50+ Kumpulan Gambar Anggrek Bulan Cantik dan Cara Menanamnya Yang Mudah

Jenis bunga yang satu ini merupakan tanaman yang paling banyak di sukai orang, pasalnya tanaman ini cukup indah untuk dijadikan hiasan di halaman rumah, karena dengan bentuk dan warnanya yang indah, membuat orang ingin memilikinya untuk menanam dan mengembangbiakkan jenis tanaman hias ini.

Bagi pecinta tanaman hias, pastinya mempunyai salah satu jenis anggrek yang satu ini. Karena anggrek bulan lebih umum dan dikenal oleh masyarakat, karena saking banyaknya pecinta tanaman hias di daerah di semakin mudah untuk mencari atau menemukannya seperti di daerah Jawa Barat, banyak yang menanam jenis anggrek yang satu ini.

Anggrek Bulan 

anggrek bulan

https://www.agrotani.com

Indramayu Jawa Barat dikenal sebagai pecinta tanaman hias khususnya anggrek bulan. Karena menurut sejarah, anggrek bulan ini adalah jenis tanaman yang dulunya sempat tidak dikenal, lalu dibawa oleh seseorang dan sampailah ke Indramayu, setelah itu terjadilah perkembangbiakkan yang jumlahnya semakin banyak hingga sekarang.

Namun ada beberapa sejarah yang mengatakan bahwa anggrek jenis ini hasil temuan sorang petani yang menemukannya disebuah perkebunan saat berjalan pulang. Lalu diambillah satu tangkai dan di tanam di depan rumah, setelah musim hujan tiba, baru lah si petani tersebut menyadari bahwa tanaman yang ia bawa ternyata cukup indah untuk dijadikan hiasan di halaman rumah.

Dari situlah mulai dikembangbiakkan dengan berbagai cara mulai dari stek, cangkok dan mengawinkannya dengan jenis lainnya. Dari hasil temuan tersebut menjadi sebuah tanaman hias yang sangat indah dan banyak dicari oleh semua orang hingga sekarang.

Jenis tumbuhan yang satu ini memang sedikit berbeda habitatnya dengan tumbuhan lainnya, karena bisa hidup tanpa harus ditanam kedalam tanah, ,melainkan diatas pepohonan dengan cara menempelnya atau dalam bahasa IPA disebut epifit.

Ya, epifit adalah suatu cara hidup dengan menopang diatas pepohonan yang bisa di jadikan habitatnya. Dan hampir dari semua pepohonan bisa dijadikan tempat untuk hidupnya tanaman anggrek yang satu ini.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengembangbiakkan tanaman hias anggrek bulan. Karena kita cukup dengan memberikan tempat seperti serabut kelapa yang sudah dikeringkan, lalu membungkusnya dengan tali sehingga bisa hidup lebih kuat, karena ada resapan air yang akan tersisa untuk dijadikan cadangan dalam menyuburkan tanaman tersebut.

Tanaman hias ini bisa hidup 600 meter diatas perairan laut. Maka dari itu habitat tanaman hias ini di kategorikan tumbuhan yang mempunyai habitat diatas, dibandingkan dibawah (tanah). Hampir dari semua jenis anggrek yang ada di dunia, memiliki habitat yang sama yaitu diatas pepohonan.

Selain itu, jenis dari perbedaan dari tumbuhan lain ialah memiliki daya tahan hidup lebih lama dan kuat meskipun di musim kemarau tiba, akan tetapi jenis tanaman hias yang satu ini terbilang cukup kuat meski jarang di siram.

Kekuatan dari tumbuhan ini ialah terletak pada akarnya yang menjalar. Aakar tersebut semakin hari semakin tumbuh lebih banyak lagi. Semakin banyaknya akar, maka semakin kuat daya serap yang dihasilkan dari menopangnya dipepohonan yang di jadikan habitat.

Dengan begitu akan tetap bisa hidup lebih lama karena adanya akar yang banyak, sehingga memiliki daya serap lebih banyak pula. Karena dari satu tangkai saja, bisa menghasilkan ratusan akar dari tumbuhan anggrek jenis ini.

Jenis Jenis Anggrek Dan Gambarnya 

Jenis Jenis Anggrek Dan Gambarnya

http://www.faunadanflora.com

1. Jenis Bunga Anggrek Hitam

Jenis Bunga Anggrek Hitam

https://www.brilio.net

Anggrek  ini memiliki ciri khas yang berwarna hitam pada bagian lidahnya, sehingga dinamakan dengan anggrek hitam, atau dalam bahasa lain ialah (Coelogyne Pandurata). Anggrek ini banyak ditemukan di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Namun yang lebih banyak dari dua daerah tersebut ialah Kalimantan, karena banyak sekali yang mengembangbiakkan hingga menghasilkan ribuan anggrek dari tiap tahunnya. Hampir semua orang di perkampungan atau di pinggir-pinggir jalan tersebut memiliki atau menanam jenis anggrek yang satu ini.

Ciri lain dari anggrek ini ialah terdapat labellum yang berwarna hitam dan berbulu, dengan panjang kira-kira bisa mencapai 100 cm dan memiliki bunga yang bisa berkembang 2 kali dalam satu musim (musim hujan).

Jenis dari tangkai ini masih sama dengan anggrek bulan, dimana sebuah batang dari tumbuhan ini memiliki bentuk yang sama dan hanya dibedakan dari kelopak bunga dan warnanya saja. Meski begitu, proses dari pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan anggrek bulan.

Jenis anggrek ini juga mempunyai habitat diatas pepohonan yang rendah dan tingi hingga mencapai 600 meter dari permukaan air laut. Yang artinya memiliki standar kekuatan pada tumbuhan ini seperti halnya tumbuhan liar yang kuat di semua tempat dan musim.

2. Anggrek Jenis Cattleya

Anggrek Jenis Cattleya

https://nusabudidaya.com

Cattleya adalah jenis anggrek yang populasi nya sangat sedikit atau jarang ditemukan di Indonesia, karena memang hanya beberapa daerah saja yang memiliki, itupun tidak semuanya di kembang biak kan secara banyak, melainkan hanya dijadikan tanaman hias semata, tidak diperhatikan penanggulangan hama, penyiraman air serta kondisi lingkungannya.

Berbeda jika dengan di kembangbiakkan yang akan menghasilkan lebih banyak lagi. Berdasarkan penelitian dari sebuah tanaman yang menghasilkan identitas, jenis dan kebutuhannya, tumbuhan ini memiliki sifat epifit.

Dari sifat tersebut menggantungkan hidupnya di sebuah pepohonan dengan cara menempelkan sebuah akarnya pada pohon tersebut. Dengan begitu hidupnya bergantung pada sebuah pohon tersebut untuk dijadikan tempat atau habitat yang sesungguhnya.

Merupakan sebuah kebutuhan dari anggrek yang satu ini untuk tetap hidup dengan menyerap air melalui pohon tersebut yang dijadikan sarana dari sumber kehidupannya. Selain itu anggrek ini pun bisa tetap bertahan hidup meski pohon yang di gantunginya sudah mati.

Itu menjadi sebuah kelebihan dari anggrek yang satu ini, meski bergantung tetapi tetap kuat dalam berbagai musim bahkan ketika pohon yang digantunginya mati sekalipun. Batang dari pohon ini terbilang sangat kuat dibandingkan jenis anggrek lainnya, karena terdapat sebuah kulit yang sangat tebal, dan ketebalan dari kulit tersebut bisa mencapai setengah cm.

Asal muasal tumbuhan ini ialah dari Kosta Rika, yang dimana seorang bernama Ferdi Al Mahdi menemukan untuk pertama kalinya dan membawanya ke Indonesia pada tahun 1824 dan ditanam di tanah Indonesia lalu di kembang biakkan oleh banyak orang sehingga Indonesia memiliki banyak jenis anggrek yang satu ini.

Akan tetapi populasinya masih belum bisa menyaingi banyaknya anggrek bulan, yang hampir semua orang memilikinya dengan mudah dan sering kali kita temukan di beberapa daerah di Indonesia bahkan banyak penjual tanaman anggrek yang keliling di perkampungan.

Anggrek yang satu ini hanya membutuhkan sinar matahari selama 4-5 jam. Dan bisa di ciri kan bila daun tersebut berwarna gelap, maka sudah bisa dipastikan tumbuhan tersebut kekurangan sinar matahari, maka perlu diberi sebuah sinar yang matahari dengan cara membuka sebuah atap yang memungkina adanya dedaunan yang menghalangi sinar yang akan memancar ada tumbuhan anggrek ini.

3. Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

http://www.kebunpedia.com

Membahas jenis-jenis anggrek memang tidak aka nada habisnya, selain indah banyak pula keunikan dari bentuk dan cara hidupnya. Seperti yang satu ini ialah jenis anggrek yang dinamakan Tebu. Ya, anggrek tebu ini adalah jenis anggrek tersebar dibandingkan dengan jenis lainnya.

Dari bentuknya yang lebih besar dibandingkan jenis lainnya, anggrek ini pula memiliki keindahan tersendiri dan tidak kalah dengan jenis anggrek lainnya. Nama dari anggrek ini memang sangat lucu, karena mengingatkan pada tumbuhan tebu. Akan tetapi itu hanya sekedar nama yang diberikan oleh sekelompok orang yang alhasil sampai sekarang banyak orang menyebutnya anggrek tebu.

Padahal dalam bahasa dari penelitian sebuah tanaman, tanaman hias ini memiliki nama aslinya ialah (Grammatophyllum Speciosum). Dan bunga ini merupakan spesies terbesar diantara jenis lainnya.

Jenis anggrek ini memiliki nama bermacam-macam, ada yang menyebutnya dengan nama anggrek macan, anggrek harimau dan anggrek ratu. Namun di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan nama anggrek tebu.

Tanaman hias ini hanya akan tinggi mencapai 3 meter saja. Karena dari sebuah penelitian menyatakan telah berhasil ditemukan identitas, kebutuhan serta bentuk dan kekuatannya sangat rentan sekali, apalagi jika kurang mendapatkan sinar matahari.

Cara Menanam Bunga Anggrek

Cara Menanam Bunga Anggrek

http://cara-tani.blogspot.co.id/

Contoh Penanaman Anggrek Selop

Contoh Penanaman Anggrek Selop

https://alamendah.org

Cara menanam anggrek selop ini terbilang sangat mudah, karena jenis dari anggrek ini termasuk tanaman endemik di JawaTimur. Nama aslsi dari jenis anggrek yang satu ini ialah Paphiopedilum Glaucophyllum diambil dari bahasa latin. Habitat dari tumbuhan ini di daerah pegunungan Semeru.

Ciri khas dari bunga anggrek ini memiliki empat selop, dan udua diantaranya ialah kelopak utama dari bunga tersebut. Ciri lain dari bunga anggrek ini ialah memiliki satu labellum dan bentuk bibir dari bunga tersebut sangat mirip dengan tanaman kantung semar.

Akan tetapi bunga ini tidak bisa bertahan lama jika kurang mendapatkan sinar matahari. Karena terbilang sangat rentan dalam pertumbuhan tanaman ini jika ada gangguan sedikit seperti kurangnya sinar matahari, terkena hama dan mudah mati jika di pindah-pindah.

Berbeda dengan jenis anggrek bulan yang kurang menyukai sinar matahari, maka sering kita temukan di dalam rumah-rumah terpajang sebuah tanaman hias anggrek bulan di temple pada sebuah tembok.

Meski begitu, tumbuhan tersebut akan tetap hidup, karena sejatinya tumbuhan anggrek ialah tidak terlalu membutuhkan sinar matahari dibandingkan jenis tanaman padu umumnya yang membutuhkan sinar matahari dan bahkan sangat diperlukan untuk proses pertumbuhannya.

Teknik Penanaman

Teknik Penanaman

https://indonesianorchids.files.wordpress.com

– Memberi serabut kelapa dibagian akar

– Pastikan untuk seterusnya tidak berpindah-pindah tempat

– Tempel di daerah yang tidak terlalu panas

– Hindari serangga atau hama yang akan bersarang

– Beri air secukupnya

– Buang akar yang sudah mati

Begitu lah caraatau tekhnik penanaman anggrek selop, namun pada dasarnya tekhnik tersebut bisa berlaku untuk semua jenis bunga anggrek, yang diman terletak perbedaannya hanya pada beberapa spesies tertentu saja, seperti halnya jenis anggrek selop ini, yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari.

Akan tetapi semua tekhnik dari penanaman tersebut sama dan berguna untuk semua jenis anggrek. Karena dari beberapa tekhnik pada poin diatas sangat penting untuk proses pertumbuhan bunga anggrek.

Ada pula teknik lainnya ialah dengan memberi pot yang diberi tanah dan pupuk agar cepat dalam pertumbuhannya, sehingga memungkinkan tumbuhan tersebut tidak kekurangan air karena ditanam di dalam tanah dan diberi pupuk yang akan menyuburkannya.

Leave a Reply