100+ Kumpulan Gambar Kambing Super Yang Banyak Di Cari Peternak

Berikut ini ialah jenis gambar kambing yang akan membuat anda lebih memahami karakteristik dari seekor kambing ternak oleh peternak kambing.  Gambar diatas menunjukan ciri-ciri jenis kambing serta untuk sebuah koleksi foto agar mengenal lebih dekat lagi tentang ciri-ciri dan jenis kambing serta menambah koleksi gambar ternak.

1. Kambing Boer

Kambing Boer

https://sufyanhadi.files.wordpress.com

Salah satunya yang akan kita bahas ialah jenis Kambing ‘Boer’ yang berarti petani. Asal muasal jenis kambing ini ditemukan pertama kali di negara Afrika Selatan, dan hingga sekarang populasinya bertambah sampai ke mancanegara.

Contohnya di negara Indonesia, yang sudah banyak petani kambing membudidayakan jenis ‘Boer’ ini. Dan hingga saat ini jenis kambing ‘Boer’ semakin banyak jumlah populasinya hingga meningkat dari tiap tahunnya.

Jenis kambing ini banyak dicari oleh para petani untuk dibudidayakan sebagai hewan ternak, karena mudah dalam pemeliharaanya dan lebih cepat dalam proses pemeliharaannya. Selain itu jenis ‘Boer’ ini memiliki daging yang empuk di bandingkan dengan kambing lainnya.

Kambing ini adalah jenis kambing pedaging yang dimana seorang petani akan membudidayakannya lebih banyak lagi, setelah itu akan dijual ke beberapa pasar yang menyediakan daging kambing atau kepada seorang pedaging.

2. Kambing Boerawa

Kambing Boerawa

http://jualansapi.com

Boerawa adalah hewan persilangan antara kambing Boer dan Etawa. Nama  tersebut diambil + dari masing-masing nama kambing tersebut yang disingkat menjadi boerawa. Kambing jenis ini banyak ditemukan di daerah Lampung, Sumatera Selatan.

Di daerah Lampung menjadi sebuah peternak terbesar di Indonesia khususnya kambing boerawa, karena banyak dan hampir setiap masyarakatnya membudidayakannya sebagai usaha yang akan diperjual belikan kepada pedaging.

Selain itu harga kambing jenis ini konon katanya lumayan fantastis di daerah setempatnya. Maka dari itu banyak yang membudidayakannya dengan harapan bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan besar.

Kenapa di Lampung banyak yang membudidayakannya?. Ya, karena banyak konsumen atau pembeli kambing jenis ini semakin meningkat dari tiap tahunnya. Dan rata-rata sebagian besar warga setempat lebih memilih kambing tersebut untuk dijadikan hewan ternak ataupun dikonsumsinya, dibandingkan harus membeli jenis kambing lainnya.

3. Kambing Etawa

Kambing Etawa

http://www.infoagribisnis.com

Jenis kambing ini masih ada hubungannya dengan boerawa, namun ini secara individual dari etawa nya sendiri. Kambing ini juga termasuk jenis hewan ternak yang sering di budidayakan oleh para petani sebagai kambing pedaging.

Ciri dari kambing ini ialah dari hidung dan dahiya, selain itu kambing ini berbadan besar dan memiliki telinga yang panjang sampai kebawah. Selain dijadikan sebagai kambing pedaging, ternyata kambing jenis ini juga penghasil susu.

Kambing jenis ini dalam seharinya bisa menghasilkan 3 sampai 4 liter susu yang akan digunakan sebagai asi untuk anak kambing tersebut, atau di perjual belikan sebagai kebutuhan atau keperluan petani kambing dengan cara mencampurkannya kedalam makanan atau di minumkannya secara langsung pada anak kambing tersebut melalui botol susu.

Selain itu kelebihan atau keuntungan dari menernak kambing ini ialah dua kali lipat dari harga atau modal yang dikeluarkan untuk membeli induk dan jantannya. Keuntungan tersebut bisa kita dapatkan setelah melahirkan atau pun memeliharanya dalam waktu satu tahun saja.

Kenapa keuntungannya bisa dua kali lipat?. Karena lebih mudah dalam proses pertumbuhannya sehingga kambing ini dikategorikan kambing pedaging yang cepat besar dalam kurun waktu kurang sari satu tahun.

4. Kambing Gembrong

Kambing Gembrong

http://www.infopeternakan.com

Jika kita mengetahui seluk beluk masyarakat bali, maka akan teringat dengan jenis kambing yang dinamakan Gembrong. Gembrong ini menjadi salah satu hewan yang banyak disukai oleh masyarakat setempat, karena dengan bentuk dan bulunya yang panjang serta lucu, membuat orang semakin gemas saat melihatnya.

Asal usul dari kambing jenis ini ialah dari Karangasem, Bali bagian timur. Karena bulunya yang panjang, maka setiap setahun sekali akan dipotong agar hewan tersebut tidak merasa terganggu saat melakukan aktivitasnya.

Ciri fisiknya mudah sekali dikenali, karena kambing ini selain memiliki bulu yang lebat dan panjang, akan tetapi tubuh dari hewan ini seolah mengkilap jika kita lihat dari kejauhan. Dan untuk lebih jelasnya bisa kita pegang dan raba dibagian tubuh atau punggungnya, pasti terasa lembut tapi licin.

5. Kambing Gibas

Kambing Gibas

https://satujam.com

Gibas adalah jenis kambing yang sering kita temui di berbagai tempat bahkan di perkampungan atau pedesaan. Jenis kambing yang satu ini memiliki badan yang lumayan kekar berisi dan bulunya yang tebal serta lebat.

Jenis kambing ini sering disebut dengan nama domba, karena melihat karakter dan bentuk tubuhnya cocok untuk dinamakan atau disebut kambing jenis domba. Nama istilah domba itu berasal dari beberapa wilayah Jawa yang menyebutnya sebagai kambing domba.

Ciri lain dari kambing ini ialah bertanduk dan dari bulunya sedikit keriting pada keseluruhan tubuhnya. Dan kambing jenis ini memiliki bau yang khas pada tubuhnya, sehingga bisa dipastikan bahwa kambing ini ialah jenis kambing gibas. Mengenai soal makanan, ialah rumput liar yang berada di perkebunan atau lapangan.

Kebiasaan di kampung atau pedesaan, kambing ini sering kita temukan di perkebunan atau lapangan yang dilepas oleh pemiliknya agar bisa mencari makanan sendiri, sesuai yang ia inginkan saat mencari rumput liar tersebut.

Biasanya ketika melepasnya di perkebunan atau lapangan, si pemilik membiarkan kambing tersebut untuk mencari makanan sendiri sambil mengumpulkan rerumputan yang segar untuk dibawa pulang, agar bisa memberi makan di malam hari.

6. Kambing Jawarandu

Kambing Jawarandu

https://hinyong.com

Jawarandu adalah nama yang yang sering kita dengar sebagai julukan kambing pedaging yang dihasilkan dari sebuah persilangan antara kambing etawa dan jenis kambing lainnya. Dengan hasil tersebut dinamakan kambing jenis Jawarandu.

Kambing ini memiliki bentuk tubuh yang kecil dibandingkan dengan jenis kambing lainnya, pukuran tersebut dibawah rata-rata dari kambing lain. Ciri lainnya ialah memiliki telinga yang lebar dan panjang terbuka,

Jenis Jawarandu  ini selain menjadi kambing pedaging, akan tetapi menjadi kambing yang penghasil susu terbanyak dibandingkan dengan jenis lainnya. Meskipun begitu, kambing ini lebih sering dijadikan atau dimanfaatkan sebagai kambing pedaging.

Kambing jenis ini masih satu tipe dengan Etawa. Dan konon katanya menurut sejarah dari kambing tersebut ialah satu induk yang berarti masih saudara dari kambing Etawa. Dan hubungan saudara tersebut dari satu induk dengan jantan lainnya.

Kambing jantan jenis ini lebih besar dibandingkan dengan betinanya sendiri. Dan bisa kita lihat dari sebuah ciri-ciri dan karakternya masing-masing. Jika ingin melihat secara jelasnya, maka perlu memperhatikan bagian tubuh yang akan dibandingkan dengan betina tersebut.

Meskipun masih  tipe dengan kambing Etawa, akan tetapi masih banyak perbedaan jika di lihat secara sekilas saja. Namun berbeda bagi seorang petani kambing, pastingya sudah mengetahui meskipun dilihat dari kejauhan, karena ada ciri khas tertentu dari hewan ternak tersebut.

