15+ Cara Cepat Menentukan Arah Mata Angin Dengan Akurat

Trik Menentukan Arah Mata Angin Dengan Kompas

Pernahkan anda tersesat di dalam hutan saat sedang bepergian atau camping dengan teman-teman? Jika pernah, maka anda mungkin sudah paham dengan cara apa saja, agar bisa menentukan arah mata angin tersebut.

Kali ini akan menjelaskan bagi yang belum mengetahui cara menemukan arah mata angin dengan trik yang sangat mudah. Memang sangat menyulitkan bagi yang tidak mengetahui cara-caranya agar bisa menemukan arah mata angin tersebut.

Kesulitan bagi yang tidak mengetahui cara-cara nya ialah dikarenakan rindangnya pohon-pohon tersebut, ataupun kesusahan dalam jarak pandang untuk melihat dan menentukan arah dari mata angin seperti selatan, utara, barat dan juga timur.

Ada beberapa cara untuk mengetahui dan menentukan arah mata angin dengan mudah, yaitu sebagai berikut:

Jam Tangan

Jam Tangan

https://www.bukalapak.com

Semua orang umunya mengetahui jam adalah sebatas untuk melihat waktu saja. Akan tetapi dibalik fungsi menentukan waktu, jampun bisa kita jadikan sebagai kompas, yang dimana bisa menentukan arah mata angin.

Tapi yang bisa di jadikan kompas yaitu hanya jenis jam tangan yang memiliki jarum jam, selain itu tidak berfungsi. Kenapa harus jam tangan yang memiliki jarum jam?.

Karena pada angka 12 tepat sebagai arah matahari dan jarum pendeknya bisa kita gunakan sebagai arah utara, apabila anda berada dalam posisi selatan garis khatulistiwa.

Amati Ciri-Ciri Pohon

amati ciri-ciri Pohon

https://phinemo.com

Cara lain untuk menentukan arah mata angin tanpa benda ialah, bisa kita gunakan atau cari pepohonan yang besar dan lebat. Bisa kita lihat dari batang pohon tersebut yang masih kecil, biasanya mencari sinar matahari di pagi harus, karena dalam proses fotosintesis.

Lalu cara lain dengan menggunakan media pohon besar ialah dengan meraba lumut pada pohon tersebut. Jika terdapat lumut yang basah, maka sudah bisa di pastikan pohon tersebut berda dalam posisi timur, karena di pagi hari mataharinya belum terik.

Kedua, pada pohon besar, rabalah dan rasakan adanya lumut. Jika sisi pohon lebih basah dan berlumut, juga itu tandanya lumut berada pada sisi timur karena sinar matahari yang menyinarinya belum terik saat pagi hari.

Namun hal ini jangan dijadikan patokan dasar, mengingat pertumbuhan lumut yang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Jadikanlah ini sebagai patokan pendukung saja.

Lalu cara lain dengan menggunakan media pohon ialah cukup rasakan suhu pohon. Apabila salah satu sisi pohon hangat, maka posisi matahari akan terbenam atau sedang berada di ufuk barat, karena sudah sore menjelang malam.

Pengertian Dari Arah Mata Angin

Pengertian Dari Arah Mata Angin

https://moondoggiesmusic.com

Arah mata angin adalah sumber dari sebuah titik yang akan menentukan keberadaan kita yang tepatnya berada dalam posisi timur, barat, selatan dan utara.

Maka dari itu sangatlah butuh ketika kita sedang berada di perairan laut lepas atau di tengah-tengah hutan.

Arah mata angin juga di gunakan sebagai panduan untuk menentukan tempat keberadaan kita. Maka sangatlah penting bagi kita yang khususnya dalam perjalanan jauh seperti di tengah-tengah hutan dan laut lepas.

Jenis- Jenis Arah Mata Angin

jenis-jenis arah mata angin

https://beritake.com

Banyak jenis-jenis arah mata angin yang perlu kita ketahui, seperti jumlah dari arah mata angin yang berjumlah 16 mata angin. Namun perlu kalian pahami, bahwa mata angin bisa di bedakan menjadi 3 macam, yaitu sebagai berikut:

Arah Mata Angin Pokok

Arah-Mata-Angin-Pokok

https://moondoggiesmusic.com

Untuk jenis angin pokok ialah salah satu jenis arah mata anginyang standar, karena pembuatan alat yang menunjukkan arah dimana kita menggunakan kompas.

Jenis mata angin yang satu ini memang sering di gunakan untuk kepentingan di seluruh belahan dunia.

Pasalnya bisa menunjukkan keberadaannya lebih tepat dan akurat jika kita menggunakan alat seperti kompas. Sehingga banyak yang membutuhkan alat ini untuk kepentingannya masing-masing, mulai dari pekerjaan dan saat berjalan-jalan.

Arah Mata Angin Tengah

Arah Mata Angin Tengah

http://www.abbulosibatang.org

Dan jenis mata angin yang kedua ialah arah mata angin tengah yang tepat di antara ke empat mata angina pokok, Seperti halnya pada utara dan timur terdapat mata angin laut. Dengan begitu arah mata angina timur laut dinamakan dengan angina tengah.

Berikut nama-nama dari arah mata angina tengah yaitu sebagai berikut:

  • Timur laut atau dengan kata lain ialah antara utara dan timur.
  • Tenggara, yaitu di antara timur dan selatan
  • Barat laut, atau yang kita kenal sebagai jarak antara utara dan barat.

 Arah Mata Angin Tambahan

 Arah Mata Angin Tambahan

https://bebasketik.com

Yang di maksud arah mata angina tengah ialah arah mata angina yang terletak dengan dan juga tengah, contohnya timur, utara begitu juga timur laut, maka di namakan utara timur laut. Jenis arah mata angina ini sudah tidak asing lagi .

Berikut beberapa contoh jenis angina yang kita kenal dan tidak asing lagi ialah sebagai berikut:

  • Timur-timur laut yaitu jenis antara timur laut dan juga timur
  • Timur menenggara yaitu diantara tenggaea dengan selatan
  • Selatan menenggara yaitu diantara tenggara dengan selatan
  • Selatan barat daya adalah antara selatan dan juga barat daya
  • Barat-barat daya ialah diantara barat daya dan juga barat
  • Barat-barat laut yaitu diantara barat dan juga barat laut
  • Utara barat laut adalah diantara barat laut dengan utara

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Cara Menentukan Arah Mata Angin

https://gambarminimalis.com

Berbagai cara yang dilakukan oleh orag pada zaman dahulu kala, mulai dengan benda benda pelacak angina, media dinding dan pohon.

Namun kali ini akan membahas semua cara agar bisa kita tentukan dimana keberadaan arah mata angina tersebut dengan mudah.

Cara tersebut bisa dilakukan dengan alat-alat yang ringan, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Bayangan dari sinar matahari atau lampu, untuk menentukan arah mata angina tersebut
  • Matahari adalah pusat dari semua arah mata angina yang tertuju, bisa kita lihat dengan menggunakan mata kita sebagai timur ke barat
  • Jarum, untuk menunjukan arah mata angina yang dituju, bisa kita arahkan sesuai keinginan kita jika akan menemukan arah mata angina yang dicari
  • Silet, termasuk benda ringan yang akan menunjukan arah mata angina dengan perputarannya secara otomatis jika kita paham dalam menggunakannya.

Trik Menentukan Arah Mata Angin Dengan Kompas

Trik Menentukan Arah Mata Angin Dengan Kompas

https://organicvolunteers.com

Setelah perkembangan zaman. Telah ditemukan alat penunjuk arah mata angin yang di anggap tepat dan akurat. Maka untuk anda sekalian yang sering mendaki gunung pastinya paham betul dengan alat yang satu ini.

Kompas adalah pembaca arah mata angina yang akan menunjukan keberadaan tempat.

Dengan begitu, alat ini sangat membantu sekali dalam urusan bisnis, kepentingan pribadi dan disaat liburan dengan teman-teman. Maka dari itu alat ini di pakai oleh semua orang di berbagai belahan dunia.

Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu dengan menaruhnya diatas permukaan yang rata agar tidak bergerak-gerak lagi.

Disaat jarum tersebut berhenti atau diam, maka secara otomatis kompas tersebut akan menunjukan arah mata angina yang ingin kita ketahui.

Trik Menentukan Arah Mata Angin Memakai Bayangan Tongkat

Trik Menentukan Arah Mata Angin Memakai Bayangan Tongkat

https://hamparan.net

Cara lain untuk menentukan arah mata angina ialah bisa juga dengan menggunakan bayangan tongkat.

