11+ Penjelasan Struktur Lapisan Bumi dan Gambarnya

Lapisan Bumi merupakan tempat kita berpijak, bahkan seisi mahluk di pasti hidup dengan menapaki bumi dengan berkelompok atau individu. Murai dari tempat tinggal, mencari makan, sampai mencari minum pun merekah harus berpijak pada bumi ini.

Bumi adalah salah satu planet yang termasuk kedalam bagian tata surya yang berada di galaksi bima sakti. Bumi juga merupakan planet ketiga dari susunan planet yang ada di tata surya kita. Bumi mempunyai lapisan struktur yang berlapis-lapis.

Bumi mempunyai diameter sebesar 7.926 mil dan setidaknya bumi mempunyai 4 lapisan yang saat ini kita tinggal diatasnya. Apa saja sih lapisan tersebut? Lapisan bumi antaralain yaitu kerak bumi, selimut bumi, inti luar dan inti dalam bumi.

Selain itu bumi mempunyai struktur lapisan ke bawah, struktur bumi juga mempunyai struktur lapisan keatas yang sering kita sebut dengan lapisan atmosfer. Lalu, apa saja lapisan atmosfer bumi itu? Antralain Lapisan Troposfer, lapisan Stratosfer, lapisan Mesosfer, lapisan Termosfer, dan lapisan Eksosfer.

Jika salah satu diantarnya ada yang rusak, maka terjadi sebuah perubahan secara signifikan menurut para ahli Badan Meteorologi Krimatologi Geofisika. Maka pentingnya kita untuk saling menjaga lingkungannya agar tidak rusak atau tercemari oleh zat-zat kimia dari manusia.

Seperti limbah sampo, sabun dan obat-obatan mencemari lingkungan dan bisa mengakibatkan bocornya atmosfer karena lapisan bumi ini tidak dijaga dengan baik. Ketika atmosfer itu sudah bocor, maka akan berdampak buruk pada semua mahluk yang hidup di bumi.

Semua itu bisa kita cegah apabila orang yang tinggal di bumi dengan menjaganya secara rutin dan berkelompok, Karena jika kita berkelompok, maka akan lebih mudah lagi dalam pengawasan dan kebersihan.

Lapisan bumi ini memang sangatlah berpengaruh untuk kelangsungan hidup mahluk yang ada di bumi. Makanya kita jagalah baik-baik, agar tidak ada kebocoran dari atmosfer yang membahayakan seluruh penduduk atau mahluk hidup untuk selamanya.

Struktur Lapisan Bumi

Struktur Lapisan Bumi

https://sripartini.wordpress.com

Bumi adalah salah satu dari ke tujuh planet yang ada di tata surya yang mengelilingi matahari sesuai porosnya .

Dengan mempunyai bentuk yang oval layaknya seperti bola yang ditekan pada bagain atas dan bagian bawah (Kutub). Sehingga terbentuk tonjolan pada bagian luar bumi yang sering kita sebut dengan garis khatulistiwa.

Disamping itu juga, bumi merupakan suatu jajaran planet dalam atau yang biasa disebut dengan planet terestial. Dimana, planet dalam ini adala planet yang mempunyai jarak yang sangat dekat dengan matahari setelah planet merkurius dan venus.

Seperti yang telah di jelaskan oleh Para peneliti mengenai lapisan-lapisan bumi, antara lain sebagai berikut :

Kerak Bumi (crush)

Kerak Bumi (crush)

http://teknoaldebran.blogspot.com/

Kerak bumi yaitu sebuah struktur lapisan bumi bagian paling luar dari lapisan bumi. Di lapisan inilah manusia, hewan dan tumbuhan bisa hidup. Lapisan ini mempunyai ketebalan sekitar 5 – 70 Km. Lapisan dan struktur kerak bumi ini terdiri atas bebatuan beku, sedimen, dan metamorf.

Apakah lapisan dan struktur kerak bumi hanya bebatuan saja? Tidak hanya bebatuan saja yang ada di lapisan kerak bumi ini. Selain bebatuan, di lapisan ini juga terdapat banyak gas pembentuk bumi yang berada pada lapisan bumi ini. Diantaranya adalah

gas oksigen sebanyak 46,6%.
Selain oksigen juga lapisan ini mempunyai struktur kimia yang menjadi pembentuk pada kerak bumi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Silikon sebesar 27,7%;
  • Alumunium sebesar 8,1%;
  • Besi sebesar 5,0%;
  • Kalsium sebesar 3,6%;
  • Natrium sebesar 2,8%; K
  • Alium sebesar 2,6%; dan
  • Magnesium sebesar 2,1%

Dengan adanya struktur lapisan bumi tersebut kita bisa jumpai pada kandungan batu-batuan yang tersebar luas diseluruh penjuru bumi. Bukan hanya itu, pada lapisan kerak bumi ini mempunyai suhu yang sangat beranekaragam.

Mulai dibawah 0 ºC yang dapat kalian jumpai di daerah kutub, sampai pada suhu 1.100 ºC yang menjadi perbatasan antara kerak bumi dan lapisan mantel bumi.

Maka dari itu, struktur kerak bumi ini dibagi 2 jenis menurut ketebalannya yaitu :

Kerak Benua, adalah kerak bumi yang sangat tebal sekali hingga mencapai 70 km. Dengan rata-rata ketebalannya sekitar kurang lebih 35 km. Kerak benua juga sering biasa disebut dengan lapisan garanitis.

Mengapa demikian? Karena, lapisan penyusun kerak bumi ini terdiri dari bebatuan granit.

Kerak Samudra, merupakan lapisan tertipis pada kerak bumi ini yang mempunyai ketebalan antara kurang lebih 5 sampai 15 km. Kerak samudra juga sering biasa disebut dengan lapisan basaltis.

Lah ko gitu? Dikarenakan lapisan ini terdapat banyak batuan penyusun kerak bumi dari bebatuan basalt.

Batuan Pembentuk Kerak Bumi

Batuan Pembentuk Kerak Bumi

https://agnazgeograph.wordpress.com

Untuk bentuk dalam dari bumi terdapat 3 jenis bebatuan. Dan jika kita lihat berdasarkan struktur dari bumi tersebut, ditemukan kerak bumi dengan lapisan mantel.

Dan jika kita teliti, ternyata masih banyak lagi kemungkinan yang menjadi lapisan dari bumi. Berikut ini adalah contoh-contoh dari bentuk kerak bumi antara lain :

Batuan Beku

batuan beku

https://www.slideshare.net

Jenis-jenis batu yang menjadi lapisan bumi bisa bermacam-macam. Salah satunya ialah batu yang membeku karena cairan magma yang dalam proses menuju bumi. Proses pembekuan tersebut bisa dibagi menjadi 3 bagian.

  1. Batuan beku dalam adalah batu yang membeku pada kulit bumi yang membentuk seperti grani.
  2. Batuan beku luar merupakan batu yang membeku di area luar daripada lapisan bumi, yang membentuk kristal
  3. Batuan korok adalah batu yang telah beku dan berada pada gang-gang atau permukaan kulit bumi, seperti yang kita tahu ialah batu fosfir.

Dan menurut para ahli, sebenarnya bisa saja terjadi kemungkinan-kemungkinan lain seperti masih adanya suatu perubahan dari pergesakan dari lapisan atas dengan permukaan bumi, dan menjadi temuan lain untuk di teliti kembali.

Batuan Sedimen / Endapan

batuan sediman

httpwww.ilmudasar.com

Batu ini dihasilkan dari sebuah endapan dari pembentukan struktur lapisan bumi. Namun batu ini juga terdiri dari jenis-jenis batu yang sudah lapuk dan hancur. Batu tersebut berlapis-lapis sehingga membentuk bebatuan dikala sudah menahun.

Proses pembentukan dari bebatuan ini ialah pasir dengan tanah yang mengumpur bertahun-tahun hingga menjadi sebuah batu sedimen. Jadi semakin bertahun semakin berlapis, maka akan menumpuk dan menjadi batu.

Batuan Metamorf / Malihan

Batuan Metamorf Malihan

https://aulizar.wordpress.com

Batu ini adalah perubahan dari batu sedimen yang sudah di jelaskan diatas, bisa menjadi malihan atau metamorf. Karena terjadinya tekanan dan suhu yang berubah, menghasilkan perubahan bentuk menjadi metamorf atau malihan.

Jenis-jenis batuan metamorf ialah sebagai berikut:

  • Batuan metamorf termal, adalah batu yang berada di sekitar gunung berapi. Dimana batu tersebut sering bersentuhan dengan magma. Dan setelah proses itu terjadi maka batu tersebut akan menjadi jenis marmer.
  • Batuan metamorf kataklastik, ialah jenis batu yang mengalami tekanan besar sehingga membentuk filit.
  • Batuan metamorf dinamo-termal, adalah satu jenis batuan yang disebabkan tekanan tinggi atau suhu tinggi. Dengan terjadinya proses seperti itu, maka batu tersebut menjadi batuan genes.

Selimut Bumi (mantle)

Selimut Bumi (mantle)

https://berkahkhair.com/atmosfer/

Dalam sebuah lapisan bumi, ada sebuah lapisan kedua yaitu mantel. Lapisan ini termasuk yang paling tebal dan mempunyai zat magma seperti terjadinya gunung meletus.

Ketebalannya bisa mencapai 2.900 Km. Lapisan jenis ini terdiri dari kalium,alumunium dan besi.

Mantel bumi ini terbagi menjadi dua jenis yaitu:

  1. Lapisan pada bumi atas, yang tepatnya pada kedalamannya 400 km.
  2. Lapisan bawah, yaitu lapisan yang memiliki kedalaman 2900 km. Dan akan menuju pada inti bumi.

Lapisan Atmosfer Bumi

Lapisan Atmosfer Bumi

http://referensionlineku.blogspot.com

Lapisan atmosfer bumi ialah suatu gas pada permukaan bumi yang menutupi sampai keseluruhannya. lapisan atmosfer ini bisa mencapai ratusan kilometer dalam sebuah tingkatannya yang lebih jauh mengitari bumi.

Maka dalam proses terjadinya kadar oksigen yang berkurang, akan menurunkan suhu menjadi lebih rendah dari sebelumnya. Kejadian seperti ini bisa merugikan kita semua, karena akan semakin sulit untuk bernafas lebih panjang.

Susunan dan Urutan Lapisan Atmosfer Bumi

Susunan dan Urutan Lapisan Atmosfer Bumi

http://pendidikan.bangapin.com

Para ahli mengatakan bahwa lapisan atmosfer bagian bawah terbagi menjadi dua. Yaitu atmosfer bagian bawah yang ketinggiannya hingga 50 km dan bagian atas juga 50 km. Teori ini sering dipakai untuk kajian oleh para ilmuan meteorologi dan geofisika.

Lapisan Troposfer

Lapisan Troposfer

https://lapisanlapisanatmosfer.wordpress.com

Berikut ini adalah ciri-ciri dari troposfer ialah:

  • Ketinggian permukaan bumi sampai lapisannya bisa mencapai 11-50 km
  • Rata-rata dari kenaikan temperaturnya bisa berkisar 15 Derajat Celcius pada permukaan laut dan 56 Derajat Celcius pada ketinggiannya.

Untuk lapisan bumi yang pertama berfungsi sebagai penjaga kestabilan suhu pada atmosfer. Dan selain menjaga, akan tetapi atmosfer ini menopang kehidupan yang tinggal di dalam troposer.

Lapisan Stratosfer

lapisan stratosfer

https://www.geologinesia.com

Stratosfer adalah lapisan atmosfer yang memiliki ketinggian 11 km hingga 50 km, dengan 2 Derajat sampai 50 Derajat Celcius. Proses ini bisa terjadi karena adanya suatu penyerapan sinar UV dari lapisan ozon.

Penyerapan tersebut terjadi karena adanya molekul poliatomik. Maka stratosfer ini sangat berguna sebagai pelindung lapisan troposfer dari radiasi sinar UV. Dan bisa menyaring sinar supaya bisa dirasakan oleh semua mahluk hidup yang ada di bumi.

Lapisan Mesosfer

lapisan mesosfer

https://www.geologinesia.com

Struktur lapisan bumi selanjutnya adalah lapisan mesosfer, lapisan mesosfer merupakan lapisan ketiga setelah lapisan troposfer dan lapisan stratosfer dalam urutan lapisan atmosfer bumi. Dimana, lapisan mesosfer atmosfer bumi memiliki ciri-ciri antara lain :

Memiliki ketinggian rata-rata 50 km sampai 85 km dari atas permukaan bumi.
Mengalami penurunan suhu dari -2 ºC sampai dengan -92 ºC pada bagian paling atas dari lapisan mesosfer.

Mesosfer ialah lapisan yang terjadi karena sebuah proses fenomena aurora karena terjadi proses ionisasi dari kumpulan gas pada lapisan mesosfer.

Pada lapisan mesosfer terjadi konsetrasi ozon yang mengalami penurunan yang sangat besar yang terjadi saat altitude mengalami kenaikan. Sehingga, penyerapan sinar UV yang terserap sangat kecil.

Sekian dari penjelasan mengenai lapisan bumi ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jika ada salah-salah kata dalam penulisan nama toko, lembaga, tempat, tahun, rumus. Teori dan pembahasan.

Harap untuk memakluminya, karena artikel ini penulis buat untuk berbagi pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat.

Leave a Reply