31+ Contoh Geguritan Bahasa Jawa Singkat Terlengkap

Masih ingatkah apa yang dimaksud degan geguritan bahasa jawa ? Coba kita buka lagi buku-buku pelajaran kita sewatu dudu dibangku sekolah. Semua orang akan ingat jika pernah mengerjakan tugas semacam ini.

Geguritaan bisa diartikan sebagai puisi bebas. Maka dari itu banyak orang yang senang menggunakan geguritaan ini sebagai hiburan di acara-acara besar. Tergantung tema yang dibawakan tersebut.

Geguritan adalah bahasa Jawa yang merupakan perkembangan dari tembang lagu dan hingga sekarang menjadi sangat luas dan banyak jenisnya. Hingga berbeda-beda dan bisa dijadikan puisi untuk hiburan.

Geguritan ini memiliki makna yang luas dan sering di ucapkan secara berulang-ulang . Geguritan juga bisa untuk lirik lagu yang dinyanyikan karena memiliki sajak tertentu. Bisa untuk orang ataupun diri sendiri.

Contoh Geguritan

Majalah Geguritan
https://www.facebook.com

Salah satu kumpulan geguritan memiliki berbagai tema, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

Geguritan Tema Pendidikan

Gegurian Tema Pendidikan
https://bisakali.net

Guruku
( Sutapa, W.R )

wingi nalika sikil iki
tumapak sandhuwure bumi
durung paja-paja ngerti ha, na, ca, ra, ka
alip, ba’, ta’, apa dene good morning teacher!
lumakuning srengenge wis ganti
panyawangku dadi padhang
terawangan
rasaku sangsaya …
ora bisa dakgambarake
sih tresnamu nabet njanget
sajroning atiku

lamun tanpa panjenengan
bisa apa aku nepaki bumi iki ?
leladimu marang aku
ora timbang karo piwalesku
bu guru, pak guru
jangkahku isih adoh
uripku isih nyamut-nyamut
sethithik setetes bun esuk
iku wis cukup

Seperti daengan contoh yang sekarang banyak diketahui oleh anak-anak sekolah yaitu geguritan “Guruku”. Salah satu geguritan yang menceritakan seorang guru karena jasanya yang telah mendidik anaknya hingga sukses.

Geguritan ini dibuat sebagai tanda atau ungkapan yang sangat besar untuk seorang guru tersebut, atas jasa-jasanya yang mau dengan bersabar dalam mendidik dan memberi akhlak baik kepada siswa-siswanya.

Di saat tidak bisa membaca, menulis dan berhitung, itu semua buah dari kesabaran seorang guru yang ingin melihat anak-anaknya sukses dikemudian hari. Maka dari itu, puisi ini disajikan sebagai ungkapan untuk seorang guru.

Berbagai pujian yang membanjiri di dalam puisi tersebut, karena memang puisi ini di khususkan untuk seorang guru dan tanda terima kasi yang sangat besar dari anak-anaknya, atas usahanya dalam mendidik siswanya.

Geguritan ini sebenarnya masih sama dengan puisi lainnya, karena yang ditulis ialah suatu ungkapan dalam hati untuk seseorang ataupun publik. Tergantung dengan tema yang dibawakannya.

Geguritan Bahasa Jawa Tema Sekolah

Geguritan Tema Sekolah
https://pasberita.com

Sekolahanku

(Geguritan.com)

Sekolahanku ….
Panggonan anggonku golek ilmu
Sekolahanku …
Diwulang dening Bapak-ibu Guru
Sekolahanku ….
Sinau, maca buku
Ing Panggonan iki
Aku diajari supaya karo wong tuwaku kudu bekti
Ing panggonan iki
Aku diajari marang kanca aja srei
Diparingi PR kanggo gladhen
Kanggo sangu urip ing tengahing bebrayan
Aku percaya …
Sanajan abot kudu dilakoni
Kabeh mau kanggo kepentingan pribadhi
kareben ngesuk dadi wong kang aji
miguna tumprap bangsa lan nagari

Contoh diatas adalah Geguritan “Sekolahanku” yang menceritakan tentang sebuah sekolahan sebagai tempat menuntut ilmu setiap hari. Seliin itu kegiatan belajar mengajar ini menjadi suatu hal yang sangat penting untuk masa depan kita semua.

Isi di dalam geguritan ini sangat mendalam, karena mengingatkan kita betapa pentingnya sebuah pendidikan untuk masa depan kita, agar menjadi orang yang sukses dan berguna untuk bangsa dan Negara.

Selain itu, tema sekolahan ini sering dijadikan tugas oleh anak-anak sekolah. Agar mengerti bahwa sekolahan tempat mencari ilmu dan tempat berkumpulnya orang-orang sukses dimasa yang akan datang.

Isi-isi dari sebuah karya tersebut ialah mengingatkan kita agar lebih menghormati kepada kedua orang tua dan juga guru, dirumah maupun di sekolahan, karena merekalah kita bisa menjadi sukses seperti ini.

Dan kali ini kita akan membahas tentang geguritan “Anggerku” yang menceritakan seorang ibu yang tidak menganggap anaknya dan disia-siakan karena merasa tidak pantas dan berguna untuk anaknya sendiri.

Seorang ibu tersebut merasa bersalah karena telah menyia-nyiakan anak laki-lakinya dan selalu dibayang-bayangi akan kesalahannya tersebut. Meski sudah berusaha yang terbaik dan meminta maaf kepada anaknya.

Akan tetapi anak tersebut masih menganggap kalau ibunya memang bersalah dan seakan tidak ingin memafkan atas apa yang pernah terjadi. Seorang ibu tersebut merasa terpukul atas ucapan anak laki-lakinya.

Pesan dari sebuah geguritan ini ialah mengingatkan kita agar sebagai anak, harus memaafkan sebesar apapun kesalahan orang tua terhadap kita. Karena sesalah-salahnya orang tua. Ia pernah dan selalu melakukan yang terbaik untuk anaknya.

Maka dari itu kita diingatkan oleh sbuah karya sastra yang satu ini agar kita lebih menghormati kepada kedua orang tua kita sebagaimana mestinya. Banyak-banyaklah memberi memafkan ketika orang tua melakukan kesalahan kepada kita.

Pesan dalam geguritan ini sudah sangat jelas, bahwa kita harus menghormati orang tua dalam keadaan dan perbuatan apapun. Karena sudah menjadi kewajiban kita sebagai anak harus hormat kepada orang tua.

Geguritan Adalah

Fungsi Geguritan Sewagatijpg
https://www.twgram.me

Sebagai Pencerminan Angan-angan

Sebagai Pencerminan Angan-angan
https://iphincow.com

Sebagian orang menggambarkan Geguritan Sewagita ialah wujud dari angan-angan kaum remaja putri. Karena di zaman dahulu banyak orang-orang yang menginginkan agar merasa dirinya cantik. Dan sudah menjadi umum setiap wanita apalagi khususnya remaja putri ingin jadi yang tercantik.

Begitu juga gambaran dari sebuah karya sastra tradisional yang satu ini yang dilukiskan sebagai remaja putri ber[aras cantik dan bertubuh indah. Itulah angan-angan dari kamu remaja putri inginkan. Maka dari itu geguritan diatas adalah bentuk wujud dari semua angan-angan tersebut.

Sebagai Alat Pendidikan Anak

Sebagai Alat Pendidikan Anak
https://toys-games.degood.info

Geguritan Sewagati ialah jenis karya sasta tradisional, yang sangat berguna dikemudian hari. Geguritan segawati ini bisa menjadi contoh yang sangat berguna untuk semua orang di masa yang akan datang, khususnya anak remaja yang sedang banyak ingin mengetahui segala hal.

Di contohkan dari sebuah ceritaunsur Ni Sewagati yang rajin, terampil dalam mengurus pekerjaan wanita. Dan dalam sebuah cerita dari geguritan tersebut, sesungguhnya ia sangat menginginkan anak gadisnya belajar mengenal pekerjaan wanita sedari dini.

Sebagai alat pelipur lara

Karya sastra geguritan atau puisi sama halnya dengan karya sastra pada umumnya. Bisa dijadikan sebagai hiburan untuk umum dan masih banyak lagi jenisnya. Seperti pada contoh, geguritan segawati yang menceritakan keelokan seorang gadis.

Dijadikan sebagi puisi, karena geguritan ini memiliki makna yang sangat dalam, jika disajikan dan disampaikan dengan baik. Untuk bisa menghibur seseorang, maka kita harus bisa menjiwai geguritan tersebut sesuai tema yang diangkatnya.

Pengertian Geguritan

Pengertian Geguritan
https://www.linguistikid.com

Geguritan adalah salah satu karya jawa yang mewujudkan curahan hati seseorang untuk sebuah karyanya yang akan disampaikan dalam bentuk puisi atau tembang Jawa. Geguritan juga karya sastra sebuah ungkapan atau perasaan dari pikiran seorang penggurit.

Ciri – ciri Geguritan

Ciri - ciri Geguritan
https://noobinvoker.blogspot.com

Ciri – ciri wonten ing geguritan yaitu :

1. Memiliki susunan atau struktur dalam penyajiannya
2. Mempunyai makna atau arti yang sangat mendalam
3. Memakai bahasa Jawa yang sopan dan ramah
4. Didalam teks dari geguritan tersebut, terdapat nama penyair atau penggurit

Unsur Geguritan

Unsur - unsur Intrinsik
https://ceritaihsan.com

Geguritan memiliki unsur-unsur intrinsic seperti puisi, tembang dan karya sastra lainnya. Adapun beberapa contoh dari intrinsic yang sering dipakai ialah sebagai berikut:

1. Konsep yang akan dibuat atau dengan memilih tema tersebut
2. Judul dari geguritan
3. Memakai bahasa yang baik dan sopan
4. Uraian
5. Isi dan tujuan
6. Terdapat pesan-pesan dari geguritan tersebut

Jenis Geguritan

Jenis - jenis Ing Geguritan
http://diluarkelas.blogspot.com

Geguritan menurut fungsi dan kegunaannya ialah sebagai berikut:

1. Jenis Geguritan yang menggambarkan sebuah kejadian (deskriptif)
2. Jenis Geguritan yang menceritakan sebuah pengalaman (naratif)
3. Jenis Geguritan yang bertujuan untuk dijadikan sebagai kritikan dan sindiran

Leave a Comment