Cara Memimpin Doa Sebelum Belajar

Bacaan Doa Sebelum Belajar Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Sebelum Belajar – Sebelum memulai kegiatan belajar di kelas, biasanya setiap lembaga pendidikan generasi muslim selalu menekankan membaca doa sebelum belajar terlebih dahulu. Sejatinya setiap aktivitas kegiatan belajar mengajar serta beberapa kegiatan lainnya tidak pernah meningggalkan doa.

Nah panjatkan doa yang dilafazkan tersebut akan memberikan kemudahan, kelancaran , keselamatan, keberkahan hingga keridhoan Allah SWT dalam meraih mimpi.

Sejak awal mula diciptakannya manusia, Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW selalu senantiasa menyerukan bagi seluruh insan manusia untuk rajin belajar hingga waktu yang tidak terbatas baik itu ilmu agama maupun ilmu duniawi.

Hal ini sesuai dengan isi hadits yang diriwayatkan oleh Biihaqi yang menyatakan bahwa Rasullulah SAW bersabda: “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan. Jadilah engkau orang berilmu, atau orang yang menuntut ilmu, atau orang yang mau mendengarkan ilmu, atau orang yang menyukai ilmu.

Dan janganlah engkau menjadi orang yang kelima maka kamu akan celaka”. (HR. Al.Baihaqi). Agama islam merupakan agama yang besar sekaligus penyempurna seluruh aspek kehidupan manusia.

Nah, oleh karena itu Anda selalu dianjurkan untuk membaca doa-doa Al-Quran terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas kegiatan apapun, termasuk di dalamnya adalah ketika hendak belajar.

Tidak hanya sekedar doa sebelum belajar semata, namun sebagai pelajar, santri, siswa serta seorang pencari ilmu hendaknya selalu mematuhi adab-adab dalam menggali sebuah ilmu pengetahuan dan wawasan di lembaga pendidikan. Salah satu adab yang pertama dan utama yang dilakukan setiap insan manusia dalam menuntut ilmu adalah membaca doa sebelum belajar.

Lantas bagaimanakah bunyi doa sebelum belajar? Berikut ini adalah rangkuman mengenai doa sebelum belajar lengkap beserta latin dan artinya.

Tidak hanya itu pada kesempatan kali ini kami juga akan memberikan ulasan kepada pembaca yang budiman mengenai beberapa adab yang harus diperhatikan ketika menuntut ilmu. Tak perlu berlama-lama lagi, inilah penjelasannya untuk Anda.

Doa Sebelum Belajar Rodhitubillah

Doa Sebelum Belajar Rodhitubillah
http://www.wajibbaca.com
رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا
“RODLITTU BILLAHIROBBA, WABI ISLAMIDINA, WABIMUHAMMADIN NABIYYAW WARASULLA, ROBBI ZIDNII ILMAA WARZUQNII FAHMAA”
Artinya: “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasull. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”.

Selain lafaz bacaan doa diatas, ada beberapa doa sebelum belajar lainnya yang juga kerap digunakan sebagai doa ketika memulai aktivitas belajar.

Doa Sebelum Belajar Agar Diberi Kemudahaan

Doa Sebelum Belajar Agar Diberi Kemudahaan
http://www.nu.or.id

Meskipun sedikit ada perbedaan, namun maksud serta tujuan dari setiap makna yang tersirat dalam kalimat memiliki arti yang sama. Inilah doa sebelum belajar yang kedua yang jugs bisa Anda lafazkan dan hafalkan karena sanagt singkat sekali.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ
“ROBBI ZIDNII ‘ILMAN WARZUQNII FAHMAA, WAJ’ALNII MINASHSHOOLIHIIN”.
Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah akau ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh”.

Cara Memimpin Doa Sebelum Belajar

Cara Memimpin Doa Sebelum Belajar
http://manbaraka.blogspot.com

Cara guru membiasakan berdoa kepada siswa mungkin berbeda-beda. Ada juga yang berdoa dalam hati sambil menundukkan kepala, biasanya dilakukan pada semua kelas yang siswanya menganut agama dan kepercayaan yang beragam.

Tetapi yang lebih banyak adalah melafalkannya bersama-sama dengan suara keras, untuk memberikan latihan dan pembiasaan kepada siswa.

Meskipun dari bagaimana cara berdoa yang dipilih, bisa pastikan selama esensinya adalah merendahkan diri di hadapan Allah SWT dan memohon ridho dan keberkahan atas segala kegiatan belajar yang dilakukan, juga memohon pemahaman pada ilmu-ilmu yang dipelajari khususnya mulai masuk hingga pulang sekolah.

Adab-Adab Belajar atau Menuntut Ilmu

Adab-Adab Belajar atau Menuntut Ilmu
https://muslimah.or.id/

Wajib hukumnya bagi seorang siswa, murid, santri atau seorang penuntut ilmu menghiasi dirinya dengan adab serta akhlak yang mulia. Jikalau didasari dengan sebuah kemuliaan maka ilmu pengetahuan yang didapatkan juga akan berkah dan berguna bagi sesama, baik untuk dirinya sendiri maupun kepada orang lain.

Nah, berikut ini adalah beberapa adab-adab belajar atau menuntut ilmu yang wajib untuk Anda ketahui ketika melakukan aktivitas belajar atau menuntut ilmu.

Niat Karena Allah SWT

Niat Karena Allah SWT
http://asepsupriatna.com

Setiap kegiatan atau aktivitas yang didasari dengan sebuah niat yang ikhlas karena Allah SWT juga akan membuahkan hasil sesuai dengan harapan. Nantinya ilmu pengetahuan yang telah Anda dapatkan tersebut akan bermanfaat bukan untuk diri sendiri malainkan untuk orang sekitar dan orang lain.

Senantiasa Berdoa

Senantiasa berdoa
https://amazingfacts.id

Rasulluah SAW selalu menganjurkan insan manusia untuk membaca doa sebelum melakaukan aktivitas apapaun. Pun termasuk ketika hendak belajar atau menuntut ilmu, sebaiknya lafazkanlah bacaan doa sebelum belajar dengan ikhlas semata-mata hanya mencari keridhoan Allah SWT.

Bersungguh-Sungguh

Bersungguh-Sungguh
https://www.hidayatullah.com

Tidak hanya berdoa semata namun Anda juga harus berikhtiar dengan sungguh-sungguh. Supaya nantinya ilmu yang telah Anda pelajari dapat bermanfaat bagi sesama. Selain itu pupuklah rasa haus akan ilmu.

Bertaqwa Kepada Allah SWT

Bertaqwa Kepada Allah SWT
http://klikuk.com

Senantiasa menjauhkan diri maksiat dan dosa. Karena sejatinya dua hal tersebut mampu membuat marabahaya datang menghampiri

Supaya Ilmu Yang Diajarkan Terserap Sempurna Oleh Otak

http://ngudingilmu.blogspot.com/
http://ngudingilmu.blogspot.com/

maka upayakan untuk terus fokus dan memusatkan perhatian kepada guru yang sedang mengajar.

Hindari Berbicara Yang Tidak Berfaedah

Hindari Berbicara Yang Tidak Berfaedah
https://www.idntimes.com

Dalam aktivitas belajar yang sedang dilakukan. Pasalnya kegiatan ini akan mengganggu konsentrasi serta mengurangi jam belajar Anda.

Nah itulah penjelasan mengenai bacaan doa sebelum belajar lengkap dengan latin dan artinya yang dapat kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment