Bacaan Doa Masuk Masjid Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahannya

Bacaan Doa Masuk Masjid – Doa merupakan salah satu sarana yang paling mustajab untuk mendekatkan diri kepada sang Maha Pencipta. Allah SWT melalui perantaranya nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan kepada setiap umat muslim untuk selalu menyerukan doa ketika hendak mengawali suatu aktivitas sehari-hari pun ketika ia telah menyelesaikannya.

Termasuk ketika hendak masuk ke dalam masjid, Anda juga dianjurkan untuk membacaan bacaan doa masuk masjid secara baik dan benar dan melafazkan doa keluar masjid ketika aktivitas Anda di dalam masjid telah rampung.

Tak heran jikalau setiap umat islam selalu dianjurkan untuk melantunkan doa masuk masjid ketika handak memasuki masjid. Hal ini disebabkan karena masjid adalah rumah Allah SWT serta tempat suci yang digunakan sebagai tempat ibadah untuk umat islam.

Tak hanya itu masjid juga dijadikan sebagai tempat beribadah serta mendekatkan diri kepada Allah SWT saja namun juga kerap dijadikan sebagai sarana untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

Doa Masuk Masjid Sesuai Sunnah

Doa Masuk Masjid Sesuai Sunnah
https://www.sariphidayat.com

Meskipun doa masuk masjid ini sunnah untuk dilafazkan ketika memasuki masjid, namun kini memang banyak sekali sekolah yang gancar untuk mengajarkan doa-doa dalam menjalankan aktivitas sehari-hari kepada anak didiknya termasuk di dalamnya adalah lafaz bacaan doa masuk masjid.

Hal ini tak lain untuk mengajarkan kepada anak-anak generasi islam untuk selalu mengembangkan agama islam sehingga nantinya agama islam dapat memberikan manfaat untuk seluruh alam semesta melalui lantunan baacaan doa-doa ayat suci Al-Quran.

Ketika memasuki masjid melafazkan bacaan doa masuk masjid serta melantunkan doa keluar masjid ketika hendak keluar masjid merupakan adab yang baik dan wajib untuk diterapkan. Nah, berikut ini kami memiliki rangkuman mengenai bacaan doa masuk masjid lengkap dengan latin dan artinya yang sangat mudah sekali untuk dihafalkan dan diterapkan.

Doa Masuk Masjid Arab Dan Latin

Doa Masuk Masjid Arab Dan Latin
https://www.belajardoa.com
اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
“ALLAHUMMAF-TAHLII ABWAABA RAHMATIKA”
Artinya: “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

Rumah Allah SWT atau masjid merupakan salah satu tempat yang suci. Oleh karena itu selain wajib menghargai Anda juga harus menjaga nilai kesopanan tatkala berkunjung ke masjid.

Dianjurkan bagi setiap umat islam yang hendak bertandang ke masjid melalukan wudhu terlebih dahulu supaya terhindar dari hadas kecil dan kembali suci, sebab masjid adalah tempat suci agama islam untuk melaksanakan ibadah serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sebagai umat islam yang taat terhadap Allah SWT Anda tentunya tidak hanya paham terhadap lantunan bunyi doa masuk masjid yang baik dan benar semata, namun juga harus memperhatikan adab atau tata cara tatkala bertandang ke masjid atau rumah Allah SWT. Inilah beberapa adab yang yang wajib Anda perhatikan tatakala berkunjung ke masjid.

Adab dan Tata Cara Masuk Ke Masjid

Adab dan Tata Cara Masuk Ke Masjid
https://pondokislam.com

Mendahulukan Langkah dengan Kaki Kanan

Mendahulukan Langkah dengan Kaki Kanan
http://mazfijar.blogspot.com/

Menurut anjuran agama islam mengajarkan untuk mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu ketika memasuki masjid. Nah, pernyataan ini juga telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW yang juga menyarankan untuk menggunakan bagian tubuh sebelah kanan takala melakukan aktivitas yang baik-baik, seperti misalnya memasuki masjid.

Meskipun kutipan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu ketika memasuki masjid di dalam Al-Quran tidak tertera, tetapi ini merupakan anjuran Rasulluah SAW kepada seluruh umat islam.

Melafazkan Doa Masuk Masjid

Melafazkan Doa Masuk Masjid
https://www.republika.co.id/

Adab atau tata cara bertandang ke masjid selanjutnya adalah dengan melafazkan bacaan doa masuk masjid. Nabi Muhammad SAW juga telah mengajarkan doa khusus kepada umat islam tatkala memasuki masjid seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Pelafazan doa masuk masjid ini tak lain dan tak bukan adalah salah satu bentuk Anda dalam menghargai kesucian dari masjid sebagai rumah Allah sekaligus tempat ibadah.

Shalat Sunnah Dua Rakaat

Shalat Sunnah Dua Rakaat
http://www.wajibbaca.com

Setelah selesai melantunkan doa masuk masjid, maka sebelum duduk Anda dianjurkan untuk melaksanakan shalat tahiyatul masjid.

Shalat tahiyatul masjid merupakan sholat sunnah dua rekaat yang dilaksanakan sebelum melaksanakan sholat fardhu serta sebelum duduk di masjid. Oleh sebab itu pastikan bahwa diri Anda dalam keadaan suci ketika hendak berpergian jauh. Hal ini sangat penting apalagi ketika sedang berada di Mekkah dan hendak memasuki Masjidil Haram

Melantunkan Doa Keluar Masjid Serta Mendahulukan Langkah Kaki Kiri

Melantunkan Doa Keluar Masjid Serta Mendahulukan Langkah Kaki Kiri
https://www.keepsoh.com

Nabi Muhammad SAW tidak hanya menganjurkan untuk melafazkan bacaan doa masuk masjid saja namun ketika hendak keluar masjid seluruh umat islam juga dianjurkan untuk membaca doa keluar masjid serta melangkahkan kaki kirinya.

Demikianlah ringkasan mengenai bunyi doa masuk masjid lengkap dengan latin beserta artinya dan beberapa adab atau tata cara yang harus diperhatikan ketika mengunjungi tempat ibadah. Sebab selain memperlihatkan kesantunan dan kesopanan hal ini juga sebagai bentuk menghargai Allah SWT. Terima kasih.

Leave a Comment