Bacaan Doa Sebelum Makan Arab | Latin dan Artinya

Bacaan Doa Sebelum Makan – Sebagai insan manusia yang lemah kita harus senantiasa untuk selalu bersyukur atas apa-apa yag telah diberikan oleh Allah SWT. Baik itu nikmat keselamatan, nikmat kebahagiaan, nikmat keberkahan serta beberapa kenikmatan lainnya yang senantiasa tercurah kepada umat manusia.

Nah, salah satu cara umat manusia untuk bersyukur atas segala nikmat yang diberi oleh Allah SWT adalah dengan berdoa. Melalui doa yang benar dan ikhlas tentunya juga akan memberikan hasil yang baik pula. Selain sebagai perwujudkan atas rasa syukur, dengan berdoa juga mampu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Melalui Rasul-Nya Allh SWT senantiasa menganjurkan umatnya untuk selalu berdoa ketika melakukan aktivitas apapun. Seperti misalnya ketika hendak makan atau mengkonsumsi makanan, Allah SWT menganjurkan untuk berdoa terlebih dahulu.

Ada beberapa manfaat dan keutamaan yang sangat mustajab yang diperoleh umat manusia manakala melafazkan bacaan doa sebelum makan ini.

Diantaranya adalah terhindar dari godaan syetan yang mengganggu ketika sedang makan.Dengan melafazkan bunyi doa sebelum makan, ini merupakan suatu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat rezeki yang telah diberikan sehingga masih bisa makan setiap harinya.

Bacaan doa sebelum makan ini terbilang sangat simpel dan singkat, sehingga sangat mudah sekali untuk dihafalkan sekaligus untuk diamalkan. Nah, oleh karenanya pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi infromasi mengenai bacaan doa sebelum makan lengkap dengan latin dan artinya kepada seluruh pembaca yang budiman.

Selain itu kami juga akan mensajikan beberapa penjelasan mengenai adab-adab yang harus diperhatikan sebelum makan. Lantas bagaimana bunyi doa sebelum makan serta adab-adab yang perlu diperhatikan sebelum makan? Inilah penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Doa Sebelum Makan Arab

Doa Sebelum Makan Arab
https://islamidia.com
أَللّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Sebelum makan Rasulluah SAW selalu menganjurkan seluruh umatnya untuk mengawalinya dengan melantunkan bacaan doa sebelum makan. Nah inilah rangkaian bunyi doa sebelum makan yang bisa Anda lafazkan sebelum mengkonsumsi makanan.

Doa Sebelum Makan Latin

Doa Sebelum Makan Latin
https://www.blogkhususdoa.com
“ALLOOHUMMA BARIK LANAA FIIMAA RAZATANAA WAQINAA ‘ADZAA BANNAR”

Arti Doa Sebelum Makan

Arti Doa Sebelum Makan
https://www.liputan6.com
Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Lafaz doa sebelum makan tersebut diatas sangat penting untuk dilafazkan setiap umat muslim, sebagai wujud rasa syukur terhadap karunia Allah atas apa yang akan dimakan hari ini.

Melalui bacaan doa sebelum makan ini juga dapat dijadikan sarana untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada Allah SWT atau berkah nikmat yang diberikan-Nya setiap hari dalam kehidupan Anda. Selain itu dengan melafazkan doa ini tentunya akan terhindar dari godaan setan yang mengganggu aktivitas makan Anda

Adab-Adab Sebelum Makan

Adab-Adab Sebelum Makan
https://lifestyle.okezone.com

Sebelum menyantap suatu makanan hendaknya selalu memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi tersebut halal dan berdampak baik bagi kesehatan tubuh manusia. Nah, berikut ini adalah beberapa adab-adan sebelum makan yang harus diperhatikan oleh seluruh umat manusia:

Mencuci Kedua Tangan

Mencuci Kedua Tangan
http://www.robertlackie.com

Saat beraktivitas makan, tangan merupakan organ tubuh yang paling vital. Oleh karenanya Anda diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyantap makanan. Hal ini dikarenakan supaya bersih dan tidak kotor tentunya juga mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW.

Berniat dan Berdoa

Berniat dan Berdoa
http://jambi.tribunnews.com

Sebelum menyantap makan hendaknya lafazkanlah bacaan doa sebelum makan terlebih dahulu. Bunyi doa sebelum makan sangat singkat dan mudah sekali untuk dihafalkan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Niatkan hati bahwa sejatinya aktivitas makan yang dilakukan seluruh umat manusia ini semata-mata hanya untuk mencari keridhoan dari Allah SWT. Jangan memupuk niat makan karena hawa nafsu namun landasi hati dengan niat yang tulus supaya diberikan kekuatan dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT.

Merasa Cukup

Merasa Cukup
https://www.republika.co.id

Makanan yang tersaji tersebut merupakan rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia. Oleh karena itu pupuk rasa cukup atas apa yang dimakan setiap harinya. Hindari rasa mengeluh karena tidak bisa menyajikan makanan di luar batas kemampuan diri sendiri.

Mengambil Makanan Secukupnya

Mengambil Makanan Secukupnya
https://travel.tribunnews.com

Ketika mengambil makanan hendaknya memperkirakan porsi yang secukupnya, supaya terhindar dari rasa yang terlalu kenyang. Pasalnya Rasulullah SAW sudah bersabda bahwasanya memberi peringatan kepada seluruh manusia untuk menghindari makan sebelum lapar serta makan sampai perut terasa sangat kenyang.

Mengundang Orang Lain Untuk Turut Makan

Mengundang Orang Lain Untuk Turut Makan
https://www.arrahman.id

Rasulullah SAW tidak pernah makan sendirian, beliau selalu mengajak para sahabatnya serta orang lain untuk turut makan santap bersamanya. Sebab makanan yang berkah merupakan makanan yang disantap bersama dengan orang lain.

Nah, demikianlah rangkuman mengenai bacaan doa sebelum makan lengkap beserta latin dan arti kandungannya yang dapat kami informasikan pada kesempatan kali ini. Melalui artikel ini Anda juga dapat berlajar melaksanakan adab-adab sebelum makanan yang baik dan benar sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment