Bacaan Doa Setelah Wudhu Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

5 Hal yang Dapat Membatalkan Wudhu

Doa Setelah Wudhu Menurut syara’ wudhu memiliki arti membersihkan anggota tubuh untuk menghilangkan hadas kecil. Wudhu merupakan syarat sahnya shalat yang harus dilakukan seseorang muslim ketika hendak melaksanakan shalat. Pelaksanaan wudhu sebelum melakukan shalat ini dilakukan untuk mensucikan diri dari hadas kecil ketika menghadap kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW tidak hanya mengajarkan kepada umatnya untuk selalu melantunkan doa-doa tatkala hendak melakukan kegiatan sehari-hari dalam setiap aspek kehidupan saja. Namun juga menyerukan untuk selalu mengakhiri segala aktivitasnya dengan lantunan doa-doa suci ayat-ayat Al-Quran.

Seperti misalnya ketika selesai makan, ke kamar mandi hingga menyerukkan untuk melafazkan bacaan doa setelah wudhu tatkala telah selesai melaksanakannya.

Bagi yang belum mengetahui bagaimana bunyi doa sesudah wudhu yang baik dan benar sesuai anjuran nabi Muhammad SAW? Inilah selengkapnya untuk Anda.

Doa Sebelum Wudhu

Doa Sebelum Wudhu

https://thegorbalsla.com

Mengucapkan ‘bismillah’ karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ

“Tidak ada wudhu bagi yang tidak menyebut nama Allah”.

Doa Niat Wudhu

Doa Niat Wudhu

https://zakat.or.id

Membaca doa niat wudhu sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

“NAWAITUL WUDLUU- A LIRAFIL HADATSIL ASH-GHARI FARDLAN LILLAAHI TAAALA”
Artinya: “Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil, fardlu karena Allah.”

Doa Setelah Wudhu yang Shahih

Doa Setelah Wudhu yang Shahih

https://faktualnews.co

Tidak hanya ketika hendak melaksanakan wudhu saja, namun setelah selesai melaksanakan wudhu, seorang muslim dianjurkan untuk melantunkan lafaz doa sesudah wudhu dengan menengadahkan kedua tangannya serta menghadap kearah kiblat. Berikut ini adalah lafaz doa setelah wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

“ASYHADUALLAA ILAAHA ILLALLAAH WAHDAHULAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN’ ABDUHU WARASULLUHU. ALLAHUMMAJ’ALINI MINATTAWWAABIINA, WAJ’ALNI MINAL MUTATHAHHIRIINA WAJ ALNII MIN ‘IBDI KASH SHAALIHIINA”
Artinya: “Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukan bagi-Nya. Dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah aku orang uang ahli taubat, dan jadikanlah akau orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang shaleh.”

Terkadang meskipun banyak orang yang sudah mengatahui urutan dan tata cara wudhu, tak sedikit muslim yang juga masih asal-asalan dalam melaksanakan wudhu. Oleh karena itu berikut ini kami memiliki rangkuman mengenai tata cara wudhu yang baik dan benar yang telah diajarkan oleh nabi Muhammad SAW serta hal-hal yang bisa membatalkan wudhu. Inilah ringkasannya untuk Anda

Lima Perkara Dalam Fardunya Wudhu

Lima Perkara Dalam Fardunya Wudhu

http://www.nu.or.id

  1. Membasuh seluruh bagian wajah, dari bagian tumbuhnya rambut hingga bawah dagu. Jangan lupa untuk membasuh juga bagian telinga kanan serta telinga bagian kiri
  2. Membasahi kedua tangan hingga menyentuh bagian siku
  3. Membasuh sebagian rambut kepala
  4. Membasahi kedua kaki hingga menyentuh mata kaki
  5. Tertib atau berturu-turut. Nah dalam enam perkara fardhunya wudhu yang keenam ini untuk mendahulukan yang harus di dahulukan serta mengakhiri yang harus diakhirkan terlebih dahulu.

Tata Cara Wudhu Menurut Fardhunya 

Tata Cara Wudhu Menurut Fardhunya

https://www.tongkronganislami.ne

  1. Membaca kalimat “BISMILLAHIRAHMAANIRRAHIM” sembari membasuh telapak tangan hingga menyentuh pergelangan tangan
  2. Setelah selesai membersihkan tangan, maka langkah selanjutnya adalah berkumur sebanyak tiga kali sembari membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan.
  3. Jangan lupa untuk membasuh lubang hidung selama tiga kali dengan air wudhu yang mengalir
  4. Nah, setelah itu basuhlah wajah Anda dari bagian tumbuhnya rambut kepala hingga bawah dagu sebanyak tiga kali. Jangan sampai lupa cuci juga kedua telinga Anda bagian kanan dan kiri sembari membacakan doa niat berwudhu seperti tersebut diatas.
  5. Ketika sudah selesai membasuh wajah sebanyak tiga kali, selanjutnya basuh kedua tangan hingga menyentuh bagian siku sebanyak tiga kali.
  6. Setelah itu basuh menggunakan air wudhu sebagian rambut hingga menyentuh bagian telinga sebanyak tiga kali.
  7. Langkah berwudhu yang baik dan benar menurut anjuran nabi Muhammad SAW yang terakhir adalah dengan mencuci bagian kaki dari atau sampai menyentuh bagian mata kaki.

5 Hal yang Dapat Membatalkan Wudhu

5 Hal yang Dapat Membatalkan Wudhu

https://www.islampos.com

  1. Mengeluarkan sesuatu dari dubur atau qubul. Seperti buang air kecil ataupun buang air besar, kentut atau mengeluarkan angin dan lain sebagainya.
  2. Kehilangan akal yang disebabkan oleh satu dan lain hal. Seperti pingsan, mabuk, gila dan tidak merasa nyenyak ketika tidur
  3. Bersentuhan dengan laki-laki atau perempuan yang bukan muhrimnya tanpa menggunakan penutup atau alas. Disini muhrim yang dimaksud adalah seseorang atau keluarga yang tidak bisa dinikahi.
  4. Menyentuh bagian kemaluan dubur atau qubul diri sendiri menggunakan jari-jari atau telapak tangan tanpa mengenakan alas atau penutup lainnya.

Bagaimana apakah Anda telah mengetahui lantunan bacaan doa setelah wudhu yang baik dan benar sesuai dengan anjuran nabi Muhammad SAW kepada umat islam melalui ajaran agama islam?

Nah, demikianlah ringkasan singkat mengenai lafaz bunyi doa sesudah wudhu yang baik dan benar serta tata cara berwudhu dan hal-hal yang mampu membatalkan wudhu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam menyelami agama islam lebih dalam lagi. Terima kasih.

Leave a Reply