Bacaan Doa Ziarah Kubur Arab | Latin Dan Artinya

Bacaan Doa Ziarah Kubur – Sejatinya kehidupan manusia di dunia hanyalah sementara dan tidak kekal, namun kehidupan yang kekal dan abadi yang sebenarnya adalah di akhirat.

Oleh karenanya sebagai umat muslim yang tidak ada apa-apanya dan penuh dengan kesalahan ini Anda tidak boleh menyombongkan apa yang telah didapatkan ketika berada di dunia. Oleh karena itu Nabi Muhammad SAW senantiasa mengingatkan seluruh umat muslim untuk tak lupa urusan akhirat.

Sebagai umat muslim yang masih hidup, kegiatan berziarah ke sanak saudara yang lebih dahulu berpulang adalah suatu hal yang wajar dan kerap dilakukan.

Tahukah Anda bahwa sejatinya ritual ziarah kubur ini sangat banyak memiliki hikmah serta manfaat dan keutamaan yang luar biasa bagi seorang muslim yang melaksanakannya.

Asalkan dalam pelaksanaan ritual ziarah kubur diimbangi dengan tatacara dan tuntunan yang sesuai dengan ajaran agama islam. Terkadang tak jarang banyak orang yang justru menggunakan ritual ini merujuk kearah kemusyrikkan.

Maka dari itu supaya tak terjerumus ke dalam dosa besar karena menyekutukan Allah SWT, bulatkan tekat dan niat serta tujuan untuk mendoakan para leluhur yang telah dahulu berpulang.

Insya Allah dengan niat dan bacaan doa ziarah kubur yang tepat akan membuat manusia yang masih hidup menyadari bahwa kuburanlah rumah masa depan seluruh umat manusia di penjuru dunia ini suatu saat nanti. Allah SWT senantiasa menganjurkan seorang muslim yang masih hidup untuk melakukan ziarah kubur.

Hal ini tak lain adalah untuk mengingatkan kepada manusia lainnya bahwa sejatinya seluruhnya yang bernyawa pasti mati.

Hanya saja sebagai umat manusia yang memiliki banyak kesalahan tidak pernah mengetahui kapan akan mati. Hal tersebut adalah suatu rahasia Allah SWT yang tidak seorang pun mengetahuinya.

Allah SWT selalu mengingatkan kepada umatnya untuk mempersiapkan diri dengan cara mempertebal iman sekaligus amalan didunia dengan suatu kebaikan. Sebab kelak nantinya amalan tersebut yang mampu menolong siksa kubur seorang manusia di akhirat.

Meskipun ziarah kubur menjadi sebuah tradisi turun temurun yang kerap kali di laksanakan namun, masih banyak sekali umat muslim yang belum mengetahui bacaan doa ziarah kubur yang baik dan benar.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi pengetahuan mengenai bunyi doa ziarah kubur yang biasanya di lafazkan ketika berziarah ke makan. Tak perlu berlama-lama lagi langsung saja, inilah penjelasan mengenai bacaan doa ziarah kubur lengkap dengan latin dan artinya selengkapnya.

Doa Ziarah Kubur Arab

Doa Ziarah Kubur Arab
http://www.santrius.com
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Nah berikut ini adalah informasi mengenai bacaan doa ziarah kubur yang kerap di panjatkan para peziarah ketika berada di kuburan. Salah satu tujuan dari pelafazan bacaan doa ziarah kubur ini tak lain dan tak bukan adalah mendoakan para mayit agar diberikan keselamatan di akhirat. Inilah beberapa bunyi doa ziarah kubur yang harus di lafazkan ketika ke kuburan

Doa Ziarah Kubur Latin

Doa Ziarah Kubur Latin
http://www.santrimuda.com
“ASSALAMU ‘ALAIKUM AHLAD-DIYAAR MINAL MU’MINIIN WAL MUSLIM, WA INNA INSYAA ALLOOHU BIKUM LA-LAAHIQUUN, WA AS-ALULLOOHA LANAA WALAKUMUL ‘AAFIYAH,”

Arti Ziarah Kubur

 Arti Ziarah Kubur
https://www.wajibbaca.com
Artinya: “Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni terakhir, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang islam. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.”

Tata Cara Ziarah Kubur

Tata Cara Ziarah Kubur
https://thegorbalsla.com/

Membacakan Salam

Membacakan Salam
https://wanipira.com

Ketika menyinggahi suatu tempat, bagi seluruh umat muslim wajib hukumnya untuk mengucapkan salam terlebih dahulu, tak terkecuali ketika sedang melakukan ziarah kubur.

Selain mengikuti anjuran Rasulullah SAW, membaca salam ini juga menunjukkan nilai kesopanan, kerendah hatian serta keramah tamahan sebagai umat muslim dimanapun.

Tidak Menginjak Dan Menduduki Makam

Tidak Menginjak Dan Menduduki Makam
http://www.kabarmakkah.com

Sebagai umat muslim yang beriman, kita tidak dianjurkan untuk berlaku semana-mena terhadap apapun, tak terkecuali ketika berada di makam. Oleh karenanya ketika berada di makan Anda tidak diperbolehkan untuk duduk atau menginjak kuburan.

Tidak Thawaf di Kuburan

Tidak Thawaf di Kuburan
http://faisalchoir.blogspot.com

Ketika berziarah ke kuburan hendaknya lakukanlah segala anjuran yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW serta menghindari segala apa yang dilarangnya, seperti misalnya Thawaf atau berlari-lari kecil.

Thawaf tidak boleh dilakukan di dalam kuburan sebab pada dasarnya kegiatan lari-lari kecil ini hanya di lakukan di kabah

Tidak Membaca Al-Quran di Kuburan

Tidak Membaca Al-Quran di Kuburan
https://aswajanucenterjatim.com

Jikalau ditilik mengenai ajaran agama islam, sejatinya islam tidak menganjurkan seorang muslim untuk membaca Al-Quran di dalam makam.

Pasalnya makam merupakan tempat untuk mendoakan para leluhur yang terdahulu sekaligus intropeksi diri bahwa kematian akan menghampiri sesuatu yang bernyawa di kemudian hari.

Nah, itulah pembahasan mengenai bacaan doa ziarah kubur beserta latin serta arti kandungan dari kalimat yang terucap yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan sekaligus ketaatan kepada Yang Maha Kuasa. Terima kasih.

Leave a Comment