20+ Kumpulan Dongeng Pendek Bergambar Buat Anak Sebelum Tidur

Cerita Dongeng Pendek Semut Dan Belalang

Dongeng Pendek

dongeng pendek

https://alihamdan.id

  • Cerita Dongeng Pendek Semut Dan Belalang

Cerita Dongeng Pendek Semut Dan Belalang

https://www.finansialku.com

Pada sebuah perkebunan yang sangat subur, ada satu keluarga semut pekerja dan belalang si pemalas. Semut dan belalang ialah dua sahabat yang mempunyai sifat yang berlawanan. Si semut sangat giat unutk bekerja keras, setiap hari mencari makan lalu menyimpanya di rumah.

Dan pada sebaliknya si belalang kerjaan setiap hari selalu bersenang-senang, bernyanyi, menari dan menikmati hidup. Belalang sangat amat menikmati setiap harinya dan tidak mau mempunyai rencana ke depan. Hidup bagaikan mengalir sebagai alir.

Pada suatu hari si belalang bertemu dengan semut : “ Hi Semut ! Kenapa Kamu kamu tidak suka bermain ketempat aku dn bermain bersama aku?” Jawab si semut : “ Aku sedang bekerja keras dan sedang menyiapkan makanan buat musim dingin yang akan datang, karena tidak ada tanaman yang tumbuh dan kita akan mati kelaparan apabila kita tidak mulai menyiapkannya dari sekarang.

Belalang pun tertawa terbahak-bahak setelah mendengar jawaban semut dan barkata : “ Musim dingin masih lama sekali semut sahabatku. Mengapa kamu harus khawatir ? Masih ada esok harikan?”. Lalu Belalang meneruskan bermain musik dan semut melanjutkan bekerja menyimpan makanannya.

Suatu hari di musim dingin telah tiba, Semua tanaman akhrnya mati dan belalang susah buat mencari makanan. Kebalikanya semut enak-enakan di rumahnya dan memakan jagung dan biji-bijian yang telah di simpan pada musim panas. Singkat ceriata ini pada akhirnya si belalang meninggal karena kelaparan.

Dongeng Anak 

dongeng anak

http://dongeng.net

  • Buaya Dan Burung Penyanyi

Buaya Dan Burung Penyanyi

http://cerita-kancil.blogspot.co.id

Pada suatu ketika ada seekor buaya dan burung penyanyi. Mereka tinggal hidup di hutan dan bersahabat sangat akrab. Pada suatu hari burung penyanyi bernyanyi didepan buaya dan bertengger di hidungnya karena saking asiknya mereka bernyanyi dan mendengarkan suara yang merdu.

Belum lama kemudian buaya menguap dan membuka lebar. Burung bernyanyi yang sedang bertengger di hidung buaya tergelincir kedalam mulutnya buaya. Kemudian buaya heran “ dimana burung penyanyi?” Buaya mencari burung di semak semak tetapi tidak ada.

Kemudian buaya mencari burung penyanyi senandung merdu keluar sang mulut buaya, kata buaya “ indah sekali suaraku” kata buaya. Kemudian buaya menguap dan membuka mulut lebar lebar. Dan hamper saja buaya menutup mata ada seekor  burung penyanyi yang sedang bertengger di hidung sang buaya.

Kata burung penyanyi dengan marah “ betapa sangat tidak punya hati kau buaya “  kau biarkan akau masuk ke mulutmu hingga aku bernyanyi, tapi kau tidak pernah tahu bahwa aku berada dlam mulutmu?”. Kata buaya “ aku sama sekali tidak mengetahui bahwa kau msuk ke mulutku. Jadi suara yang begitu indah ternyata bukan suaraku ?”. Burung penyanyi berkata “ iya, itu suaraku buak suaramu, kau kan tidak mungkin bisa bernyanyi seperti aku suramu tidak enak didengar”. Buaya pun menangis setelah mendengarkan kata-kata burung penyanyi. Kemudian burung penyanyi merasa kasihan karena apa yang  diucapkan menyindir perasaan buaya.

Kemudian burng penyanyi mencari cara supaya menghibur buaya. Burung penyanyi berkata” harap tenang buaya, kita akan selalu menyanyi bersama” Kata buaya” dengan apa caranya aku untuk bisa bernyanyi sepertimub?”. Kata burung penyanyi “ bagiku mudah saja buatlah gelembung gelembung seperti air lalu kau bernyanyi.

Lalu buaya memasukkan mulutnya ke dalam air dan membikin gelembung gelembung seperti air , mungkin burung penyanyi bertugas untuk bernyanyi. Suara itu begitu pas dan sangat enak unutk didengar, lau buaya melakukan seperti itu pada setiap hari dan keduanya menjadi teman yang setia.

Dongeng Anak Bergambar 

Dongeng Anak Bergambar 

https://dongengterbaru.blogspot.co.id

  • Putri Bulan

Putri Bulan

http://2.bp.blogspot.com

Pada suatu hari salah satu teman Hou I menceritakan tentang “Pil Abadi” Hou I terus mengirimkan ajudannya buat memiliki pil tersebut tersebut dari Ratu Barat. Sang Ratu hidup sendirian di atas sebuah gunung yang sangat tinggi.

Dia sangat buruk giginya panjang dan tanjam kayak harimau dia juga mempunyai Sembilan buah ekor. Dia menghabiskan waktu membuat obat –obatan dari rumput dedaunan dan bunga. Awal mulanya, dia tidak ingin kasih pil itu pada saya How I.

Sementara itu ia mengucapkan siapa tuanya itu, dia menjadi takut. Dia cepat menyerahkan pil itu kepadanya. “ Bilang pada majikanmu bahwa pil ini sangat begitu kuat?” Ucapnya. “ Ia tak boleh memakannya pada saat  bulan purnama datang. Apabila di melakukannya dia akan terbang ke bulan”.

Hou I begitu senang mempunyai pil tersebut. Istrinya menaruhnya di sebuah lemari di kamarnya. Pada suatu malam, ketika dia melihat bulan purnama, dia langsung memutuskan untuk memakan pil tersebut.

Tubuhnya  merasa seperti menjadi ringan dan pijakannya meninggalkan tanah. Dia mulai terbang di langit menuju bulan. Kemudian suaminya memandang kejadian tersebut, dia mencoba untuk menjatuhkan dengan busur dan anak panah.

Tetapi dia sudah terlalu tinggi terbang. Dan dalam waktu yang lebih singkat dia mendarat di bulan. Dia merasakan sangat dinign dan begitu kesepian. Lalu dia memikirkan suaminya setiap hari dan ingin balik lagi padanya. Tetapi tidak ada jalan lagi bagi dia untuk melakukannya. Dan akhirnya dia membangun sebuah rumah yang sangat kecil untuk tinggal sendiri.

Dongeng Kancil

Dongeng Kancil 

http://dongengceritarakyat.com

  • Kancil Yang Cerdik

Kancil Yang Cerdik

http://semuadongeng.blogspot.co.id

Pada waktu itu, kancil merasakan kelaparan. Dia berjalan dari sana kemari, tapi tidak mendapatkan makanan, waktu pun sudah mulai sore, kancil melihat kera sedang menikmati makan pisang di sebuah pohon dan nikmat betul kelihatannya.

Kancil pengen sekali menikmati pisang itu. Tetapi, dengan caranya mengambil pisang itu?. Menaiki pohon itu tidak bisa.” Lalu memohon pada kera, pasti dia tidak akan mengasihnya, kan kera pelit.” Lalu kancil mencari akal. Kancil menemukan akal itu.

Lalu kancil melempari kera dengan bebatuan kecil, asalnya kera tidak peduli, kancil tidak frustasi. Kancil terus menerus melempari kera. Dan ia berusaha supaya kera marah. Dan akhirnya kera mulai kesal  dan marah. Dia balik melempari lagi si kancil.

Awalnya kera melempar dengan kulit pisang. Lalu kulit pisang akhirnya habis. Lalu kera melemparkannya dengan pisang. Kancil berakting pura kesakitan. Kera pun sangat bersemangat melempari semua pisanganya di lempar ke kancil.

Kera sangat puas sekali lalu meninggalkan pohon itu. Akal kancil sangat berhasil. Kemudian kera pergi, barulah kancil memulai kumpulkan pisang yang berserakan di tanah lalu kancil memakannya pisang tersebut dan menikmatinya.

Dongeng Anak Sebelum Tidur 

Dongeng Anak Sebelum Tidur

http://solo.tribunnews.com

  • Dongeng Beruang dan Lebah

Beruang dan Lebah

https://dongengbijakanak.blogspot.co.id

Ada seekor beruang sedang menjelajahi hutan untuk mencari buah-buahan, lalu menemukan pohon tumbang di mana pada pohon tersebut terdapat adanya sarang tempat lebah menyimpan madu.

Lalu beruang mulai mengendus secara hati-hati di sekeliling pohon tumbang tersebut untuk mencari tahu apakah lebah tersebut berada didalam sarangnya. Pas pada waktu itu, grombolan kecil lebah pada berterbangan pulang dengan membawa banyak sekali madu.

Lebah yang sudah pulang tersebut tahu apa maksud sang beruang dan mulai terbang ke arah beruang lalu menyengatnya dengan tajam lalu sang beruang lari kedalam lubang batang pohon untuk bersembuyi. Beruang tersebut marah dan pada waktu itu juga loncat ke atas batang yang tumbang tersebut dan cakarnya lalu menghancurkan sarang lebah.

Maka hal ini malah membikin semua sekumpulan lebah yang berada di dalam sarang, langsung keluar dan menyerang beruang. Beruang yang apes itu dan akhirnya lari kocar kacir dan hanya bisa menyelamatkan dirinya dengan cara menyelam ke dalam air sungai

Dongeng Binatang

dongeng binatang

http://www.superkidsindonesia.com

  • Angsa Bertelur Emas

angsa bertelur emas

https://thisisstoryforus.blogspot.co.id

Semua orang pada berkumpul di depan sebuah toko penjual telur di sebuah pasar desa. Dan berada di luar ingin maju masuk ke dalam, bahkan yang ada di dalam ingin lebih dekat lagi ke depan meja. Semua orang yang datang dari seluruh penjuru negeri karena mendengar ada seekor angsa yang bertelur emas, semuanya ingin melihatnya dengan mata kepala mereka sendiri.

Dan pada akhirnya, di depan meraka semua, ada hal yang ajaib itu terjadi sam seperti yang merka dengar. Di atas meja, berkilauan di bawah sinaran matahari, tergletak ada sebuah telur emas!

Mereka menggenggam erat erat uang mereka, tangan, tangan mereka sampai berkeringat, dan mereka menunjukkan tangannya dan pada berebut inign membeli telur itu. Akan tetapi si pedagang atau pemilik telur, walaupun dia sangat bersemangat, hanya bisa menjual satu telur emas sehari. Karena yang lain harus menunggu si angsa hanya bertelur satu telur sehari.

Si pedgang ternyata tidak puas dengan semua ini, karena dia ingin memliki banyak uang. Ide yang bgus lalu terpikiran di benaknya. Pedagang yang rakus itu akan membunuh si angsa. Dia akan mengambil semua telur yang ada di dalam si tubuh angsa. Karena dia sudah tidak sabar ingin cepat kaya.

Semua pembeli berterik dan bergembira saat si pedagang mengumumkan ide hebatnya itu pada mereka. Lalu dengan hati-hati dia mengeluarkan sebuah pisau yang sangat tajam unutk membelah dada burung itu. Semua orang menahan nafasnya. Darah si angsa menetes merah lalu membasahi bulu bulunya yang yang putih.

“Dia membunuh burungnya!” semua orang bergumam terpesona. Lalu datang seorang nenek tua berkata dengan bijak. “Ya dan dia telah melakukan kesalahan yang sangat besar! Kamu semua akan melihat, angsa itu sekarang hanya seekor burung biasa. Dan tentu saja karena di sudah mati.”

Nenek itu berkata dengan benar. Di sana tergeletak seekor angsa yang sangat cantik, dadanya terbelah lebar, tetapi tak ada sebutir telur pun yang ada di dalam tubuhnya. Sekarang angsa itu cuman berguna untuk jadi angsa panggang.

“Di sudah membunuh angsa yang yang sudah memberi telur emas!”seorang petani berkata sedih. Semua orang telah meninggalkan toko dan berjalan pulang dengan gontai.

Leave a Reply