Bacaan Doa Sholat Tarawih Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Doa Sholat Tarawih – Sholat tarawih merupakan sholat sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan sekali untuk dilaksanakan pada saat malam bulan ramadhan. Sholat sunnah yang memiliki arti istirahat ini merupakan sholat sunnah yang dikerjakan oleh Rasulluah SAW pada tanggal 23 Ramadhan pada tahun kedua hijriah.

Jikalau melihat sejarahnya, dahulu Nabi Muhammad SAW tidak hanya mengerjakannya di masjid saja, namun terkadang beliau juga mengerjakannya di rumah.

Namun kini pada kenyataanya, sholat sunnah tarawih lebih sering dikerjakan di masjid atau musholla secara bersama-sama. Sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat isya ini biasanya akan dilanjutkan dengan melafazkan bacaan doa sholat tarawih, barulah kemudian diimbangi dengan sholat witir dengan jumlah rekaat yang ganjil.

Meskipun setiap tahunnya sholat tarawih selalu dilaksanakn secara bersama-sama di masjid atau mushola, namun tak terpungkiri masih banyak sekali umat muslim yang belum memahami akan bunyi doa sholat tarawih yang baik dan benar. Sehingga tak heran jikalau pengamalannya masih jauh sekali dari harapan.

Nah oleh karenanya pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan informasi seputar bacaan doa sholat tarawaih lengkap degan latin dan artinya yang bisa Anda jadikan sarana untuk belajar bunyi doa sholat tarawih. Bukan hanya itu saja, tetapi kami juga akan berbagi rangkuman mengenai hukum melaksanakan sholat tarawih bagi seorang muslim pada bulan Ramadhan.

Tak perlu berlama-lama lagi langsung saja, inilah bunyi doa sholat tarawih serta hukum pelaksanaannya yang wajib Anda ketahui.

Doa Sholat Tarawih Arab

Doa Sholat Tarawih Arab
https://www.dutadakwah.co.id
اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لَوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَإِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَمِنْ حُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Doa Sholat Tarawih Latin

Doa Sholat Tarawih Latin
https://lenterahidup.net
“ALLAHUM MAJ’AINA BIL IMANI KAMILLIN. WA LILFA-RAIDHI MU’ADDIN, WALISHSHALATI HAFIZHIN, WALIZZAKATI FA’ILIN, WA LIMA ‘INDAKA THALIBIN, WA LI’AFWIKA RAJIN, WA BIL-HUDA MUTAMASSIKIN, WA ‘ANILLAGHWL MU-RIDHIN, WA FIDDUNYA ZAHIDIN, WA FILLAKHIRATI RAGHIBIN-WA BIL QADHA’I RADHIN, WA BIN-NA’MA’I SYAKIRIN, WA’ALAL-BALAYA SHABIRIN WA TAHTA LIWA’I SAYYIDINA, MUHAMMADINN SHALALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAMA YAUMAL-QIYAMATI SA’IRIN WA ILAL HAWDHI WARIDIN WA FIL JANNATI DAKHILIN WA MINANNAARI NAAJIIN WA’ALA SARIRIL-KARAMATI QA’IIDIN WA BIHURIN ‘ININ MUTAZAWWIJIN, WA MIN SUNDUSINN WAISTABRAQIN WA DIBAJIN MUTALABBISIN, WA MIN THA A’AMIL JANNATI AKILIN, WA MIN LABANIN WA’ASALIN MUSHAF-FAN SYARIBIN, BI-AKWABIN WA ABARIQA WA KA’SIN MIN MA’IN MA AL-LADZINA AN AMTA ALAIHIM MINAN-NABIY-YINA WASH-SHIDDIQINA WASY-SYUHADA’I WASH-SHALIHIN. WA HASUNA ULA’IKA RAFIQA, DZALIKAL –FADHLU MINALLLAHI WA KAFA BILLAHI ALIMA. WALHAMDU LILLAAHI RABBIL’AALAMIIN.”

Arti Doa Sholat Tarawih

Arti Doa Sholat Tarawih
https://www.merdeka.com
Artinya: “Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang melaksanakan kewajiban-kewajiban terhadap-Mu, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan ketentuan, yang bersyukur atas nikmat yang diberikan, yang sabar atas segala musibah, yang berada dibawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad SAW pada hari kiamat, sampai kepada telaga (yakni telaga Nabi Muhammad SAW) yang masuk ke dalam surga, yang duduk diatas dipan kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu yang murni dengan gelas, cangkir dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah SWT Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini tergolong orang-orang yang bahagia dan diterima amalannya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam”.

Hukum Sholat Tarawih

Hukum Sholat Tarawih
http://www.nu.or.id/

Seperti yang telah dijabarkan pada paragraph sebelumnya, bahwa hukum melaksanakan sholat tarawih adalah muakkadah yang memiliki arti sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Sholat tarawih merupakan salah satu syiar yang dikerjakan saat malam hari di bulan Ramadhan yang memiliki banyak sekali manfaat serta keutamaaan bagi umat muslim.

Salah satu keutamaan menjalankan sholat tarawih di bulan Ramadhan ini tertuang dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori serta Imam Muslim.

Dalam hadits tersebut Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja yang mengerjakan ibadah (sholat tarawih) pada bulan Ramadhan atas dasar iman dan hanya berharap ridlo dari Allah SWT maka dosanya yang telah lalau akan diampuni”.

Keutamaan Sholat Tarawih

Keutamaan Sholat Tarawih
http://www.reportaseindonesianews.com

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memang tidak menekankan pelaksanaan sholat tarawih, hanya saja, jika beliau saja melakukannya, tentulah ada banyak sekali keutamaan yang ada di dalamnya bukan? An Nasa’i telah meriwayatkan hal ini dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu bahwasanya:

“Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu mengajak semua sahabat untuk menyukai sholat malam di bulan Ramadlan, tetapi beliau tidak sangat di wajibkan, beliau hanya berucap: barang siapa yang mengerjakan sholat malam di bulan Ramadlan karena iman dan ihtisab, maka diampuni dosanya yang sudah-sudah.”

Lebih lanjut lagi, sahabat Ali bin Abi Thalib juga pernah meriwayatkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai keutamaan sholat tarawih, sejak malam pertama hingga malam yang terakhir, yakni sebagai berikut:

1. Malam ke 1
Sama dengan hadits di atas, dijelaskan bahwasanya siapa saja yang melakukan sholat tarawih di malam pertama bulan Ramadlan, maka akan di hapuslah dosanya seperti saat dia dilahirkan.

2. Malam ke 2
Adapun sholat tarawih di malam kedua memiliki keutamaan akan diampuni dosa dirinya serta dosa kedua orang tuanya, apabila keduanya juga seorang mu’min

3. Malam ke 3
Pada malam ke 3, malaikat berseru dari Arsy bahwa: “telah diangkat amal serta dosanya yang sudah berlalu dan diampuni oleh Allah subhanahu wa ta’ala”

4. Malam ke 4
Orang yang melakukannya memperoleh pahala, layaknya pahala membaca kitab suci Taurat, Zabur, Injil serta Al Qur’an

5. Malam ke 5
Allah subhanahu wa ta’ala akan memberikan pahala layaknya pahala sholat di Masjidil haram, Masjid Aqsho dan Masjid Madinah

6. Malam ke 6
Allah subhanahu wa ta’ala akan memberi dia pahala thawaf di Baitul Makmut serta dimintakan ampunan atasnya oleh setiap benda

7. Malam ke 7
Layaknya pahala yang telah didapat oleh Nabi Musa ‘alaihis salam serta penolongnya dari kejahatan Fir’aun serta Hamman

8. Malam ke 8
Allah subhanahu wa ta’ala akan memberinya pahala, layaknya pahala yang sudah diberikan pada Nabi Ibrahim ‘alaihis salam

9. Malam ke 9
Layaknya pahala ibadah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

10. Malam ke 10
Allah subhanahu wa ta’ala akan memberikannya rizki serta kebaikan yang ada di dunia dan di akhirat

11. Malam ke 11
Jika dia meninggal dunia, dia akan seperti dilahirkan dari ibunya

12. Malam ke 12
Orang yang mengerjakannya akan datang di hari kiamat nanti dengan wajah yang berseri layaknya bulan purnama

13. Malam ke 13
Orang yang mengerjakannya akan datang di hari kiamat nanti dengan selamat dari kejelekan

14. Malam ke 14
Malaikat akan menyaksikan bahwasanya orang itu telah mengerjakan sholat tarawih, sehingga pada hari kiamat nanti Allah subhanahu wa ta’ala tidak akan menghisabnya

15. Malam ke 15
Para malaikat akan bersholawat padanya serta menjaganya di Arsy dan kursi

16. Malam ke 16
Allah subhanahu wa ta’ala akan membebaskannya dari api neraka dan akan memasukkannya ke dalam surga

17. Malam ke 17
Diberikannya pahala layaknya pahala para nabi

18. Malam ke 18
Satu malaikat akan berseru: “Hai hamba Allah, Allah subhanahu wa ta’ala sudah meridloi kamu beserta kedua orang tuamu”.

19. Malam ke 19
Allah subhanahu wa ta’ala akan mengangkat orang yang mengerjakannya ke surga firdaus

20. Malam ke 20
Allah subhanahu wa ta’ala akan memberinya pahala para syuhada serta orang-orang sholeh

21. Malam ke 21
Allah subhanahu wa ta’ala akan membuatkan sebuah istana untuknya di surga yang berasal dari cahaya

22. Malam ke 22
Di hari kiamat kelak, orang yang mengerjakannya akan selamat dari kesulitan serta kesusahan

23. Malam ke 23
Allah subhanahu wa ta’ala akan membangunkan sebuah kota untuknya di surga

24. Malam ke 24
Permintaan orang yang mengerjakan sholat tarawih akan dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala

25. Malam ke 25
Allah subhanahu wa ta’ala akan mengangkatnya dari siksa kubur

26. Malam ke 26
Allah subhanahu wa ta’ala akan mengangkatnya pahala empat puluh tahun

27. Malam ke 27
Ia akan melewati Shirothol Mustaqim layaknya kilat yang menyambar

28. Malam ke 28
Allah subhanahu wa ta’ala akan mengangkat untuknya seribu derajat di surga

29. Malam ke 29
Allah subhanahu wa ta’ala akan memberinya pahala seribu haji yang makbul

30. Malam ke 30
Allah subhanahu wa ta’ala telah berfirman: “Wahai hambaKu, makanlah buah-buahan yang ada di dalam surga, mandilah kamu dengan air Salsabil serta minumlah dari telaga Kautsar. Aku Tuhanmu dan engkau hamba-Ku”.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai bacaan doa sholat tarawih lengkap dengan latin dan artinya yang dapat kami informasikan pada kesempatan kali ini. Selain itu pada artikel ini juga menjelaskan mengenai hukum mengerjakan sholat tarawih bagi setiap umat muslim dengan terperinci dan jelas.

Semoga dengan adanya artikel ini mampu memberikan ilmu pengetahuan serta wawasan baru mengenai ilmu agama bacaan sholat tarawih. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment