17+ Sejarah Kerajaan Hindu Budha di Indonesia Terlengkap Dan Peninggalan

Kerajaan Kanjuruhan

Sejarah berdirinya kerajaan Hindu Budha di Indonesia ini memang tak luput dari pengaruh persentuhan kebudayaan antara dua wilayah yang meliputi wilayah India serta wilayah Nusantara.

Tak heran jikalau di kedua wilayah ini sangat banyak sekali berdiri kerajaan yang hadir dengan corak Hindu Budha, pasalnya kedua wilayah ini adalah tempat lahirnya kedua ragam corak agama tersebut.

Sejarah Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Sejarah Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

https://hidupsimpel.com

Salah satu akibat terjadinya persentuhan kebudayaan antara wilayah Nusantara dengan wilayah India ini adalah semakin eratnya hubungan antara kedua wilayah ini dalam bekerja sama di berbagai bidang, terlebih dalam bidang perdagangan.

Hal ini disebabkan karena beberapa jalur perdagangan yang dimiliki oleh nusantara dianggap sebagai jalur strategis penghubung antara India serta China.

Berkat hubungan yang terjalin lama tersebut, membuat kedua wilayah Nusantara dengan wilayah India ini menjadi lebih intensif dalam menjalankan kerjasama di bidang apapun. Sehingga hal tersebut secara tidak langsung menimbulkan pengaruh masuknya kebudayaan dari wilayah India kedalam wilayah Nusantara.

Tak heran jikalau proses ini sering dianggap sebagai akultulrasi kebudayaan dari budaya India ke kebudayaan Nusantara.

Tak hanya kebudayaan semata, namun masuknya pengaruh alkulturasi tersebut juga berdampak pada keyakinan atau agama yang dianut oleh masyarakat yang ada di Nusantara. Seiring berjalannya waktu penduduk Nusantara pun mulai terpengaruh untuk berpindah keyakinan menjadi Hindu dan Budha.

Nah, sejak saat itulah secara tidak langsung banyak sekali penduduk yang memutuskan untuk berpindah keyakinan menjadi Hindu dan Budha.

Selain berdampak kepada keyakinan yang dianut penduduk di Nusantara, alkulturasi kebudayaan yang terjadi di wilayah Nusantara ini juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan munculnya kerajaan Hindu Budha di Indonesia berkembang.

Meskipun kapan terjadinya proses masuknya pengaruh agama Hindu Budha di Indonesia belum diketahui secara pasti dan masih menjadi proses perdebatan banyak sejarawan.

Artikel terkait : 100+ Kumpulan Cerita Rakyat Pendek Legenda Nusantara

Setidaknya ada beberapa pendapat yang mampu dijadikan sebagai tolak ukur kapan proses masuknya alkulturasi kebudayaan tersebut yang berdampak besar dalam mempengaruhi keyakinan penduduk di Nusantara.

Teori-teori tersebut antara lain seperti teori Brahmana, teori Waisya, teori kesatria serta teori arus balik. Walapun setiap teori hadir dengan pendapatnya masing-masing tetapi keempat teori tersebut saling berkesinambungan sekaligus menguatkan satu dengan lainnya.

Setelah alkulturasi kebudayaan agama Hindu dan Budha masuk ke Indonesia, sejak saat itu wilayah Nusantara semakin selektif serta aktif dalam menerima kebudayaan yang masuk dari luar negeri.

Biasanya kebudayaan yang berasal dari luar negeri tersebut akan di sesuaikan dengan kepribadian penduduk bangsa Indonesia. Berkat masuknya kebudayaan Hindu Budha di Indonesia ini juga berdampak di segala bidang.

Seperti misalnya Seni Bangunan, Seni rupa ukir, aksara dan seni sastra hingga sistem pemerintahannya. Dikarenakan akulturasi tersebut muncul banyak kerajaan yang bercorak Hindu Budha di Indonesia yang berkembang.

Nah, lantas kerajaan Hindu Budha di Indonesia apa saja yang sempat muncul dan berdiri hingga mengecap manisnya kejayaan di wilayah Nusantara dengan keyakinan agamanya? Berikut adalah ulasan mengenai deretan kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang pernah berdiri di wilayah teritorial nusantara.

Daftar Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Daftar Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

https://www.tokopedia.com

Kerajaan Kutai Kartanegara

Kerajaan Kutai Kartanegara

https://moondoggiesmusic.com

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang pertama adalah Kerajaan Kutai. Kerajaan yang berdiri pada abad ke 5 Masehi silam ini terletak di lembah sungai Mahakam tepatnya di Provinsi Kalimantan Selatan.

Sumber sejarah dari Kerajaan Kutai Kartanegara ini memang sangat minim, maka tak heran jikalau para sejarahwan sempat kebingungan untuk memberi nama kerajaan yang juga sering disebut dengan kerajaan Martadipura atau Martapura ini.

Namun berdasarkan kesepakatan serta sumber sejarah dan benda berupa prasasti yang banyak ditemukan di salah satu wilayah di Kutai Kartanegara, maka kerajaan ini diberi nama berdasarkan hasil temuan prasasti tersebut. Banyak peninggalan sejarah Kerajaan yang sangat kental dengan corak agama Hindu ini.

Artikel terkait : Perlak Adalah Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia

Di dalam prasasti yang berwujud Yupa tersebut menjelaskan mengenai sejarah serta silsilah para raja yang sempat memimpin Kerajaan Kutai Kartanegara pada saat itu yang tertulis dengan rapi menggunakan bahasa Sansekerta serta huruf Pallawa.

Nah, jika Anda berminat untuk melihat secara langsung prasasti yang berupa Yupa peninggalan Kerajaan Kutai Kartanegara silahkan berkunjung ke Museum Mulamarman Kutai Kartanegara.

Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara

https://www.romadecade.org/

Selain kerajaan Kutai Kartanegara, kerajaan Hindu Budha di Nusantara lainnya yang pernah berdiri sekaligus berkembang di wilayah Nusantara adalah Kerajaan Tarumanegara. Kerajaan yang bercorak agama Hindu ini diperkirakan berdiri sejak abad ke 5 Masehi silam.

Kerajaan yang memiliki daerah kekuasaan di wilayah Cirebon Jawa Barat hingga Jakarta ini dipimpin oleh seorang Raja yang bernama Purnawarman.

Artikel terkait : Biografi RA Kartini Terlengkap, Pahlawan Pejuang Emansipasi Wanita

Dalam beberapa prasasti sekaligus benda sejarah kerajaan Tarumanegara mengungkapkan bahwa Raja Purnawarman ini merupakan sosok pemimpin yang baik hati sekaligus merakyat.

Berkat sifat ke dermawannya dengan rakyatnya pada masa itu, tak heran jikalau seluruh masyarakatnya hidup sejahtera, makmur serta tenteram. Setelah Kerajaan Hindu tersebut runtuh pada abad ke 7 Masehi banyak sekali peninggalan serta benda sejarah Kerajaan Tarumanegara yang hingga kini masih bisa dijumpai di situs kebudayaan.

Kerajaan Kalingga atau Holling

Kerajaan Tarumanegara

https://histori.id

Kerajaan Kalingga atau yang juga sering disebut dengan Kerajaaan Holing ini merupakan salah satu kerajaan bercorak agama Budha yang berpusat di Jepara Jawa Tengah. Kerajaan yang belum diketahui secara pasti kapan masa kemunculannya ini dipimpin oleh seorang Ratu yang bernama Ratu Sima.

Ratu Sima ini adalah sosok pemimpin yang terkenal dengan sifat adil serta jujurnya dalam menjalankan sebuah misi guna kemajuan kerajaan yang dipimpinnya. Berdasarkan referensi dari beberapa sumber mengkisahkan bahwa dulunya kerajaana Kalingga ini terkenal dengan kekayaannya hingga seantero wilayah Nusantara.

Salah satu sumber kekayaan dari Kerajaan Holling ini adalah beberapa hasil produksinya seperti emas, perak, cula, gading serta penyu. Tak hanya itu masyarakat kerajaan Kalingga ini juga sangat populer dengan kelihaiannya dalam membuat minuman dari kelapa.

Berkat hasil produksi sekaligus didukung dengan kepandaian yang dimiliki oleh rakyatnya ini tak heran jikalau Kerajaan Kalingga tergolong sebagai Kerajaan yang kaya.

Kerajaan Kanjuruhan

Kerajaan Kanjuruhan

https://kumparan.com

Kerajaan yang berdiri pada tahun 760 Masehi atau kurang lebih 7 abad ini merupakan rentetan dari daftar kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang bercorak agama Hindu. Menilik masa berdirinya kerajaan ini, tak heran jikalau Kerajaan yang berpusat di Jawa Timur tepatnya di wilayah Dinoyo ini diklaim sebagai Kerajaan tertua di Indonesia.

Berdasarkan isi prasasti yang ditemukan menjelaskan bahwa kerajaan Kanjuruhan ini dibangun oleh seorang Raja bernama Raja Gajayana yang juga dinobatkan sebagai pemimpin pertama di Kerajaan Kanjuruhan.

Ada beberapa benda serta peninggalan Kerajaan Kanjuruhan yang dapat dijadikan sebagai sumber sejarah salah satunya adalah prasasti Dinoyo.

Prasasti yang ditulis menggunakan bahasa sansekerta ini masih menggunakan aksara Jawa kuno. Selain prasasti Diyono, Kerajaan Kanjuruhan ini juga mendirikan sebuah candi yang diberi nama Candi Badut. Keberadaan Candi tersebut merupakan bukti keberadaan Kerajaan Kanjuruhan masa masa itu.

Kerajaan Melayu

Kerajaan Melayu

perpek.com

Kerajaan tertua di wilayah Sumatra ini dulunya pernah menjadi tanah jajahan serta dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan yang kini sudah mengecap manisnya kemerdekaan ini dipimpin oleh seorang raja yang masih memiliki silsilah keturunan Kerajaan Majapahit yaitu Raja Adityawarman.

Meskipun dulunya sempat dikuasai oleh kerajaan lain, namun Kerajaan Melayu ini cukup memiliki daerah kekuasan yang luas di beberapa daerah. Meliputi Paggarruyung, Sumatra Barat Serta Minangkabau.

Salah satu sumber sejarah yang mengkisahkan mengenai Kerajaan Melayu serta jalinan persahabatan antara Kerajaan Melayu dengan Kerajaan Singasari adalah kitab Negarakertagama dan Paraton.

Seperti beberapa kerajaan Hindu Budha lainnya yang juga memiliki prasasti sekaligus benda peninggalan sejarah yang mampu dijadikan bukti sebagai keberadaannya. Kerajaan Melayu ini juga memiliki beberapa peninggalan yang sangat kental sekali dengan Budha yaitu Candi Tikus.

Kerajaaan Tulang Bawang

Kerajaaan Tulangbawang

sejarahkerajaannusantaraku.blogspot.com/

Informasi mengenai asal muasal Kerajaan Tulang Bawang ini sebenarnya masih simpang siur serta masih dalam perbedaan beberapa sejarahwan. Sebab selain minim sekali literatur yang mengulas mengenai Kerajaan Tulang bawang ini, tak banyak pula prasasti yang ditemukan sebagai sumber sejarah.

Namun menurut sumber cerita yang berasal dari China bernama I-tsing mengkisahkan bahwa Kerajaan yang terletak di Lampung ini diperkirakan berdiri sejak abad ke 7 Masehi.

Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya

perpustakaan.id

Kerajaan yang populer dibidang maritimnya ini merupakan kerajaan yang paling besar di wilayah Nusantara. Pasalnya kerajaan yang diperkirakan berdiri sejak abad ke 7 Masehi ini hampir memiliki daerah kekuasaan yang berada di seluruh wilayah Nusantara hingga luar negeri.

Adapun beberapa wilayah kekuasaannya pada saat itu meliputi tepian Sungai Musi yang terletak di Sumatra Selatan hingga ke Selat Malaka. Nah, dimana pada saat ini Selat malaka merupakan jalur perdagangan India-China yang sering di lalui oleh para saudagar-saudagar.

Selain itu Kerajaan Sriwijaya juga berhasil melebarkan daerah kekuasaannya hingga ke Selat Sunda, Selat Bangka, Jambi serta Semenanjung Malaka.

Tak hanya memiliki daerah kekuasaan yang luas saja namun kerajaan yang memiliki komoditi ekspor berupa gading, kulit dan beberapa jenis satwa lainnya ini juga berhasil menjalin beberapa kerjasama kepada kerajaan lainnya. Seperti misalnya Kerajaan Benggala, Kerajaan Colamandala hingga Kerajaan beberapa yang terletak di India.

Berkat kepemimpinan dari Raja Balaputradewa Kerajaan Sriwijaya berhasil meraih kejayaannya hingga beberapa dekade. Nah setelah Kerajaan ini runtuh ada beberapa benda peninggalannya yang hingga saat ini masih banyak ditemukan di beberapa situs kebudayaan di wilayah Indonesia.

Namun biasanya semua prasasti yang ditemukan dari Kerajaan Sriwijaya selalu tertulis dengan bahasa Melayu dan menggunakan huruf aksara Pallwa.

Bagaimana apakah setelah membaca ulasan mengenai kerajaan Hindu Budha di Nusantara Anda sudah mengetahui negara apa saja yang dulunya sempat berdiri bahkan mengecap manisnya kejayaan di tanah Nusantara Ini?
Nah, itulah ulasan lengkap mengenai deretan kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang wajib Anda ketahui dengan seksama.

Ternyata sebelum merdeka dulunya di tanah Nusantara ini sudah berdiri banyak sekali kerajaan-kerajaan dengan berbagai corak agama yang beragam. Semoga artikel ini bermanfaat serta menambah wawasan bagi para pembaca yang budiman. Terima kasih.

Leave a Reply