30+ Jenis Gambar Kupu Kupu Cantik dan Langka Yang Susah Di Temukan

Gambar kupu-kupu, kita pasti setuju misalkan kupu-kupu adalah salah satu spesies serangga terindah di dunia. Dan faktanya bukan hanya indah saja. hadirnya kupu-kupu juga sebagai penunjuk ekosistem yang sehat di tempat yang dikunjungi kupu-kupu.

Yang pastinya kamu tidak pernah lihat ada kupu-kupu di kwasan yang tercemar polusi ?.

Dan dari itu, saya akan bagikan 10 spesies dan gambar kupu-kupu yang di anggap paling indah dan sangat luar biasa yang ada di seluruh dunia.

1. Blue Morpho

Blue Morpho

http://insectworks.com

Blue Morpho ialah salah satu spesies kupu-kupu cantik dan terbesar di dunia. Ketika besar, lebarnya sayap bisa mencapai 8 inchi. Kalian sering menemukan di hutan yang tropis Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Menghabiskan banyak waktu dibagian semak-semak.

Dari itu sejak ada dua sejoli yang sedang berpacaran di semak-semak, pasti akan sama sengan kupu-kupu Blue Morpho. Nah, senang banget di anggap seperti kupu-kupu cantik.

Nah iya, Spesies kupu-kupu Blue Morpho yang biru terang indah ini sangat bisa kita kenali. Pada bagian ttepi sayapnya yang berwarna hitam, cukup menunjukan betapa kupu-kupu Blue Morpho paling cantik dan sangat menawan.

Makanan pokok kupu-kupu Blue Morpho ialah daun varietas tanaman, jamur, getah, pohon, dan buah yang sudah membusuk, hewan yang juga sudah membusuk, atau misalkan lumpur. Oleh karena itu meraka bisa menemukan nutrisi didalam segala fermentasi pada makanan tersebut.

Bukan cuman makanan busuk saja yang mereka konsumsi, kupu-kupu cantik ini juga bisa menciptakan bau busuk pada tubuhnya pada saat merasa terancam dari predator. Umur kupu-kupu Blue Morpho bisa tergolong pendek, yakni kisaran satu bulan, dihitung sejak mereka keluar dari kepompong.

Huh, ternyata sangat disayangkan melihat type warna birunya yang sangat menawan. dan terus mereka bisa menyinari cahaya biru. Cahaya biru itulah yang membuat para ilmuwan mengenalnya lebih mendalam.

2. Zebra Longwing

Zebra Longwing

https://en.wikipedia.org

Kupu-kupu hitam putih ini munculnya di florida, Amerika Serikat, pada tahun 1996. Nama kupu-kupu tersebut diambil dari bentuknya yang mirip hewan zebra. Garis-garis pada sayapnya yang sempit sangat terlihat cantik sekali dengan lebar antara 72 mm sampai 100 mm. dan sebenarnya garis-garis itu warnya kuning, bukan putih.

Zebra Longwing mempunyai antena yang sangat panjang dan termasuk spesies jenis kupu-kupu cantik yang sosial. Dari setiap harinya mereka akan menghabiskan waktu berbarengan. istriahat berbarengan, makan berbarengan, terbang berbarengan, pokoknya selalu kompak.

Kupu-kupu yang cantik ini juga sangat tenang apa bila didekati oleh manusia. bisa dibilang mereka spesies kupu-kupu cantik dan ramah tamah. Sampai saat ini, kupu-kupu Zebra Longwing sudah biasa di dibustrikan ke seluruh negara di Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Oleh karena itu bisa dipastikan masyarakat di negara-negara tersebut akan mengagguminya. Mutlak sih, mungkin sosoknya cantik begitu.

Zebra Longwing ini adalah satu-satunya kupu-kupu cantik yang suka makan serbuk sari. Banyak ilmuwan yang beranggapan bahwa nutrisi yang terisi di serbuk sari dapat membuat kupu-kupu Zebra Longwing biasa bertahan hidup lama, mungkin sekitar enam bulan.

Sedangkan untuk kupu-kupu yang lainnya bisa hidup pada jangka waktu satu ayau dua minggu. Ciri khas lainnya yang dipunyai Zebra Longwing yakni bisa membuat suara berderit saat meraka terancam oleh predator semacam kadal, katak, dan burung. Coba kamu dekati spesies kupu-kupu Zebra Longwing. Kalau mereka menjerit artinya kamu di anggap menyerupai kadal, katak, atau burung. hihi.

3. Peacock Pansy

Peacock Pansay

https://en.wikipedia.org

Kupu-kupu Peacock Pansy dengan warna sayap yang terang dan mencolok. Kupu-kupu cantik ini berasal dari negara-negara di bagian Asia Selatan Dan Asia Tenggara, Khususnya di Singapura.

Warna pada bagian sayapnya yang berwarna kuning dengan tepi cokelat ditambah beberapa motif yang mirip mata, membuat kupu-kupu Peacock Pansy sangat terlihat lebioh cantik. seakan mata-mata tersebut bagaikan mengamati di sekeliling kita.

Makanan kesukaan kupu-kupu Peacock Pansy ialah dedaunan dari tanaman inang, tanaman yang merupakan tempat hidup dan membiaknya tumbuhan atau hewan-hewan kecil bagai serangga.

Ketika sedang bertelur, mereka memerlukan 3-5 hari buat memecahkan telurnya. Dan pada saat dewasa, ukuran sayap mereka mencapai 54 sampai 62 mm. Kupu-kupu Peacock Pansy lebih senang hidup di kebun atau alam yang terbuka.

4. Eighty Eight

Eighty Eight

http://iainpetrie.typepad.com

Si kupu -kupu yang cantik Eighty Eight ini asalnya dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Nama Eighty Eight diambil karena garis-garis hitam dan putih pada sayap mereka membulat dan pada bagian tengahnya menyerupai angka 88. Spesies kupu-kupu cantik dan motif yang sangat luar biasa.

Banyak para peneliti yang menyebutkan kalau Eighty Eight mempunyai 12 jenis pada warna yang berbeda. Ada yang bergaris hitam dan biru, ada juga yang hitam dan hijau. Yang pastinya merka dalam kemasan yang sangat cantik sekali. Contohnya yang ada di gambar di atas. Apalagi di tambah motif merah yang membuat kupu-kupu ini tampak unik.

Eighty Eight terbilang jenis kupu-kupu yang sangat agresif. mereka biasa terlihat berbarengan dalam jumlah dua atau tiga kupu-kupu, tapi sesekali juga dalam jumlah yang sangat banyak di tempat kesukaanya contohnya di wilayah pemukiman manusi, seperti di tepi sungai dekat dermaga atau tanah yang kosong.

Apabila sudah besar, ukuran sayap kupu-kupu Eighty Eight ini bisa mencapai 35-40 mm. dan mereka juga spesies kupu-kupu yang paling cantik yang paling suka ialah makan buah-buahan yang sudah membusuk.

5. Forest Giant Owl Butterfly

Forest Giant Owl Butterfly

https://www.encirclephotos.com

Seperti dangan namanya dan jenis pada gambar dia atas, yang ini adalah spesies kupu-kupu yang menyerupai sosok burung hantu dengan warnanya cokelat kekuningan dicampur ungu.

Motif buletan mata cokelat hitam yang berbentuk pada bagian sayap tersebut sangat terlihat cantik dan terpesona. Seakan mata predator hidup yang siap menerkam. Dan memang itulah kegunaan dari motif mata tersebut, yakni unutk menipu predator.

Kebiasaan mereka terbang cepat banget. Dalam ukuran waktu singkat kupu-kupu Forest Giant Owl Butterfly bisa terbang beberapa meter. melewati hutan atau lahan pertanian di malam hari.

Kupu-kupu cantik yang mirip dengan burung hantu ini suka sekali memakan buah-buahan, dan sanggup bertahan hidup dari umur antara 125 sampai 150 hari. Kupu-kupu Forest Giant Owl Butterfly sering di temui di dekat tanaman pisang, wilayah pertanian, atau di bagian hutan dataran rendah.

Wilayah dengan banyak curah hujanlah mereka tidak dapat bertahan hidup. Awalnya kupu-kupu yang cantik satu ini berasal dari Amerika Tengah. Mereka menjadi salah satu spesies kupu-kupu yang sangat cantik dan terbesar di Amerika Tengah.

6. Sylphina Angel

Sylphina Angel

https://en.wikipedia.org

Spesies kupu-kupu yang cantik ini mempunyai sayap trnsparan. Mereka banyak dijumpai di Peru, Ekuador dan Bolivia. Ditemukan pada tahun 1868.Sylphina Angel ialah jenis kupu-kupu cantik neo-tropis, yang tinggal di hutan berdaun lebar subtropis.

Kebanyakanya mereka hanya berkelompok untuk kawin. Sekalipun mereka lebih suka menyendiri, menghabiskan waktunya dibawah daun tanaman, dan akan kembali beraktivitas ketika cahaya matahari terasa panas.

Garis hitam yang mewarnai sayap transparannya, ditambah ekor yan mempunyai motif merah sama pada gambar diatas, membikin kupu-kupu Sylphina Angel  terlihat seperti memukau. Apalagi kalau kita tahu kecepatan terbang kupu- kupu cantik ini mencapai 12 mil per-jam mungkin sampai 25 mil per-jam.

Pada hari-hari tertentu, kupu-kupu Sylphina Angel  bisa ditemukan dalam golongan yang beranggotakan puluhan atau mungkin ratusan. Pada saat bersama, mereka punya kebiasaan bermigrasi hingga 320 km mungkin untuk mengikuti mekarnya bunga yang datang pada cuaca musim semi.

Pada saat dewasa dan terancam oleh predator, kupu-kupu Sylphina Angel  akan menghasilkan cairan berwarna kuning dari dada yang baunya sangat busuk, ditunjukan supaya predator menghindar.

Akan tetapi sayangnya, kupu-kupu ini tetap saja sering menjadi santapan burung, serangga dan hewan-hewan omnivora, pada saat berada di alam.

7. Apollo Butterfly

Apollo Butterfly

https://en.wikipedia.org

Mungkin ini juga tidak kalah indanhya, spesies kupu-kupu yang cantiknsagat mudah dikenali, tapi sayangnya jarang sekali kiuta lihat. Karena mereka hanya bisa ditemukan di bagian negarapada Italia, Spanyol dan Prancis. Cuma hanya didaerah tertentu saja.

Bagian warna sayapnya putih dengan bintik-bintik hitam kecil, mempunyai beberapa motif berwarna hitam dan merah yang mencolok.sangat terlihat indah sekali.

Ciri Khas Kupu-kupu cantik ini yakni bisa memproduksi bau bau busuk untuk mengancam predator. Tapi sangat di sayangkan karena kupu-kupu  Apollo Butterfly ialah jenis kupu-kupu cantik yang terancam punah.

Kupu-kupu  Apollo Butterfly hidup di padang rumput, wilayah pegunungan yang curam, pada ketinggian sampai 2.000 meter diatas permuikaan laut.

8. Glasswinged Butterfly

Glasswinged Butterfly

http://twistedsifter.com

Kupu-kupu cantik yang ini jauh lebih transfaran. sayapnya dikenal mirip plastik atau kaca. Kupu-kupu Glasswinged Butterfly bisa ditemukan di Meksiko dan Kolombia. Sayap transparan itu cukup berguna buat mengecoh dari ancaman predator dan reptil.

Alibinya bahwa sayap kupu-kupu cantik ini sangat transparan, yakni karena mereka hampir tidak memantulkan cahaya apapun. Kupu-kupu Glasswinged Butterfly termasuk kupu-kupu cantik yang suka berpindah tempat dalam jarak jauh. Makanan pokok mereka ialah sari-sari bunga.

9. Emerald Swallowtail

 Emerald Swallowtail

https://en.wikipedia.org

Emerald Swallowtail ialah salah satu jenis dari jenis kupu-kupu besar Swallowtail oleh kjarena itu tahukah kamu, kalau kupu-kupu Swallowtail mempunyai 550 jenis di dunia ?. Dan kupu-kupu Emerald Swallowtailialah salah satu yang paling cantik dan menarik di samakan Swallowtail lainnya.

Warnanya hijau yang ada poada sosok kupu-kupu cantik ini sangat menarik perhatian, mengingatkan kita pada sebuah wilayah yang asri, penuh dengan pohon hijau.

Keindahan sayapnya bisa kamu lihat melalui gambar di atas. sangat cantik kan ? akui saja lah ! mungkin sayap mereka terlihat bercahaya. Warnanya memang layak di kagumi karena sangat struktural. Sayang banget ya misal ada manusia yang menghancurkan sayap kupu-kupu ini. dilihat di gambar aja cantik sekali.

Wajib tahu, kalau Emerald Swallowtail ialah tergolong kupu-kupu cantik yang di gemari banyak manusia dari berbagai negara. Mereka biasa ditemukan di Asia Tenggara.

10. Dead Leaf Butterfly

Dead Leaf Butterfly

https://alhabshi.deviantart.com

Yang terakhir ini adalah spesies kupu-kupu yang luar biasa unik. Warnanya pas dengan namannya. benar-benar mirip daun yang sudah layu atau mati, cokelat yang sangat gelap.

Nyatannya keuntungan dari bentuk tubuh kupu-kupu Dead Leaf Butterfly ialah bisa membuat dirinya bisa bersembunyi di antara dedaunan demi menghindari predator.

Kupu-kupu cantik ini biasa di jumpai di hutan tropis di Asia. Mereka jarang terbang banyak. Lebih suka beristirahat pada saat sudah menemukan makanan seperti bunga dan buah-buahan yang sudah jatuh ke tanah.

No Responses

Leave a Reply