45+ Cara Mudah Teknik Dasar Lempar Lembing Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Pengertian Lempar Lembing

Kali ini akan membahas sebuah olahraga yang sering kita lakukan di waktu masih duduk di sekolah dasar atau pun sekolah menengah atas. Dan mungkin sebagain dari kalian pernah melakukan olahraga ini sebelumnya.

Olahraga ini dilakukan dengan cara melemparnya pada jarak tertentu, dan akan dinilai seberapa jauh jarak yang ditempuh dari hasil lemparan tersebut. Olahraga ini memang lebih mengandalkan tenaga pada tangan untuk melemparnya lebih jauh.

Dalam sebuah olahraga jenis ini, peserta harus menguasai tiga hal, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Memiliki kecepatan saat melemparkan lembing tersebut agar bisa melayang jauh.
  2. Menguasai keseimbangan dalam jenis olahraga lempar lembing ini, agar saat melayang diatas tetap stabil.
  3. Kekuatan menjadi sebuah peran besar yang diandalkan oleh jenis olahraga lempar lembing ini, Karena dengan begitu bisa menentukan seberapa jauh kita melemparkannya.

Untuk menentukan seberapa jauh kita melempar, maka disesuaikan pada tahap pertama, yaitu dengan mengayunnya tsecara stabil agar arah yang dituju taka lurus sampai ketempat yang jauh sekalipun.

Dalam jenis lomba yang satu ini memang mengandalkan tenaga sebagai penentu kemenangan. Namun tetap ada beberapa trik yang harus kalian pahami, seperti pada contoh diatas, harus bisa menguasai tiga poin tersebut.

Selain itu, lempar lembing memang tidaklah mudah, padahal yang kita lihat sepertinya terlalu mudah untuk dilakukan. Namun masih banyak orang masih belum memahami beberapa trik atau teknik tersebut.

Sehingga sesuatu yang ia sepelekan tidak berhasil puas, alias tidak melakukannya dengan sempurna. Dalam melemparkannyapun harus tetap lurus, agar arahnya lebih jauh dan tepat.

Sejarah Lempar Lembing

Sejarah Lempar Lembing

https://www.slideshare.net

Dalam sebuah sejarah lempar lembing ini ialah menggunakan sejenis tombak. Namun tombak tersebut lebih ringan dibandingkan tombak yang aslinya. Karena tombak dalam perlombaan ini dibuat seringan mungkin agar peserta bisa melemparkannya lebih jauh dan tepat sasaran.

Nah, untuk sejarahnya sendiri identic dengan perburuan pada zaman dahulu. Karena jika kita mendengar kata tombak, maka akan teringat tentang perburuan di hutan, seperti pada zaman nenek moyag kita.

Memang di zaman dahulu kala, aktivitas berburu sangat sering dilakukan oleh banyak orang. Dan alat untuk berburunya ialah dengan menggunakan tombak sebagai senjata untuk membunuh hewan buruan kita.

Namun seiring berjalannya waktu dengan perkembangan zaman, aktivitas tersebut berubah menjadi sebuah olehraga. Karena telah dikembangkan bayak orang, sehingga dijadikan sebuah olahraga tingkat internasional.

Dan dalam sejarah mengatatakan, baru menjadi sebuah olahraga ketika umat manusia mulai mengenal bercocok tanam dan beternak. Karena dengan begitu telah meninggalkan masa nomaden, dimana sebuah masa yang kuno telah diganti dengan adanya perubahan menjadi olahraga.

Setelah perubahan itu terjadi, sehingga aktivitas tersebut berubah menjadi sebuah olah raga yang banyak digemari oleh semua orang. Dan oleh raga tersebut dinamakan lomba lempar lembing.

Selain menjadi olahraga, kegiatan tersebut menjadi sebuah hiburan dan prestasi bagi yang memenangkannya. Karena dari prestasi tersebut, pemenang akan mendapatkan hadiah khusus dari penyelenggara acara perlombaan tersebut.

Belum dipastikan ditemukan pada zaman apa dan kapan, namun sebagian ahli  zaman Yunani dan menjadi sebuah trasdisi dimasanya. Dan pada waktu itu, kegiatan ini konon katanya disukai banyak orang, sehingga banyak yang mengikuti acara yang menyelenggarakan perlombaan tersebut.

Seperti halnya lempar cakram yang konon katanya sudah ada pada zaman Yunani klasik. Dan menjadi hiburan dalam perlombaan yang diselenggarakan disebuah acara-acara tertentu, dengan mengadakan kegiatan tersebut.

Selain itu, lempar lembing juga menjadi sebuah sejarah yang telah dinyatakan oleh beberapa negara seperti Cina dan Mesir. Akan tetapi sedikit berbeda dengan Yunani yang begitu ramai dan popular dalam melakukan kegiatan tersebut.

Maka dari itu banyak para ahli yang menyatakan dalam sejarah lempar lembing ini di temukan atau dilakukan pada peradaban Yunani klasik. Dan salah satu penemu olahraga jenis ini pada saat itu.

Namun seiring berjalannya waktu dengan sebuah perkembangan zaman, telah dijadikan sebuah olahraga resmi tingkat internasional. Meski memang pada peradaban Yunani klasik ini sudah dijadikan olahraga, akan tetapi kali ini menjadi lebih resmi dan diakui banyak orang, pasalnya sebuah lomba jenis ini telah di resmikan sebagai perlombaan tingkat internasional.

Perkembangan Lempar Lembing

Perkembangan Lempar Lembing

http://www.12sports.net

Sejak tahun 1908, lempar lembing menjadi bagian dari olimpiade, yang telah diketahui banyak orang sebagai perlombaan dunia. Dan setelah itu banyak melahirkan atlet- atlet yang menjuarai dalam olimppiade tersebut.

Dan hingga sekarang, lempar lembing menjadi sebuah perlombaan yang sudah tidak asing lagi atau telah diketahui banyak orang. Dan menjadi sebuah olahraga terfavorit bagi masyarakat banyak.

Pengertian Lempar Lembing

Pengertian Lempar Lembing

http://pjoksmk.blogspot.com

Lempar lembing adalah sebuah kegiatan olahraga yang dilakukan dengan cara melemparkannya keatas. Dan dengan menggunakan tenaga yang kuat, agar lembing kita lemparkan tersebut, bisa terbang jauh.

Selain itu lempar lembing juga dijadikan kegiatan hiburan saat 17 Agustus atau merayakan HuT RI. Dengan mengadakan beberapa hiburan yang diantaranya ialah perlombaan lempar lembing.

Selain menjadi perlombaan, kegiatan ini cukup menghibur banyak orang karena tidak semua orang bisa melakukannya, meskipun dengan kasat mata dilihat seperti sangat mudah sekali melakukannya.

Dalam sebuah studi menjelaskan, bahwa lempar leming ini sebuah kegiatan perlombaan masyarakat yang lebih mengutakan pada tenaga dan keahlian. Akan tetapi pengertian lempar lembing disini ialah tenaga lebih besar perannya dibandingkan tekhniknya.

Yang artinya ialah hanya dengan melemparkan tombak sejauh mungkin sesuai kekuatan dari tenaga masing-masing. Dan yang lebih jauh, akan ditentukan sebagai pemenangnya.

Dan pengertian lainnya ialah, lempar lembing tersebut merupakan sebuah tombak yang dilemparkan dengan kekuatan penuh, agar bisa melemparkannya lebih jauh atau jarak yang ditempuh sesuai ketentuan yang berlaku.

Peraturan Lempar Lembing

Peraturan Lempar Lembing

https://aturanpermainan.blogspot.com

Lempar lembing adalah jenis perlombaan dari cabang olahraga. Dan lempar lembing telah masuk ke daftar lomba PON atau Pekan Olahraga Nasional dan sampai ke Olimpiade.

Adapaun beberapa peraturan dalam mengikuti perlombaan lempar lembing ini, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan lapangan untuk menyelenggarakan perlombaan lempar lembing dengan ukuran panjang minimal 30 sampai 36 meter. Dan lintasan tersebut dibatasi dengan garis 5 cm dan terpisah 4 meter.
  2. Untuk lengkungan lemparan sendiri memiliki logam dan cat putih dengan ukuran lebar 7 cm pada kayu tersebut.
  3. Lengkungan tersebut harus datar dengan tanah dan merupakan busur dari sebuah lingkaran yang berjari-jari 8 meter.
  4. Terdapat garis satu stengah meter pada titik pusat yang melilit kebagian graitasi lembing.
  5. Terdapat sudut 29-30 derajat sebagai pemotong kedua ujung lengkung pada lemparan tersebut dengan ketebalan 5 cm.
  6. Lengkungan tersebut harus terbuat dari kayu ataupun besi dan kelebarannya sekitar 8 cm dengan warna cat putih dari lingkaran jari-jari 7m.
  7. Titik pusat lengkungan lemparan harus 29 derajat
  8. Lembing harus dipegang sesuai pada bagiannya dan dinyatakan gagal apabila tidak menancap atau menggores sektor lemparan dengan melakukannya diatas bahu.