Meskipun satu saudara dengan kambing Etawa yang sama-sama memiliki cir khas dari telinga yang terbuka panjang, akan tetapi karakter dan kebiasaan dari kambing ini sedikit berbeda dengan jenis kambing Etawa yang lebih suka diam dibandingkan Jawarandu ini lebih hiperaktif.

Manfaat Susu Kambing 

Manfaat Susu Kambing 

http://www.nagaswarafm.com

Bukan hanya susu sapi saja yang bisa dikonsumsi, akan tetapi hasil perahan kambing juga bisa dikonsumsi sebagai stamina dan daya tahan tubuh terhadap manusia, pasalnya terdapat kandungan nutrisi baik untuk tubuh kita.

Memang tidak semua kambing bisa menghasilkan susu yang bisa dikonsumsi untuk kita. Salah satu jenis kambing yang menghasilkan susu dan bisa dikonsumsi untuk kita ialah kambing etawa, gomars dan skygoat yang banyak diiklankan di beberapa stasiun tv dan radio yang menjual susu kaya nutrisi dari hasil perahan kambing tersebut.

Susu kambing ini bukan hanya dikonsumsi, melainkan bisa dijadikan sebagai lulur untuk pemutih kulit dan terkandung vitamin yang baik untuk kulit. Maka bagi petani kambing yang bis diambil susunya akan lebih banyak mendapatkan keuntungan.

Keuntungan tersebut bisa dari penjualan kambing secarapeekor ataupun sebagai pedaging. Dan yang terakhir ialah sebagai lulur yang harganya lumayan fantastis dari tiap perkilonya jika dijual oleh pengolah lulur tersebut.

Khasiat Dan Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan Tubuh Menyeluruh

Khasiat Dan Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan Tubuh Menyeluruh

http://www.sehatraga.com

Manfaat atau khasiat dari konsumsi susu kambing tersebut ialah bisa mencegah penuaan dini, mengencangkan kulit sehingga menjadi terlihat segar dan lebih muda di banding usianya yang sekarang, selain itu susu ini juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh kita, sehingga bisa dijadikan untuk pencegahan penyakit saraf dan untuk mempercepat pembentukan tulang.

Biasanya bagi orang tua yang memperhatikan anaknya dalam proses pertumbuhan, maka akan diberi susu kambing yang telah diolah oleh pabrik dengan macam-macam rasa, membuat tulang anak cepat membetuk lebih cepat dan kuat.

Dan bukan hanya untuk anak usia dini saja, orang tuapun bisa mengkonsumsinya sebagai pencegahan pengeroposan tulang atau yang sering kita dengar ialah dengan sebutan encok, reumatik. Nah, itu semua biasanya disebabkan oleh pengapuran pada tulang sehingga para orang tua yang khususnya lansia merasakan linu atau flu tulang.

Susu ini terkandung zat besi yang baik untk tubuh kita untuk mempercepat rangsangan dari pembaharuan hemoglobin. Dan susu ini meminimalkan interaksi kalsium dengan zat besi pada tubuh, karena berfungsi untuk menghambat efek samping dari kedua zat mineral tersebut.

Selain bisa mencegah pengapuran tulang, susu ini juga bisa berfungsi sebagai penurun dari kadar kolesterol yang tinggi. Dari kandungan asamlemak essensial ini diketahui lebih tinggi, sehingga baik untuk tubuh kita.

Selain itu bisa melncarkan pencernaan yang terhambat apabila terjadi sembelit. Dan jika dalam proses penyembuhan penyakit jantung atau pencegahahan, maka perlu mengkonsumsi susu kambing tersebut agar mengurangi kemungkinan buruk yang semakin terjadi.

Selain bermanfaat untuk jantung, akan tetapi bisa berfungi juga sebagai penigkat susu asi pada ibu yang sedang menyusui. Dan ibu hamil disarankan mengkonsumsinya agar tetap sehat dan menjaga stamina dalam tubuh menjadi lebih baik lagi.

Karena biasanya ibu hamil mudah lemas dan pusing seperti kekurangan dara. Maka dengan mengkonsumsi susu kambing ini adalah solusi terbaik bagi kesehatan ibu hamil tersebut dalam menjada kesehatan dan si buah hatinya agar tetap dalam keadaan sehat.

Demikian sudah artikel ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar sekiranya bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan informasi jenis, ciri dari kambing berikut dengan susu nya yang bisa dikonsumsi sebagai kesehatan dan pencegahan berbagai penyakit.

Leave a Reply