25+ Kumpulan Contoh Rumusan Masalah Penelitian Lengkap Dengan Variabel

Penempatan Sebuah Rumusan Masalah

Berikut ini akan kita bahas mengenai contoh rumusan masalah yang sering kita jadikan sebagai kegiatan dalam membuat proposal, makalah dan lain sebagainya. Pengertian tersebut harus diaplikasikan ke dalam sebuah karya ilmiah seperti makalah, proposal dan skipsi.

Sebagian orang masih ada yang belum memahami pengertian dari rumusan masalah. Dan kendala seperti itu sering terjadi karena mungkin si penulis lupa dan juga memang kurang memahami pengertian dari rumusan masalah tersebut.

Rumusan masalah adalah sebuah langkah-langkah awal dimana sebuah penelitian yang ditemukan telah dicantumkan dan dianggap sangat penting pada kegiatan tersebut. Karena jika tidak disisipkan, akan membuatnya bingung dalam melakukan penelitiannya.

Pengertian Rumusan Masalah

Pengertian Rumusan Masalah

https://www.slideshare.net

Jika dijelaskan secara detil, maka rumusan masalah ialah posisi dimana sebuah kegiatan tersebut sangat membutuhkan adanya rumusan masalah dan sifatnya penting. Maka dari itu rumusan masalah memiliki posisi tersendirif.

Rumusan masalah merupakan research questions atau research problem, yang mempunyai arti sebagai bertanya mengenai suatu kejadian atau fenomena yang terkait dengan judul dari kegiatan tersebut.

Saking pentingnya rumusan masalah tersebut hingga mencapai setengahnya sendir dari sebuah penelitian yang telah dikaji selama menyelesaikan karya ilmiah tersebut. Karena sebuah rumusan masalah menjadi bagian penting dari sebuah penelitian.

Kenapa begitu penting?. Karena rumusan masalah adalah bagian penting dari sebuah karya tulis ilmiah dan selain itu juga didalamnya tersusun sebuah poin-poin penting dalam menentukan arah pembahasan yang nantinya akan dibawa kemana.

Dalam sebuah rumusan masalah perlu kita susun agar menjadi karya tulis yang nantinya akan kita menentukan jawaban dari sebuah penelitian tersebut yang selama ini dilakukan sebagai kajian penting di dalamnya.

Jadi untuk menjawab seberapa pentingkah adanya rumusan masalah untuk karya tulis ilmiah ini?. Sangat penting dan diperlukan sebagai bahan pembahasan lebih lanjut. Karena tanpa rumusan masalah tersebut, akan susah untuk memcahkan pokok permasalahan yang terkait.

Definisi Rumusan Masalah Menurut Para Ahli

Definisi Rumusan Masalah Menurut Para Ahli

https://luthfan.com

Sebuah masalah yang telah terjadi akan dilakukan dalam penelitian dengan maksud untuk kepentingan yang akan di capainya (Rio Ferdinan).

Sebuah masalah adalah peristiwa yang telah dialami seseorang hingga membentuk sebuah pertanyaan kapan, dimana, mengapa dan bagaimana (Hari Andriawan).

Rumusan masalah adalah kumpulan dari sebuah data yang nantinya akan timbul sebuah pertanyaan dan tentunya tercantum jawaban dari data yang sudah dibentuk menjadi satu dalam kajian penelitiannya (H. Abdul Rakhman S.Sos)

Rumusan masalah ialah suatu data yang dikumpulkan untuk kepentingan karya tulis ilmiah berdasarkan tingkat eksplanasi (Ferdian Adi Prasetyo)

Sudah dijelaskan di atas tentang pengertian dari sebuah rumusan masalah yang sering dicantumlan pada karya tulis ilmiah berupa proposal, makalah dan skripsi. Dari penjelasan diatas cukup jelas bahwasanya rumusan masalah tersebut memiliki peranan penting.

Fungsi Rumusan Masalah

Fungsi Rumusan Masalah

https://luthfan.com

Sebagian orang yang melakukan kegiatan dengan karya tulisnya mereka menggunakan rumusan masalah karena menurutnya dianggap penting sebagai sebab akibat dari penelitian itu sendiri  menjadi punya suatu jawaban selama penelitiannya.

Dan rumusan masalah menjadi parameter bagi penulis yang akan disajikan kepada pembaca, karena dengan begitu bisa lebih memudahkan orang yang membacanya. Dan mengetahui arah pembahasan yang telah dijelaskan tersebut.

Dengan rumusan masalah tersebut, para pembaca dan peneliti bisa dengan mudah dalam menentukan populasi dari sebuah contoh penelitian tersebut. Maka rumusan masalah memiliki [eranan yang sangat penting untuk memudahkan semuanya.

Tiga Kriteria Rumusan Masalah

Tiga Kriteria Rumusan Masalah

https://luthfan.com

Kriteria awal dalam perumusan masalah ialah terbentuknya suatu kalimat interogatif atau seuah pertanyaan. Dari pertanyaan tersebut membutuhkan jawaban eksplanatoris ataupun deskriftif.

Kedua, untuk jawaban eksplanatoris sendiri ialah menggabungkan kedua data yang saling menghubungkan kepada dampak dan fenomena yang terjadi dalam peristiwa tersebut. Sehingga keduanya bermanfaat untuk mengembangkan teori yang kontekstual.

Ketiga, untuk mengumpulkan sebuah rumusan masalah yang baik ialah dengan konteks benar, jelas serta mudah di pahami oleh semua orang. Terlebih jika rumusan tersebut di cantumkan lebih lengkap lagi, maka akan lebih jelas, padat dan kompleks.

Jika dalam perumusan di tulis dengan benar dan aktual, maka pemecahan tersebut memberi sebuah keterkaitan yang sesuai dengan apa yang akan di aplikasikan berdasarkan kehidupan yang dialami oleh manusia tersebut.

Penempatan Sebuah Rumusan Masalah

Penempatan Sebuah Rumusan Masalah

https://alfidy.com

Ada berbagai macam pilihan yang di jadikan parameter untuk menentukan sebuah rumusan masalah pada dalam sistematikan penulisan, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Ada yang membuat sebuah rumusan masalah ditempatkan pada halaman depan dari sistematika penelitian.
  2. Ada juga yang menaruhnya dibagian latar belakang atau sesudahnya
  3. Selain itu ada juga yang menempatkan pasa akhir dari sebuah tujuan penelitian.

Untuk penempatan rumusan masalah memang tidaklah penting dimanapun bisa kita sisipkan secara bebas. Dengan begitu tidak akan mengganggu sedikitpun dari sebuah tujuan penelitian ataupun yang lainnya.

Namun yang terpenting ialah bagaimana caranya rumusan masalah tersebut bisa mencapai tujuan yang diinginkan oleh penulis. Maka dari itu antara rumusan masalah harus tetap sinkron dengan judul penelitian.

Cara Untuk Membuat Rumusan Masalah

Cara Untuk Membuat Rumusan Masalah

https://www.slideshare.net

Hal pertama yang perlu anda cermati dalam membuat rumusan masalah ialah dengan menentukan topic pembahasan. Karena dari topik tersebut bisa ditentukan dan di fokuskan secara spesifik dan agar lebih lebar dalam pembahasan tersebut.

Dan ketika semua data dari rumusan masalah tersebut sudah dicakup berdasarkan topic yang sudah di pilih, maka selanjutnya akan dianalisis melalui argumentasi dari semua orang melalui bukti-bukti yang di temukan dari hasil penelitiannya.

Langkah-langkah yang perlu anda lakukan saat membuat rumusan masalah pad karya tulis ilmiah ialah sebagai berikut:

  1. Menentukan jenis karya ilmiah yang akan dibuat
  2. Mempersiapkan sumber-sumber yang dianggap bisa menjadi pedoman atau referensi
  3. Memperjelas dan melebarkan sebuah topik yang telah dipilihnya
  4. Membangun suatu permasalahan dari sebuah topik yang akan dibahasnya
  5. Menghubungkan judul penelitian dengan rumusan masalah

Jenis Rumusan Masalah

Jenis Rumusan Masalah

https://luthfan.com

Dalam sebuah penelitian, ada tiga jenis perumusan masalah yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Masalah deskriptif

Masalah deskriptif

http://slideplayer.info

Jenis masalah ini berkaitan dengan pernyataan yang bersifat variabel mandiri. Jadi dalam rumusan masalah peniliti tidak harus perlu sama dengan contoh lain. Aakn tetapi harus menghubungkan dengan variabel-variabel lainnya.

Contoh Rumusan Masalah Deskriptif

Contoh Rumusan Masalah Deskriptif

http://slideplayer.info

Bagaimana sikap masyarakat mengenai kebanjiran yang melanda di Jakarta?

Seberapa pentingkah penanggulan bencana alam untuk daerah yang rawan longsor dan banjir?

Seberapa baguskah program penanggulangan macet yang diterapkan oleh pemerintah Jakarta?

  • Masalah Komparatif

Masalah Komparatif

http://slideplayer.info

Jenis masalah yang satu ini ialah membandingkan antara variabel satu dengan yang lainnya, guna untuk mencari perbedaan secara spesifik dan akan dituangkan kedalam rumusan masalah setelah dibandingkan dengan yang lainnya.

Dan dari perbandingan tersebut akan ditemukan sebuah jawaban melalui argumentasi dan kesimpulan oleh para peneliti. Maka dari itu masalah komparatif ini sangat menekankan sebuah perbedaan yang dibandingkan secara spesifik.

Contoh rumusan masalah komparatif

Contoh rumusan masalah komparatif

http://slideplayer.info

Antara karyawan kontrak dan karyawan tetap, apakah ada perbedaan produktifitas?

Apakah ada perbedaan kedisiplinan antara guru honor dan guru yang sudah diangkat menjadi PNS?

Adakah perbedaan fisik antara orang barat dan orang timur?

Apakah ada perbedaan ketahanan tubuh antara orang kota dan orang kampung?

  • Masalah asosiatif

Masalah asosiatif

http://slideplayer.info

Masalah asosiatif merupakan sebuah pertanyaan pada sebuah penelitian. Dan selain itu mempunyai hubungan antara variabel-variabel lainnya. Hubungan tersebut ialah berupa timbal balik dan simetris.

Hubungan timbal balik

Hubungan timbal balik

http://wapannuri.com

Hubungan timbal balik adalah sebuah jenis hubungan yang berpengaruh pada semuanya. Dan belum diketahui apakah variabel ondependen atau variabel lainnya.

Contoh Rumusan Masalah Hubungan Timbal Balik

Contoh Rumusan Masalah Hubungan Timbal Balik

https://www.slideshare.net

Jenis hubungan ini mempunyai motivasi tersendiri, yang tentunya dengan sebuah prestasi gemilang. Dalam hal ini bisa dipastikan bahwa motivasi tersebut dapat berpengaruh pada prestasi dan begitupun sebaliknya.

Hubungan Kausal

Hubungan kausal.

http://slideplayer.info

Jenis rumusan maslah yang satu ini ialah menekankan sebab dan akibatnya permasalahan yang dihasilkan dari penelitian tersebut. Rumusan masalah kausal sendiri mempunyai variabel yang bebas atau independen.

Contoh Rumusan Masalah Hubungan Kausal

Contoh rumusan masalah hubungan kausal

https://www.slideshare.ne

Seberapa besar pengaruh dari sistem gaji dengan kedisiplinan dan produktifitas kerja seseorang?

Seberapa banyakkah lapangan pekerjaan dengan angka pengangguran pada rakyat Indonesia?

Adakah kualitas antara murid swasta dengan murid negeri?

Apakah ada perbedaan kedisiplinan antara siswa yang sekolah di kota dan di pedesaan?

Hubugan Simetris

Hubugan simetris

https://www.slideshare.net

Jenis hubungan yang satu ini ialah nampak secara bersamaan karena adanya dua variabel atau lebih. Dalam hal ini sering adanya penggabungan yang terjadi dari masing-masing variabel.

Contoh Rumusan Masalah Hubungan Simetris

Contoh Rumusan Masalah Hubungan Simetris

https://www.slideshare.net

Adakah hubungannya antara membuang sampah sembarangan dengan banjir?

Adakah hubungannya antara banyaknya angka pengangguran dengan kejahatan?

Contoh Rumusan Masalah Makalah Tentang Software Bajakan

Contoh Rumusan Masalah Makalah Tentang Software Bajakani

https://luthfan.com

Berdasarkan penjelasan di atas, penulis akanmengkaji rumusan masalah tersebut sesuai analisanya, yaitu sebagai berikut:

  1. Seperti apakah software bajakan itu?
  2. Apakah ada ciri spesifik mengenai software bajakan tersebut?
  3. Kenapa banyak pengguna software bajakan?
  4. Apakah ada perbedaan harga dari software asli dengan software bajakan?
  5. Adakah perbedaan kualitas dari software asli dengan bajakan?
  6. Apakah di Indonesia banyak pemakai software bajakan?
  7. Alasan apa sehingga orang lebih memilih software bajakan disbanding yang asli?
  8. Apa keunggulan dan keuntungan dari software bajakan?

 Contoh Rumusan Masalah Skripsi Tentang Teknologi

 Contoh Rumusan Masalah Skripsi Tentang Teknologi

https://luthfan.com

  1. Seperti apakah prosedur pendaftaran di Uniersitas Pasundan sekarang ini?
  2. Apakah dengan medaftar secara online bisa memudahkan para calon mahasiswa?
  3. Adakah keuntungan bagi calon mahasiswa dengan menggunakan teknologi?

Penjelasan diatas merupakan contoh rumusan masalah dari sebuah karya tulis ilmiah, yaitu skripsi tentang teknologi yang dihasilkan oleh sebuah kumpulan data dari berbagai sumber. Dengan begitu bisa mengetahui rumusan dari skripsi tentang teknologi diatas.

Demikian penjelasan diatas mengenai berbagai rumusan masalah yang dibagi menjadi beberapa bagian dengan jenis yang berbeda-beda namun tetap dengan maksud yang sama. Selain itu disertai dengan pengertian dan penjelasannya secara detil dan lengkap.

Setelah penjelasan diatas mengenai rumusan masalah tersebut, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, dan menjadi informasi yang berguna untuk nusa dan Bangsa hehehe ga nyambung ya hehe

Intinya semoga bermanfaat untuk kalian semua yang membutuhkan informasi tentang rumusan masalah dari karya tulis ilimiah diatas. Dan jika ada kesalahan dalam pengetikan atau pengertian, mohon di maafkan.

Saran dan kritik sangat dibutuhkan untuk melengkapi kekurangan dari artikel yang dibuat oleh penulis. Dan jika ada kesalahan dalam menyebut atau penulisan tempat, nama tokoh, nama negara atau instansi dan kepemerintahan, harap memaklumi, karena artikel in sebagai contoh saja.

Semua itu tidak ada maksud lain selain memberi dan berbagi informasi kepada yang sedang membutuhkan. Semoga bermanfaat dan sukses untuk kalian semua. Wasalam’ mualaiku’ Wr.Wb.

Leave a Reply