Bacaan Doa untuk Orang Meninggal Lengkap Berserta Artinya

Bacaan Kirim Doa untuk Orang Meninggal – Kematian akan berlaku bagi semua makhluk hidup yang bernyawa entah itu beragama islam, Kristen, Khatolik, Hindu Maupun Budha. Tak hanya itu kematian juga akan menjemput semua orang baik yang berusia tua hingga berusia muda sekalipun.

Namun, hanya saja sebagai makhluk hidup yang bernyawa ciptaan Allah SWT kita semua tidak pernah mengetahui kapan kematian akan menghampiri. Meskipun demikian, semua muslim yang masih hidup mengirimkan doa untuk orang meninggal adalah suatu kewajiban.

Walaupun raga sudah terpisahkan oleh alam, namun sejatinya Allah senantiasa memberikan rahmat yang berlimpah terhadap orang-orang yang beriman untuk melaksanakan sekaligus memberikan sebuah kebaikan yang sangat berarti bagi seorang muslim yang telah mendahului.

Salah satu kebaikan yang dapat Anda terapkan bagi umat muslim atau mukmin yang telah meninggal adalah membacakan bacaan doa untuk orang meninggal dengan ikhlas dan tulus. Terlebih umat muslim atau mukmin yang meninggal tersebut masih memiliki ikatan darah dengan Anda.

Doa Untuk Orang Meninggal Sesuai Sunnah

Doa Untuk Orang Meninggal Sesuai Sunnah
https://www.sariphidayat.com

Tahukah Anda bahwa anak yang beriman dan sholeh terhadap kedua orang tuanya yang telah meninggal akan menjadikannya paket pahala yang senantiasa selalu teraliri dengan deras.

Nah, pernyataan ini juga telah sesuai dengan sabda Rasulluah SAW yang termuat dalam hadist Riwayat Muslim beliau mengatakan bahwa: “Apabila seseorang mati, seluruh amalannya akan terputus kecuali 3 hal yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat serta anak sholeh yang senantiasa selalu mendoakan”.

Lantas bagaimana bacaan doa untuk orang meninggal yang harus dipanjatkan oleh seorang muslim yang masih hidup? Menurut riwayat Imam Muslim dari Jubair bin Nufair menjelaskan bahwa Auf bin Malik berkata bahwa ia melihat Rasulluuah SAW ketika menshalatkan jenazah dan dihafalkannya doa-doa tersebut. Inilah isi dari bunyi doa untuk orang meninggal lengkap dengan latin dan artinya.

Doa Untuk Orang Meninggal Laki Laki 

Doa Untuk Orang Meninggal Laki Laki 
http://beritaakumuslim.blogspot.com

Gambar di atas adalah salah satu bacaan doa untuk orang yang sudah meninggal dunia laki laki yang sudah dilengkapi juga dengan latin terjemahan berbahasa Indonesia sehingga bisa menjadikan kemudahan untuk anda dalam menghafalkan dan menghayati di setiap memanjatkan doa saat sendiri di rumah dan dimanapun

Ucapan Doa Untuk Orang Meninggal 

Ucapan Doa Untuk Orang Meninggal 
http://www.wajibbaca.com

Pada saat  kita mendengar berita tentang kematian seseorang, maka berikut bacaan doa yang sebaiknya dibaca:

إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن وَإِنَّا إليَ رَبِّنِا َلمُنْقَلِبُونالَلهُمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ ِفي اُلمحِسنِينِ وِاجْعَلْ ِكتابَهُ ِفي ِعلّيِّينوَاْخلُفْهُ في أَهْلِهِ في الغَابِرينوَلا تحَرِْمْنا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ
Innalillahi wa inna ilaihi raji’un wa inna ila rabbina lamunqalibunAllahumma uktubhu ‘indaka fil muhsinin waj’al kitabahu fi ‘illiyyinwakhlufhu fi ahlihi fil ghabirinwala tahrimna ajrahu wala taftinna ba’dahu
Artinya: Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami kembali dan kepada Tuhan kami semua akan kembali.Ya Allah! Tulislah dia (yang meninggal dunia) termasuk golongan orang-orang yang berbuat kebaikan di sisi Engkau dan jadikanlah tulisannya itu dalam tungkatan yang tinggi serta gantilah ahlinya dengan golongan orang-orang yang pergi dengan ketaatan PadaMu

Doa Untuk Orang Meninggal Arab Dan Latin

Doa Untuk Orang Meninggal Arab Dan Latin
http://sunni.co.id
اللَّهُمَّ اغْفِرْ له وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْه وَأَكْرِمْ نُزُلَه وَوَسِّعْ مُدْخَلَه وَاغْسِلْه بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّه مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْه دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِه وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِه وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِه وَأَدْخِلْه الْجَنَّةَ وَأَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ
“ALLAHUMMAGHFIR LAHU WARHAMHU WA ‘AAFIHI WA ‘FU ‘ANHU WA AKRIM NUZULAHU WA WASSI’ MUDKHALAHU WAGHSILHU BILMAA ‘I WATS TSALJI WAL BARADI WA NAQQIHI MINAL KHATHAAYAA KAMAA NAQQAITATS TSAUBUL ABYADLA MINAD DANASI WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHI WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHI WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHI WA ADKHILHUL JANNATA WA A’IDZHU MIN ‘ADZAABIL QABRI AU MIN ‘ADZAABIN NAAR”.
Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnya, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya di dunia dengan rumah yang lebih baik di akhirat, serta gantilah keluarganya di dunia dengan keluarga yang lebih baik di akhirat dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surge-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur (atau siksa api neraka).

Lantunan bacaan doa untuk orang meninggal tersebut diatas dikhususkan untuk mayat laki-laki. Sedangkan untuk mayat perempuan, maka setiap akhiran “hu” akan diganting menjadi “ha” yang memiliki arti dia (perempuan).

Tahukah Anda bahwa lantunan bunyi doa untuk orang meninggal yang dibacakan oleh seorang muslim, rupanya sangat didambakan sekali oleh orang-orang yang sudah meninggal.

Bahkan kegembiraan yang di rasakannya lebih dari kegembiraan mendapatkan kekayaan sebesar dunia dan seisinya. Pernyataan ini pun juga telah diriwayatkan oleh Hadits Riwayat Ad-Dailamai yang berisikan tentang sabda Rasulluah SAW yang mengatakan bahwa: “Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta sebuah pertolongan.

Dia menantikan doa ayah, ibu, anak, dan kawan yang terpercaya. Apabila doa itu sampai kepadanya, itu lebih ia sukai daripada dunia berikut segala isinya.

Dan sesungguhnya Allah SWT menyampaikan doa penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang-orang yang hisap kepada orang-orang mati ialah memohon istigfar kepada Allah untuk mereka dan bersedekah atas nama mereka”.

Tak cukup sampai disitu, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan kepada umat muslim yang masih diberi umur panjang untuk menikmati indahnya dunia dan alam semesta hendaknya juga berdoa bagi para penghuni kubur dimakan tersebut saat menuju ke pemakaman.

Hal tersebut sesuai dengan sebagaimana doa Rasullullah SAW yang tertuang dalam Hadits Riwayat Muslim yang berisi: “Semoga kesejahteraan bagi kalian wahai para penghuni kubur dari kalangan mukmin dan muslim. Dan sesungguhnya kami insya Allah akan menyusul. Aku meminta kepada Allah SWT keselamatan buat kami dan kalian”.

Nah, itulah lantuan doa untuk orang meninggal yang hendaknya dipanjatkan oleh umat muslim yang masih hidup. Terlebih jikalau mayat yang Anda doakan tersebut masih memiliki darah yang sealiran, doa dari kalian akan amat sangat ditunggu sekaligus di harapkan oleh keluarga yang lebih dahulu berpulang.

Leave a Comment