Memperoleh Pahala

Bacaan Doa Masuk WC Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Doa Masuk Wc – Allah SWT selalu menganjurkan seluruh insan manusia untuk memulai semua aktivitasnya dengan niat serta bacaan doa-doa Al-Quran terlebih dahulu.

Hal ini tak lain dan tak bukan bertujuan untuk melindungi diri dari hal-hal buruk serta meminta keselamatan kepada Allah dalam menjalankan urusannya.

Begitupun ketika hendak masuk kedalam wc atau jamban atau kamar mandi, Allah SWT senantiasa menganjurkan seluruh umatnya untuk melantunkan bacaan doa masuk wc terlebih dahulu.

Bukan rahasia umum lagi, bahwa wc merupakan tempat yang kotor dan najis karena selain dijadikan sebagai tempat tumbuh kembang kuman dan penyakit, wc atau kamar mandi juga merupakan tempat membuang hajat besar maupun hajat kecil.

Selain itu wc atau kamar mandi merupakan tempat berkumpulnya para setan. Nah, oleh karenanya Allah SWT melalui Rasullulah SAW menganjurkan seluruh umat muslim untuk melafazkan bunyi doa masuk wc terlebih dahulu sebelum melangkahkan kaki ke kamar mandi.

Bacaan doa masuk wc/kamar mandi cukup singkat dan simpel, sehingga memudahkan Anda untuk menghafalkan sekaligus mengamalkannya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai lafaz bacaan doa masuk wc lengkap dengan latin dan artinya sekaligus beberapa keutamaan yang diperoleh setiap muslim saat membaca bacaan doa masuk wc ketika hendak ke kamar mandi.

Lantas bagaimanakah bunyi doa masuk wc serta keutamaan-keutamaan yang didapatkan? Inilah penjelasannya untuk Anda.

Doa Masuk WC

Doa Masuk WC
https://www.tokopedia.com
اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ
“ALLOOHUMMA LINNI A’UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI”
Artinya: “ Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan perempuan.”

Bacaan doa masuk wc atau kamar mandi tersebut diatas hendaknya dilafazkan ketika akan masuk ke kamar mandi. Meskipun terbilang singkat dan sepele, namun makna serta kandungan dari bunyi doa masuk wc ini sangat mustajab untuk melindungi diri dari godaan syeitan laki-laki maupun perempuan pada saat membuang hajat di kamar mandi.

Doa Keluar WC

Doa Keluar Wc
http://www.wajibbaca.com
غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ
GHUFROONAKAL HAMDU LILLAAHIL LADZII ADZHABA ‘ANNIL ADZAA WA ‘AAFAANII
Artinya : “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”

Adab Sebelum Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Adab Sebelum Masuk dan Keluar Kamar Mandi
https://www.keepsoh.com

Sesudah mengetahui Doa Masuk dan Keluar WC, anda juga harus paham adab ketika berada di kamar mandi. Karena terkadang sebagian orang langsung masuk dan keluar kamar mandi tanpa memperhatikan adab.

Berikut adab-adab yang dapat anda lakukan:

1. Jika masuk ke kamar mandi hendaklah membaca بِسْمِ اللهِ agar ketika didalam kamar mandi terhindar dari gangguan jin

2. Berdoalah sebelum masuk ke kamar mandi dengan bacaan doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

3. Pada saat masuk kamar mandi, sebaiknya dahulukan lah kaki kiri terlebih dahulu karena kamar mandi merupakan tempat najis yang disenangi oleh syaitan

4. Pada saat masuk kamar mandi, gunakan alas kaki seperti sandal jepit

5. Ketika didalam kamar mandi, dilarang berbicara atau bernyanyi

6. Ketika didalam kamar mandi, dilarang membaca atau membawa ayat-ayat Al-Qur’an

7. Saat sedang membuang hajat seperti buang air besar atai air kecil, tidak boleh menghadap atau membelakangi kiblat, akan tetapi dengan arah menyamping. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaknya ia menyamping dari arah kiblat”. (HR. Al-Bukhari). Namun jika menyamping tidak bisa, maka arahkan selain arah ke kiblat

8. Tidak boleh mengucapkan atau menjawab salam dari kamar mandi

Hati-hati dengan najis, ketika selesai membuang air besar atau kecil, siram atau aliri sampai benar-benar bersih

9. Tidak boleh mengucapkan atau menjawab salam dari kamar mandi

10. Diharapkan untuk menutup kamar mandi agar tidak terlihat oleh orang lain

11. Ketika keluar dari kamar mandi, dahulukan lah kaki kanan sambil membaca do’a: غُفْرَانَكَ yang artinya “Aku meminta ampun kepadaMu”

Keutamaan Membaca Doa Masuk WC

Keutamaan Membaca Doa Masuk wc
https://www.islampos.com

Sebenarnya manfaat serta keutamaan membaca bacaan doa masuk wc atau kamar mandi ini sudah tertuang jelas dalam kandungan arti dari lafaz doa masuk wc tersebut diatas. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Terhindar Dari Godaan Jin dan Setan

Terhindar Dari Godaan Jin dan Setan
https://islami.co/

Sejatinya jin dan setan menyukai tempat-tempat yang kotor, lembab dan dipenuhi dengan najis hajat besar maupun hajat kecil. Seperti misalnya, wc, kamar mandi, toilet, jamban dll.

Meskipun kamar mandi yang Anda miliki sangat mewah dan bersih namun hal tersebut tak mengurungkan niat setan untuk menjadikannya sebagai tempat favorit, sebab kamar mandi merupakan tempat untuk membuang kotoran.

Nah, oleh karenanya supaya terhindar dari seluruh godaan setan laki-laki maupun perempuan maka Anda dianjurkan untuk membaca doa masuk wc terlebih dahulu. Dengan melantunkan bunyi doa masuk kamar mandi maka aurat tidak akan terlihat oleh jin maupun setan.

Walaupun setan dan manusia memiliki alam yang berbeda namun jika jin atau setan melotot melihat aurat Anda maka mereka bisa melakukan hal-hal buruk terhadap Anda.

Mengikuti Sunnah Rasullulah SAW

Mengikuti Sunnah Rasullulah SAW
https://ramadan.sindonews.com

Setiap hendak masuk ke kamar mandi Rasulluah SAW selalu melafazkan bacaan doa masuk kamar mandi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Hal ini semata-mata untuk meminta perlindungan kepada Allah dari godaan setan dan jin yang menyesatkan sekaligus hal-hal buruk saat berada di dalam kamar mandi

Memperoleh Pahala

Memperoleh Pahala
https://www.syahida.com

Segala perintah serta larangan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT selalu mendapatkan ganjaran yang setimpal atas apa yang telah dilakukan.

Seperti halnya saat Anda melafazkan doa masuk wc atau kamar mandi ketika masuk ke toilet, secara tidak langsung Anda sebagai umat muslim yang beriman sudah menjalankan perintah Allah SWT tatkala memasuki kamar mandi.

Nah, oleh karenanya Anda berhak mendapatkan ganjaran berupa pahala yang setimpal atas kebaikan yang telah dilaksanakan untuk diri sendiri.

Maka dari itu supaya bacaan doa masuk wc mampu menjadi amalan yang dapat menambah pahala sekaligus menambah pundi-pundi pahala diakhirat, maka laksanakan perintah Allah tersebut dengan baik dan ikhlas serta niat yang tulus semata-mata hanya untuk Allah SWT.

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan doa masuk wc atau kamar mandi lengkap dengan latin serta arti kandungan yang dapat Anda hafalkan dan amalkan dalam aktivitas sehari-hari.

Selain itu artikel ini juga membahas mengenai beberapa keutamaan yang diperoleh umat muslim yang senantiasa tak melupakan lantunan bunyi doa masuk wc atau kamar mandi ketika hendak menginjakkan kaki ke kamar mandi.

Nah, artikel ini diharapkan mampu memberikan Anda informasi sekaligus ilmu pengetahuan baru akan manfaat serta keutamaan yang didapatkan.

Bagi Anda yang belum hafal akan bacaan doa masuk wc semoga dengan adanya artikel ini mampu menuntun Anda untuk senantiasa menghafal sekaligus mengamalkannya.

Leave a Comment