20+ Jenis Ikan Guppy Yang Mempesona dan Menarik Perhatian Publik

7. Jenis Ikan Guppy Lokal – Guppy Red Mozaik

Siapa yang tidak kenal dengan spesies ikan hias ini, ikan guppy adalah salah satu spesies ikan hias aquarium yang ukuranya mini yang sudah lama sekali di pelihara oleh orang Indonesia.

Banyak orang Indonesia menentukan ikan ini adalah ikan hias sebab mempunyai warna yang sangat indah dan mudah perawatannya. Kecuali alasan tersebut, harga ikan ini yang murah menjadi salah satu ikan yang disarankan.

Ikan ini mudah sekali buat berkembang biak, itu sebab ikan ini memperoleh panggilan sebagai “ikan seribu”.

Ada banyak jenis dari ikan ini, dari ikan guppy import dan ikan guppy lokal. Nah, di artikel ini kami akan menerangkan spesies dan harga ikan guppy lokal buat semua ukuran.

Jenis Ikan Guppy Lokal

Jenis Ikan Guppy Lokal

http://www.jitunews.com

Jenis ikan guppy lokal sekarang ini sangat banyak ditemui di para penjual ikan hias. Ini sebab para peternak ikan guppy lokal mulai di kawinkan silang  antar ikan ini agar mendapatkan spesies ikan guppy lokal baru yang berkualitas.

Buat mempermudah kalian dalam mengetahui info lengkap tentang ikan guppy lokal. Berikut jenis-jenis ikan guppy lokal dan harga terbarunya di pasaran.

1. Guppy Black Moscow

Jenis Ikan Guppy Lokal - Guppy Black Moscow

http://bahasikan.com

Harus kalian ketahui, yang dimaksud dengan ikan ini lokal ialah spesies ikan ini yang sudah di ternakkan di indonesia. Lain ikan ini yang hanya bisa dan bisa dari dulu ada di Indonesia.

Salah satu spesies ikan guppy lokal tersebut ialah ikan guppy moscow. Harga ikan guppy moscow dipasaran lumayan murah. Kalian bisa membelinya dengan harga Rp 10.000 – Rp 15.000 per ekor buat ukuran anakan.

2. Guppy Magenta

2. Jenis Ikan Guppy Lokal – Guppy Magenta

http://bahasikan.com

Ikan guppy magenta adalah salah satu spesies ikan guppy lokal dengan ukuran tubuh kecil walaupun sudah dewasa. Ciri khas dari ikan guppy magenta ialah mempunyai warna dasar merah muda yang menjadi lucu dan unik.

Namun sayang, ikan spesies ini tidak mempunyai ekor yang begitu besar. Harga ikan guppy magenta per ekor saat ini di para pedagang rata-rata Rp 25.000 per ekor buat anakannya.

3. Guppy Pastel

3. Jenis Ikan Guppy Lokal – Guppy Pastel

http://www.jualguppy.com

Buat spesies ikan guppy lokal saat ini, pastinya kalian sudah tidak heran lagi kan. Ikan guppy pastel banyak di per jual beli kan di para penjual ikan hias sebab harganya yang murah dan warnanya yang anggun.

Ciri khas dari ikan guppy pastel ialah mempunyai ukuran ekor yang panjang dan berwarna putih. Meskipun buat warna putih, ikan guppy pastel lebih cenderung warna hitam. Harga ikan guppy lokal satu ini rata-rata Rp 15.000 per ekor.

4. Guppy Dragon Big  Ear

4. Jenis Ikan Guppy Lokal – Guppy Dragon Big  Ear

https://forumguppyyogyakarta2013.wordpress.com

Menurut sebutannya saja sudah ke bayang beberapa besar ukuran sirip ekor jenis ikan guppy lokal ini. Ya, ikan guppy dragon big ear mempunyai bentuk ekor terbesar dari spesies ikan ini yang lainnya.

Kecuali itu, corak warna ikan guppy dragon big ear pun sangat menawan. Harga spesies ikan guppy lokal yang ini buat anakan rata- rata Rp. 8.000 per ekor.

5. Guppy Yellow Cobra

5. Jenis Ikan Guppy Lokal – Guppy Yellow Cobra

http://www.michaelsfishroom.com

Buat motif warna, salah satu jenis ikan guppy lokal ini tidak berbeda jauh dengan ikan guppy dragon big ear.

