Bacaan Doa Tahiyat Akhir Arab | Latin Dan Artinya

Sebagai umat muslim yang senantiasa mengerjaan sholat hendaknya mengetahui secara lebih mendalam mengenai bacaan doa tahiyat akhir. Lafaz doa tahiyat akhir ini biasanya dibacakan pada saat melaksanakan sholat wajib atau fardhu lima waktu maupun sholat sunnah.

Tahukah Anda bahwa duduk Tasyahud sembari melafazkan bunyi doa tahiyat akhir dan awal termasuk salah satu rukun mengerjakan sholat baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah.

Oleh karenanya sebagai umat muslim yang bertaqwa dan beriman wajib hukumnya untuk mengetahui secara mendalam mengenai bunyi doa tahiyat akhir serta tahiyat awal. Dalam mengerjakan sholat bacaan doa tahiyat akhir dan awal ini sangat penting karena berdampak terhadap sah dan tidaknya setiap sholat yang dilaksanakan.

Biasanya doa tahiyat akhir ini dilafazkan pada saat melakukan gerakan shalat tahiyat akhir. Supaya sholat yang Anda kerjakan diterima Allah, maka laksanakan seluruh bacaan doa disetiap gerakannya.

Tak terpungkiri di luaran sana masih banyak sekali umat muslim yang belum memahami akan arti dan makna yang terkandung pada setiap kalimatnya. Bahkan tak jarang masih banyak juga yang belum hafal tentang bacaan doa ini.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami ingin bertukar informasi kepada seluruh pembaca yang budiman mengenai bunyi doa ini yang baik dan benar lengkap dengan latin dan arti kandungannya. Sehingga Anda tidak hanya bisa menghafalkannya semata namun juga mengamalkannya.

Selain itu pada artikel ini kami juga akan memuat hal seputar tata cara duduk tahiyat akhir dalam sholat yang baik dan benar.

Hal ini dimaksudkan selain memberikan pemahaman dan membantu menghafal bacaan doa tahiyat akhir, artikel ini juga membimbing Anda untuk pelaksanaan duduk Tasyahud pada tahiyat akhir yang sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW.

Nah inilah mengenai bacaan doa tahiyat akhir dan tata cara duduk Tasyahud pada tahiyat akhir yang baik dan benar yang wajib untuk Anda simak dengan seksama.

Doa Tahiyat Akhir Arab

Doa Tahiyat Akhir Arab
https://www.blogkhususdoa.com
التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، وبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ الَّلهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ اللهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَسْرَفْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Doa Tahiyat Akhir Latin

Doa Tahiyat Akhir Latin
https://www.portalislami.co
“AT’TAHIYYAATUL MUBAARAATUSH SHALAWAATUTH THOYYIBAATULILLAH, ASSALAAMU’ALAIKA AYYUHANNABIYYU WA RAHMATULLAAHI WABARAKAATUH, ASSALAAMU’ALAINA WA’ALAA IBAADILLAAHISHAALIHIIN. ASYHADUALLA ILAAHA ILLALLAAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULAAH. ALLAAHUMMASHALLI’ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD, WA’ALAA AALI SAYYIDINAAMUHAMMAD. KAMAA SHALLAITA ALAA SAYYIDINA IBROOHIM WA ALLA AALI SAYYDINA IBROOHIM. WABAARIK’ALAA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ALAA AALI SAYYIDINA MUHAMMAD. KAMA BAARAKTA ALAA SAYYIDINA IBROHIM WA ALAA AALI SAYYIDINA IBRAAHIM FIL’AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM MAJID.”

Arti Doa Tahiyat Akhir

Arti Doa Tahiyat Akhir
https://konsultasisyariah.com
Artinya: “Segala kehormatan, dan keberkahan,kebahagiaan dan kebaikan itu punya Allah SWT. Keselamatan atas Engkau wahai Nabi Muhammad SAW, demikian pula rahmat Engkau dan berkah-Nya. Keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba Allah yang shaleh-shaleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah SWT. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT. Ya Allah! Limpahilah rahmatmu kepada Nabi Muhammad SAW. Ya Allah! Limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad SAW , sebagai mana telah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrohim dan keluarganya, dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad SAW beserta para keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Nabi Ibrohim dan keluarganya. Bahwasannya Engkau Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.”

Doa ini dibacakan saat memasuki rakaat terakhir dalam mengerjakan sholat wajib atau fardhu lima waktu. Baik itu sholat Subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya, serta dibacakan pada rakaat terakhir saat melaksanakan ibadah sholat sunnah.

Seharusnya bagi seorang muslim doa ini sudah sangat diluar kepala, pasalnya setiap harinya harus melaksanakan sholat fardhu sebanyak lima kali dan selalu menyertakannya pada rakaat terakhirnya.

Tata Cara Duduk Tahiyat Akhir

Tata Cara Duduk Tahiyat Akhir
https://www.islamkafah.com

Sebenarnya cara duduk tahiyat akhir dalam melaksanakan sholat wajib maupun sholat sunnah sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Menurut Imam syafi’i mengatakan bahwa cara duduk tahiyat akhir adalah dengan cara Tawaruk, yaitu duduk dengan menghamparkan kaki kiri ke arah samping kanan, dan meletakkan atau mendudukkan pantat diatas lantai. Nah setelah itu diiringi dengan menegakkan kaki bagian kanan dengan menghadapkan jari-jari kaki kanan ke arah kiblat.

Ternyata jikalau ditilik dari medis cara duduk tahiyat akhir dalam sholat fardhu maupun sunnah ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu mencegah impotensi, mampu mencegah penyakit nyeri yang berada di pangkal paha, serta mencegah gangguan pada ureter dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

Demikianlah penjelasan menarik mengenai bacaan doa tahiyat akhir lengkap dengan latin beserta arti kandungannya sekaligus tata cara duduk tahiyat akhir pada sholat yang baik dan benar menurut anjuran Nabi Muhammad SAW yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment