31+ Kumpulan Contoh Surat Pribadi Singkat dan Panjang Untuk Sahabat, Saudara, Orang Tua Dan Guru

Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang contoh surat pribadi untuk sahabat, guru, teman dan pacar. Sebelum membuat surat tersebut, alangkah baiknya kalian pahami dulu apa yang di maksud dengan surat pribadi.

Jika di sederhanakan, surat adalah media informasi yang ditujukan kepada seseorang untuk menyampaikan maksud dan tujuannya. Surat ini berbeda dengan surat dinas yang memakai bahasa yang resmi.

Melainkan memakai bahasa bebas sesuai yang kita mau dan mudah di baca oleh kedua pihak, entah itu dengan bahasa sunda, jawa, padang dll. Semua bisa di ekspresikan dengan bahasa masing-masing.

Unsur daripada sistematika surat pribadi umumnya berisi pendahuluan, uraian dan juga penutup, semua itu menjadi bagian kerangka dari surat pribadi yang sering kita lihat dan buat untuk kepentingan secara pribadi.

Banyak contoh surat pribadi yang perlu kalian pahami, agar bisa mengerti satu persatu fungsi dan kegunaannya. Salah satunya ialah seperti surat dinas pemerintah, sekolah, negosiasi dan perusahaan swasta.

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat / Teman

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Teman

https://www.juraganles.com

Indramayu, 11 Juni 2019
Untuk, Joko Sujarwo
Di Tangerang -Banten

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo sahabatku, apakabar? Semoga kamu dalam lindungan Allah SWT. Sudah sekian lama tak jummpa denganmu, serasa hati ini rindu ingin bertemu. Kapan-kapan atur jadwal dong biar bisa ketemu. Sehubungan aku juga bulan depan di pindah tugaskan ke Tangerang. Mampir ya di kantor ku.

Menurut kabar dari teman-teman, kamu sekarang udah sukses ya Wo? Tgl 24 Agustus saya pindah ke Tangerang Wo, main ya, ke tempat kerjaku, saya ingin berbincang-bincang denganmu.

Sudah 20 tahun semenjak lulus SMA kita gak pernah ketemu lagi ya Wo. Senang dengarnya kamu sudah sukses menjadi pengusaha besar. Semoga bisnismu semakin lancar dan maju ya. Awas jangan lupa traktir ya hehehe.

Kalau saya sendiri kabarnya Alhamdulillah baik dan sekarang sedang disibukkan dengan tugasku sebagai Polisi. Akhirnya saya jadi polisi juga ya Wo, padahal dulu sering cerita sama kamu, kalau saya inginnya jadi Dokter, Cuma bapakku ingin saya mengikuti jejaknya.

Akhirnya yang dulu aku takutkan malah terjadi hehehe, dulu saya takut jadi Polisi, takut tertembak, eehhhh sekarang jadi Polisi juga ya Wo heeheh. Menurut kabar burung si Sony juga katanya sudah sukses menjadi pengusaha timah loh.

Dia tinggal di Jakarta, namun dia lebih sering tinggal di tempat kerjanya. Dan bahkan katanya sering pindah-pindah tempat kerjanya itu. Istri anaknya tinggal di Jakarta. Dia sudah punya anak 3 loh Wo.

Hahaha kalo ingat dulu kita sering bepergian bertiga, nakal-nakalan di jalan ya. Masa-masa muda itu bikin saya teringat kalian semua yang selalu menjadi sahabat baikku disaat susah sampai saya bisa sukses sekarang ini berkat kalian semua.

Terima kasih ya Wo, kalian semua memang sahabat yang baik. Andai aku bisa membalas jasa-jasa kalian semasa saya masih jadi pengangguran. Dan kini menjadi orang yang berguna berkat kalian.

OK lah, sekian surat ini saya berikan untuk sahabatku yang jauh disana. Semoga di lain waktu kita dapat berjumpa untuk berbincang-bincang lebih dalam lagi ya Wo. Dibalas ya suratku ini, awas jangan sampai lupa.

Sahabatmu,

 

 

Warto Suwiryo

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

http://www.mikirbae.com

Guru adalah orang tua kedua setelah Ibu dan Bapakku , Mereka mendidik dan mengawasiku di sekolah, bahkan diluar rumah. Mereka memiliki jasa yang tak ternilai harganya. Maka dari itu alangkah baiknya kita kenang jasa para pahwan tanpa tanda.jasa.

Berikut ini akan saya lampirkan beberapa contoh surat pribadi untuk guru dengan bahasa dan cara penulisannya:

Subang, 13 Oktober 2012
Kepada Bapak Boni Mardiansyah, SE
Di Padang

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Apa kabar Pak? Saya Samsul, salah satu anak didik Bapak yang dulu sangat nakal dan susah diatur. Semoga Bapa masih dalam lindungan Allah SWT.

Untuk kesempatan kali ini saya kirimkan surat ini sebagai ungkapan rasa rindu saya kepada Bapak yang telah saya anggap sebagai orang tua saya sendiri.

Sebelumnya saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak yang selama ini telah mendidikku hingga menjadi sukses seperti sekarang ini. Saya tidak akan pernah melupakan jasa-jasa dan kebaikan Bapak kepada saya.

Semoga di lain waktu kita bisa bertemu untuk berbincang-bincang lebih lama lagi. Selain rindu kepada Bapak, saya mengirimkan surat ini untuk memberi kabar bahwa sekarang saya sudah menjadi Guru seperti profesi Bapak yang begitu mulia.

Dan saya di tugaskan di Padang, yang kemungkinan bisa sering bertemu, karena sekolahan yang saya akan mengajar itu jaraknya tidak begitu jauh dengan sekolahan Bapak, Saya di Kampung Lesun SMKN 1 Padang.

Pak Boni, menjadi salah satu guru yang menginsppirasi saya untuk tetap belajar agar mnjadi orang yang sukses dan berguna. Terbukti hingga saat ini saya bisa berdiri seperti ini karena semangat dari Bapak yang selama ini mendidikku.

Sekian surat dari saya, semoga Bapak disana sehat-sehat saja dan selalu diberi kemudahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Salam hormat,

 

 

Samsul Yusuf

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

https://ridwan-nagrak.blogspot.com

Mengirim surat untuk orang tua biasanya disaat ada keperluan mendadak sebagai media informasi dan juga rasa rindu yang menggebu. Dan memungkinkan harus memakai surat sebagai ungkapan rasa rindu tersebut, karena tidak bisa bertemu.

Surat ini biasanya diberikan saat anaknya sedang pergi jauh atau merantau. Karena tidak sempat untuk pulang kamopung ataupun bertemu. Cara ini dilakukan oleh semua orang yang sedang sibuk karena pekerjaan.

Berikut ini akan saya lampirkan contoh surat pribadi untuk orang tua sebagai alat komunikasi yang masih sering dipergunakan sebagaimana mestinya yaitu:

Semarang, 10 September 2012

Kepada Ibu dan Bapak
Di Sukabumi

Assalamualaikum wr. wb.

Apa kabar Ibu dan Bapak? Semoga masih dalam lindungan Allah SWT. Kabarku disini baik-baik saja, sehat walafiat.

Bu, Liburan di bulan depan sepertinya Nanda tidak bisa pulang, karena mendadak ada rapat penting dan bertemu dengan kolega dari beberapa perusahaan lain. Nanda minta maaf tidak bisa menemani ibu pergi berlibur.

Tapi ibu jangan khawatir, setelah ini Nanda mendapatkan cuti panjang, karena Nanda sudah meminta izin kepada atasan agar bisa mengambil cuti lebih dini. Kurang lebih satu bulan Nanda akan libur di kampung dan kita akan sama-sama lagi.

Pesanku, Ibu jangan terlalu larut tidurnya, Bapak juga harus lebih mengutamakan istirahatnya, karena jika tidak, nanti penyakitnya kambuh lagi. Doakan anakmu sukse ya Bu, Pak. Tunggu anakmu pulang dengan segudang prestasi..

Sekian surat dari Nanda, agar sekiranya Ibu dan Bapak bisa memaklumi. Jaga kesehatan kalian disana. Assalamualaikum wr. wb.

Anakmu,

 

 

Nanda Halimah

Contoh Surat Pribadi untuk Saudara

Contoh Surat Pribadi untuk Saudara

https://ekspektasia.com

Sebagai saudara, biasanya saling merindukan hal-hal yang sering dilakukan bersama saat bermain atau bekerja. Semua itu dilakukan hampir setiap hari atas kedekatannya sebagai saudara. Entah itu sekandung, sepupu ataupun saudara ipar.

Akan merasakan rindu ketika sedang berjauhan, pasalnya seseorang yang lama tak jumpa pasti ingin bernostalgia dengannya, sekalipun itu hanya teman. Apalagi saudara, yang jelas memang lebih dekat hubungannya dibandingkan dengan teman-temannya.

Berikut ini akan saya lampirkan contoh dan penulisan surat untuk saudara ialah:

Bandung, 24 September 2012

Untuk Kakakku tercinta
Di Palembang

Assalamualaikum wr. wb.

Halo abangku tercinta, bagaimana kabarmu disana. Semoga masih dalam lindunganNya. Adikmu disini dalam keadaan sehat walafiat, dan tentunya sehat bugar doooong. Kan masing sering olah raga. Itukan kebiasaan kita sewaktu kecil heheh.

Dengar-dengar Kakak sudah mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari seblumnya. Dan konon katanya kakak sudah naik jabatan sebagai Manajer di perusahaan tempat Kakak bekerja. Mila senang dengarnya Kak.

Semoga apa yang di cita-citakan Kakak berhasil dan di mudahkan segala urusannya. Amin ya Rabb.

Mila disini sedang dalam pendidikan Kepolisian Jambi Ka. Sebentar lagi Mila akan lulus dan kemungkinan di tugaskan di Palembang dekat tempat Kakak bekerja. Insha Allah nanti Mila sering mampir ke tempat Kakak bekerja.

Terkadang Mila teringat waktu kita berlibur di puncak dengan keluarga pada saat itu, rasanya ingin sekali liburan kembali dengan kalian. Keseruannya membuat kehangatan dalam sebuah hubungan keluarga besar kita.

Satu lagi, Kakak dapat salam tuh dari Monica, Kata Ibu, Kakak secepatnya menikah, jangan menunggu lebih lama lagi Ka, Mila juga pengenkan gendong Keponakan yang lucu. Sukses selalu ya Ka, semoga dimudahkan urusan rezeki dan jodohnya, Amin.

Semoga di tahun depan Kakak masih diberi kesehatan ya Kak, agar kita bisa berkumpul kembali dan berliburan seperti biasanya. Sekian sudah surat ini Mila berikan, semoga Kakak diberi kesehatan dan dilancarkan segala urusannya. Amin…

Wassalamualaikum wr. wb.

Adinda Mila

 

 

Mila Rachmawati

Contoh Surat Pribadi Resmi

Contoh Surat Pribadi Resmi

http://heart.impulsar.co

Jakarta, 20 Mei 2018

Untuk Hani Mardani
Di Tempat

Assalamu’alaikum

Hai Hani. Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat. Akupun sama masih dalam kondisi yang sehat walafiat. Dengan datangnya surat aku ingin menyampaikan bahwa 3 hari lagi akan Wisuda di Kampus Universitas Indonesia.

Aku berharap kamu bisa datang untuk mengikuti sesi pemotretan sekalian ingin berbincang-bincang dengan kamu. Aku sangat rindu sama kamu Han. Datanglah untuk yang terakhir kalinya, karena aku tidak tahu masih lama atau tidak di Jakarta.

Karena orang tuaku ingin aku pulang kampung, setelah pendidikanku selesai dan mencari pekerjaan disana. Aku tidak tahu disini tinggal berapa hari lagi. Dengar-dangar kamu sekarang sudah menjadi Bidan ya? Selamat ya Han, akhirnya cita-citamu tercapai.

Sementara ini aku masih berkemas-kemar untuk mempersiapkan pulang k kampung dan sekalipun ingin menyiapkan diri sebagai tenaga medis di Puskesmas kampungku. Sekian sudah surat ini aku sampaikan. Semoga kamu sehat dan dimudahkan segala urusannya. Amin..

Wassalamu’alaikum

Sahabatmu,

 

 

Feni Anjani

Demikian sudah surat resmi yang penulis buat, agar bisa bermanfaat untuk pembaca semua. Jika ada salah-salah kata dalam penulisan nama tokoh, tempat dan pembahasan.

Agar bisa dimaklumi, karena contoh-contoh surat ini dibuat semata-semata hanya untuk berbagi ilmu.

Saran dan kritiknya sangat diharapkan untuk menambah kelengkapan data dan uraian dari penulis. Karena penulis merasa bahwa artikel ini masih jauh dari kata sempurna.

Leave a Reply