30+ Kumpulan Contoh Kliping Kreatif Yang Banyak Di Cari Pelajar

Contoh kliping, Hai teman-teman semua, siapa di antara kalian yang tidak mengetahui cara pembuatan kliping?. Nah, disini saya akan membahas beberapa cara berikut dengan isinya yang akan membuat anda lebih paham lagi mengenai kliping.

Untuk saya pribadi sih pernah membuat kliping di tahun kemarin, dan Alhamdulillah sampai sekarang masih ingat semua susunannya. Itu menjadi tugas kliping terakhir kali yang diberikan oleh guru, untuk mengerjakannya dengan sebaik mungkin.

Sebenarnya nama kliping sudah tidak asing lagi di dengar di telinga, hanya saja mungkin yang tidak tahu tersebut sudah lupa akan pelajaran dimasa kecil atau dimasa-masa sekolahnya. Dan bukan hanya anak sekolah atau pelajar saja yang bisa membuat kliping.

Akan tetapi banyak ibu-ibu yang membuatnya untuk kegiatan kelompok di perumahan atau lingkungan setempat. Karena biasanya ibu-ibu membuat kliping tersebut untuk mengadakan suatu acara yang di bentuk oleh suatu komunitas atau golongan tertentu.

Apabila kalian ingin membuat kliping dan kurang memahami cara pembuatannya, disarankan ambil panduan yang sudah jadi, untuk mengikuti susunannya agar menjadi rapih. Bisa kalian ambil referensi tersebut dari berbagai media sosial dan cetak.

Dengan artikel yang saya buat ini, bisa anda simak dan pelajari tata cara membuat kliping yang baik dan benar. Selain itu kita juga bisa memberi arahan dan cara membuatnya yang lebih baik lagi dari apa yang belum kita pahami, sehingga bisa mengerjakannya dengan benar.

Berikut ini bisa kalian baca dan cermati cara pembuatannya dengan semua penjelasan melalui pengertian dari kliping tersebut dan bisa kalian unggah di artikel ini agar lebih jelasnya.

Kliping adalah sebuah kegiatan yang dikerjakan secara individu atau kelompok dan mengambil beberapa potongan dari koran atau majalah untuk di tempel kan sesuai dengan tema atau judul yang diangkatnya.

Pengertian Kliping

Pengertian Kliping

https://www.anugerahdino.com

Kliping merupakan sebuah kegiatan yang mengumpulkan sebuah potongan-potongan kertas dari korang atau majlah untuk dijadikan sebuah contoh dimana tema tersebut menjadi sebuah acuan dan akan dijelaskan melalui gambar yang akan di tempel kan tersebut.

Tujuan dari kliping sendiri ialah penggabungan sebuah potongan-potongan gambar yang diambil dari Koran atau majalah, guna sebagai contoh yang akan dijelaskan berdasarkan tema dari kliping tersebut seperti Flora, Fauna dan masakan.

Namun sering berjalannyaa waktu yang menjadi sebuah perubahan zaman akan kehebatan teknolgi sekarang ini, siswa yang diberi tugas membuat kliping dengan tema teknologi yang sedang berkembang pesat.

Seperti contoh seorang murid diberi tugas kelompok oleh gurunya dengan judul “Teknologi”. Siswa tersebut membuatnya dengan mengambil potongan=potongan gambar otomotif seperti kerangka mobil yang sedang dirakit oleh pabrik tersebut.

Penjelasan dari gambar tersebut ialah “mobil yang sedang dirakit oleh beberapa ahli untuk mencapai kecepatan dengan 1000 CC”. Itu menjadi penjelasan yang mengenai perkembangan teknologi mesin mobil yang akan dirakit dan di uji coba berdasarkan penelitiannya melalui teknologi.

Contoh tersebut cukup untuk dijadikan sebuah penjelasan yang dimana kliping tersebut akan di buat dengan lengkap dan benar. Setelah itu kita bisa ambil contoh dari penjelasan diatas, karena bagi yang belum memahami, mungkin terlihat susah dan sulit mengerjakannya.

Nah, dari sini apakah kalian sudah paham dengan pengertian dan tujuan kliping tersebut?. Semoga kalian bisa memahami arti dan tujuan kliping tersebut yang di jelaskan diatas dan artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca yang sedang mencari informasi mengenai kliping.

Cara Membuat Kliping

Cara Membuat Kliping

https://baabun.com

Cara membuat kliping sebenarnya sangat mudah jika kita cermati dan pahami langkah-langkahnya. Karena jika kita mengabaikan hal tersebut, tidak akan bisa mengerjakannya dengan mudah dan alhasil akan pusing sendiri.

Lalu membuat kliping yang baik dan benar itu seperti apa?. Mari kita bahas bersama-sama dengan mengikuti poin-poin berikut ini:

  1. Siapkan alat-alat seperti gunting dan beberapa Koran atau majalah
  2. Cari gambar di majalah atau Koran berdasarkan tema dari kliping tersebut.
  3. Setelah menemukan gambar yang sesuai, maka bisa langsung anda tempelkan pada kertas yang sudah terbentuk menjadi jilid yang sudah di bentuk sebelumnya.
  4. Setelah gambar-gambar yang kita butuhkan tersebut ditempel kedalam jilid, bisa anda berikan garis-garis ditepi gambar atau pojok kertas HVS tersebut agar lebih indah.
  5. Dan sesudah itu, harus dipastikan sebelumnya telah menulis judul pada cover depannya. Dan usahakan menggunakan huruf yang lebih besar atau capital, agar mudah dibaca oleh semua orang.

Itulah 5 poin singkat yang bisa anda cermati dalam membuat kliping. Namun kita kembali lagi kepada teknologi yang bahwasannya lebih menguntungkan kita dalam membuat kliping dengan kemajuan teknologi di zaman sekarang ini.

Nah, keuntungan untuk kita semua apa?. Keuntungan bagi kita semua ialah dengan cepat, praktis dan memudahkan dalam bekerja at au mengerjakan tugas apapun. Karena di zaman dulu orang-orang masih membuat kliping dengan mencari potongan-potongan gambar.

Akan tetapi sangat berbeda sekali di zaman sekarang ini, karena berkat kemajuan teknologi yang bissa kita rasakan saat ini, contohnya dengan mencari gambar di internet dan mengambilnya untuk dijadikan sebuah kliping yang sudah di ketik dan dibuat pada Microsof Word.

Setelah di Copy Paste kedalam Microsoft Word tersebut dengan beberapa penjelasannya, maka bisa langsung kalian Print Out dan selesai sudah tugas anda membuat kliping tersebut dengan cepat dan serba ada karena mencarinya disebuah internet dan memungkinkan anda mendapatkan apa yang di cari.

Cara Membuat Kliping yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Kliping yang Baik dan Benar

https://sahabatnesia.com

Untuk membuat kliping yang baik dan benar, sesungguhnya masih pada poin yang sama seperti pada penjelasan diatas, hanya saja contoh tersebut dibuat secara ringkas berdasarkan urutan yang penting-pentingnya saja.

Akan tetapi sejatinya kliping sendiri harus dibuat dengan sebaik mungkin seperti adanya sebuah tema yang akan ditentukan sebagai pemilihan sebuah pembahasan lebih lanjut ke depannya. Karena dengan tema tersebut akan sangat berpengaruh pada penjelasan di lembar berikutnya.`

1. Menentukan Tema

1. Menentukan Tema

https://baabun.com

Menentukan sebuah tema adalah hal yang penting dalam sebuah pembahasan lebih lanjut, karena bisa kita kupas setelah mendapatkan tema yang nantinya akan dicari beberapa contoh-contoh dari gambar yang terkait dengan tema tersebut.

Memang sudah semestinya menentukan tema tersebut harus di pikir secara matang, karena jika asal dalam memberikan tema atau judul pada kliping tersebut, yang khawatirkan akan mempersulit pencarian gambar untuk contohnya tersebut.

Jika dalam pengerjaan tersebut terbentuk suatu kelompok, maka harus dibahas dalam menentukan sebuah tema, karena tugas kelompok harus bekerja secara bersama-sama dalam memberikan ide dan gagasan yang akan dituangkan dalam sebuah karyanya dengan berikut contoh gambar yang terkait pada tema.

2. Mengumpulkan Data-Data Dan Bahan Kliping

2. Mengumpulkan Data-Data dan Bahan Kliping

https://sarungpreneur.com

Jika sudah selesai membuat jilid untuk dijadikan kliping tersebut, maka perlu dengan tahap selanjutnya yaiut mengumpulkan data-data yang akan di tempelkan pada kliping dengan maksud sebagai contoh dari apa yang diangkat sebagai tema tersebut.

Data tersebut bisa anda cari dan kumpulkan melalui mbah google atau social media lainnya. Karena jika data sudah terkumpul dengan lengkap, maka langkah selanjutnya ialah dengan menempelkannya pada judul-judul yang terkait.

Dan langkahnya sudah hampir selesai jika semua data tersebut terkumpul dengan lengkap. Gampar yang dikumpulkan melalui unggahan atau dari hasil menggunting di sebuah koran dan majalah, akan menjelaskan arti dan maksud dari sebuah judul.

Namun jika kalian membuat kliping pada komputer yang menggunakan internet, maka akan lebih mudah dan praktis. Dan selain itu mudah untuk mengunduh semua gambar yang dijadikan sebagai contoh, karena kemungkinan bear yang kita cari bisa ditemukan pada mbah google.

3. Cover Kliping

3. Cover Kliping

https://hahaha-huhuhu.deviantart.com

Cover atau yang kita kenal sebagai sampul depan, harus tertera dengan jelas dalam penulisannya yang menggunakan font lebih besar serta capital dan Bold. Karena dengan begitu semua orang bisa membaca dan mengetahuinya lebih jelas.

Cover kliping ditulis sesuai tema yang akan diangkatnya. Pemilihan tema atau judulpun harus dipikir secara matang, karena jika tidak, maka jangankan orang lain, kitapun akan susah untuk memahami dari judul tersebut yang tidak mudah apa isi di dalamnya.

Biasanya orang membuat sampai dengan berisikan judul tersebut menggambar isi dari semua yang di bahas di dalamnya. Dengan maksud agar orang-orang bisa lebih mudah dan mengetahui isi dari maksud kliping tersebut.

4. Daftar Isi Kliping

4. Daftar Isi Kliping

http://ddayipdokumen.blogspot.com

Dalam membuat kliping memang sangat diperlukan adanya sebuah daftar isi, karena dengan begitu, akan lebih memudahkan kita dan orang-orang untuk mencari apa yang ingin dibaca dan di ketahuinya.

Jika tidak diberi daftar isi, maka kita selalu penulispun akan merasa kesulitan dalam mencari lembar yang akan dijadikan sebuah pembahasan tertentu. Daftar isi juga sangat berfungsi sebagai tanda bagi halaman yang disesuaikan pada urutan atau unsur-unsur terkait.

5. Isi Pembahasan Kliping

Isi Pembahasan Kliping

https://sarungpreneur.com

Dari sebuah kliping tentunya ada pembahasan yang sering kita jadikan  sebagai materi yang dimana letaknya suatu pokok permasalahan yang akan dikaji dari penelitiannya tersebut. Maka dari itu perlu adanya pembahasan yang di isi pada kliping tersebut.

Biasanya isi dari pembahasan tersebut mencakup semua sub-sub judul dari kliping tersebut yang menurutnya sangat penting untuk dijadikan sebuah bahan kajian dan pembahasan lebih lanjut dengan kelompok atau guru yang memberikan penilaiannya.

6. Saran dan Kesimpulan

6. Saran dan Kesimpulan

http://kelompok12-4a.blogspot.com

Saran dan kesimpulan juga diperlukan pada sebuah karya tulis jenis ini. Karena dengan saran dan kesimpulan tersebut, bisa membantu penulis dalam menambahkan kekurangannya atau menambahkannya lebih baik lagi.

Selain itu pembaca juga bisa mengetahui dari sebuah ulasan yang disimpulkan pada sebuah kliping ini. Dan kesimpulan tersebut harus jelas, agar pembaca bisa lebih mudah untuk memahami  pokok permasalahannya.

Saran juga bisa menambah pengetahuan serta menambah kekurangan dari penulis agar bisa lebih baik lagi dalam membuat atau menyusun sebuah kliping dengan teliti dan jelas berdasarkan unsur-unsur yang terkait dengan sub judul tersebut.

Karena sub judul tersebut akan mempengaruhi semua isi dari pokok pembahasan sendiri. Selain itu menjadi sebuah sumber acuan dari semua contoh yang akan dibahasnya dengan patokan judul tersebut.

Contoh Kliping Bencana Alam

Contoh Kliping Bencana Alam

https://japanesian.id

Diantara kita siapa saja yang masih ingat atau sudah lupa dengan adanya bencana alam terbesar sepanjang sejarah di Indonesia yang telah terjadi di provinsi Aceh pada tahun 2004. Awalnya terjadinya gempa dan Tsunami terdahsyat ini terjadi di penghujung tahun yang tepatnya pada tanggal 26 Desember tahun 2004.

Tsunami yang telah terjadi di provinsi Aceh. Pada waktu itu kekuatan gempa sangatlah besar sampai gempa tersebut mencapai 8,5 SR perdetik, dan ketinggian tsunami tersebut mencapai 3 meter. Sungguh sangat dahsyat sekali bencana alam yang telah menimpa wilayah Nanggroe Aceh Darussalam.

Nah kawan-kawan sebenarnya adanya bencana alam seperti yang sudah terjadi di Aceh dan wilayah lainnya itu mengenang kembali kepada kita agar kita bisa mengubah buat menjadi manusia yang lebih baik lagi, dan senantiasa taat kepada Allah sang maha pencipta langit dan bumi.

Nah teman-teman sebenarnya adanya bencana alam seperti yang telah terjadi di Aceh dan di daerah lainnya itu mengingatkan kembali kepada kita supaya kita bisa berubah untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi, dan senantiasa patuh kepada Allah sang pencipta langit dan bumi.

Demikianlah penjelasan contoh kliping, cara membuat kliping yang sudah dilengkapi dengan tips cara yang baik dan benar. Semoga teman-teman kita adanya artikel ini bisa menambah wawasan kalian semua.

Leave a Reply