Tata Cara dan Doa Tahajud Panduan Lengkap

Bacaan doa tahajud – Shalat Tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang dilaksanakan setelah sholat isya hingga terbitnya fajar. Sholat sunnah yang dilaksanakan pada malam hari tepatnya pada sepertiga malam akhir atau setengah malam akhir atau mendekati dua pertiga malam waktu menjelang sholat subuh ini biasanya dilakukan setelah tidur pada malam hari.

Melaksanakan sholat Tahajud memang dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu, meskipun hanya sebentar. Sebab nantinya jika Anda ingin sholat Tahajud tanpa tidur terlebih dahulu maka sholat sunnah yang Anda kerjakan tersebut sama seperti sholat witir serta sholat-sholat sunnah lainnya.

Berapa Rakaat Sholat Tahajud

Berapa Rakaat Sholat Tahajud
https://istiqomah.net

Untuk melaksanakan sholat Tahajud ini memang tidak dibatasi oleh jumlah rekaat, tetapi biasanya paling sedikit jumlah rakaat pada sholat Tahajud hanya 2 rakaat saja.

Tahukah Anda bahwa setiap bunyi doa sholat Tahajjud yang dilafazkan memiliki keutamaan dan manfaat yang banyak, salah satunya yaitu terkabulnya seluruh permintaan yang telah dipanjatkan.

Nah, setelah selesai melaksanakan ibadah sholat Tahajud, sebelum melantunkan bacaan doa sholat Tahajud alangkah lebih baiknya jikalau membaca dzikir dan wirit terlebih dahulu dengan sebanyak-banyaknya. Setelah itu baru melafazkan bacaan.

Namun sebelum melefazkan bacaan doa sholat Tahajud, kami ingin menyampaikan informasi mengenai tata cara sholat Tahajud yang baik dan benar. Nah, penjelasan ini dimaksudkan supaya sholat sunnah yang Anda kerjakan akan diterima oleh Allah SWT dan sesuai dengan yang dianjurkan oleh Rassulluah SAW. Inilah tata cara sholat Tahajud yang benar yang wajib Anda ketahui.

Tata Cara Sholat Tahajud 

Tata Cara Sholat Tahajjud 
https://www.kopi-ireng.com

1. Membaca Niat Sebelum melaksanakan sholat Tahajud, pastikan Anda sudah membaca niat sholat Tahajud sebagai berikut: “USHALLII SUNNATAT-TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA”. Yang artinya “saya (berniat) mengerjakan sholat sunnah Tahajud sua raka’at semata-mata karena Allah Ta’ala”. Nah, setelah itu dilanjutkan dengan Takbiratul ihram.

2. Selanjutnya membaca doa iftitah serta surah Al-Fatihah dan surat-surat pendek lainnya. Seperti An-Nas, Al-Ikhlas serta surat-surat pendek lainnya

3. Langkah sholat Tahajud selanjurnya sama seperti sholat sunnah pada umumnya dengan gerakan rukuk, sujud serta disamakan dengan rakaat sebelumnya tanpa doa iftitah

4. Nah, langkah terakhir lakukanlah tahiyat akhir serta salam. Setelah itu iringi dengan bacaan dzikir, wirid serta melafazkan bacaan doa sholat Tahajud.

Meskipun bunyi doa tahajud ini sunnah, tetapi guna melengkapi ibadah sholat Tahajud alangkah lebih baiknya jikalau dilaksanakan. Lantas bagaimanakah bunyi doa sholat Tahajud? Berikut ini adalah untaian bacaan doa sholat tahajud yang yang dapat Anda lafazkan setelah selesai melaksanakan ibadah sholat Tahajud.

Doa Tahajud

Doa Tahajud
http://www.wajibbaca.com

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

“ALLAHUMA LAKAL HAMDU ANTA NUURUSSAMAAWAATI WAL ARDLI WA MAN FIIHINNA. WALAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUSSAMAAWAATI WAL ARDLI WA MAN FIHINNA. WALAKAL HAMDU ANTA RABBUSSAMAAWAATI WAL ARDLI WA MAN FIIHINNA. WALAKAL HAMDU ANTA MULKUSSAMAAWAATI WALL ARDLI WA MAN FIIHINNNA. WALAKAL HAMDU ANTA MALIKUSSAMAAWAATI WAL ARDLI. WALAKAL HAMDU, ANTAL HAQQU WA WA’DUKAL HAQQU, WA QAULUKAL HAQQU, WA LIQAA UKAL HAQQU. WALJANNATU HAQQUN WANNARU HAQQUN. WANNABIYYUUNA HAQQUNN, WA MUHAMMADUN HAQQUN, WASSAA ‘ATU AQQUN. ALLAHUMA LAKA ASLAMTU. WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WABIKA AAMANTU, WA ILAIKA AANABTU, WABIA KHAASHAMTU. WA ILAIKA HAAKAMTU. FAGHFIRLII MAA QADDAMU WA MAA AKHKHARTU WA MAA ASRARTU WA MAA A’LANTU ANTAL MUQADDIMU WA ANTAL MU AKHKHIRU.LA ILAA HA ILLA ANTA ILAIHI LAA ILAAHA ILLA ANTA”
Artinya: “ Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala punya, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala puji dan bagi-MU kerajaan langit dan bumoi serta seisi-Nya, bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, Firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surge adalah benar, neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu akau kembali, dengan pertolongan-Mu aku berdebat (dengan orang-orang kafir) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang haq disembah kecuali ngkau, Englau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang haq disembah kecuali Engkau.”

Nah, demikianlah tadi penjelasan mengenai tata cara shalat Tahajud yang baik dan benar serta bacaan doa sholat Tahajud yang sunnah untuk dilafazkan ketika telah menyelesaikan sholat sunnah ini.

Informasi mengenai bunyi doa sholat Tahajud yang kami sampaikan diatas ditilik dari ilmu universal, namun bagi Anda yang ingin melaksanakan doa dengan menggunakan bahasa sendiri juga diperbolehkan.

Karena pada hakikatnya Allah SWT memahami semua bahasa umatnya meskipun disembunyikan secara rapat. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment