30+ Jenis Ikan Aligator Terbesar Yang Pernah Di Tangkap Manusia

Ikan aligator atau ikan spatula ini adalah salah satu spesies ikan predator yang banyak di minati oleh para pe cinta ikan predator ikan yang mempunyai moncong seperti buaya ini terbagi 7 jenis dari genus (Atractosteus dan Lepisosteus).

Yang sudah banyak adalah spesies aligator gar / spatula dan florida gar. Buat memiliki ikan ini memakai akuarium bentuknya yang sangat besar sebab ikan ini panjangnya mencapai ukuran 1 meter. Contohnya kolam ikan predator lebih tepat bila kan ini sudah bentuknya besar.

Ikan jenis ini sudah dilarang masuk ke negara kita melalui Permen ke lautan dan perikanan No. 41/PERMEN-KP/2014 mengenai larangan pemasukan jenis ikan berbahaya dari luar negeri ke dalam daerah RI. Sebab apabila dilepas di sungai atau kali bisa merusak ekosistem yang ada.

Alligator gar (atractosteus spatula)

Alligator gar(atractosteus spatula)

https://commons.wikimedia.org

Dari tujuh spesies gar, aligaotr gar atau aligator spatula ini adalah yang mencapai berat 140 kg. Spesies aligator gar ini yang banyak di perjual beli kan. Buat memelihara ikan ini sebaiknya kita sediakan akuarium berukuran besar atau kolam ikan predator.

Cuban Gar (atractosteus tristoechus)

Cuban Gar (atractosteus tristoechus)

https://primitivefishes.com

Spesies ikan gar ini berasal dari Kuba. Panjang maksimal ikan ini bisa mencapai 2 meter. Di alam liar ikan dewasa Cuban Gar ini makanan ikan dan burung. Suhu yang pas buat ikan ini ialah ( 18 ° C – 23 ° C ). Ikan ini tergolong dalam daftar spesies yang terancam punah dan saat telah di lakukan penernakan.

Tropical Gar(atractosteus tropicus)

Tropical Gar asalnya dari perairan dari selatan Mesiko hingga Kosta Rika, ikan ini dapa mencapai panjang sampai 1,25 m di alam liar ( walaupun sering jauh lebih kecil di peternakan ). Tropical Gar ini sepintas terlihat sangat mirip dengan Gar baik warna maupun marking, Namaun dapat di bedakan dengan dari moncongnya yang lebih pendek dan lebar.

Longnose Gar ( lepisosteus osseus )

Longnose Gar ( lepisosteus osseus )

https://nas.er.usgs.gov

Longnose gar dapat berasal dari kawasan Amerika Utara dan Tengah. ikan ini dulu sempat menjadi makanan. Namun saat ini ikan di Amerika telah menjadi idola para pemancing. Namun di Indonesia ikan predator  ini sudah menjadi idola hiasan akurium besar / kolam ikan predator.

Makanan dari longnose gar ini ialah ikan kecil dan kadang – kadang serangga dan udang. Kematangan seksual buat ikan jantan diantara tiga dan empat tahun, meskipun betina si usia enam tahu. Telur mereka sangat beracun buat manusia , tetapi ikan predator lainnya bisa menawarkan racunnya.

Longnose gar mempunyai usi kisaran 15 – 20 tahun walau sudah di beritakan ikan ini mencapai usia 39. Longnose Gar ini dimorfik  seksual nya bahwa jantan dan betina dapt dibedakan secara kasat mata ; betina mempunyai panjang, berat siripnya yang panjang di samakan jantan.

Longnose gar mencapai panjang berkisar 0,71 – 1,2 m dengan panjang maksimum sekitar 1.8 m dan berat maksimum 25 kg.

Spotted Gar (Lepisosteus oculatus )

Spotted Gar (Lepisosteus oculatus )

http://www.biopix.com

Spoted Gar hampir mirip dan sulit disamakan dengan florida gar. Tidak seperti florida gar yang relatif lebih mudah dicari ikan predator yang rakus ini sulit di jumpai di pasaran.

Usia maksimal buat gar ini adalah 18 tahun. Jantan aka dewasa pada umur dua atau tiga tahun, misalkan betina pada usia tiga atau empat tahun. ikan betina berkisar lebih lebih besar dah hidup lama dari pada jantan. Meskipun kematangan seksual ikan betina sampai umur 6 tahun.

Meskipun tidak tercatat sebagai jenis terancam punah, tetapi sebagian negara di  Amerika (South Dakota, Delaware, Pennsylva) sudah memberitakan ikan ini terancam populasinnya.

Florida Gar ( lepisosteus platyrhincus )

https://i0.wp.com/gellsy.com/wp-content/uploads/2018/05/Florida-Gar-lepisosteus-platyrhincus-.jpg?resize=680%2C453

http://www.scubadiver.cc

Florida gar ini hampir mirip dengan spotted gar. Kecuali aligator gar / spatula ikan ini juga banyak terdapat di pasaran. Ikam ini pada saat dewasa mempunyai panjangya rata -rata 51,7 – 132,2 cm dan biasanya beratnya 1,36 – 4, 36 kg.

Ikan predator ini mempunyai, bintik-bintik hitam yang tidak teratur dibagian atas pada kepalanya san seluruh tubuh termasuk sirip anal. Antara mata kurang dari dua pertiga panjang moncong.

Florida gar ini mempunyai warna coklat olive di bagian belakang dan sisi atas, dan putih atau kuning pada perutnya. Sekarang ikan ini masih muda dia mempunyai garis -garis gelap di bagian belakang dan samping.

Shortnose Gar ( lepisosteus platostomus )

Shortnose Gar ( lepisosteus platostomus )

https://calphotos.berkeley.edu

Snortnose gar ini asalnya dari benua Amerika dan mampu tumbuh hingga ukuran 1 meter. Sebagai ikan jenis ikan gar yang lain makanan predator ini adalah ikan dan serangga.

Diet / Pemberian makan pada Ikan Gar

Diet / Pemberian makan pada Ikan Gar

http://www.majalahikan.com

Ikan jenis gar atau biasa kita sebut aligator ini alaminya merupakan ikan pemakan ikan hidup. Tetapi setelah di puasakan ikan jenis ini akan menerima juga ikan/udang beku.  Tetapi sebaiknya sebelum di puasakan sebaiknya ikan diberi dahulu ikan hidup hingga ikan cukup “gemuk”.

Makanan harus diberikan setiap hari jika ikan masih kecil hingga menginjak remaja ;  sedangkan ikan dewasa paling banyak hanya perlu satu atau dua kali makan dalam satu minggu.

Dan apabila memberikan pakan hidup pada ikan disarankan untuk mengkarantina ikan pakan hidup sebelum diberikan kepada ikan gar agar terhindar dari penyakit atau parasit.

Ikan jenis gar atau “aligator” ini tidak boleh makan daging mamalia seperti jantung sapi atau ayam karena beberapa lipid dan senyawa organik lainnya yang terkandung dalam daging tidak dapat dimetabolisme dengan baik oleh ikan.

Yang akan  menyebabkan penumpukan lemak berlebih dan bahkan penurunan fungsi (degenerasi) organ tubuh ikan jika pemberian makanan diberikan dalam jangka panjang .

Makanan Ikan Aligator

Makanan Ikan Aligator

http://bisakali.net

Makanan Ikan ini Agar Cepat Besar Sudah tahu harga jual ikan aligator spatula? Atau ingin tahu cara membedakan ikan aligator jantan dan betina? Jika mendengar namanya saja pastinya kita akan menyangka kalau ikan buaya kecil ini umurnya sudah tua serta memikirkan masih merupakan ikan purba zaman dulu.

Keanehan ikan aligator terlihat jelas yakni dilihat dari bentuk mulutnya yang menyerupai buaya. Maka tak heran jika banyak yang menyebutkan ikan buaya kecil. Dari sinilah sebagian dari kita khususnya pecinta ikan hias memenuhi akuariumnya dengan aligator gar. Untuk ciri ciri ikan aligator jantan dan betina sebetulnya sama, baik bentu maupun ukuran.

Nah, bagi sobat yang saat ini sedang memelihara nya, berikut beberapa jenis makanan ikan aligator agar cepat besar dan gemuk berdasarkan kebiasaan di alam bebas.

Makanan Ikan Aligator Agar Cepat Besar

Makanan Ikan Aligator Agar Cepat Besar

https://www.infoikan.com

Banyak yang sudah merawat ikan ini di kolam ikan aligator dengan bentuk sederhana. Namun, kebanyakan di taruh saja di dalam akuarium. Karena jenis ikan aligator dapat hidup dimana saja sobat menempatkannya, yang terpenting adalah menyediakan jenis makanan yang bergizi dan bernutrisi.

Makanan Ikan Buaya Kecil dan Besar

Makanan Ikan Buaya Kecil dan Besar

http://ajasmanfaat.blogspot.co.id

Berikut macam-macam makanan ikan buaya kecil dan besar yang biasa disediakan khusus untuk mempercepat pertumbuhan sekaligus cepat besar.

Salah satu jenis ikan karnivora yang kita kenal lebih memilih makan daging dan juga merupakan ikan rakus atau pemangsa. Untuk itu, sobat bisa menyediakan pakan berupa daging, bisa juga jenis ikan lainnya yang ukuran sebawahnya atau lebih kecil.

Dalam arti, jika aligator kecil maka sediakan saja jenis ikan kecil. Begitu juga sebaliknya, jika ikan aligator spatula terbesar, maka sobat harus menyediakan jenis makanan yang agak besar pula.

Harga Ikan Aligator

Harga Ikan Aligator

http://hiko-hermawan.blogspot.co.id

Harga pasaran ikan alihatot 2016-2017, tidak lah tepat, sebab ada banyak masalah yang sering dipandang begitu murah dan sering begitu mahal yang mungkin sampai harus ambil uang dalam dalam di dompet kita.

Contohnya misalnya kualitas ikan, pastinya ini ialah penentu mahal dan murah nya harga ikan hias. Bagi sebagian pecinta yang mendahulukan  kualitas harga bukanlah menjadi alasan. Tetapi bagi sebagian pecinta sering harga menjadi masalah yang serius.

Seperti melihat dulu rata-rata harga ikan hias yang terbaru atau terkini sebelum membeli tentunya akan sangat membantu, terlebih ikan hias yang termasuk masih impor. Contohnya ikan aligator atau ikan buaya.

Sekarang ikan aligator yang terkenal cuma sebagian dari sekian jenis. Contohnya misal jenis Spotted Gar ( Lepisosteus Oculatus), Longnose Gar (Lepisosteus Osseus), Spotnose Gar (Lepisosteus Platostomus), Aligator Gar (Lepisosteus Tristoechus). Bagi para pecinta yang lagi cari harga pasaran ikan aligator 2016 – 2017, sekarang adalah informasinya.

Harga pasaran ikan aligator per ekor 2016-2017 dari beberapa jenis.

Kisaran Harga Ikan Aligator Per Ekor 2016 -2017 Dari Beberapa Jenisnya

1. Alligator Gar (atractosteus spatula)

Alligator Gar adalah jenis alligator paling besar dari seluruh spesiesnya. Dan harga pasaranya sebagai berikut :

10 cm – 15 cm : Rp. 20.000, 00 – 50.000,00

15 cm – 30 cm : Rp.50.000,00 – Rp. 80.000,00

30 cm – 40 cm :Rp.85.000,00 – 250.000,00

1 m Rp 650.000 hingga Rp 800.000

2. Tropical Gar (Atractosteus tropicus)

Jenis ikan aligator Tropical Gar ialah yang sangat langka dan di pasaran Indonesia terbulang mahal. Dan inilah harga pasaranya :

Ukuran 10 cm – 20 cm :Rp 2 juta hingga 5 juta.

3. Spotted gar (Lepisosteus oculatus)

Ikan aligator spesies Spotted Gar sangat mirip dengan florida gar dan agak susah buat memilihnya. Dan harga pasarannya sebagai berikut:

10 cm – 20 cm :Rp.15.000,00 – Rp.20.000,00 

20 cm – 30 cm :Rp.20.000,00 – Rp.45.000,00

4. Cuban gar (Atractosteus tristoechus)

Sejarah ikan aligator spesies cuban gar panjang tubuhnya bisa mencapai 1 hingga 2 meter.

Harga pasaran : –

5. Gar longnose (Lepisosteus osseus)

Jika pecinta ingin mempunyai ikan aligator spesies longnose gar ini, pastinya akan mendampingi keseharian pecinta. Sebab aligator ini bisa hidup sampai 15 hingga 20 th, sementara yang pernah di beritakan ada yang berumur sampai 39 th.

Dan ini pasaran harga aligator spesies longnose gar:

Ukuran 20 cm – 40 cm: Rp 200.000,00 – 600.000,00

6. Florida gar (Lepisosteus platyrhincus)

Jika ingin memelihara ikan aligator buaya spesies florida gar, ini adalah ciri cirinya warna ikan aligator florida ini coklat – olive pada sisi atas dan bagian perutnya berwarna kuning atau putih dan pada semua tubuh gar ini di penuhi bentuk bintik bintik hitam yang tidak merata rapi tergolong juga sirip anal.

Dan harga florida gar buat ukuran 30-40 cm rata rata Rp. 50.000,00 per ekor.

7. Shortnose gar (Lepisosteus platostomus)

Ciri khas Shortnose gar (Lepisosteus platostomus). Pada tubuhnya langsing dan panjang bahkan warna tubuh bagian atas coklat atau coklat atau kehijaun dan bagian perutnya berwana putih.

8. Harga ikan aligator jenis Shortnose gar

Pasaran harag ikan aligator macam macam, tergantung ukuran panjang dan besar kecilnya ikan, sehat atau tidaknya ikan dan asal dari mana pecinta tinggal. Sebab pada daerah yang berada di Indonesia ini harga ikan hias berbeda beda.

Leave a Reply