Tongkat tersebut sebagai media petunjuk arah mata angin layaknya jarum jam pada kompas. Namun ini membutuhkan cahaya dari sinar matahari atau pun penerang lampu.

Seperti apa yang kita ketahui sang surya ketika terbit hingga terbenam, bisa kita manfaatkan sebagai kompas dengan media tongkat melalui bayangannya untuk menunjukan arah mata angin untuk menebak keberadaan tempat tersebut.

Konon katanya kompas semacam ini pernah dipakai pada 100 tahun yang lalu, disaat seorang prajurit yang diperintahkan oleh rajanya untuk mengikuti peperangan dan berniat lari demi menghindari pertumpahan darah yang akan terjadi lebih banyak lagi
Cara penggunaannya :

  • Cara menggunakannya ialah cukup menancapkan tongkat tersebut di dalam tanah.
  • Dan tongkat tersebut harus panjang dan lurus, agar bisa lebih tepat menunjukkan arah mata angin yang akan ditunjukkan sebagai keberadaan tempat.
  • Bisa juga dengan batu untuk sebagai penahan tongkat tersebut agar tidak jatuh karena angin atau miring karena tanah yang kurang kurat untuk menancap kayu sebagai jarum kompas disaat akan menunjukkan arah mata angin tersebut.
  • Tunggu sampai 15 menit, maka akan terlihat bayangan yang menunjukkan arah mata angin tersebut sebagai petunjuk keberadaan tempat yang ingin anda ketahui.
  • Setelah itu bisa anda cermati bayangan yang terlihat apakah terjadi di sore hari menjadi arah timur atau barat misalnya.
  • Trik Untuk Menentukan Arah Mata Angin Dengan Roda Maupun Cakra Bayangan
  • Ada cara lain pula ialah dengan memakai roda dan cakra. Cara ini di anggap cukup akurat, karena metode ini lebih akurat meski dengan waktu yang cukup lama agar memastikan seberapa kuat arah mata angin yang akan ditemukan.
  • Trik roda maupun cakra bayangan ini sebenarnya sangat mudah, karena tidak susah mencari-cari alat untuk sebagai medianya. Cukup dengan tongkat dan mencari tempat yang terdapat sinar matahari atau penerang lampu.
  • Jika sudah ditemukan, bisa kita pastikan arah mata angin tersebut sudah akurat dan di yakini untuk penunjuk keberadaan tempat yang kita ingin ketahui.

Dan lebih mudah juga, karena masih sama medianya yaitu menggunakan tongkat.
Cara penggunaannya:

Cara ini masih sama dengan contoh diatas, karena masih menggunakan media yang sama yaitu tongkat. Tongkat tersebut harus ditancapkan ke dalam tanah sedalam dalamnya agar lebih kuat dan tidak mudah roboh.

Dan tentunya memakai tongkat yang lurus serta panjang. Setelah itu buatlah lingkaran di bawah yang melingkari tongkat tersebut, guna sebagai lembaran kompas yang akan di tunjukkan setelah bayangan tongkat tersebut menunjukkan arah mata angin tersebut.

Setelah bayangan tersebut menunjukkan keberadaannya, maka bisa kita baca jarum tongkat tersebut mengarah ke selatan, utara, timur atau barat. Semua bisa dilakukan asal tempat tersebut terdapat sebuah cahaya, entah itu sinar matahari atau pun penerang lampu.

Demikian sudah artikel ini saya buat agar bisa saling menginspirasi melalui pengetahuan yang dibagikan bisa membantu kalian semua ketika berada di lapangan, hutan atau perairan laut lepas.

Jika ada salah-salah kata dalam penulisan nama tokoh, tempat, contoh, pembahasan dan pengertian maka mohon untuk di maklumi. Karena artikel ini saya buat semata-mata hanya untuk berbagi atau sharing untuk pembaca sekalian.

Saran dan kritiknya sangat di perlukan untuk penambahan data, pengertian, pembahasan secara lebih lanjut dan menyempurnakan artikel ini yang saya buat.

Kelengkapan dari semua artikel ini akan menentukan keberhasilan kita bersama dan manfaatnya pun bisa dirasakan bersama.

Leave a Reply