Keutamaan Membayar Zakat Fitrah

Bacaan Doa Zakat Fitrah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahannya

Bacaan Doa Zakat fitrah =Zakat fitrah merupakan zakat wajib yang harus di bayarkan oleh umat muslim yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya pada akhir bulan Ramadhan sebelum menjelang sholat idul fitri.

Salah satu hal pembeda dari zakat fitrah ini adalah tidak ada batasan umur, jenis kelamin hingga banyaknya harta yang dimiliki. Hanya saja zakat fitrah ini tidak berlaku bagi bayi yang baru saja dilahirkan.

Tujuan utama dalam melaksanakan ibadah zakat fitrah ini adalah untuk mensucikan harta yang dimiliki, pasalnya dari setiap harta yang dimiliki oleh manusia ada hak orang lain didalamnya.

Oleh karenanya tidak ada satu alasan apapun yang mampu mengurungkan niat seorang muslim untuk tidak membayar zakat pada waktunya.

Secara umum zakat fitrah bisa dibayarkan melalui bahan makanan berupa beras seberat 2,5kg untuk setiap orangnya atau menggunakan uang tunai sejumlah bahan makanan yang diberikan.

Meskipun kedua cara membayar zakat fitrah ini memiliki arti dan dalil yang sama, akan tetapi lebih baiknya jikalau membayar zakat dengan bahan makanan berupa beras.

Bagi Anda yang hendak berzakat penuhilah semua rukun zakat terlebih dahulu, supaya ibadah zakat fitrah yang Anda bayarkan untuk membersihkan harta dapat diterima oleh Allah SWT.

Sehingga kehidupan Anda semakin berkah serta penuh dengan rahmad dan karunia-Nya. Nah, salah satu rukunn zakat fitrah yang harus dipenuhi adalah melafazkan bacaan doa zakat fitrah.

Doa zakat fitrah merupakan niat yang wajib dilafazkan ketika hendak membayarkan zakat fitrah. Bagi generasi muslim yang belum mengetahui bagaimana doa zakat fitrah, inilah beberapa rangkuman menarik mengenai bunyi bacaan doa zakat fitrah lengkap dengan latin serta artinya.

Tak hanya itu pada kesempatan kali ini juga kami ingin menjelaskan kepada para pembaca yang budiman mengenai keutamaaan-keutamaan yang diperoleh bagi umat muslim yang melaksanakan zakat fitrah. Brikut ini adalah penjelasannya untuk Anda.

Doa Ketika Menerima Zakat

Doa Ketika Menerima Zakat
https://bincangsyariah.com
آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا
AAJAROKALLAAHU FIIMAA A’THOITA WABAAROKA FIIMAA ABQOITA WAJA’ALAHU LAKA THOHUURON
Artinya : Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu

Doa Zakat Fitrah

Doa Zakat Fitrah
http://www.nu.or.id

Sejauh ini belum ada referensi jelas mengenai bacaan doa zakat fitrah yang baik dan benar, hanya saja ada beberapa referensi yang menyatakan bahwa ada bacaan doa niat zakat fitrah yang wajib untuk dilafazkan ketika hendak membayarkan zakat.

Doa niat zakat fitrah tersebut juga terbagi menjadi beberapa macam, tergantung posisi seseorang tersebut membayarkannya. Lalu apa saja bacaan doa niat zakat fitrah tersebut? Inilah penjelasannya untuk Anda

Niat Zakat Fitrah yang Dikeluarkan Untuk Diri Sendiri

Niat Zakat Fitrah yang Dikeluarkan Untuk Diri Sendiri
https://www.dream.co.id
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺍَﻥْ ﺍُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻰْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
“NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA’AALAA”
Artinya: “Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri saya sendiri, fardlu karena Allah Ta’ala”

Niat Zakat Fitrah yang Dikeluarkan Untuk Istri

Niat Zakat Fitrah yang Dikeluarkan Untuk Istri
https://panah.pro
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
“NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN ZAUJATII FARSLOL LILLAAHI TA’AALAA”
Artinya: “Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk istri saya, fardlu karena Allah Ta’ala”

Niat Zakat Fitrah yang Dikeluarkan Untuk Anak Laki-laki

Niat Zakat Fitrah yang Dikeluarkan Untuk Anak Laki-laki
https://islamidia.com
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
“NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘ANNWALADII ……… FARDLOL LILLAAHI TA’ALA”
Artinya: “Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-laki saya ……(sebutkan namanya) fardlu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah yang Dikeluarkan Untuk Anak Perempuan

Niat Zakat Fitrah yang Dikeluarkan Untuk Anak Perempuan
https://thegorbalsla.com
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
“NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN BINTII….. FARDLOL LILLAAHI TA’ALA”
Artinya: “Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuan saya …..(sebutkan namanya) fardlu karena Allah Ta’ala

Selain bacaan doa niat zakat fitrah tersebut diatas, ada juga bunyi bacaan doa niat zakat fitrah yang mampu mewakili diri sendiri serta seluruh keluarga yang dapat Anda lafazkan. Seperti di bawah ini

Niat Zakat Fitrah yang Dikeluarkan Untuk Diri Sendiri Serta Semua Keluarga

Niat Zakat Fitrah yang Dikeluarkan Untuk Diri Sendiri Serta Semua Keluarga
http://style.tribunnews.com
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻨِّﻰْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُﻨِﻰْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
“NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITRI ‘ANNII WA ‘AN JAMI’I MAA YALZAMUNII NAFFAQOOTUHUM SYAR’AN FARDLOL LILLAAHI TA’ALA”
Artinya: “ Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri saya sendiri serta semua orang yang nafkahnya menjadi tanggungan saja fardlu karena Allah Ta’ala”

Keutamaan Membayar Zakat Fitrah

Keutamaan Membayar Zakat Fitrah
http://jatim.tribunnews.com

Mendapatkan Pahala

Mendapatkan pahala
https://titiknol.co.id

Salah satu keutamaan yang paling jelas di terima oleh setiap umat muslim yang menjalankan zakat fitrah adalah mendapatkan pahala yang besar.

Selain itu Allah SWT menjanjikan surga untuknya, sebab pada saat waktu membayar zakat telah tiba Allah SWT senantiasa membuka pintu surga selebar mungkin bagi hambanya yang tidak lupa akan kewajiban membayar zakatnya setiap satu tahun sekali.

Membersihkan Diri

Membersihkan Diri
https://intisari.grid.id

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Ibu Abbas Radliyallahu ‘anhuma ini menjelaskan bahwa keutamaan membayar zakat yang diterima oleh umat muslim selanjutnya adalah membersihkan diri dari sifat keji, sekaligus menjadi penyempurna ibadah puasa yang telah dijalankannya sebulan penuh.

Demikianlah ulasan menarik mengenai bacaan doa zakat fitrah lengkap dengan latin dan artinya serta 2 keutamaan yang diperoleh setiap umat muslim ketika tidak lupa untuk menjalankan kewajibannya berzakat. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment