Bacaan Doa Setelah Adzan Terlengkap Dan Keutamaanya

Adzan merupakan panggilan untuk melaksanakan ibadah sholat berjamaah di masjid kepada umat muslim. Dalam bahasa Indonesia adzan memiliki arti pemberitahuan kepada umat muslim ketika memasuki waktu sholat berjamaah diawal waktu yang dilakukan di dalam masjid dengan melafalkan bacaan-bacaan tertentu.

Rasanya adzan sangat akrab sekali terdengar di telinga setiap hatinya, karena dalam sehari adzan akan dikumandangkan selama lima kali sebagai tanda telah memasuki shalat wajib.

Selain bergegas untuk melaksakan sholat wajib ke masjid, ada hal lain yang wajib Anda ketahui ketika adzan telah selesai dikumandangkan oleh seorang muadzin yaitu membaca bunyi doa setelah adzan.

Selain diwajibkan untuk melafazkan bunyi bacaan doa setelah adzan ketika seruan adzan telah selesai dikumandangkan, ada adab-adab lain yang harus Anda ketahui ketika mendengar seruan adzan. Ketika adzan dikumandangkan, maka Anda harus mengucapkan lafaz yang didengar sebagaimana muadzin.

Namun ketika muadzin melafazkan kalimat “HAYYA ‘ALASHSHALAAH dan HAYYA ‘ALAL FALAAH, maka Anda harus menjawabnya dengan lafaz “LAA HAULA WALLA QUWWATA ILLAA BILLAAH”.

Setelah mengikuti lafaz bacaan sebagaimana muadzin, sebelum melafazkan bacaan doa setelah adzan, bacalah terlebih dahulu shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Nah, barulah selanjutnya melafazkan bunyi doa setelah adzan.

Berikut ini kami jabarkan mengenai bunyi bacaan doa setelah adzan yang bersumber dari hadist Bukhari yang wajib dilafazkan seorang muadzin serta khalayak ramai yang mendengarkan adzan setelah selesai mengumandangkan adzan. Inilah ulasannya untuk Anda mengenai bunyi doa setelah adzan menurut hadist Bukhari.

Doa Setelah Adzan Latin Dan Artinya

Doa Setelah Adzan Latin Dan Artinya
https://balubu.com

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“ALLAHUMMA RABBA HADZIHID DA’WATIT TAAMMAH WASH SHALAATIL QAA-IMAH, AATI MUHAMMADANIL WASIILATA WAL FADHILLAH, WAB’ATSHU MAQAAMAM MAHMUUDANILLADZII WA’ADTAH”

Artinya: “Ya Allah, Rabb pemilik seruan yang sempurna ini, shalat (wajib) yang didirikan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqom (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan”.

Biasanya sembari menungggu iqommah selain melafazkan doa setelah adzan juga di iringi dengan bacaan doa-doa lain sesuai dengan keinginan dan harapan masing-masing umat muslim. Nah jeda waktu antara adzan dan iqomah ini merupakan waktu yang paling mustajab untuk memanjatkan doa-doa kepada Allah SWT.

Tak hanya itu, tahukah Anda bahwa orang-orang yang melafazkan bacaan doa setelah adzan ini akan diberikan syafaat oleh Allah SWT ketika waktu kiamat telah tiba. Oleh karena itu gunakanlah waktu-waktu mustajab tersebut untuk meminta ampunan kepada sang Maha Pengampun.

Menurut Hadits Riwayat Muslim mengatakan bahwa seorang muadzin atau orang-orang yang mengumandangkan adzan akan memiliki beberapa keutamaan lainnya yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Lantas apa saja keutamaan bagi orang-orang yang memiliki tugas mulia untuk mengumandangkan adzan pada saat memasuki waktu shalat wajib? Inilah 5 keutamaan seorang muadzin yang wajib Anda ketahui.

5 Keutamaan Seorang Muadzin

5 Keutamaan Seorang Muadzin
https://khazanah.republika.co.id

1. Salah satu keutamaan bagi seorang muadzin atau seseorang yang mengumandangkan adzan adalah mendapatkan pahala yang besar dari Allah sebab sudah melaksanakan tugas mulia untuk memberitahukan kepada umat muslim saat waktu sholat telah tiba. Pernyataan ini juga sesuai dengan isi dari Hadits Riwayat Bukhari dari Abu Hurairah ra yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: ‘Seandainya orang-orang tahu keutamaan adzan dan berdiri di barisan paling depan, dimana mereka tidak bisa mendapatkannya kecuali harus mengundui, pastilah mereka akan mengundi di antara mereka”

2. Menurut Hadits Riwayat Muslim, Ahmad, Ibju Majah mengatakan bahwa seorang muadzin adalah orang-orang pilihan yang nantinya akan memiliki leher yang panjang ketika hari kiamat tiba.

3. Di doakan oleh Rasulullah SAW secara langsung yang isinya “Semoga Allah meluruskan para iman dan mengampuni para muadzin”.

4. Muadzin atau orang-orang yang mengumandangkan adzan memang berhak mendapatkan keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah. Diantaranya adalah diampuni seluruh dosa-dosa yang telah diperbuat. Pernyataan ini juga tertera di dalam Hadits Riwayat Ahmad yang mengatakan bahwa “ Diampuni bagi muadzin pada akhir adzannya. Dan setiap yang basah atau pun yang kering yang mendengar adzannya akan memintakan ampun untuknya”.

5. Di kutip dari Hadits Riwayat Bukhari yang berdasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa kelak ketika hari kiamat telah tiba, para muadzin atau orang-orang yang mengumandangkan adzan saat memasuki waktu shalat akan memiliki saksi kebaikan yang banyak untuk mengingatkan segala kebaikan yang telah dilakukan semasa hidup.

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah
https://shahih.com

Untuk memperoleh pahala yang besar, ketika terdengar kumandang suara Adzan jawablah dengan benar sesuai dengan peraturan diatas, serta kumandangkan doa setelah Adzan jika telah selesai. Sesuai dengan hadits:

“Dari Jabbir ra sesungguhnya Nabi SAW bersabda: Siapa yang mengucapkan setelah panggilan Adzan: Allahumma rabba hadzihidda watittammah washsholatil qaimah ati Muhammadanil wasilata walfadhilah wab’tshu maqamammahmudanilladzi wa’adtah (Ya Allah tumpuan doa yang sempurna dan sholat yang didirikan ini. berilah kiranya Nabi Muhammad wasilah dan kemuliaan, dan tempatkanlah ia pada kedudukan terhormat yang telah engkau janjikan), pasti ia akan memperoleh syafa’atku pada hari kiamat.” (H.R Bukhari).

Hukum Membaca doa Setelah Adzan

Hukum Membaca doa Setelah Adzan
https://thegorbalsla.com

Hukum membaca doa setelah adzan atau berdoa susudah adzan adalah sunnah yang artinya sebaiknya dan lebih baik dikerjakan.

Nah, bagaimana apakah sekarang Anda sudah mengetahui betapa mustajabnya bacaan doa setelah adzan serta mulianya tugas seorang muadzin ketika melaksanakan tugasnya untuk mengingatkan waktu shalat wajib berjamaah di masjid? Itulah ulasan mengenai doa setelah adzan serta 5 kemuliaan yang dimiliki oleh seorang muadzin dalam mengemban tugasnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment