Doa untuk Orang Tua (Bapak dan Ibu) Lengkap Berserta Terjemahannya

Doa untuk Orang Tua – Ayah dan Ibu adalah orang tua yang sangat amat berjasa dalam kehidupan anak-anaknya. Beliau telah rela mencurahkan seluruh waktu dan hidupnya untuk melahirkan, merawat serta membesarkan anak-anaknya, tanpa mengharapkan imbalan sedikitpun.

Tanpa orang tua mungkin saja Anda tidak dapat berada di titik keberhasilan dalam kehidupan Anda. Oleh karena itu sebagai anak Anda harus wajib berbakti kepada orang tua serta memanjatkan doa untuk orang tua demi kemuliaanya.

Entah kedua orang tua Anda masih dalam keadaan sehat walafiat, sakit atau sudah meninggal, sebagai anak sudah sepantasnya untuk selalu berbakti, menyayangi dan menghormatinya. Menunjukkan rasa bakti terhadap orang tua tidak melulu menyuplainya dengan harta dan kekayaan, namun juga bisa melalui lantunan doa untuk orang tua yang dibacakan secara ikhlas dan tulus.

Bagi yang belum mengetahui secara gamblang doa untuk orang tua, kami telah memiliki rangkuman informasi secara detail mengenai bunyi doa untuk orang tua beserta latin dan artinya berikut bersama beberapa keutamaan yang diterima oleh seorang anak ketika melantunkan bacaan tersebut. Berikut selengkapnya.

Doa Kedua Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Doa Kedua Orang Tua Yang Sudah Meninggal
https://bagiinfo.com

Meski jasa mereka tak terhitung besarnya, namun meskipun demikian anda tak bisa seterusnya melayani orang tua anda, karena hubungan orang tua dan anak tidak dapat terputus dikala orang tua anda meninggal dunia. Namun meskipun tak bisa melayani secara langsung, anda bisa mengirimkan amalan untuk kedua orang tua anda, agar mereka tenang dan ditempatkan di surga.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata :

اِذَا مَاتَ الْاِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ اِلَّا مِنْ ثَلاَ ثَةٍ مِنْ صَدَقَتٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يٌتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali 3 (tiga) perkara, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak shaleh.”

Berdasarkan hadist tersebut, meskipun orang tua anda telah tiada, maka anda tetap bisa berbakti kepada orang tua anda dengan mengirimkan doa doa yang terbaik untuk mereka. Berikut ini merupakan doa yang dapat anda bacakan untuk orang tua anda yang telah tiada di dunia ini, agar mereka mendapatkan pengampunan dan perlindungan di surga.

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ
Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.
Artinya : wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

Doa untuk Orang Tua Yang Masih Hidup

Doa untuk Orang Tua Yang Masih Hidup
http://www.doaharianislami.com

Meskipun lafaz doa untuk orang tua ini tergolong pendek, namun memiliki banyak sekali faedah serta syarat akan mustajab. Pasalnya tujuan lantunan doa ini selain mendoakan kemuliaan kedua orang tua juga untuk mencapai ridho illahi. Inilah lafaz doa untuk orang tua

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا
“ALLAHUMMA FIGHFIRLII WA LIWAA LIDHAYYA WARHAM HUMMA KAMAA RABBAYAA NII SHOKHIROON”
Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, baik ibu dan bapakku, kasihanilah keduanya seperti mereka menyayangiku di waktu kecil”.

Selain berfaedah dan mustajab, memanjatkan bacaan doa untuk orang tua ini juga berdampak untuk diri sendiri. Pasalnya selain meraih ridho illahi melalui ridho orang tua, doa ini juga mampu memberikan keutamaan yang mulia terhadap anak yang membacakannya. Lantas apa saja keutamaan bacaan doa untuk orang tua yang dapat diperoleh anak? Inilah penjelasannya untuk Anda.

Keutamaan Memanjatkan Doa untuk Kedua Orang Tua

Keutamaan Memanjatkan Doa untuk Kedua Orang Tua
https://www.hipwee.com

Amalan Yang Paling Utama

Amalan yang paling utama
http://pijar.net

Menurut Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu yang bertanya kepada nabi Muhammad SAW ada beberapa amalan yang paling utama. Selain melaksanakan shalat pada waktunya dan jihat di jalan Allah SWT, berbakti terhadap kedua orang tua juga mampu menjadi ladang amalan yang paling utama dalam mengumpulkan pundi-pundi pahala.

Mendapatkan Ridho Allah

Mendapatkan Ridho Allah
https://www.wowmenariknya.com

Rasullulah SAW pernah bersabda yang diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa ridho Allah tergantung dari ridho kedua orang tua. Pun sebaliknya Allah akan murka tatkala kedua orang tua Anda juga murka.

Mampu Meringankan Beban dan Kesulitan

Mampu Meringankan Beban dan Kesulitan
https://www.tipspengembangandiri.com

Begitu berfaedah serta mustajabnya lantunan bunyi doa untuk orang tua ini. Pasalnya dengan berbakti kepada orang tua melalui doa akan meringankan bahkan menghilangkan segala kesulitan Anda. Hanya dengan cara bertawwasul menggunakan amal shaleh tersebut Allah senantiasa akan meringankan beban serta kesulitan yang Anda alami.

Lapangkan Rizki dan Di Panjangkan Usianya

Lapangkan Rizki dan Panjangkan usianya
http://www.rojakmedia.net

Jika Anda ingin mendapatkan jalan mencari rejeki yang cerah sekaligus meminta umur panjang kepada sang Maha Pencipta, maka berbaktilah kepada prang tua. Selain itu Anda juga harus menyambung silahturahmi dan senantiasa mendoakan kebaikan serta kemuliaan kedua orang tua dengan tulus.

Sebagaimana yang telah dikatakan oleh nabi Muhammad SAW bahwa: “Barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silahturahmi”.

Jalan Menuju Surga

Jalan Menuju Surga
https://jalandamai.org

Sepertinya peribahasa “Surga di bawah telapak kaki ibu” tersebut terbukti benar adanya. Nah, kunci untuk masuk surga adalah dengan menghormati serta mengasihi kedua orang tua terutama ibu. Dengan begitu Allah SWT selalu senantiasa menjamin kemewahan surga serta menghindarkan diri dari bahaya serta malapetaka yang hendak menimpa anak tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk membuktikan rasa bakti, hormat dan sayang Anda kepada kedua orang tua. Selain melalui untaian bacaan doa untuk orang tua ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mendapat ridho illahi yang tergantung dengan ridho kedua orang tua.

Cara Berbakti Kepada Orang Tua 

Cara Berbakti Kepada Orang Tua
https://www.islamkafah.com

1. Selalu membawa kegembiraan dan keceriaan bagi kedua orang tua dalam menjalankan kehidupan sehari-hari
2. Mendahulukan sopan santun saat berbicara terhadap orang tua. Bedakan cara berbicara dengan teman dan orang tua karena beliaulah yang mengasihi Anda sewaktu kecil
3. Selalu rendah hati dan tidak boleh bersikap sombong atas apa yang dicapai kepada orang tua.

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan doa untuk orang tua beserta latin dan artinya dan beberapa keutamaan mulia yang diperoleh oleh anak yang dapat kami informasikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment