomi.

Ada juga yang mengatakan pengertian koperasi adalah suatu badan hukum yang dibentuk atas asas kekeluargaan dimana tujuannya adalah untuk mensejahterakan para anggotanya.

Dalam hal ini, koperasi dibentuk dimana kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi kerakyatan.

Koperasi dapat didirikan secara perorangan atau badan hukum koperasi. Badan usaha ini mengumpulkan dana dari para anggotanya sebagai modal dalam menjalankan usaha sesuai aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi.

Secara etimologi istilah “Koperasi” berasal dari kata “co-operation” yang artinya kerjasama. Jadi, setiap anggota mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam operasional koperasi serta memiliki hak suara yang sama dalam pengambilan keputusan.

Lambang Koperasi

Lambang Koperasi
http://www.nafiun.com

Arti lambang koperasi Rantai

Rantai melambangkan kokohnya persahabatan.jadi manusia yang berkoperasi ialah masyarakat yang suka bersahabat.cinta akan persahabatan dan tidak mudah goyah ataupun putus.

Semua anggota harus saling terikat dan bersahabat dengan erat untuk menggapai tujuan yang sama yaitu kemakmuran bagi seluruh anggota koperasi.

Arti Lambang Koperasi Roda Bergigi

Roda bergigi Menggambarkan upaya keras yang harus di tempuh secara terus menerus seperti roda yang berputar tidak kenal lelah walaupun kadang di bawah kadang di atas.

Arti Lambang Koperasi Kapas dan Padi

Kapas dan Padi Menggambarkan kemakmuran rakyat yang diusahakan oleh koperasi Jadi tujuan koperasi adalah terwujudnya masyarakat indonesia yang makmur dan sejahtera Cukup sandang pangan dan papan.

Arti Lambang Koperasi Timbangan

Timbangan Melambangkan keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi jadi setiap pengurus dan anggota koperasi haruslah adil dalam mengelola koperasi. Adil dan tidak berat sebelah kepada seluruh anggota dan pengurus koperasi.

Arti Lambang Koperasi Bintang dalam Perisai

Bintang dalam perisai artinya pancasila sebagai landasan idiil koperasi Jadi pancasila menjadi landasan dalam sebuah berkoperasi serta mengamalkan kelima sila tersebut dalam kegiatan keseharian koperasi.

Dengan demikian koperasi indonesia adalah insan yang setia dan mengamalkan pancasila.

Arti Lambang Koperasi Pohon Beringin

Pohon beringin menggambarkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian masyarakat indonesia yang kokoh berakar Artinya masyarakat indonesia yang bergerak di bidang koperasi adalah masyarakat yang kokoh.tidak mudah goyah oleh cobaan dan gempuran ekonomi dari luar negeri.Dan siap bersaing.

Arti lambang koperasi “koperasi indonesia”

Koperasi indonesia menandakan lambang kepribadian koperasi rakyat indonesia. Jadi koperasi adalah sistem ekonomi indonesia yang sangat bagus dan menjadi penggerak perekonomian indonesia.

Arti Lambang Koperasi Warna Merah Putih

Koperasi Warna merah putih menggambarkan sifat nasional Indonesia.Cinta tanah air dan bangga sebagai warga negara indonesia.

Logo koperasi lama memang sudah tidak digunakan lagi tetapi kita juga tidak boleh melupakannya.Karena ini merupakan sejarah perkembangan koperasi di indonesia yang harus tetap kita ingat.

Logo Koperasi Baru

Logo Koperasi Baru
https://gudrilogo.blogspot.com

Gambar di atas ialah logo koperasi yang baru. Bagaimana menurut sahabat? Berbeda jauh dengan yang lama, namun sama-sama memiliki makna yang mewakili lembaganya.

Jika yang dulu mempunyai banyak unsur yang terkandung di dalamnya. Dalam logo yang baru ini lebih simpel karena hanya mengandung dua unsur saja, yaitu bunga teratai serta bentuk empat sudut.

Meskipun begitu logo koperasi baru ini mempunyai filosofi dan prinsip yang dalam. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan arti lambang koperasi baru:

Arti Lambang Koperasi Baru

Arti Lambang Koperasi Baru
http://dinkop.probolinggokab.go.id

Lambang koperasi baru juga mempunyai arti yang dalam. Logo koperasi baru adalah terdiri dari bunga teratai dan empat sudut pandang serta warna hijau putih sebagai warna dasarnya. Berikut ini adalah penjelasan arti lambang koperasi baru :

Bunga Teratai

Bunga teratai mempunyai arti perkembangan, berwawasan, inovatif, kreatif dan produktif untuk koperasi Indonesia. Dengan begitu, koperasi Indonesia diharapkan bisa menjadi lebih maju dan berkembang lagi serta siap menghadapi perkembangan zaman.

Bentuk Empat Sudut Pandang

Lambang empat sudut pandang tersebut merupakan simbol empat arah mata angin. Yang mana maksudnya adalah sebagai berikut:

  • Gerakan koperasi Indonesia adalah untuk menyalurkan aspirasi rakyat.
  • Dasar perekonomian yang pro rakyat.
  • Menjunjung tinggi prinsip sosial, demokrasi, mandiri dan adil.
  • Menuju kemenangan dalam persaingan tingkat global.

Itulah logo koperasi Indonesia yang lama dan yang baru beserta arti lambang koperasi yang penuh dengan filosofi dan makna. Semoga artikel ini dapat membantu bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang logo koperasi Indonesia.

Secara bahasa, koperasi berasal dari dua suku kata Bahasa Inggris, yaitu ‘co’ dan ‘operation’. Co berarti bersama, dan operation berarti bekerja.

Sehingga dapat diartikan co-operation atau koperasi adalah melakukan pekerjaan secara bersama atau gotong-royong.

Definisi Koperasi Adalah

Definisi Koperasi Adalah
https://www.finansialku.com

Definisi Koperasi Menurut International Labour Organization (ILO)
Menurut International Labour Organization (ILO) atau Organisasi Buruh Dunia, koperasi adalah:

“Cooperative defined as an association of persons usually of limited means, who have voluntarily joined together to achieve a common economic end thorough the formation of a democratically controlled business organization, making equitable contribution to the capital required and accepting a fair share of risk and benefits of undertaking”.

Kumpulan orang dalam tujuan tertentu yang bergabung secara sukarela untuk mendapatkan peningkatan kualitas ekonomi melalui pembentukan suatu organisasi bisnis yang dikendalikan secara demokratis, membuat kontribusi yang adil terhadap modal yang diperlukan dan menerima bagian yang adil terhadap risiko dan manfaat dari usaha tersebut.

Definisi Koperasi Menurut Para Ahli

Definisi Koperasi Menurut Para Ahli
https://uangteman.com

Berikut ini definisi koperasi menurut para ahli, yaitu:

  • Hanel
  • Arifinal Chaniago
  • P. J. V. Dooren
  • Mohammad Hatta
  • Munkner

Definisi Koperasi Menurut Undang-undang No. 25 Tahun 1992
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi.

Landasan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Tujuan Koperasi Adalah

Tujuan Koperasi Adalah
https://www.koperasi.net

Setiap organisasi didirikan dengan tujuan tertentu. Demikian juga dengan koperasi.
Pada dasarnya, tujuan utama dibentuknya koperasi adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera dan mandiri atas dasar Pancasila dan UUD 1945.

Tujuan koperasi tertuang dalam UU No. 25 Tahun 1992 tentang kekoperasian, pada BAB II Pasal 3 menyatakan bahwa tujuan koperasi adalah:

“Memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka
mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945”.

Menurut Bung Hatta, koperasi tidak bertujuan untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya.

Tapi untuk melayani dan mencukupi kebutuhan bersama dan sebagai wadah partisipasi untuk pelaku ekonomi skala kecil dan menengah.

Dengan adanya koperasi, maka:

  • Produsen dapat menawarkan barang dengan harga yang cukup tinggi.
  • Konsumen dapat memperoleh barang baik dengan harga yang lebih rendah.
  • Bagi Usaha Kecil bisa mendapatkan modal usaha yang ringan dan mengadakan usaha bersama.

Asas-asas Koperasi Adalah Koperasi memiliki 2 asas, yaitu asas kekeluargaan dan asas gotong royong.

Asas kekeluargaan artinya, setiap anggota koperasi memiliki kesadaran untuk melakukan yang terbaik di setiap kegiatan koperasi, dan hal-hal yang dianggap berguna untuk semua anggota dalam koperasi tersebut.

Asas gotong royong artinya, setiap anggota koperasi harus memiliki toleransi, tidak egois atau individualis, serta mau bekerja sama dengan anggota lainnya.

Fungsi Koperasi Adalah

Fungsi Koperasi Adalah
https://www.dictio.id

Pasal 4 UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian menerangkan tentang fungsi koperasi, antara lain:

Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.

Berperan serta aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.

Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai gurunya.

Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Leave a Comment