Teknik Lempar Lembing  

Teknik Lempar Lembing  

https://www.volimaniak.com

Lempar lembing sendiri merupakan salah satu cabang dari olahraga atletik nomor lempar. Dan Lembing yang dimaksudkan yakni alat yang digunakan dalam olahraga ini.

Adapun alat ini berbentuk seperti tombak dengan sudut tajam di salah satu ujungnya. Yang pada dasarnya lempar lembing yaitu berarti melempar lembing dari tangan dengan sekuat tenaga untuk memperoleh jarak lemparan yang sejauh mungkin.

Teknik Dasar Lempar Lembing

Teknik Dasar Lempar Lembing

http://coretankuliahku.blogspot.com/

Dalam sebuah teknik lempar lembing ada beberapa tahapan agar kita bisa melakukannya dengan baik dan benar. Adapun beberapa tekniknya ialah sebagai berikut:

1. Memegang Lembing

1. Memegang Lembing

http://walpaperhd99.blogspot.com

Cara memgang lembing harus pada tempatnya, yaitu disebuah pegangan yang terdapat sebuah lilitan tali untuk mengayunnya.

Cara Amerika

Cara Amerika

http://blogcadiak.blogspot.com

Berbeda dengan orang Amerika, yang memiliki cara dengan memegang pada bagian belakan tali yang dililitkan pada lembing tersebut. Dan jari-jari lainnya sedikit dilonggarkan agar bisa lebih menyeimbangkan.

Cara Finlandia

Cara Finlandia

http://blogcadiak.blogspot.com

Sedikit ada perbedaan dengan cara orang Amerika yaitu sama-sama memegang pada bagian belakan lilitan tali. Akan  tetapi perbedaannya yaitu menggunakan ibu jari dan jari tengah untuk mendorongnya dan memegangnya.

1. Melempar Lembing

1. Melempar Lembing

http://penjasor8.blogspot.com

Adapun beberapa cara dan teknik sesuai keyakinannya masing-masing. Namun pada dasarnya semua itu bertujuan sama, yaitu ingin melemparnya lebih jauh. Dan tentukanya dengan baik dan benar sesuai ketentuan yang berlaku.

Dan perlu menggunakan beberapa jari yang kita jadikan sebagai penguat saat mengayunnya, agar bisa stabil dalam melempar dan jauh. Selain itu posisi lembing juga harus berada sejajar diatas garis paralel.

Awalan

Awalan

https://www.maolioka.com

Awalan ialah sebuah tahap yang dimana sebuah lembing sudah dipegang dan untuk dilemparkan dengan kekuatan penuh. Dan dilakukan dengan cara berlari beberapa meter agar bisa membantu anda mengayunnya lebih jauh lagi.

Akan tetapi semua itu tidak cukup untuk dipastikan bahwa apa yang kita lempar sudah benar, karena mesti dengan beberapa trik tersendiri untuk melakukannya lebih baik lagi agar tetap stabil saat dilemparkan.

Dan harus dilakukannya dengan berhati-hati, karena tidak cukup dengan tenaga kuat dalam melemparnya, karena jika salam dalam melemparnya, di khawatirkan akan terjatuh saat anda berlari akan melemparnya.

Teknik berlarinyapun harus dipahami, agar tidak terjatuh saat membawanya. Karena cara berlari sambil membawa lembing yang akan dilemparkan, itu sangat berpengaruh besar dalam menentukan jauh tidaknya lembing yang kita lemparkan tersebut.

Tahap selanjutnya ialah dengan memastikan bahwa yang anda pegang sudah tepat dan tidak goyang kekanan ataupun kekiri. Karena jika tidak stabil, maka ketika dilemparkanpun yang ada tidak lurus dan dengan hasil jarak dekat.

Pastikan yang anda pegang ialah tali lilitan pada bagian lembing tersebut. Karena akan lebih memudahkan anda ketika anda berlari sambil membawa untuk melemparkannya , di kejauhan, akan lebih tepat lurus dan akurat.

Dari semua data, sejarah, pengertian dan teknik lempar lembing ini berdasarkan sumber-sumber yang ada,Namun apabila sumber atau pengetahuan penulis masih kurang tepat atau benar, maka mohon untuk dimaklumi sebagaimana mestinya dan artikel ini dibuat semata-mata untuk berbagi pengetahuan.

Dan artikel ini dibuat untuk berbagi ilmu, oleh sebab itu bagi yang ingin menambahkan kekurang dari artiken yang penulis buat, sangat diharapkan apabila saran dan kritiknya memang membangun.

Leave a Reply