20+ Kumpulan Contoh Essay Singkat Dengan Mudah Membuatnya

Mungkin semua orang sudah mengetahui apa itu essay? Tapi ada juga beberapa orang yang masih belum paham tentang contoh essay dan pengertiannya. Essay sendiri merupakan jenis kalimat tanya yang telah disusun membentuk sebuah pertanyaan.

Biasanya yang belum paham dan tahu tentang esay ini ialah kalangan orang tua. Karena mereka tidak begitu paham dan tahu mengenai essay tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas dan menjelaskan tentang essay, berikut dengan pengertiannya. Namun sebelum lebih jauh dalam pembahasan tersebut. Alangkah lebih baiknya jika kita pahami dulu tentang essay tersebut.

Bagi kalian yang suka menulis, biasanya lebih mudah membuat karangan essay ini. Karena dari situ bisa tersalurkan bakatnya sebagai seorang penulis dengan kata-kata yang unik serta jelas dan mudah dipahami oleh semua orang.

Pengertian Essay

Pengertian Essay

https://www.ilmubahasainggris.com

Asal muasal kata essay ialah dimulai dari bahasa inggris yaitu esei. Yang artinya sebuah karangan. Namun ada pendapat lain dari Australia pernah mengatakan bahwa menurut bahasa latinnya ialah Esei.

Esai juga merupakan sebuah kumpulan kata yang digabungkan menjadi sebuah karangan suatu pertanyaan.Maka dari itu esai sangat di bebaskan untuk mengarang sedemikian rupa.

Esai tersebut bersifat subjektif, karena biasanya memberi pendapat mengenai kejadian yang sudah terjadi. Seperti pada contoh, Seorang pemuda menemukan sebilah pisau yang masih berlumuran darah, di dekat sampah.

Dari situ bisa kita jadikan sebuah bahan untuk essay. Karena inti dari esai itu mengandung opini yang akan di komentari oleh orang, sehingga akan muncul sebuah pertanyaan.

Biasanya orang-orang memiliki pendapat masing-masing, tentang satu permasalahan yang akan dibahas. Maka dari itu essay adalah sebuah hasil yang telah di susun menjadi sebuah pertanyaan kontroversi.

Ketika kamu akan membuat essay, cobalah dengan berbagai rangkaian kata yang tepat dan mudah di pahami. Agar bisa tersusun rapih dan memberi kemudahan untuk para pembaca yang akan mengomentarinya.

Manfaat Essay

Manfaat Essay

https://www.bagi-in.com

Meskipun dengan kajian yang sederhana, akan tetapi jika pandai dalam mengolah kata, maka akan lebih konkrit dan di percaya oleh semua orang, pasalnya sangat mudah untuk dipahami oleh semua orang.

Selain itu opin, juga terkandung suatu ide-ide serta gagasan yang manakala pendapat seseorang menjadi solusi untuk berkomentar. Sehingga bisa direalisasikan pada bidangnya dengan mengukur kemampuannya sendiri.

Selain itu juga, essay bisa di jadikan sebuah informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Fungsinya selain untuk informasi ialah menjadi sebuah pengalaman dan wawasan bagi si pembaca.

Dan bukan hanya itu saja, essay ini memiliki manfaat dan tujuan untuk membujuk seseorang untuk menentukan reaksi pembaca agar bisa mengomentarinya.

Gaya bahasa yang sering di gunakannya ialah persuasif. Dengan begitu bisa agar lebih terasa akarab. Dengan begitu secara tidak langsung mengajak pembaca untuk ikut berkomentar.

Cara Membuat Essay yang Baik

Cara Membuat Essay yang Baik

https://sarungpreneur.com

Dalam membuat esay, masih sama atau tidak beda jauh dengan membuat karya tulis ilmiah, yang membangun suatu opini dari masyarakat dan akan di bahas melalui solusi-solusi dalam bentuk komentar.

Seperti halnya dalam menulis karya ilmiah, menulis essay yang baik juga harus terstruktur dan sistematis. Akan tetapi kreatifitas penulis tetap menjadi yang utama.

Struktur dari essay sendiri masih sama dengan susunan karya ilmiah, yaitu terbagi menjadi 3 bagian. Yang diantaranya ialah:

  • Latar belakang, yang menjadi bahan ntuk pembahasan di awal
  • Isi dari sebuah bahan yang konkret dan sudah di sajikan
  • Dan yang terakhir yaitu kesimpulan dari sebuah cerita, manakala seseorang yang memberi informasi tersebut mempunyai opini dalam mengupas masalah.

Sebuah esay bisa menggiring opini-opini baru yang dihasilkan dari penulis agar mereka ikut berkomentar dalam bentuk saran dan kritik yang membangun.

Tapi seharusnya bagi yang ingin berkomentar dengan pendapat sendiri, memiliki data atau bukti konkrit.

Bukan saja penulis essay tersebut yang harus menulis berdasarkan bukti konkret, akan tetapi si pembaca atau yang akan berkomentar dengan memberi solusi juga harus dengan data yang akurat serta jelas.

Agar ketika di bahas dengan beberapa solusi, akan merujuk pada pertanyaan-pertanyaan dari penulis tersebut. Sehingga akan saling terhubung apa yang akan di bahas mengenai topik atau tema yang diangkat oleh penulis.

Langkah-Langkah Cara Menulis Essay

Langkah-Langkah Cara Menulis Essay

http://pelitaku.sabda.org

Bagaimana sih langkah-langkah cara menulis essay? Yuk kita cari tahu di bawah ini :
Yang pertama ialah harus memilih tema yang menurut anda bisa atau menguasainya.

Jangan ambil topik yang memang tidak menguasainya. Nanti justru malah akan membingungkan anda sendiri.

Jika sudah siap untuk menguraikan kata-kata pada esay tersebut, maka cobalah tulis dengan menggunakan subjektif terhadap fakta yang kamu sampaikan.

Jika sudah ditulis maka, koreksi kembali, apakah sudah cukup mengundang opini seseorang untuk berkomentar atau tidak.

Usahakan menganalisanya secara subjektif dengan data-data dan sesuai fakta tersebut. Dan untuk catatan, dilarang membuat essay dengan ujaran atau ajakan kebencian, karena akan bersifat profokasi untuk pembaca sendiri.

Dalam sebuah essay tidak terlalu penting panjangnya isi dari tulisan tersebut. Karena yang menjadi patokan ialah tulisan yang terarah, meskipun sedikit.

Yang di khawatirkan jika anda ingin menulisnya lebih panjang lagi, akan keluar dari topic atau materi pokoknya.

Contoh Essay LPDP

Contoh Essay LPDP

http://www.wisdomnesiaenglish.com

Sukses Terbesar dalam Hidupku

Sukses Terbesar dalam Hidupku

https://www.infoperbankan.com

Pengertian dari sebuah kata “sukses” bisa bermacam-macam penjabarannya. Karena kesuksesan orang bisa didapatkan melalui prestasi atau pun yang lainnya. Namun Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikannya dengan kata berhasil.

Maka sah-sah saja jika orang mengatakan keberhasilan menjadi sebuah kesuksesan. Karena orang bisa meraih suatu keberhasilannya dalam setiap bidang. Bisa dari pekerjaan, Jabatan dan pendidikan.

Mereka bisa melalui proses yang lumayan panjang dan tidak instan. Atau pun seorang pengusaha yang berhasil memperoleh penghasilan yang besar. Semua itu menjadi kesuksesan tersendiri.

Begitu pula dengan pengalaman saya yang telah berhasil melewati ujian tingkat SMP, SMK dan hingga sampai lulus di perguruan tinggi yang ternama di Indonesia yaitu Universitas Indonesia.

Akan tetapi dalam melewati semua ujian tersebut, aku tidak mendapatkan prestasi sama sekali. Nah, kata berhasil disini ialah lulus dalam mengikuti ujian sekolah, hingga perguruan tinggi.

Semua orang mempunyai kesuksesannya tersendiri, seperti pada contoh seorang mahasiswa UGM, yang bernama Hardi Subardjo, SE. Ia mendapatkan nilai IPK 3,60. Itu menjadi kebahagiaan tersendiri baginya.

Karena ia pernah mengatakan bahwa nilai tersebut mungkin cukup mudah di dapatkan oleh kebanyakan mahasiswa pada umumnya, tapi tidak buat untukku. Bagiku untuk mencapai hasil 3,60 sangatlah susah.

Mengingat betapa sibuknya dahulu saat ingin belajar. Dia harus membagi waktunya dengan berjualan di jalanan hanya untuk mencari tambahan biaya kuliahnya. Jadi pengertian kesuksesan itu bisa di artikan sesuai pengalamannya masing-masing.

Setelah pendidikan sudah selesai, kini saya disibukkan dengan les private. Menjadi guru les tidaklah mudah bagiku, karena hanya menjadi guru bantu yang di bayar dengan upah tak seberapa.

Namun itu menjadi tambahan pemasukan yang menunjang kebutuhan untuk sehari-hari. Karena kebetulan aku bukan berasal dari keluarga yang mampu, makanya aku mencari tambahan dengan menjadi guru les private. Aku rasakan ialah menyalurkan ilmu dengan menjadi guru les private.

Selain itu kesuksesan yang aku rasakan ialah melihat anak didikku mendapatkan prestasi yang jauh lebih baik dari siswa lainnya. Semua itu kulakukan hanya ingin berbagi ilmu dan mendapatkan tambahan untuk biaya sehari-hari dan kuliah.

Karena masih ada satu cita-citaku yaitu dengan melanjutkan pendidikan S2 di Jerman. Dengan menjadi guru les private berharap bisa terwujud keiningnanku dengan menabung dari pendapatanku mengajar.

Contoh Essay Ilmiah

Contoh Essay Ilmiah

http://www.pintarbiologi.com

Mengembalikan Fungsi Trotoar

Mengembalikan Fungsi Trotoar

https://www.slideshare.net

Di Indonesia adalah salah satu Negara yang maju, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Di jakarta lebih banyak menggunakan kendaraan di bandingkan berjalan kaki. Itu lah mengapa Jakarta semakin macet dan tidak bisa teratur.

Kemungkinan besar dari mereka malas untuk berjalan kaki, meskipun jaraknya dekat. Karena malas berjalan kaki, al hasil trotoan yang sudah di sediakan untuk para pejalan kaki, digunakan sebagai jualan oleh para pedagang kaki lima.

Para pedagang kaki lima ini dengan seenaknya menggunakan trotoar sebagai tempat mereka berjualan. Padahal mereka sudah tahu bahwa trotoar khusus dipakai oleh pejalan kaki.

Karena sudah semakin lama trotoar tidak dipakai, maka fungsi tersebut tidak berguna lagi karena tidak ada pejalan kaki. Semua itu harus ada tindakan dari pemerintah untuk membubarkan para pedagang kaki lima.

Dan tentunya yang lebih penting ialah dari diri kita sendiri harus membiasakan berjalan kaki jika hanya dalam jarak dekat. Karena selain mengurangi kemacetan, akan tetapi trotoar tersebut bisa kembali sesuai dengan fungsinya.

Dan jika Jakarta bisa kurang dari macet, maka secara otomatis bisa mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan bermotor atau roda empat. Memang cukup sulit untuk mencegah kemacetan di Jakarta.

Namun, setidaknya kita mau berusaha untuk mengurangi kemacetan tersebut dengan cara membiasakan diri berjalan kaki, jika memang dekat. Selain itu juga bisa mengembalikan fungsi trotoar sebagaimana mestinya.

Memang sedikit susah menata kota menjadi indah, rapih dan bebas polusi. Karena masih banyak yang malas untuk berjalan kaki, sehingga kemacetan bertambah dan polusi pun semakin banyak.

Sedikit jarang kota-kota yang sejuk bebas polusi. Karena kurangnya rasa kesadaran dari diri kita untuk bergotong-royong dalam membangun keindahan kota dan mengurangi kemacetan yang semakin hari semakin bertambah.

Mungkin solusinya ialah dengan membiasakan jalan kaki, agar berkurangnya macet di wilayah perkotaan. Khususnya Jakarta, yang menjadi sorotan dari berbagai stasiun televisi, yang banyak meliput terjadinya polusi karena macet.

Upaya pemerintah memang sudah maksimal, yaitu dengan mengurangi angka kemacetan secara berkala. Upaya tersebut dilakukan agar semua bisa merasakan udara yang sejuk, bukan udara yang sudah tercemar oleh polusi kendaraan.

Ketika kita sadar akan kesehatan lingkungan, maka seharusnya kita bangkit dan bergerak bersama dengan masyarakat setempat untuk membangun Jakarta lebih hijau dari sebelumnya.

Karena jika bukan dari diri kita masing-masing, mau sampai kapan Jakarta terlihat indah dan bersih serta bebas polusi udara? Maka, mulai dari sekarang yuk, kita dukung upaya pemerintah dengan mengurangi kemacetan di Jakarta dan melakukan kebersihan secara bergotong-royong.

Leave a Reply