Bacaan Doa Niat Puasa | Arab | Latin dan Artinya

Bacaan Doa Niat Puasa – Niat adalah suatu keinginan yang berasal dari hati untuk melaksanakan sesuatu hal dan aktivitas tertentu. Sejatinya niat timbul dari dalam hati, namun tak jarang banyak orang yang melakukan niat melalui pelafazan atau pengucapan.

Nah, sama halnya dengan ibadah puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan yang tidak hanya di dasari dari lubuk hati namun ada bacaan doa niat puasa khusus yang dilantunkan ketika hendak berpuasa.

Dalam ajaran agama islam hukum melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan adalah wajib bagi seluruh insan manusia karena termasuk kedalam 5 rukun islam. Oleh karenanya sebagai umat muslim yang beriman harus senantiasa melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Selain puasa wajib di bulan Ramadhan, ada beberapa puasa-puasa yang memiliki hukum sunnah. Diantaranya seperti puasa sunnah rajab, puasa senin kamis, puasa sunat syawal, puasa asyura serta beberapa puasa sunnah lainnya. Nah, setiap puasa memiliki bacaan doa niat yang berbeda-beda serta arti dan keutamaannya masing-masing.

Maka dari itu, maksimalkan waktu seefisien mungkin untuk melaksanakan rangkaian ibadah puasa tersebut.
Nah, tenang saja bagi Anda yang belum mengetahui rangkaian bacaan doa niat puasa yang baik dan benar, berikut ini akan kami sajikan mengenai bacaan doa niat baik itu wajib maupun sunnah.

Pasalnya kedua macam puasa tersebut memiliki doa niat yang berbeda-beda. Penasaran bagaimana bunyi doa niat baik wajib maupun sunnah? Inilah penjelasannya untuk Anda.

Doa Niat Puasa Lengkap

Doa Niat Puasa Lengkap
https://zakat.or.id

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti oleh umat muslim, pasalnya pada bulan Ramadhan tersebut Allah SWT senantiasa melimpahkan berkah dan rahmat yang tidak terhingga kepada seluruh umat manusia.

Oleh karena itu pada bulan Ramadhan ini seluruh insan manusia di wajibkan untuk menjalankan puasa. Lantas bagaimana bunyi bacaannya ?

Doa Niat Puasa Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Doa Niat Puasa Latin

“NAWAITU SHAUMA GHODIN ‘AN ADAA’I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA’ALA”

Arti Doa Niat Puasa 

Artinya: “Saya niat berpuasa esuk hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”

Untuk pelafazan bacaan doa niat puasa ramadhan ini hendaknya di laksanakan ketika sebelum menjalankan ibadah puasa dipagi harinya. Pada saat setelah sholat tarawih atau pagi hari sebelum subuh dan sebelum imsyak dikumandangkan. Bunyi doa niat berpuasa memang terbilang sangat singkat dan simpel namun sejatinya memiliki arti dan makna yang luar biasa untuk mengawai puasa di pagi hari.

Doa Niat Puasa Senin Kamis

Doa Niat Puasa Senin Kamis
http://www.bersamaislam.com

Doa Niat Puasa Senin Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Doa Niat Puasa Senin Latin

“NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA”

Arti Doa Niat Puasa Senin

Artinya: “Saya niat puasa hari senin, sunnah karena Allah Ta’ala”

Nah, sedangkan untuk bacaan doa niat puasa sunnah hari kamis, Anda bisa mengubah kalimat “ITSNAINI” menjadi “KHOMIISI” yang artinya hari kamis. Arti serta makna yang terkandung dalam bacaan tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu ingin menjalankan ibadah puasa pada hari Senin dan hari Kamis semata-mata hanya untuk mendapatkan ridho dan pahala dari Allah SWT.

Keutamaan Menjalankan Puasa Ramadhan

Keutamaan Menjalankan Puasa Ramadhan
https://www.tongkronganislami.net

Sama seperti kebaikan-kebaikan lainnya, ada beberapa manfaat dan keutamaan yang didapatkan oleh seorang muslim tatkala menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Nah, berikut ini adalah beberapa keutamaan yang di dapatkan oleh seorang muslim

Merasakan Nikmatnya Bulan Ramadhan

Merasakan nikmatnya bulan Ramadhan
https://www.tongkronganislami.net

Sejatinya bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap muslim diseluruh penjuru dunia. Pasalnya pada bulan Ramadhan tersebut Allah SWT senantiasa memberikan berkah dan kemuliaan yang berlimpah kepada seluruh umatnya yang menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh.

Allah memilih bulan Ramadhan sebagai bulan penuh pengampunan atas segala dosa dan kekilafan manusia sebagai khalifah di bumi. Tak hanya itu saja namun pada bulan Ramadhan Allah juga akan menurunkan ayat suci Al-Quran atau yang disebut sebagai malam Lailatul Qadhar.

Berlimpahkan Ampunan

Berlimpahkan Ampunan
https://www.pictame.com

Menurut rasululluah SAW dalam firmannya mengatakan bahwa pada saat bulan Ramadhan Allah SWT senantiasa membelenggu seluruh setan-setan yang menjadi godaan manusia serta membuka pintu syurga selebar-lebarnya dan menutup pintu neraka serapat-rapatnya.

Oleh karenanya pada bulan Ramadhan ini sebagai umat muslim diwajibkan untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan serta mencari keberkahan serta hikmah dari Allah untuk menuju hari yang fitri.

Terdapat Malam Yang Penuh Dengan Kemuliaan

Terdapat Malam Yang Penuh Dengan kemuliaan
http://rumahtarbiyah.com

Saat bulan Ramadhan tiba Allah SWT memilih suatu malam yang lebih baik daripada malam seribu bulan untuk menurunkan Al-Qur’anul Karim atau biasa disebut sebagai Lilatul Qadar (malam kemuliaan). Biasanya malam kemuliaan tersebut hadir 10 hari menjelang berakhirnya bulan suci Ramadhan.

Demikianlah pembahasan mengenai bacaan doa niat puasa baik itu wajib maupun sunnah lengkap dengan latin dan artinya serta beberapa keutamaan yang didapatkan oleh seorang muslim tatkala menjalankan ibadah puasa yang dapat kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment