Bacaan Doa Keluar Rumah Terlengkap Berserta Latin dan Terjemahannya

Bacaan Doa Keluar Rumah – Tidak hanya dijadikan sebagai tempat tinggal, namun rumah juga dijadikan sebagai tempat beristirahat serta berbagi kasih sayang.

Oleh karenanya sebagai umat muslim yang beriman, Rasulluah SAW selalu menganjurkan kita untuk berdoa kepada Allah SWT dengan cara melafazkan doa masuk rumah serta melantunkan bunyi doa keluar rumah ketika hendak meninggalkan rumah.

Sama seperti ketika hendak masuk kedalam rumah, Nabi Muhammad SAW juga selalau menyerukan kepada seluruh insan manusia untuk melantunkan bacaan doa keluar rumah.

Hal ini dimaksudkan supaya pada saat akan meninggalkan rumah terhindar dari hal-hal yang buruk dan merujuk kearah dosa baik disengaja maupun yang tidak disengaja.

Salah satu keutamaan membaca doa keluar rumah ini adalah menghindarkan diri dari marabahaya serta meminta perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT saat melakukan aktivitas di luar rumah. Selain itu lafaz doa keluar rumah juga mampu dijadikan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Meskipun nampak sepele, namun doa keluar rumah ini sangat mustajab seperti doa-doa untuk memulai kegiatan dalam aspek kehidupan lainnya. Terlebih doa keluar rumah ini juga sangat singkat tentunya sangat mudah sekali untuk dihafalkan sekaligus di amalkan.

Lantas bagaimanakah bacaan doa keluar rumah sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW? Berikut ini adalah uraian singkat mengenai bacaan doa keluar rumah lengkap dengan latin serta arti kandungannya dan adab-adab yang wajib untuk Anda ketahui. Langsung saja, simak ulasan selengkapnya berikut.

Doa Keluar Rumah Sesuai Sunnah

Doa Keluar Rumah Sesuai Sunnah
https://islamidia.com
  • Lakukanlah sholat dua rakaat sebelum keluar rumah Dengan melakukan sholat sunnah dua rakaat termasuk perbuatan yang dapat membuat Anda terhindar dari kecemasan, kesulitan dan bencana. Hal ini berdasarkan kata-kata nabi:
  • “Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam.” HR. Al-Bazzar dalam sunannya
  • Membaca doa keluar rumah
  • Mengangkat pandangan ke langit ketika membaca doa keluar rumah
  • Keluar rumah dengan kaki kanan terlebih dahulu Setelah selesai membaca doa keluar rumah sesuai sunnah rossul dianjurkan dengan mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu. Karena kaki kanan untuk melakukan segala urusan yang baik termasuk petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Doa Keluar Rumah Latin Dan Artinya

Doa Keluar Rumah Latin Dan Artinya
https://bincangsyariah.com
بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ
“BISMILLAAHI TAWAKKALTU ‘ALALLOH LAA HAWLAA WALAA QUWWATA ILLA BILAAHI”
Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.”

Mudah dan simpel sekali bukan untuk dihafalkan? Sebagai umat muslim yang beriman dalam membaca sebuah doa hendaknya bukan hanya sekeder membaca semata, namun juga pahami dan resami setiap makna yang tersirat pada kata yang terucap.

Bila perlu amalkanlah arti kandungan dalam bacaan doa keluar rumah tersebut niscaya Allah akan memberikan berkah serta rahmad dalam setiap langkah aktivitas yang dikerjakan ketika diluar rumah.

Doa Keluar Rumah Untuk Mencari Rezeki

Doa Keluar Rumah Untuk Mencari Rezeki
https://www.dream.co.id

Pada saat keluar rumah, kita di wajibkan untuk berdoa agar memantapkan hati dan membuka harapan-harapan baru. Tentu saat keluar rumah kita dianjurkan untuk memohon keselamatan dari segala marabahaya di luar rumah.

