Bacaan Doa Masuk Rumah Arab | Latin Dan Artinya

Bacaan Doa Masuk Rumah – Rumah merupakan istana bagi setiap manusia, maka dari itu keberadaannya bukan hanya untuk sekedar sebagai tempat tinggal semata. Namun dijadikan sebagai tempat berkumpul sekaligus berbagi kasih sayang dengan anggota keluarga lainnya.

Supaya rumah atau istana Anda selalu tersinari keberkahan dan rahmat oleh Allah SWT hendaknya bacalah doa terlebih dahulu sebelum masuk kedalam rumah. Oleh karenanya di sunnahkan bagi setiap umat muslim untuk membacakan bacaan doa masuk rumah terlebih dahulu sebelum melangkahkan kaki memasuki rumah.

Allah SWT senantiasa menganjurkan seluruh insan manusia untuk mengawali semua aktivitasnya dengan berdoa terlebih dahulu untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT agar senantiasa melindungi saat menjalankan segala aktivitas.

Tak jauh berbeda ketika Anda hendak masuk kedalam rumah, Allah SWT juga menganjurkan kepada seluruh umat manusia membaca doa dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar sebelum menginjakkan kaki di dalam rumah.

Meskipun hukumnya sunnah alangkah lebih baiknya jikalau anjuran dari Allah SWT yang disampaikan kepada umat islam melalui Nabi Muhammad SAW ini dilaksanakan degan baik dan maksimal.

Meskipun sepele, namun tahukah Anda bahwa kalimat bacaan doa ini memiliki makna yang sangat luar biasa. Tak hanya itu ada beberapa manfaat atau keutamaan lain yang didapatkan oleh umat manusia saat melafazkan bunyi doa ketika akan menginjakkan kaki di dalam rumah.

Diantaranya yaitu mendapatkan perlindungan Allah sehingga masih berada di jalan kebenaran-Nya. Selain itu bacaan doa ini juga membuat setan atau jin penunggu rumah menjadi tidak betah dan tidak nyaman berada di rumah Anda.

Bacaan doa ini sangat simpel, sehingga akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk menghafazkan sekaligus mengamalkannya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai doa masuk rumah lengkap dengan latin dan arti kandungannya kepada para pembaca yang budiman.

Selain itu pada artikel ini juga akan memuat mengenai beberapa adab yang harus diperhatikan seorang muslim ketika memasuki rumah. Lantas bagaimana bunyi bacaan doa tersebut? Inilah penjelasannya untuk Anda.

Doa Masuk Rumah Arab

Doa Masuk Rumah Arab
https://islamidia.com
بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا ، وَعَلَى اللهِ رَبَّنَا تَوَكَّلْنَا

Doa Masuk Rumah Latin

Doa Masuk Rumah Latin
http://www.nu.or.id
“BISMILLAHI WALAJNAA WA BISMILLAHI KHARAJNAA WA-ALALLAAHI RABBHINA TAWAKKALNAA”.

Arti Doa Masuk Rumah

Arti Doa Masuk Rumah
https://www.islamituindah.info
Artinya: “Dengan nama Allah kami masuk rumah, dengan nama Allah aku keluar rumah, serta kepada-Nya aku berserah diri.”

Bacaan doa tersebut merupakan lafaz doa yang diucapkan untuk rumah yang dihuni saja. Meskipun pada saat Anda memasuki rumah tidak ada orang lain selain Anda, namun rumah Anda bukanlah termasuk dalam rumah yang kosong.

Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk membaca doa ketika memasuki rumah kosong yang tidak berpenghuni atau sudah tidak di huni oleh pemiliknya selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Nah, ketika Anda masuk ke rumah kosong, bacaan inilah yang sunnah untuk Anda lafazkan.

Doa Masuk Rumah Kosong Arab 

Doa Masuk Rumah Kosong Arab 
https://rumaysho.com
اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Doa Masuk Rumah Kosong Latin

Doa Masuk Rumah Kosong Latin
http://mukminsolution.com
“ASSALAMU’ALAINAA WA ‘ALAA ‘IBAADILLLAAHIS SHOOLIHINA”.

Arti Doa Masuk Rumah Kosong

Arti Doa Masuk Rumah Kosong
https://www.sariphidayat.com
Artinya: “Hamba-hamba Allah SWT yang sholih”

Adab-Adab Memasuki Rumah

Adab-Adab Memasuki Rumah
https://muslimobsession.com

Meskipun Anda hendak memasuki kediaman sendiri, namun sebagai umat muslim yang beriman, Anda harus memperhatikan sikap serta etika saat masuk dalam rumah. Nah berikut ini adalah beberapa adab-adab atau etika yang harus diperhatikan saat memasuki rumah yang baik dan benar.

Mengetuk Pintu Dengan Tidak Terlalu Keras

Mengetuk Pintu Dengan Tidak Terlalu Keras
https://www.ceritamistis.com

Supaya tak mengganggu kenyamanan anggota keluarga lainnya, maka upayakan untuk mengetuk pintu secara perlahan. Pasalnya mengetuk pintu ini adalah suatu tanda pemberitahuan apabila ada tamu yang hendak berkunjung.

Mengucapkan Salam

Mengucapkan Salam
https://www.cahayaislam.id/

Nah, sebelum melafazkan doa awali dengan ucapan salam terlebih dahulu. Pasalnya salam merupakan suatu doa antara umat muslim yang sangat mudah sekali untuk diucapkan.

Membaca Doa Masuk Rumah

Membaca Doa Masuk Rumah
https://wahdah.or.id

Sesuai dengan anjuran Allah SWT untuk memerintahkan seluruh umat muslim mengawali segala kegiatannya dengan lantunan doa-doa dalam Al-Quran, termasuk di dalamnya ketika hendak masuk kedalam rumah.

Pastikan bahwa Anda sudah hafal serta membaca doa sebelum melangkahkan kaki ke pelataran rumah. Hal ini tak lain dan tak bukan adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan perlindungan saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Masuk Dengan Kaki Kanan Terlebih Dahulu

Masuk Dengan Kaki Kanan Terlebih Dahulu
https://gellsy.com

Nabi Muhammad SAW senantiasa menyerukan kepada seluruh umat muslim untuk mendahulukan bagian tubuh sebelah kanan ketika melakukan suatu kebaikan.

Meskipun hal tersebut tidak tercantum dalam hadits apapun, namun sejatinya Nabi Muhammad SAW senantiasa mengajak umatnya untuk melakukan hal tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai bacaan doa masuk rumah lengkap dengan latin dan arti kandungannya yang dapat kami informasikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Salam.

Leave a Comment