Keutamaan Membaca Doa Bangun Tidur

Bacaan Doa Bangun Tidur Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Doa Bangun Tidur – Sama seperti hendak tidur, Rasullulah SAW juga menganjurkan seluruh umatnya untuk melafazkan doa bangun tidur setiap membuka mata. Oleh sebab itu, sebagai umat Rasullulah SAW yang beriman harus selalu menjalankan serta mengamalkan apa saja hal-hal yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Mengingat banyak sekali anjuran untuk membaca doa sebelum dan doa bangun tidur menandakan bahwa menjaga sebuah amalan itu sangat penting. Bahkan tak jarang melalui tidur mampu mengungkap suatu rahasia yang sering tersampaikan melalui sebuah mimpi.

Sama seperti bacaan doa sebelum tidur, doa setelah tidur juga terbilang sangat singkat dan mudah untuk dihafalkan. Namun meskipun demikian dalam setiap kalimat yang terucap menyimpan banyak manfaat serta keutamaan yang didapatkan.

Membaca bacaan doa bangun tidur ini merupakan salah satu sikap atau perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT karena telah diberikan kesempatan untuk beribadah sekaligus melihat indahnya dunia.

Walaupun terlihat sepele dan mudah sekali untuk dilafazkan, terkadang masih banyak umat muslim yang lupa atau engan untuk membaca doa bangun tidur ini. Padahal doa sebelum tidur serta doa setelah tidur merupakan amalan yang paling mudah didapatkan setiap umat muslim setiap harinya. Oleh karena itu Anda harus mengetahui bacaan doa bangun tidur yang baik dan benar.

Berikut ini kami akan menyajikan bacaan doa bangun tidur sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW beserta latin dan artinya.

Tak hanya itu, kami juga menyajikan rangkuman menarik untuk Anda seputar adab beserta keutamaan bangun tidur yang wajib untuk diketahui semua umat muslim. Lalu bagaimanakah bacaan doa bangun tidur serta adabnya itu? Inilah penjelasannya untuk Anda.

Doa Bangun Tidur

Doa Bangun Tidur Lengkap Arab, Latin, dan Artinya
http://sumsel.tribunnews.com

“ALHAMDULLILAHILLADZII AHYAANAA BA’DAMAA AMAATANAA WA ILAIHINNUSYUUR”

Artinya: “Segala puji bagi Allah Dzat yang menghidupkan kami setelah kami mati (tidur) dan kepada-Nya lah kami kembali.”

Jikalau ditilik dari kandungan artinya bacaan doa bangun tidur ini merupakan suatu perwujudkan rasa syukur kepada Allah SWT karena telah menghidupkan kembali dengan cara dibangunkan dari tidur.

Hal ini juga diperkuat lagi dengan adanya pernyataan yang diungkapkan oleh Imam Ghozali yang berisi: “Tidur itu menyerupai mati”. Oleh karena itu upayakan untuk selalu melafazkan bacaan doa bangun tidur setiap kali terbangun dari kegiatan tidur Anda.

Adab Bangun Tidur

Adab Bangun Tidur
http://www.pustakahanif.com

Menurut sumber terpercaya dari Hadits serta Kitab Salaf ada beberapa adab-adab bangun tidur yang harus diperhatikan setiap umat muslim ketika terbangun dari tidurnya. Berikut ini adalah adab bangun tidur yang wajib Anda ketahui.

1. Mengupayakan dengan khidmat dan ikhlas untuk melafazkan bunyi doa bangun tidur seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
2. Memantapkan atau mengi’tiqadkan hati untuk selalu berbuat baik hingga menjelang tidur lagi. Selain itu membesarkan niat untuk selalu bermanfaat bagi orang lain serta mencegah perbuatan buruk dan kerusakan hingga menjelang tidur.
3. Ada beberapa hadits yang menarangkan bahwa ketika bangun dari tidur maka cucilah tangan terlebih dahulu.
4. Bersiwak.
5. Apabila Anda tidak junub maka setelah membuka mata dan membaca bacaan doa bangun tidur Anda dianjurkan untuk melaksanakan mandi wajib serta berwudhu. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menghilangkan hadats yang menempel dalam tubuh sewaktu tidur.
6. Sebaiknya sebelum melaksanakan sholat subuh, lakukanlah solat sunnah terlebih dahulu.
7. Nah, adab-adab bangun tidur selanjutnya adalah membaca Doa Al Ma’tsur.

Keutamaan Membaca Doa Bangun Tidur

Keutamaan Membaca Doa Bangun Tidur
http://jambi.tribunnews.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk melafazkan doa bangun tidur secara khitmad sebelum melakukan aktivitas lainnya. Pasalnya selain menjadi perwujudkan rasa syukur ada beberapa manfaat dan keutamaan membaca bacaan doa bangun tidur yang didapatkan oleh umat muslim. Nah, inilah beberapa ulasan mengenai manfaat serta keutamaan membaca doa bangun tidur tersebut.

Bentuk Rasa Syukur

Bentuk Rasa Syukur
http://dakwahyu.com

Sama seperti sebelum tidur yang dianjurkan untuk membacakan doa terlebih dahulu untuk meminta perlindungan serta menyerahkan diri kepada Allah, Anda juga dianjurkan untuk membaca doa bangun tidur sebagai bentuk syukur kepada Allah karena telah diberikan kesempatan untuk beraktivitas dan beribadah lagi.

Sebagai Doa Sebelum Melakukan Aktivitas

Sebagai Doa Sebelum Melakukan Aktivitas
https://rukun-islam.com

Sama seperti aktivitas-aktivitas aspek kehidupan lainnya yang menganjurkan untuk memulai dengan lantunan doa-doa Al-Quran. Bacaan doa bangun tidur juga memiliki keutamaan sebagai doa sebelum melakukan aktivitas untuk mendapatkan kelancaran serta ridho dari Allah SWT.

Melapangkan dan Meringankan Pekerjaan

Melapangkan dan Meringankan Pekerjaan
http://portal.tahupedia.com

Setiap pekerjaan yang diawali dengan berdoa akan memberikan kemudahan dan keringanan untuk mengerjakannya sebab Allah selalu melapangan serta melapangkan jalan hambanya.

Hikmah Membaca Doa Bangun Tidur

Hikmah Membaca Doa Bangun Tidur
https://rumaysho.com

Melafazkan doa bangun pagi adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan sebagai hamba-Nya untuk mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Hal ini tidak sulit bukan untuk dilakukan? Kita hanya cukup membiasakan diri untuk memulai hari dengan membaca doa bangun pagi ini sebagai bentuk syukur kita.

Syukuri bahwa ketika pagi hari yang akan datang Allah masih memberikan kesempatan bagi kita semua untuk membuka mata, merasakan detakan jantung dan denyutan nadi, sehingga kita dapat menjalani kehidupan dan melakukan berbagai aktivitas. Maka pergunakanlah waktu hidup kita ini dengan bijaksana sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah.

Mari kita bersama-sama mengingat esensi dari bersyukur itu sendiri, bahwa bersyukur itu adalah menambah atau meningkatkan value, yaitu menambah atau meningkatkan value/nilai kehidupan kita setiap harinya; bertambah baik, bertambah taat kepada Allah, bertambah saleh dan salihah, bertambah semangat kita untuk beribadah, dll.

Dengan senantiasa bersyukur seperti itu insya Allah nantinya Allah akan menambah nikmat kepada kita. Aamiin Allaahumma Ammiin..

Nah, itulah mengenai bacaan doa bangun tidur, adab-adab serta keutamaan membaca doa bangun tidur yang dapat kami informasikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan menjawab pertanyaan Anda seputar bacaan doa tidur.

Leave a Comment