22+ Kumpulan Contoh Surat Izin Sekolah, Kuliah, Kerja Dengan Mudah Membuatnya

Hallo kawan kali ini kita bertemu lagi. Apa karena kalian ? Semoga masih dalam kondisi yang prima, alias sehat wal afiat. Untuk kali ini akan menjelaskan tentang beberapa contoh surat izin yang baik dan benar.

Sebelum membahasnya lebih jauh lagi, ada baiknya kita pahami dulu apa itu surat izin?. Mungkin nama ini terdengar sudah tidak asing lagi, yang sering mendengarnya. Akan tetapi tidak semua orang bisa mengetahui surat izin tersebut.

Karena terkadang ada yang hanya mendengarnya, tetapi tidak paham untuk membuatnya. Maka dari itu disini akan dikupas tuntas semuanya agar kalian bisa benar-benar memahaminya, bukan sekedar hanya mendengarnya.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh surat izin yang sering kita jumpai yaitu:

  1. Surat izin tidak masuk sekolah
  2. Surat izin tidak masuk kerja
  3. Surat izin usaha perdagangan SIUP
  4. Surat izin kegiatan tertentu

Yang pertama ialah surat izin tidak masuk sekolah: Surat ini sudah taka sing lagi terdengar di telinga, pasalnya surat ini sering kita buat atau membuatkan untuk adik, saudara dan anak kita yang sedang berhalangan hadir karena sakit.

Jika kita tidak memberi surat ini, maka siswa yang tidak masuk akan tercatat alfa. Nah, yang di khawatirkan ialah jika anak kita sakit lebih lama, tanpa memberitahu kepada gurunya. Maka akan mendapatkan surat penggilan orang tua atau SP.

Jika sudah SP 1 sampa 2, maka sudah dipastikan anak kita akan dikeluarkan dari sekolahan tersebut. Maka dari itu, fungsi dari surat ini untuk memberi kabar agar tidak diberi SP oleh guru atau pihak sekolahan.

Apalagi jika sedang ujian nasional berlangsung, maka perlu dengan segera mungkin untuk membuatnya surat izin tidak masuk sekolah karena sakit. Karena jika tidak, maka yang di khawatirkan tidak bisa lulus.

Namun jika kita sebagai orang tua sudah membuatkan surat, pasti ada perhatian khusus untuk anak kita dan akan diberi ujian susulan, agar tetap mengikuti meskipun sudah tertinggal.

Jadi fungsi daripada surat izin tersebut ialah sebagai alat permohonan agar harap di maklum karena sedang sakit dan minta perhatian khusus untuk siswa tersebut. Dan agar mendapatkan kesempatan untuk tetap mengikuti ujian susulan.

Yang kedua ialah surat izin tidak masuk kerja: Surat ini sering digunakan oleh sebagian orang yang bekerja di beberapa perkantoran atau perusahaan yang ternama. Sehingga kedisiplinannya sangat dibutuhkan.

Biasanya surat ini dibuat semata-mata untuk memberi informasi kepada pihak yang terkait, seperti HRD,Personalia, Manajer ataupun Direktur Utama di perusahaan tempat anda bekerja.

Karena jika tidak memberikan surat izin tidak masuk kerja, entah itu sakit atau berhalangan hadir karena ada urusan penting, maka akan dikenakan SP1.

Jika hal itu di biarkan saja hingga kemudian jatuh sakit, tanpa memberi kabar lagi, Maka akan turun SP2. Setelah itu riwayat lah nasib kita akan di DO (Drop Out) oleh Manajer.

Maka dari itu sesegeralah memberi kabar, jika anda memang sedang sakit, karena dengan surat izin tersebut anda akan terselamatkan dari kemungkinan di pecat oleh perusahaan dimana tempat anda bekerja.

Yang ketiga ialah surat izin usaha perdagangan SIUP: Surat ini sering kita dengar, namun tidak semuanya orang pernah membuatnya, karena hanya orang-orang tertentulah yang mempunyai surat izin ini.

Surat izin biasanya dimiliki oleh seseorang yang akan membuka usaha di tempat manapun, diluar kota maupun dalam kota. Semua ada prosedurnya untuk di akui sebagai pemilik usaha yang sah menurut hukum.

Ketika kita sudah sah menurut hukumnya, maka kita sudah diperbolehkan untuk menempati tempat tersebut sebagai usaha. Dan yang tentunya sebelum jadi pengusaha sukses, kita sebagai warga Indonesia yang baik, maka harus taat pajak.

Seorang pengusaha pastinya pernah membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), karena jika tidak, maka akan melanggar hokum atau syarat-syarat sebagai usaha perdagangan tersebut.

Akan tetapi kita tidak bisa menutup mata, bahwa prakteknya masih jarang yang memilki kesadaran untuk membuat Surat Izin Usaha Perdagangan tersebut. Mungkin di negara kita masih lemah dengan hokum mengenai perdagangan tersebut.

Karena seorang pemilik perusahaan tidak akan membuatnya, lantaran tidak akan ada yang memarahinya hehehe. Padahal membuat Surat Izin Usaha Perdagangan, SIUP,SITU dan NPWP itu sangat penting.

Yang keempat ialah surat izin kegiatan tertentu: Surat ini biasa digunakan untuk dijadikan sebagai alat izin kegiatan tertentu. Kegiatan tersebut bisa bermacam-macam, seperti sekolah, lembaga ataupun kegiatan kenegaraan.

Seperti pada contoh ada beberapa siswa/siswi yang pernah menumpang tempat, yang kebetulan ditanah orang tua ku. Mereka datang dengan sopan, lalu meminta izin terlebih dahulu sebelum menggunakan tempat untuk kegiatan sekolahnya tersebut.

Sesudah berbincang-bincang dengan orang tua saya, kemudian mereka mendapatkan izin untuk melangsungkan kegiatan tersebut. Namun sehubungan orang tua saya, katakanlah orang tani atau deso.

Dia takut nantinya terjadi apa-apa dalam kegiatan tersebut. Maka dia menyarankan meminta izin pula kepada kelurahan setempat. Agar kalau ada apa-apa nanti saya tidak di salahin. Tanah memang punya saya, namun saya takut ada hal-hal tidak diinginkan.

Maka setelah menuruti nasehat dari pemilik tanah tersebut, siswa/siswi tersebut langsung menuju kelurahan setempat.

Dan akhirnya di arahkan secara prosedurnya yang menyatakan harus ada surat izin kegiatan dari sekolah, bahwa kalian ini memang sedang dalam tugas/kegiatan dari sekolah.

Setelah itu siswa/siswi tersebut berembuk dan pulang ke sekolahan untuk meminta surat izin kegiatan sekolah kepada Kepala sekolahnya. Dan akhirnya dibuatlah surat itu dan sekarang sudah bisa menempati tanah Bapak Dayat.

Begitulah kira-kira sahabat gelsy.com. Semoga kalian bisa mengerti dan memahami bahwa setiap kegiatan tertentu memang harus ada izin pada pihak yang berwenang. Agar menghindari dari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Dan juga menjadi aman, jika kita sudah mempunyai izin dari pemilik tempat, kelurahan atau Polsek setempat. Yang insha allah kegiatan itu lancar tanpa halangan sedikitpun, karena sudah memiliki izin dari berbagai pihak yang terkait.

Cara Membuat Surat Izin

Cara Membuat Surat Izin

https://moondoggiesmusic.com/

Cara menulis izin ialah perlu dengan beberapa susunan yang baik dan benar. Karena jika tidak tahu tahapan-tahapannya, maka akan berantakan dan tidak beraturan sebagaimana fungsinya surat izin tersebut.

Sebetulnya surat izin sangat gampang, jika kita sudah tahu cara penyusunannya. Seperti yang sering kita lihat dan buat ialah surat izin tidak masuk sekolah karena sedang sakit atau ada urusan penting.

Yang perlu kalian ingat ialah adanya kata pembuka seperti salam, dan isi dari permohonan izin tersebut dengan bahasa yang sopan, agar bisa mendapatkan perhatian khusus untuk siswa tersebut.

Selain itu kita sebagai orang tua/wali bisa mendapatkan perhatian khusus untuk anaknya dan mendapatkan kesempatan belajar/ujian susulan meskipun tertinggal sangat jauh, tetapi pihak sekolah akan memakluminya.

Tujuan Pengiriman Surat

Tujuan Pengiriman Surat

https://twitter.com

Surat izin tersebut dikirimkan semata-mata agar bisa mendapatkan kesempatan melakukan belajar/ujian susulan. Karena tidak mungkin pihak sekolahan memberi ujian susulan tanpa adanya surat izin sakit dari orang tua/wali.

Itulah fungsi dan tujuan dari surat izin ini. Agar bisa di maklumi oleh pihak pemberi izin tersebut seperti pihak sekolah, perusahaan, kantor dll, akan bisa memakluminya dengan segala perhatian.

Semua bentuk surat izin ini adalah bentuk permohonan yang disampaikan agar tidak di SP, oleh pihak sekolahan dan perusahaan tempat anda bekerja. Karena tanpa adanya surat izin ini mana mungkin kita akan bebas dari ancaman Drop Out.

Pengirim Surat

Pengirim Surat

https://www.kargo.co.id

Maksud dari surat tersebut dikirimkan ialah sebagaimana kabar yang berisi tentang siapa dan sedang apa atau ada urusannya apa, sehingga tidak bisa masuk sekolah hari ini ataupun sampai beberapa hari kedepan.

Dikarenakan surat tersebut tidak bisa ditulis sendiri atau diantar sendiri. Maka menitipkannya kepada teman atau saudara unutk mengirimnya kepada pihak sekolahan.atau kampus.

Pengirim surat adalah seseorang yang mengantarkan surat kepada sekolahan ataupun perusahaan dengan maksud agar tidak dianggap bolos atau malas-malasan. Karena jika hal itu terjadi, maka ada kemungkinan kita akan kena marah,

Alasan Izin

Alasan Izin

https://me.me

Unsur alasan menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah surat permohonan izin tidak masuk sekolah, kerja, kuliah dll. Dengan adanya alasan yang jelas, maka kita akan di beri perhatian khusus oleh pihak sekolah tersebut.

Namun berbeda dengan mahasiswa yang menulis surat tersebut ialah dirinya sendiri. Akan tetapi memang dititipkan juga pada temannya. Dari permohonan tersebut. Maka sebaik mungkin menulis surat izin dengan jelas dan tepat.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

https://www.suratresmi.id

Sedikit berbeda jika untuk anak mahasiswa, yang sudah disiapkan formatnya dari pihak kampus. Jika kampus belum menyediakan, maka bisa juga dengan membuat sendiri surat izin tidak masuk kuliah.

Hal : Permohonan Izin Tidak dapat Mengikuti Kuliah

Yth.
Bapak/Ibu Dosen Universitas Negeri Jakarta
di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini dari Fakultas hukum Universitas Negeri Jakarta
Nama : Syahrul Mubarok
NIM : 13/4375890/TK/43212
Prodi : Hukum
No hp : 081234567893

Bermaksud ingin minta permohonan izin agar tidak ikut proses belajar mengajar di kampus Universitas Negeri Jakarta, dari tanggal 5 April – sampai 25 Maret 2014
Dikarenakan sedang ada urusan keluarga yang sangat penting dan mengharuskan saya untuk ikut dalam acara tersebut.

Demikian surat ini saya kirimkan agar bisa dipahami sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, 14 April 2014

Hormat saya

 

 

Nabila

Begitulah kira-kira contoh surat izin sekolah, kerja, kuliah dll. Semua bisa kalian ambil contohnya diatas sesuai kebutuhan kalian. Agar bisa di jadikan alat informasi atau kabar berita untuk pihak yang dikirimkan surat.

Demikian sudah artikel ini penulis buat agar bisa bermanfaat sebagaimana mestinya. Jika ada salah-salah kata atau penulisan nama, tokoh, tempat dan penjelasan yang dibahas, harap maklum karena semua ini semata-mata untuk berbagi.

Pesan: Apabila menulis surat izin memakai bahasa yang sopan dan sesuai dengan susunannya, agar lebih tepat dan mudah untuk dipahami oleh guru, dosen ataupun Manajer perusahaan dimana tempat anda bekerja

Leave a Reply