Doa Sebelum Tidur Lengkap dan Keutamaan Membacanya

Bacaan Doa Sebelum Tidur – Salah satu kenikmatan yang diberikan oleh Allah setiap harinya kepada umat manusia adalah kenikmatan tidur. Kegiatan tidur dan manusia merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dilepaskan, pasalnya tidur merupakan sifat jaiz yang dimiliki oleh setiap manusia.

Mustahil rasanya jikalau setiap manusia mampu bertahan hidup tanpa tidur, sebab tidur merupakan salah satu bagian dari kehidupan manusia yang tidak bisa di tinggalkan. Ketika tidur buatlah aktivitas tidur Anda menjadi suatu kegiatan yang bermanfaat, bukan hanya merelaksasikan sejenak organ dan anggota tubuh semata melainkan juga untuk beribadah.

Bagi orang berilmu tidur menjadi aktivitas yang lebih baik dan dihitung sebagai pahala. Oleh karena itu wajib bagi umat muslim untuk membaca doa sebelum tidur terlebih dahulu. Melafazkan doa sebelum tidur ini dimaksudkan supaya aktivitas tidur yang Anda lakukan tidak sia-sia dan membuang umur.

Selain itu bacaan doa tidur ini juga meminta kepada Allah SWT untuk selalu menjaga diri hingga membuka mata kembali. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi mengenai bacaan doa sebelum tidur kepada seluruh pembaca yang budiman.

Tak hanya itu kami juga ingin membagikan informasi mengenai keutamaan-keutamaan melafazkan bunyi doa sebelum tidur. Lantas bagaimana bunyi bacaan doa sebelum tidur serta apa saja keutamaan-keutamaan membaca doa sebelum tidur? Inilah ulasannya untuk Anda. Simak baik-baik ya.

Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Rasullah

Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Rasullah
https://muallafworksfoundation.org

Menurut para penelitian yang dilakukan kepada 1000 orang, oleh Profesor Chris Idzikowski, direktur Sleep Assessment and Advisory Service, pada posisi tidur itu ternyata mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap kesehatan manusia.

Posisi tidur ini pada umumnya sudah diajarkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam 1400 tahun yang lalu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam posisi tidur dengan memiringkan tubuhnya ke kanan. Seperti yang jelaskan dalam sebuah hadits al Barra bin Azib, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk sholat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan.” (HR. Bukhari).

Dalam riwayat lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (Hr Al-Bukhari dan Muslim).

Dengan posisi tidur miring ke kanan, kita akan mendapatkan banyak manfaat, seperti mengurangi beban pada jantung, mengistirahatkan lambung, mengistirahatkan otak, meningkatkan waktu penyerapan zat gizi, merangsang buang air besar agar lancar, mengistirahatkan kaki bagian kiri, dan menjaga kesehatan paru-paru kita.

Selain ada contoh bahwa kita tidur dengan miring ke kanan, tapi ada juga larangan posisi tidur untuk dilakukan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci orang yang tidur dengan tengkurap. Seperti dalam sebuah hadits dari Ibnu Tikhfah Al Ghifari, dari Abu Dzarr, ia berkata,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lewat di hadapanku dan ketika itu aku sedang tidur tengkurap. Beliau menggerak-gerakkanku dengan kaki beliau. Beliau pun bersabda, “Wahai Junaidib, tidur seperti itu seperti berbaringnya penduduk neraka.” (HR. Ibnu Majah)

Doa Sebelum Tidur Arab Dan Latin

Doa Sebelum Tidur Arab Dan Latin
https://islami.co

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

“BISMIKA ALLAHUMMA AHYA WA AMUUT”
Artinya: “Dengan nama Engkau, ya Allah, aku hidup dan aku mati.”

Sama seperti aktivitas lainnya, Rasullulah SAW juga menganjurkan bagi umat manusia melalui ajaran agama islam untuk selalu membaca doa sebelum tidur, supaya senantiasa di lindungi serta di berikan keberkahan dalam aktivitas tidur yang di jalankan.

Bacaan doa yang sangat sudah familiar dan akrab di telinga sejak kecil ini memang sangat singkat dan mudah sekali untuk di hafalkan.

Meskipun bunyi doa sebelum tidur ini cukup singkat namun setiap kalimat yang terucap memiliki makna dan manfaat yang banyak bagi setiap umat muslim. Nah, hal itulah yang menjadi alasan mengapa setiap hendak tidur harus membaca bacaan doa sebelum tidur terlebih dahulu.

Keutamaan Doa Sebelum Tidur

Keutamaan Doa Sebelum Tidur
http://wayahna.com

Salah satu amalan yang sederhana adalah melafazkan doa sebelum tidur ketika hendak melakukan aktivitas tidur. Meskipun bacaannya singkat dan sepele namun jangan salah setiap kalimat yang tertuang menunjukkan banyak sekali manfaat sekaligus keutamaan bagi orang-orang yang membacanya.

Nah, inilah penjelasan untuk Anda mengenai beberapa keutamaan-keutamaan bacaan doa sebelum tidur bagi umat muslim yang wajib Anda ketahui selengkapnya berikut ini.

Mengingat Kebesaran Allah

Mengingat Kebesaran Allah
https://www.katabijaku.my.id

Allah SWT memiliki kekuasaan penuh atas keselamatan, hidup serta mati seseorang oleh karena itu sebagai umat muslim yang beriman harus selalu mengingat kebesaran Allah dalam segala aktivitas. Nah, salah satu cara mengingat kebesaran Allah SWT adalah dengan melafazkan doa sebelum tidur. Setiap kalimat dalam bunyi doa sebelum tidur merupakan pengharapan kepada Allah SWT untuk selalu memberikan perlindungan serta menyerahkan diri kepadaNya.

Tidur Menjadi Lebih Berkualitas

Tidur Menjadi Lebih Berkualitas
http://todayloka.com

Jika ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, maka lafazkanlah doa sebelum tidur. Bukan hanya untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT semata, namun dengan membaca doa ini akan membuat perasaan dan pikiran menjadi lebih tenang, sehingga Anda akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Mendapatkan tidur yang berkualitas ini juga akan memberikan rasa semangat kepada Anda di pagi hari ketika hendak melakukan setiap aktivitas.

Menghindarkan Dari Mimpi Buruk

Menghindarkan Dari Mimpi Buruk
https://hellosehat.com

Pikiran tidak tenang akan memicu terjadinya mimpi buruk. Nah, melalui doa-doa segala pikiran buruk dan perasaan tidak tenang akan berangsur menghilang dan berganti dengan perasaan tenang dan riang untuk menyambut hari esok dengan penuh semangat. Oleh karena itu supaya tidur Anda tidak diselangi dengan mimpi buruk yang mungkin membuat Anda terbangun akan lenyap.

Meninggal Dalam Keadaan Fitrah

Meninggal Dalam Keadaan Fitrah
https://www.islampos.com

Mungkin dalam kehidupan sehari-hari Anda sering mendengar cerita mengenai orang yang meninggal ketika sedang tidur. Ketika Allah SWT mengambil nyawa seseorang dalam keadaan tidur, dan sebelum tidurnya umat tersebut membaca bacaan doa sebelum tidur maka insya Allah umat tersebut meninggal dalam keadaan fitrah.

Sebagai umat muslim yang beriman, kita semua pasti menginginkan meninggal dalam keadaan fitrah, yaitu meninggal dengan keridhoan Allah SWT serta diampuni segala dosa-dosanya. Oleh sebab itu, upayakan untuk melafazkan doa sebelum tidur dengan ikhlas dan khidmat supaya selalu mendapatkan perlindungan ketika tidur.

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan doa sebelum tidur yang lengkap beserta latin dan artinya dan 4 keutamaan membaca doa sebelum tidur yang dapat kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment