Arti Barakallah dan Penjelasan Untuk Mengungkapkannya

Orang sudah banyak mendengar kata yang satu ini. Sudah sangat familiar bukan?. Khususnya organisasi islam atau kelompok pengajian yang sering mendengarkan Majelis Taklim. Biasanya Ormas islam ini sering mengatakan atau memakai bahasa arti barakallah.

Meski kita sudah sering mendengarnya, akan tetapi tidak begitu paham akan maksud dan arti tersebut. Maka dari itu sering terjadi pengucapan barakallah tidak tepat dengan apa yang di bicarakan oleh seseorang tersebut.

Karena itu perlu kalian pahami arti barakallah pada acara-acara tersebut agar lebih tepat dalam pengucapannya. Jangan sampai salah dalam mengucapkan disaat momen-momen yang kurang syar’i.

Pengertian Arti Barakallah

Pengertian Arti Barakallah
https://www.caraprofesor.com

Maka dari itu mari kita lihat contoh kata barakallah yang baik dan benar ialah sebagai berikut:

Baarakallaah (بارك الله) merupakan ucapan dalam bahasa Arab. Barakallah tersebut sebenarnya terdiri dari dua suku kata yaitu “baaraka (بارك)” dan “Allaah (الله)”. Arti dari kata “baaraka” sendiri memiliki arti berkah.

Dan untuk kata “Allaah” sendiri tetap Allah. Maka jika suku kata tersebut digabungkan menjadi satu, akan memiliki arti “Semoga Allah memberkahi”. Dan engucapan “Baarakallah” juga biasanya diberi tambahan dengan “fiika (فيك)”, “fiiki (فيك)” atau “fiikum (فيكم)”, yang memiliki masing-masing makna kepadamu (untuk seorang laki-laki), kepadamu (untuk seorang perempuan) dan kepada kalian (semua orang).

Sebenarnya ungkapan seperti ini sering dipakai oleh para sahabat Nabi SAW, seperti yang telah ditulis oleh Ibunda ‘Aisyah ra riwayat Imam An-Nasa’i yang berbunyi;

أُهْدِيَتْ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شَاةٌ فَقَالَ : اقْسِمَيْهَا وَكَانَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا إِذَا رَجَعَتِ الْخَادِمُ تَقُوْلُ : مَا قَالُوْا ؟ تَقُوْلُ الْخَادِمُ قَالُوْا : بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ تَقُوْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ نَرُدُّ عَلَيْهِمْ مِثْلَ مَا قَالُوْا وَيَبْقَى أَجْرُنَا لَنَا

Maknanya;

“Aku pernah memberikan menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Dan lalu beliau memerintahkan, “Bagilah domba tersebut menjadi dua (untuk disedekahkan)”. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut).

Dan ini sudah menjadi suatu kebiasaan yang sering dilakukan IBunda ‘Aisyah ra, jika pembantunya sudah pulang, maka akan ditanyakan “Apakah merekan mengatakan sesuatu (setelah kita beri)?” Pelayan tersebut menjawab, “Barakallaah Fiikum (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم) [semoga Allah memberkahi kalian]”. Maka ‘Aisyah pun mengatakan, “Wa Fiihim Barakallaah (وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ) [semoga Allah juga memberkahi mereka], kit

Adapula tambahan lain untuk ungkapan baarakallaah dengan “laka” bagi laki-laki, “laki” sedangkan untuk perempuan sendiri ialah “lakum” untuk banyak orang seperti yang pernah diucapkan oleh Rasulullah ketika mendo’akan pengantin.

Di dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kita sudah tidak aneh lagi mendengar seseorang yang mengucapkan dengan bahasa Arab. Memang bagi kita yang tidak paham dengan artinya, terkadang dibuatnya bingung.

Namun semakin tahun semakin menjadi umum ucapan-ucapan dalam bahasa Arab tersebut, karena ucapan seperti ini sering diucapkan dan dilakukan saat bertemu dengan teman, saudara dan bahkan saat ngobrol santai dengan tetangga.

Setuju atau tidak jika setiap ucapan adalah doa? Maka berbicara dengan bahasa yang baik, agar setiap doa-doa yang baik akan kembali pula pada orang yang berdoa tersebut. Seperti dengan mengucapkan bahasa-bahasa yang sudah dijelaskan diatas.

tiap ucapa seharian sekarang sudah tidak asing lagi mendengar bahasa Arab diucapkan, tetapi kadang kita bingung menanggapinya, kadang hanya senyum atau mengucapkan Amin. Padahal kewajiban sesama muslim adalah saling mendoakan. Dan doa yang baik akan kembali pada orang yang berdoa.

Seperti pada contoh kata Barakallah sering kita jumpai dan dengar percapakapan dari orang muslim. Misalnya untuk ucapan selamat ulang tahun, pernikahan dan sih banyak lagi acara-acara kebahagiaan yang disertai dengan ucapan doa dari kata tersebut.

Seperti dalam pengalaman pribadi saya, yang kebetulan memang saya sendiri seorang muslim. Dalam sebuah acara tersebut berlangsung. Ada beberapa orang yang menghampiri secara bersamaan, yang tak lain ialah sahabat saya sendiri, dan mengucapkan kata Barakallah.

Dalam ucapan doa tersebut memiliki makna yang artinya ialah ‘semoga Allah memberkahi’. Sedangkan kata ‘barakallah fii umrik’ sendiri memiliki arti sebagai ‘semoga mendapatkan keberkahan dari Allah dalam usiamu’.

Adalagi ucapan lainnya yang sering kita dengar ialah “barakallahu fiik” (semoga Allah memberkahimu). Dan jika kita mendapatkan ucapan seperti itu, maka harus menjawabnya dengan “wa fiika barakallah” (semoga Allah juga memberkahimu).

Semua ucapan-ucapan tersebut melainkan untuk mendoakan seseorang agar menjadi apa yang akan di doakannya, dan semoga Allah mengijabah doa-doa dari seseorang yang mendoakannya, sehingga kita bisa saling mendoakan yang terbaik untuk semua teman dan keluarga kita sendiri.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengucapkan Kata Barakallah?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengucapkan Kata Barakallah?
https://nettik.net

Ulang tahun

Ulang tahun
https://www.suratresmi.id

Acara ulang tahun adalah hari dimana menjadi peringatan hari lahirnya seseorang. Biasanya bermacam-macam acara dilakukan hanya untuk merayakan di satu hari tersebut. Bermacam-macam jenis acaranya, semua itu dilakukan tak lain sebagai bentuk syukur kehadirat Allah SWT.

Seperti yang kita lihat atau alami ketika ada acara ulang tahun berlangsung, sering terdengar atau mendapat ucapan barakallah. Dengan memberi doa tersebut, berharap di panjangkan umurnya dan diberkahi Allah SWT.

Karena semakin kita bertemu dengan hari kelahiran kita, berarti kita sudah bertambah umur atau dengan kata lain ialah sudah pendeknya umur karena sudah semakin tua. Dengan begitu ucapan tersebut mendoakan agar Allah mengijabahkannya dengan panjangnya umur.

Pernikahan

Pernikahan
http://bogor.tribunnews.com

Yang kedua ialah sering dipakai dalam sebuah acara pernikahan dengan mengucapkan barakallah. Semoga dihari yang berbahagia ini menjadi keluarga yang utuh sampai akhir hayatnya. Maka perlu dengan adanya doa-doa dari ucapan tersebut.

Sepanjang hidup seseorang biasanya acara ini menjadi sebuah sejarah yang takkan terlupakan. Karena bisa jadi menjadi satu kali untuk seumur hidup merasakan momen-momen seperti ini. Maka dari itu banyak doa-doa yang membanjiri pengantin tersebut dengan ucapan barakallah.

Doa-doa baik akan menjadi sangat berarti bagi seseorang yang sedang menjalani proses pernikahan tersebut. Dan semua itu akan dipermudah dan dilancarkan urusan rizki dan rumah tangganya degan mengucapkan kata barakallah ini.

Setiap orang pernah merasakan momen-momen yang tak pernah terlupakan tersebut. Maka dari itu perlu adanya sebuah doa-doa baik untuk pasangan suami istri agar diberi kelancaran dalam urusan rumah tangganya.

Kehidupan rumah tangga memang tak mudah, maka akan lebih indah jika kita sebagai orang terdekatnya ikut mendoakan, semoga diberi kemudahan dalam menjalani niat suci ini untuk sekarang dan kedepannya nanti.

Ucapan-ucapan doa tersebut sangatlah berarti sekali untuk pasangan suami istri tersebut. Bisa kita rasakan dan bayangkan ketika kita baru menjadi pengantin baru, banyak yang mendoakannya agar awet dan langgeng hingga kakek dan nenek.

Ini Pernikahan merupakan sejarah bagi orang yang memulai dunia percintaan. Dengan mendapatkan seorang pendamping hidup sampai akhir hayat nanti, maka perlu doa yang dapat memperlancar kehidupan rumah tangganya. Dalam sebuah lirik musik terkenal Maher Zain terkutip sebuah kalimat doa pernikahan:

Barakallahu lakuma – Semoga berkah Allah dilimpahkan kepadamu.
Wa baraka ‘alaikuma – dan semoga berkah Allah dilimpahkan atas kalian berdua.
Wa jama’a baina kuma fii khair – Dan menghimpun engkau berdua dalam keadaan baik (bahagia).

Orang Muallaf

Orang Muallaf
http://makassar.tribunnews.com

Kata barakallah sendiri pantas diucapkan untuk orang yang barus islam, atau dengan kata lain ialah mualaf. Agar Allah senantiasa memberkahi dan mendapatkan ridho dariNya. Selain itu dengan ucapan-ucapan doa tersebut semoga amal, ibadah serta taubatnya di terima Allah SWT.

Setiap orang yang sedang berbahagia seperti ulang tahu, pernikahan dan baru masuk ke agama islam. Kita sebagai sesama orang muslim harus saling mendoakan agar diberkahi segala niat dan tujuan baiknya, dengan mengucapkan Barkallah.

Karena setiap orang yang sedang merasakan kesedihan dibalik kebahagiaanya berulang tahun, pastinya sedih karena semakin berkurangnya usia. Maka kita doakan dengan mengucapkan barakallah agar seseorang tersebut, maka hanya dari keberkahanNya bisa menghilangkan kesedihan tersebut.

Walaupun terkadang bingung, bingung bagaimana cara memberikan kata-kata terbaik untuk teman-teman terbaik disaat-saat yang terbaik menurut ajaran islam. Bukannya agar terlihat islami, tetapi dengan cara islami berarti sama saja membawakan benih-benih islam agar menjadi barakah.

Ucapan Barakallah pun merupakan pilihan yang tepat, selain maknanya yang baik, barakallah juga merupakan doa. Namun sering sekali terjadi pengucapan kata barakallah digunakan dengan momen-momen yang kurang tepat.

Sehingga tidak pas karena pengucapan tersebut kurang syari. Seperti misalnya barusaja mendapatkan kekasih baru, maka hal tersebut kurang pas untuk diucapkan dengan kata barakallah.

Meskipun nikah itu diawali dari sebuah cinta, namun alangkah baiknya kita mengucapkan doa tersebut pas disaat momen-momen pernikahan tersebut berlangsung. Begitu juga seorang mualaf, yang memang pantas mendapatkan ucapan seperti itu.

Ketika Mendengar Kabar Ada yang Melahirkan

Ketika Mendengar Kabar Ada yang Melahirkan
http://nakita.grid.id

Selain contoh diatas, diantaranya ialah momen-momen memberikan ucapan doa seperti mendengar kabar seorang sahabat atau saudara yang telah melahirkan anaknya. Maka kita pas untuk mengucapkan doa kepada sang ibu yang baru melahirkan.

Dengan adanya doa tersebut semoga Allah meridhoi setiap urusannya dalam mengurus anak dan malah keluarganya. Karena setiap orang yang melahirkan, biasanya banyak yang mendoakan agar anak tersebut menjadi anak yang soleh dan soleha untuk kedua orang tuanya.

Orang yang Mendapatkan Kesuksesan atau Keberhasilan

Orang yang Mendapatkan Kesuksesan atau Keberhasilan
https://www.dream.co.id

Siapa yang tidak bahagia ketika mendapatkan kesuksesan dalam sebuah usaha ataupun karirnya di tempat ia kerja? Tentu setiap orang merasa senang atas keberhasilannya, karena apa yang ia dapatkan adalah buah dari kerja kerasnya selama ini.

Ketika kita mendapatkan atau mendengar kabar kebahagiaan tersebut dari salah seorang teman, maka ucapkan doa-doa baik untuknya, agar senantiasa bersyukur kehadirat Allah SWT yang selama ini melancarkan usahanya, sehingga bisa menjadi sukses seperti sekarang ini.

Kesimpulan

Kesimpulan
https://historyterminal.wordpress.com

Barakallah ialah doa yang tepat diberikan kepada orang yang sedang berbahagia, seperti saat kita menghadiri sebuah melangsungkan pernikahan, ulang tahun dan mualaf. Mereka memang pantas diberikan doa-doa baik sperti mengucapkan kata barakallah.

Cukup dengan mendoakan hal-hal baik untuk orang yang sedang berbahagia tersebut. Namun kita yang mendoakan atau mengucapkannya secara langsung juga harus mengetahui momen-momennya apakah tepat untuk diucapakan atau tidak.

Sekian dan terima kasih telam mengunjungi artikel ini. Semoga kita senantiasa dalam lindunganNya. Jika ada kesalahan dalam menulis nama tokoh, pengertian ataupun uraian yang tidak sesuai, mohon untuk memakluminya.

Karena artikel ini penulis buat untuk berbagi ilmu dan wawasan dalam memberikan ucapan-ucapan doa kepada sesama muslim. Saran dan kritiknya sangat dibutuhkan karena penulis merasa masih jauh dari kata sempurna.

Semoga para pembaca bisa memberikan saran dan kritik yang membangun, agar bisa menambah kesempurnaan artikel ini. Sekian dan terima kasih, semoga kita masih dalam lindunganNya.

Leave a Comment