Akan tetapi pada waktu rezeki lagi seret dan di kehidupan lagi sempit, ada baiknya kita menambahkan doa keluar rumah dengan doa yang diajarakan oleh Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA sebagai berikut.

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ
Bismillâhi ‘ala nafsî wa mâlî wa dînî. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.
Artinya, “Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan.”

Dengan doa ini, kita berharap kepada Allah untuk membuka pintu-pintu rezeki di luar rumah. Kita juga memohon kepada-Nya untuk memberikan ketenteraman batin kita di tengah kondisi kritis dalam hal finansial.

Riwayat ini dapat disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkarul Muntakhabah min Kalami Sayyidil Abrar, yang biasa disebut Al-Adzkar. (Alhafiz K).

Doa Keluar Rumah Untuk Bekerja

Doa Keluar Rumah Untuk Bekerja
https://candradewojati.com

Sangat penting sekali bagi kita untuk membiasakan diri berdoa ketika keluar dari rumah untuk suatu keperluan. Baik ketika keluar untuk bekerja atau keluar karena keperluan lain. Kita bertawakkal kepada Allah, kita serahkan semua urusan kita kepadaNya bulat-bulat, maka Dia akan mencukupkannya.

Inilah yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya yang mengajarkan doa ketika keluar dari rumah. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ: “بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ” قَالَ: « يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ. فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ
Artinya: “Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca (zikir):Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya),maka malaikat akan berkata kepadanya: “(sungguh) kamu telah diberi petunjuk (oleh Allah Ta’ala), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan)”, sehingga setan-setanpun tidak bisa mendekatinya, dan setan yang lain berkata kepada temannya: Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga (oleh Allah Ta’ala)?”

HR Abu Dawud (no. 5095), at-Tirmidzi (no. 3426) dan Ibnu Hibban (no. 822), dinyatakan shahih oleh imam at-Tirmidzi, Ibnu Hibban.

Mari kita amalkan doa keluar dari rumah di atas agar kita senantiasa dalam lindungan dan pertolongan Allah SWT. Amin.

Adab Keluar Rumah

Adab Keluar Rumah
https://www.bernas.id

Seperti halnya ketika memasuki rumah, saat hendak meninggalkan atau keluar rumah ada beberapa adab yang wajib Anda perhatikan. Setiap adab yang terlaksana akan memberikan hikmah tersendiri kepada setiap muslim yang melaksanakannya.

Oleh karena itu wajib bagi seluruh insan manusia untuk memperhatikan adab-adab keluar rumah yang baik dan benar guna menunjukkan bahwa Anda merupakan umat muslim yang berbudi dan baik. Inilah beberapa adab-adab keluar rumah yang wajib disimak dengan seksama.

Mengucapkan Salam

Mengucapkan Salam
http://klikuk.com

Wajib hukumnya bagi umat muslim mengucapkan salam kepada setiap orang ketika hendak meninggalkan rumah. Kalimat salam ini merupakan sebagai bentuk doa supaya Allah SWT senantiasa memberikan keselamatan dalam melakaukan segala aktivitas.

Membaca Doa

Membaca Doa
https://lifestyle.okezone.com/

Sama seperti aktivitas-aktivitas lainnya dalam setiap aspek kehidupan, melalui Nabi Muhammad SAW, Allah SWT menganjurkan untuk melafazkan bacaan doa keluar rumah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya ketika hendak meninggalkan rumah untuk beraktivitas.

Menutup Pintu Dengan Perlahan

Menutup Pintu Dengan Perlahan
https://jasaalumuniumkacajogja.com

Adab keluar rumah sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah dengan menutup pintu dengan perlahan.

Upayakan untuk tidak menutup pintu sembari berjalan, sebab akan menimbulkan suara yang cukup keras dan tidak masuk kedalam adab-adab keluar rumah yang baik dan benar.

Jika Menggunakan Kendaraan Hendaknya Berdoa

Ada berbagai transportasi yang kerap digunakan khalayak ramai untuk menunjang aktivitasnya, seperti transportasi umum atau kendaraan pribadi dan jenis transportasi lainnya.

Jangan lupa untuk melafazkan bacaan doa naik kendaraan yang baik dan benar. Hal ini dimaksudkan supaya Allah senantiasa memberikan kemudahan, keselamatan serta keberkahan hingga sampai ketempat tujuan.

Tidak Dalam Keadaan Marah

Hendaknya ketika ingin meninggalkan rumah atau keluar rumah jangan diiringi dengan perasaan marah, benci dendam dan amarah hati lainnya. Pasalnya hal tersebut tentunya akan berdampak buruk pada aktivitas yang sedang Anda lakukan.

Oleh sebab itu upayakan untuk menata hati dalam keadaan ridha supaya segala aktivitas yang dilakukan selalu berkah dan diberi kemudahan.

Menjaga Diri Dari Pekerjaan Yang Tidak Halal

Terkadang untuk mendapatkan uang banyak orang yang menghalalkan segala cara untuk meraihnya. Padahal Allah SWT selalu senantiasa melarang seluruh umatnya untuk mengerjakan pekerjaan yang haram, karena selain menimbulkan marabahaya, pekerjaan tersebut sejatinya tidak diridhoi dan diberkahi oleh Allah SWT. Oleh karenannya jagalah diri dari segala macam pekerjaan yang haram.

Keutamaan Doa Keluar Rumah

Keutamaan Doa Keluar Rumah
https://muslimah.or.id

Jika kita perhatikan, doa keluar rumah ini sangat pendek, sangat mudah diucapkan, namun mempunyai keistimewaan yang besar.

Anda bisa bayangkan, hanya dengan membaca doa ini, Anda bisa mendapatkan jaminan keamanan, jaminan kecukupan, berikut hidayah dari Allah. Yang semua itu merupakan sumber kebaikan dunia dan akhirat bagi hamba.

Hidayah adalah kebutuhan mutlak seorang hamba untuk bisa istiqamah di atas agama Allah, yang akhirnya akan mengantarkannya menuju kebahagiaan akhirat.

Kecukupan adalah sumber ketenangan seorang hamba ketika hidup di dunia, sehingga dia tidak kekurangan (lahir) atau merasa kekurangan (batin).

Perlindungan dari setan merupakan jaminan keamanan dari segala makarnya yang merupakan sumber kejahatan dan kerusakan bagi kehidupan dunia dan akhirat. Al-Munawi menulis satu penjelasan yang sangat indah dari Ath-Thibi tentang doa ini,

فإذ استعاذ العبد بالله باسمه المبارك فإنه يهديه ويرشده ويعينه في الأمور الدينية وإذا توكل على الله وفوض أمره إليه كفاه فيكون حسبه {ومن يتوكل على الله فهو حسبه} ومن قال لا حول ولا قوة إلا بالله كفاه الله شر الشيطان
Apabila seorang hamba memohon perlindungan kepada Allah melalui nama-Nya yang penuh berkah, maka Allah akan memberinya petunjuk, membimbingnya, dan menolongnya untuk dimudahkan dalam urusan agama. Apabila seorang bertawakal kepada Allah dan menyerahkan urusannya kepada Allah, maka Allah akan mencukupinya.
Dan karunia Allah yang mencukupinya, sebagaimana di ayat (yang artinya), ’Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka Dia akan mencukupinya.’ Sementara orang yang membaca laa quwwata illaa billaah,Allah akan lindungi dia dari kejahatan setan. (Faidhul Qadir, Al-Munawi, 5:123)

Demikianlah ulasan mengenai doa keluar rumah lengkap dengan latin serta arti kandungannya sekaligus adab-adab keluar rumah yang baik dan benar menurut anjuran Nabi Muhammad SAW yang dapat kami informaskan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment