Doa Masuk Kamar Mandi, Toilet, dan WC Lengkap

Doa Masuk Kamar Mandi Sesuai Sunnah

Bacaan doa masuk kamar mandi serta doa keluar kamar mandi ini merupakan doa yang sepele namun memiliki banyak sekali faedah dalam kehidupan sehari-hari. Kamar mandi atau WC merupakan tempat untuk membuang hajat besar dan kecil, selain najis kamar mandi atau WC juga tempat berkumpulnya setan dan iblis.

Oleh sebab itu, wajib bagi Anda untuk melafazkan bunyi doa masuk kamar mandi dengan baik dan benar supaya terhindar dari godaan setan. Tenang saja tak perlu khawatir sebab doa masuk kamar mandi serta keluar kamar mandi ini sangat singkat dan mudah sekali untuk dipraktekkan.

Lalu bagaimana bunyi bacaan doa masuk kamar mandi sesuai dengan anjuran nabi Muhammad SAW kepada umat muslim? Inilah ulasannya untuk Anda.

Doa Masuk Kamar Mandi Latin dan Arab

Doa Masuk Kamar Mandi Latin dan Arab

http://www.instazu.com

اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

“ALLOHUMMA INNI A’UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI” .

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran”

Sangat simpel bukan? Nah, sebelum melangkahkan kaki keluar dari kamar mandi atau WC Anda juga dianjurkan untuk melafazkan bunyi bacaan doa keluar kamar mandi sesuai dengan anjuran nabi Muhammad SAW kepada umat islam melalui ajaran agama islam. Berikut adalah bunyi doa keluar kamar mandi .

Doa Keluar Kamar Mandi Latin dan Arab

Doa Keluar Kamar Mandi Latin dan Arab

https://bagiinfo.com

غُفْرَانَكَ اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

“GHUFROONAKAL HAMDU LILLAAHIL LADZII ADZHABA ‘ANNIL ADZAA WA ‘AAFAANII”

Artinya: “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milih Allah SWT yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

Lantunan lafaz doa masuk kamar mandi serta keluar kamar mandi ini juga sudah diperkuat kembali melalui beberapa Hadist Riwayat Bukhari. Nah, dari situlah muncul beberapa adab sebelum masuk dan keluar kamar mandi atau WC.

Meskipun banyak masyarakat yang sudah mengetahui bacaan doa masuk kamar mandi namun tak jarang banyak orang yang langsung masuk dan keluar kamar mandi tanpa memperhatikan adab masuk kamar mandi yang baik dan benar.

Doa Masuk Kamar Mandi Sesuai Sunnah

Doa Masuk Kamar Mandi Sesuai Sunnah

https://panah.pro

Tata Cara Masuk Kamar Mandi

Tata Cara Masuk Kamar Mandi

http://mudaberiman.blogspot.com

Nah, oleh karena itu inilah beberapa informasi mengenai adab masuk kamar mandi yang dapat Anda lakukan.
Adab sebelum masuk dan keluar kamar mandi

1. Sebelum masuk ke kamar mandi hendaklah selalu mengucapkan bismillah. Melafazkan kalimat bismilah ini tak lain dan tak bukan untuk menghindarkan diri dari gangguan setan dan jin penunggu kamar mandi

2. Setelah itu berdoalah dengan melafazkan bunyi doa masuk kamar mandi yang baik dan benar sesuai dengan uraian tersebut diatas.

3. Karena kamar mandi atau WC adalah pusat untuk membuang hajat yang tentunya merupakan tempat yang najis dan disenangi oleh setan maka langkahkanlah kiki kiri terlebih dahulu.

4. Nah, sebenarnya adab masuk keluar kamar mandi harus menggunakan alas kaki berupa sandal jepit untuk menghindari sentuhan dengan najis secara langsung

5. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa sejatinya di kamar mandi tidak diperbolehkan bernyanyi serta bersuara. Namun justru kini banyak orang yang menjadikan kamar mandi sebagai tempat konser untuk bersenandung.

6. Selain bersenandung, Anda juga tidak diperbolehkan untuk melafazkan atau membawa ayat-ayat suci Al-Quran. Hal ini dikarenakan kamar mandi adalah salah satu ruangan yang terdapat banyak najis besar dan najis kecil serta dipenuhi dengan syitan dan jin.

7. Adab masuk dan keluar kamar mandi selanjutnya adalah dilarang untuk menghadap atau membelakangi arah kiblat ketika hendak membuang hajad besar maupun hajad kecil. Tetapi nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk mengarahkan tubuh kesamping.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang tertuang dalam Hadits Riwayat Bukhari yang mengatakan bahwa “Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaklah ia menyamping dari arah kiblat.” Tetapi jikalau terpaksa tidak bisa menyamping maka pilihlah arah yang tidak menghadap kiblat

8. Lafaz bismilah atau salam merupakan lantunan bacaan Al-Quran yang mulia dan indah, sudah sepantasnya untuk tidak mengucapkannya ketika sedang berada di kamar mandi. Jadi meskipun Anda mendengar kalimat salam Anda tidak diperbolehkan menjawabnya ketika sedang berada di dalam kamar mandi.

9. Supaya aurat tetap terjaga dan tidak terlihat oleh orang lain, maka upayakan untuk menutup serapat mungkin pintu kamar mandi. Nah menutup pintu kamar mandi ini juga salah satu adab selama di kamar mandi yang dianjurkan oleh Rasullulah SAW

10. Nah adab masuk dan keluar kamar mandi yang terakhir adalah melangkahkan kaki kanan ketika hendak keluar dari kamar mandi sembari melafazkan kalimat “GUFFRAA ‘NAKA” yang artinya “Aku meminta ampun kepada-Mu”

Demikianlah penjelasan singkat mengenai lantunan bacaan doa masuk kamar mandi serta adab sebelum masuk dan keluar kamar mandi yang wajib Anda ketahui. Semoga artikel dari kami memberikan manfaat untuk Anda. Terima kasih.

Leave a Reply