Ikan guppy yellow cobra mempunyai warna cendurung kuning dengan motif bintik-bintik hitam dari pertengahan bagian hingga ujung ekor ikan.Harga ikan guppy lokal ini rata-rata Rp. 7.000 per ekor. Namun dewasa bisa mencapai Rp. 15.000 per ekor.

6. Guppy Super Red

6. Jenis Ikan Guppy Lokal – Guppy Super Red

http://bahasikan.com

Bagaikan namanya, spesies ikan ini mempunyai warna merah yang sangat cantik dan mewarnai seluruh pada bagian tubuhnya.

Ciri khas ikan guppy super red inilah yang mempunyai banyak diburu dan lebih mempunyai harga jual tinggi. Buat harga ikan guppy super red dewasa sekarang sampai Rp. 50.000 per ekor.

7. Guppy Red Mozaik

7. Jenis Ikan Guppy Lokal – Guppy Red Mozaik

https://hu.pinterest.com

Spesies ikan guppy lokal yang mempunyai harga murah kemudian ialah ikan guppy red mozaik. Namun namanya, spesies ikan yang satu ini mempunyai ciri khas berupa motif warna mozaik dari bagian tengah sampai ujung ekor.

Bentuk sirip ekor spesies ikan guppy lokal yang ini tidak sangat besar tapi mempunyai warna yang sangat indah. Harga ikan guppy mozaik buat bentuk anakan dijual seharga Rp. 8.000 per ekor.

8. Guppy Neon

8. Jenis Ikan Guppy Lokal – Guppy Neon

http://samitraaquarium.net

tidak beda jauh dengan ikan guppy mozaik, Spesies ikan guppy lokal satu ini juga mempunyai sirip ekor yang cantik dan motif yang unik. Lain dengan ikan guppy neon  dan ikan guppy mozaik terdapat pada bagian warna bagian tubuhnya.

Ciri khas dari ikan guppy neon ialah mempunyai warna hijau ke kuningan yang cerah. Warna ini akan terlihat lebih cantik dalam ruangan gelap. Harga ikan guppy lokal satu ini lebih mahal, rata-rata Rp. 20.000 – Rp. 30.000 buat ukuran anakan.

Ikan Guppy Jantan dan Betina

Ikan Guppy Jantan dan Betina

http://3.bp.blogspot.com

Bisa kita bedakan dari beberapa bentuk badan, warna dan sirip nya. Sebelum mengulas lebih real pada ciri-ciri nya perlu kita ketahui bahwa kita perlu mengetahui bahwa kita harus tahu mana yang jantan dan betina yang di pakai kita pada saat memulai menernak ikan ini atau menangkarnya.

Ciri Ciri Ikan Guppy Jantan

  • Kepalanya agak besar. Ya sebagian besar semua jantan ikan guppy mempunyai kelapa yang dominan lebih besar bentuknya dari indukan betina.
  • Mempunyai Gonopodium. Gonopodium ialah spesies benjolan yang lokasinya pada di bagian belakan sirip perut ikan ini, sebenarnya benjolan ini ialah sirip anal yang bisa berubah menjadi sirip memanjang.
  • Tubuhnya langsing. Bukan seperti ikan betina, indukan jantan relatif lebih langsing dan kecil bentuknya hal ini memungkinkan ikan lebih lincah pada saat di dalam aquarium atau kolam.
  • Warnanya dominan lebih cerah dan mempunyai corak warna lebih banyak dan lebih indah.
  • Sirip punggung sangat panjang.

Ciri Ciri Ikan Guppy Betina

  • Disamakan dengan si jantan, ikan betina memiliki kepala yang relatif lebih kecil dan lancip.
  • Ikan betina tidak memiliki kepala yang memiliki sirip yang lembut pada bagian belakang.
  • Badannya gemuk dengan bentuk warna kuning agak ke coklatan dan susunan sisik nya mirip bentuk pola seperti jala ada juga yang berwarna putih pada perut yang gemuk.
  • Tidak ada yang menarik dari segi warna pada ikan guppy betina berwarna kusam, di bagian ekornya tidak bentuknya lebar seperti pada ikan guppy jantan.
  • Sirip punggung berbentuk biasa saja.

Dengan persamaan di atas setidaknya kita bisa tahu ciri-ciri ikan guppy jantan dan betina dan semoga bermanfaat buat kita semua. Sesudah kita mengetahui perbedaan kelaminnya.

Ikan ini juga memiliki beragam spesies baik dari warna, tempat asal habitatnya, dan bentuknya atau motifnya ekornya sebagai contohnya ikan guppy jenis cobra, ikan guppy japan blue, ikan guppy metalik, ikan guppy mozaic, ikan guppy pink white, ikan guppy tuxedo dan masih banyak lagi.

Cara Budidaya Ikan Guppy

Cara Budidaya Ikan Guppy

https://1.bp.blogspot.com

Membudidayakan ikan hias bisa menjadi datu mata pencaharian yang dapat menghasilkan pendapatan yang lumayan. Ini sebab potensi pasar ikan hias di Indonesia sangat bagus.

Banyak sekali orang yang mempunyai aquarium dan mengisinya dengan berbagai ikan hias menarik sebagai salah satu alat buat hiburan atau pun refreshing. Salah satu ikan hias yang kini sedang sangat dikagumi yakni ikan guppy.

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Guppy

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Guppy

https://fokusjambi.com

Apabila kalian mempunyai niat ataupun keinginan buat mengembangkan budidaya ikan guppy, maka itu ialah suatu keinginan yang sangat bagus.

Pada saat ini sebab ikan buat dijadikan ikan hias di indonesia jumlahnya sudah mulai tinggi dan di perkirakan akan terus melambung. Ciri khas dan keindahan ikan ini akan selalu membuat orang terpesona dan ingin mempunyai ikan ini.

Seandainya kalian saat ini sedang mencari ide tentang teknik budidaya ikan ini, dan beberapa informasi tentang cara budidaya ikan ini akan dapat anda sekalian dapatkan di halaman ini.

Pada bagian sub selanjutnya kita akan membahas tentang budidaya ikan ini, dari cara pembibitan sampai pemiliharaanya. Oleh sebab itu, mari kita langsung saja kita mulai.

Cara Pembibitan Ikan Guppy

Cara Pembibitan Ikan Guppy

http://ptnasa.net

Selain membeli bibit-bibit yang sudah siap dibesarkan, kita bisa melakukan proses pembibitan sendiri dengan cara memasang induk ikan jantan dan betina yang bagus. buat di ketahui yang mana induk jantan dan yang mana betina maka kita bisa melihatnya dari ciri cirinya.

Apabila kita telah mempunyai setidaknya dua indukan, jantan dan betina, yang baik namun kita bisa melakukan proses pembibitan sendiri tanpa harus membelinya. Dengan cara memang sedikit agak sulit, akan tetapi akan mudah dipahami jika telah belajar.

Proses Pembibitan Ikan Guppy

Proses Pembibitan Ikan Guppy

https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com

Proses pembibitan akan dapat berjalan dengan optimal apabila keadaan lingkungan sangat mendukung. Dari sebab itu kita perlu membuat kondisi lingkungan kondusif buat proses tersebut.

Kita bisa memakai kolam-kolam pemijahan yang di isi air bersih dengan suhu air yang rata-rata di antara 15 hingga dengan 27 derajat celcius. Selain itu sirkulasi air dan stok oksigen di dalam ari juga harus baik.

Kemudian proses pembibitan atau pemijahan ikan guppy cukup mudah. Indukan kita masukkan jadi satu ke dalam kolam atau tempat pemijahan yang telah di sediakan oleh kita.

Selanjutnya proses pembibitan atau pemijahan ikan cukup sederhana. Indukan-indukan kita masukan jadi satu ke kolam atau tempat pemijahan yang telah disediakan.

Proses Pemeliharaan Bibit dan Pembesaran Ikan

Proses Pemeliharaan Bibit dan Pembesaran Ikan

https://alamtani.com

Sesudah dipindahkan, anak-anak atau pun bibit-bibit ikan ini tidak perlu diberi makan sebab mereka menaruh cadangan makanannya. Sesudah sekitar 4 hari baru kita mulai memberi pakan berupa kuning telur yang di rebus dan di hancurkan atau pun kutu air yang telah di saring dulu.

Pakan bisa kita ganti dengan cacing pada saat ikan mencapai bentuknya panjang 2 atau 3 cm agar kebutuhan nutirsi mereka tetap tercukupi. Selanjutnya ketika sudah mencapai panjang 5 sampai 7 cm namun kita bisa memberi pakan cukup pertumbuhan ikan sangat baik.

Selanjutnya buat makanan tambahan kita juga memberikan cacing kering atau pun agar-agar. Sekian cara beternak atau pun cara ternak ikan. Kemudian untuk makanan tambahan kita juga bisa memberikan cacing kering atau pun agar-agar. Demikianlah cara beternak maupun cara ternak ikan ini.

Leave a Reply