23+ Kumpulan Contoh Surat Resmi Fungsi dan Pengertian

Masih ingatkah dengan cara membuat contoh surat resmi ? Yuk, kita ulas lagi pelajaran sewaktu kita duduk di bangku SMP dan SMA. Tapi sebelum kita membahasnya lebih jauh, perlu kalian pahami terlebih dahulu apa itu surat resmi.

Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk memberi kabar kepada pihak sekolah, instansi dan perusahaan tempat anda bekerja. Prosedur dalam sebuah pemerintahan, instansi dan perusahaan memaksa kita untuk lebih disiplin dalam bekerja.

Disiplin disini ialah, harus mematuhi segal peraturan atau prosedur yang dibuat oleh perusahaan atau lembaga yang terkait. Maka dari itu ketika kita sedang sakit atau dalam keadaan sibuk, harus mengirim surat permohonan izin tidak hadir.

Contoh surat resmi memang sangat dibutuhkan dan diharuskan oleh perusahaan atau sekolah. Dan dari situ kita bisa dianggap disiplin karena rasa tanggung jawab, maka dari itu harus memberi kabar secepatnya.

Seringkali kita berhalangan hadir, bukan karena malas. Melainkan karena mendadak sakit, atau bermacam-macam alasan lainnya. Namun perusahaan atau kepemrintahan biasanya tidak mau tau anda sedang sakit atau bagaimana.

Makanya, solusi dari semua itu agar bisa di maklumi dan mendapatkan perhatian khusus dari pihak pemeberi izin. Inti dari durat resmi ini ialah sebagai alat informasi mengenai berbagai hal yang akan disampaikan.

Surat resmi ini bukan saja untuk memberi kabar sedang berhalangan hadir. Akan tetapi fungsinya masih banyak lagi yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti contoh, sebagai informasi untuk organisasi ataupun umum.

Memberi informasi kepada pihak-pihak yang dianggap penting diharuskan memakai bahasa yang resmi. Itulah yang dinamakan surat resmi, yang isinya penting atau izin dan pengumuman kepada pihak terkirim.

Meskipun di zaman sekarang sudah maju dan modern, bisa menggunakan handphone sebagai pesan singkat, akan tetapi tidak untuk yang berdifat formal. Kepentingan ini harus menggunakan surat resmi secara tertulis.

Surat resmi ini sangat mengutamakan bahasa Indonesia yang baik dan benar (jika ditulis dengan bahasa Indonesia) dan tentunya sopan dalam penulisannya. Karena surat jenis ini berbeda dengan surat pribadi.

Selain itu juga bisa kalian lihat penjelasan dan contoh dibawah ini. Berikut dengan pengertiannya, agar bisa lebih dipahami oleh semua orang yang sedang membutuhkan contoh surat resmi yang baik dan benar.

Semua jenis surat resmi ini sangat bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi penulis, karena penulissangat mengharapkan persetujuan dari sebuah permohonan izin kepada pihak terkirim.

Selain itu akan di pertimbangkan, apakah penerima surat memneri keputusan setuju atau tidaknya, melihat dari alasan piham pemohon. Nah, alasan-alasan seperti itu harus ditulis dengan sopan dan meyakinkan.

Agar mendapatkan persetujuan izin dari pihak yang mempunyai kewenangan. Setelah itu nanti kita akan menerima balasan melalui pesan singkat atau surat kembali. Agar diketahui oleh penulis atau pemohon.

Adapun beberapa ciri dari surat resmi ialah sebagai berikut:

  • Terdapat pembukaan yang dinamakan kop surat
  • Tanggal dan tempat asal surat tersebut dikirimkan
  • Salam hormat atau sapaan lain sesuai keyakinannya masing-masing
  • Uraian atau isi dari sebuah surat yang mengandung alasan
  • Memberi nama diri sendiri agar lebih dikenal atau diketahui oleh orang yang dituju
  • Tanda tangan dan nama penulis

Unsur-Unsur Surat Resmi

Unsur-Unsur Surat Resmi

http://www.mishba7.com

Ketika membuat surat resmi harus disesuaikan susunan serta bahasanya yang lebih sopan dan mudah dipahami oleh orang yang dituju. Secara detil, bagian-bagian yang terkandung dalam surat resmi ialah pembuka, isi dan penutup.

Dalam membuat surat resmi harus dengan susunan dan berupa unsur-unsur penting yang harus dicantumkan. Dengan begitu surat yang telah dibuat bisa lebih mudah dipahami oleh penerima dan semua pembaca.

Kop surat menjadi tanda pengenal yang sangat penting. Karena bisa menunjukan darimana asal surat tersebut dikirimkan. Dengan adanya kop surat, memudahkan orang mengenal dari lembaga, perusahaan atau pemerintahan mana.

Ciri-ciri dari tanda pengenal surat resmi ialah sebagai berikut:

  1. Kop/logo dari intansi,perusahaan tersebut
  2. Nama organisasi,perusahaan dan pemerintahan
  3. Alamat dari kantor tersebut
  4. Nomor telephone kantor
  5. Kode pos wilayah setempat dari pengirim

Terkadang ada juga yang tidak menggunakan kop surat, melainkan dengan nama lembaga,perusahaan atau pemerintahan saja. Itu secara prosedur tetap di sahkan, karena tidak semua surat resmi harus menggunakan kop.

Namun ada kalanya kop surat tidak disertakan dalam membuat surat resmi. Akan tetapi diwajibkan untuk memakai huruf kapital dan tebal serta rata tengah agar terlihat seimbang dan rapih.

Pengertian Surat Resmi

Pengertian Surat Resmi

https://slideplayer.info

Pengertian yang sebenarnya mengenai surat resmi ialah sebagai alat informasi yang ditulis secara jelas mengenai tanda pengenal dari pengirim, seperti nama lembaga, kop, tanggal, tempat da nisi serat pentup yang ditulis dengan bahasa sopan.

Pengertian lain tentang surat resmi ialah, sebagai informasi dimana surat itu di jadikan sebuah alat untuk menentukan keputusan dalam segala hal. Atasa segala permohonan dan pertimbangan yang telah dilaluinya.

Fungsi Surat Resmi

fungsi surat resmi

https://contohsuratindonesia.com

Surat resmi ini berfungsi sebagai alat informasi dimana sebuah permohonan akan ditentukan dari keputusan yang memiliki kewenangan. Selain itu juga sebagai kepentingan pribadi untuk orang yang dianggapnya penting.

Terkadang bisa juga sebagai arsip penting bagi perusahaan, instansi dan kepemerintahan. Karena dijadikan sebuah dokumen penting untuk keperluan yang akan datang, jika dibutuhkan kembali.

Menjadi tahap awal dalam sebuah perbincangan yang sudah direncanakan, yang manakala akan di musyawarahkan jika sudah melalui rapat kelembagaan, pemerintahan dan rapat perusahaan.

Kepentingan atau fungsi dari surat resmi tersebut bisa sangat luas. Bisa untuk kepentingan individu ataupun golongan. Tergantung kebutuhan dari diri kita sendiri. Seperti contoh surat lamaran kerja, surat panggilan tertentu, bantuan dana permohonan kepada pihak yang dituju.

Jenis – Jenis Surat Resmi

Jenis - Jenis Surat Resmi

http://ujiansma.com

  1. Surat permohonan, adalah satu jenis surat resmi yang sering kita ketahui ialah surat permohonan berhalangan hadir di sekolah atau kerja.
  2. Surat panggilan, ialah salh satu jenis lain dari surat resmi ialah surat panggilan orang tua wali atau yang kita kenal sebagai (SP), jika anak kita sudah terlalu sering tidak masuk sekolah tanpa kabar.
    Dan bisa juga karena mendapatkan masalah disekolah, yang mengharuskan memanggil orang tuanya untuk membahas dan memberitahu bahwa anaknya bermasalah.
  3. Surat kuasa, adalah surat yang dimana menjadi hak seseorang untuk memegang kendali dari sebuah tanggung jawab orang lain kepada kita.
  4. Surat keputusan, adalah surat dimana sebuah pertimbangan yang cukup matang untuk menentukan jawaban dari surat yang telah dikirim oleh pengirim untuk kita.
  5. Surat pernyataan, adalah surat yang ditulis atas kesiapan dalam bertanggun jawab jika sesuatu hal terjadi lagi atau terulang kembali, maka penulis membuat pernyataan tersebut.
  6. Surat bantuan dana, surat ini biasanya mencari donator atau seseorang yang akan menyumbangnya untuk keperluan kemanusiaan atau kepentingan bersama.
  7. Surat edaran, ialah surat yang digunakan untuk kepentingan dalam sebuah informasi umum atau bersifat publikasi.
  8. Surat undangan/panggilan, jenis surat ini masih dalam bentuk atau sifatnya panggilan. Namun dalam bentuk undangan seperti resepsi pernikahan teman atau kolega yang mengundang kita untuk hadi di acaranya tersebut.

Penutup Surat Resmi

Penutup Surat Resmi

https://magazine.job-like.com

Biasanya dalam membuat surat ini diharuskan dengan bahasa sopan dan mengucapkan terima kasih atas segala waktu dan perhatiannya. Agar terlihat lebih resmi dan sopan terhadapap seseorang yang dimintai permohonan.

Semua orang terkadang menyepelekan di akhir penutup surat, entah itu sengaja atau tidak di sengaja meninggalkannya. Dan ada lagi yang menulisnya, namun terlihat lebih asal-asalan menjadikan surat itu kurang sopan dan pantas.

Seperti contoh dibawah ini.

Contoh Yang Benar

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terima kasih

Demikian surat ini, atas perhatian dan partisipasinya kami mengucapkanhatur nuhun.

Contoh Yang Salah

Demikian surat ini, sekian dan terima kasih
Sekian surat dari kami, atas bantuannya terima kasih

Cara Membuat Surat Resmi

Cara membuat surat resmi

https://www.suratresmi.net

Contoh diatas sudah menjelaskan secara rinci dan lengkap. Maka seharusnya kita sudah paham untuk membuatnya, karena sudah tersedia susunan yang baik dan benar berikut dengan pengertiannya.

Tidak usah repot-repot untuk mencarinya, karena sudah disiapkan untuk kepentingan anda sesuai keperluan anda sebagai permohonan, panggilan, bantuan dana, organisasi ataupun surat perintah dari pemerintahan.

Kali ini akan saya lampirkan beberapa contoh surat resmi ialah sebagai berikut:

PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG
DINAS PERTAMANAN DAN KEINDAHAN LINGKUNGAN
Jl. Raya Penghijauan alam. Kecamatan Batu alam. Telp. 123456789

Tangerang, 20 Oktober 2013
No : 020/SKB/12/2013
Lampiran : –
Perihal : Pemberitahuan
Yth. Kepala Desa Tangerang
Di
Tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan kebersihan lingkungan agar semakin indah dan bersih, diharapkan bantuan tenaganya kepada seluruh masyarakat setempat untuk membuat ruang terbuka hijau.

Mengingat pentingya kesehatan dari sebuah kebersihan lingkungan menjadi sumber utama dalam kebutuhan sehari-hari. Maka dengan ini mengajak seluruh masyarakat untuk bergotong royong dalam mengerjakan kebersihan dan keindahan.

Yang inshaa Allah akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Selasa, 20 Oktober 2013
Pukul : 08.00 s.d. 13.00 WIB
Tempat : Tangerang Selatan
Acara : Kebersihan dan keindahan lingkungan
Demikian surat ini kami sampaikan, atas waktu dan partisipasinya kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih.

Bupati Tangerang

 

 

Abdul Rahman, S.Pd.

Contoh Surat Undangan Rapat Perusahaan

Contoh Surat Undangan Rapat Perusahaan

https://www.suratresmi.net

ORGANISASI KEMANUSIAAN
Jl. Ahmad Yani no. 12 Purwakarta. Telp/Fax: 021-123456 Email:[email protected]
Nomor : 010/OK/MB/IV/2013
Lampiran : –
Hal : Undangan Rapat Keanggotaan

Yth.
Bpk. Udin Parti, S.kom
Tokoh masyarakat Kubang gading
Di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan adanya acara Maulid Nabi, dengan ini kami memberitahukan akan diselenggarakannya acara tersebut, yang membutuhkan saran dan pendapat dari Bapak Udin parti ini untuk memantapkan acara tersebut.

Yang inshaallah dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Senin, 18 Januari 2013
Waktu : 09.00-14.00
Tempat : Aula Masjid Agung Pusaka

Dengan datangnya surat ini kami sangat berharap kehadiran Bapak/Ibu untuk bisa saling membantu persiapan dari segala tempat, kebersihan dan fasilitas.

Maka dari itu surat ini digunakan sebagai undangan rapat bersama di Aula Masjid Agung Pusaka.

Mengingat pentingnya acara ini, kami mengharapkan kehadiran dari Bapak/Ibu sekalian, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Purwakarta, 18 Januari 2013
Hormat kami,

 

 

Ahmad Gandi
(Direktur)

Leave a Reply