15+ Teknik Lari Estafet Termudah Dari Start Sampai Finish

Atletik atau Lari Estafet ewmerupakan jenis olahraga lari yang dilakukan pada zaman purba hingga sekarang ini. Dan menjadi cabang olehraga yang sering dilakukan beberapa atlet dalam sebuah perlombaan Asean Games atau sejenisnya.

Atletik sudah ada pada zaman Yunani, seperti estafet obor yang berhubungan dengan adat. Dan bermaksud sebagai pemujaan kepada leluhur dengan meneruskan api keramat orde baru seperti api olimpiade berlin yakni berasal dari sebuah tradisi Yunani dimasanya.

Adapun jenis lari lainnya seperti dalam atletik lari sambung yang khususnya pada nomor lari. Seperti misalnya dimulai dari bangsa Aztec. Lari sambung ini merupakan jenis lari yang bertujuan untuk meneruskan sebuah berita yang lampau.

Untuk lari entafet sendiri dengan jarak tempuh 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter bagi laki-laki. Dan Lari estafet ini pertama kali diselenggarakan disebuah acara olimpiade pada tahun 1912.

Sedangkan untuk wanita sendiri dengan jarak tempuh 4 x 400 meter. Dan diselenggarkan pada tahun 1928. Hingga saat ini lari estafet sangat digemari banyak orang, karena cukup menyenangkan baginya.

Sementara untuk lari estafet ini terdiri dari 4 orang yang bekerja sama secara bergantian. Maing-masing regu memiliki empat anggota, yaitu pelari pertama, kedua, ketiga dan keempat.

Dalam sebuah olahraga jenis ini memerlukan beberapa trik yang jarang diketahui banyak orang yaitu dengan berlari lurus dan fokus pada tongkat yang akan disambung oleh pelari berikutnya, hingga bisa dilanjutkan tanpa kendala apapun.

Sejarah Lari Estafet

Sejarah Lari Estafet

http://axellalariestafet.blogspot.com

Sejarah lari estafet ini menjadi sebuah tradisi yang diselenggarakan pada zaman Yunani. Dan dilakukan oleh banyak orang hingga sekarang dijadikan lomba pada olimpiade atau sejenisnya.

Sebuah tradisi yang menjadi acara hiburan dan sekaligus bertujuan untuk meneruskan api keramat dizamannya. Dan bermaksud sebagai pemujaan leluhur pada zaman Yunani, dengan meneruskan berita yang sudah diketahui pada zamannya.

Begtiulah sejarah dari lari  estafet atau yang kita kenal sebagai lari sambung. Untuk mengenai estafet obor dari api keramat tersebut ialah bermaksud sebagai tradisi api olimpiade  yang ada hubungannya juga dengan pemujaan leluhur.

Sangat erat hubungannya dengan tradisi zaman yunani, karena memang  tradisi api olimpiade tersebut berasal dari bangsa Yunani. Maka dari itu api yang dijadikan simbol pada olimpiade ini merupakan lambang sebuah adat dan tradisi pemujaan dizamannya.

Peraturan Lari Estafet

Peraturan Lari Estafet

http://olahragabagus.blogspot.com

  1. Ada beberapa peraturan yang dijadikan tahap-tahap sebelum melakukan lari estafet ini ialah dengan mengukur jarak sebagai ukuran dimana akan dijadikan sebuah pergantian tongkat estafet tersebut.
  2. Harus menentukan panjang dari daerah pergantian tongkat estafet dengan jarak 20 meter, lebar 1,2 meter. Namun untuk pelari sendiri harus mempercepat larinya, agar bisa adanya pergantian tongkat dalam lomba lari estafet tersebut.

Lari Estafet juga disebut sebagai lari beranting, karena saling sambung menyambung dengan sebuah tim yang terdiri 4 anggota. Dan masing-masing memiliki tugasnya untuk melanjutkan bagiannya tersendiri.

Dari keempat anggota tersebut yang diantaranya ialah pelari pertama dengan bagian start jongkok untuk mempersiapkan dirinya. Sedangkan pelari kedua melanjutkannya berlari dengan cara bergantian sesuai jarak bagiannya masing-masing.

Untuk pelari ketiga melanjutkan pula dengan mempersiapkan pergantiannya pada anggot keempat. Sedangkan pelari keempat akan melakukan finish dengan kecepatan tinggi untuk menempuh jarak yang ditentukan hingga selesai.

Lapangan Lari Estafet

Lapangan Lari Estafet

https://aturanpermainan.blogspot.com

Untuk menyelenggarakan perlombaan lari estafet, ialah dengan melakukannya di area lapangan atletik. Agar tempat yang dipakai bisa dengan ukuran yang sama dan sesuai dengan apa yang dijadikan ketentuannya dilapangan.

Tempat tersebut bisa berupa lapangan tertutup ataupun terbuka. Untuk lomba lari estafet tersebut harus dipastikan dengan ukuran yang sama, agar masing-masing peserta bisa memiliki zonanya sendiri.

Dalam sebuah lomba lari estafet, masing-masing  lintasan harus berkisar 400 m dengan kapasitas  6 sampai 10 jalur, jika berada pada lapangan terbuka. Sedangkan untuk lintasan indoor memiliki 200 m, yang dibentuk dengan bulat seperti telur dan dengan kapasitas 4 sampai 8 jalur.

Salah satu cabang olahraga ini biasanya memakai track diluar ruangan, atau yang disebut dengan outdoor. Namun adapula yang menggunakannya disebuah lapangan indoor atau dalam ruangan.

Pada sebuah lapangan yang digunakan untuk lari estafet, biasanya tersedia lapangan rumput,karpet ataupun rumput sintetis. Agar mengantisipasi kemungkinan terjadinya luka saat terjatuh ketika berlari kencang.

Jarak pergantian antara pelari pertama dengan kedua ialah 10 meter dari garis start. Dan langsung digantikan oleh pelari kedua, yang akan melanjutkannya hingga mencapai jarak tempuh dari pergantian selanjutnya.

Teknik Lari Estafet

Teknik Lari Estafet

http://walpaperhd99.blogspot.com

Seringkali orang melakukan lari estafet ini lupa ataupun memang kurang memahami teknik yang ditentukan sesuai cara dan peraturannya. Cara tersebut ialah dengan mempersiapkan diri pada start degngan berjongkok.

Dan setelah itu melakukan tahap selanjutnya seperti pergantian tongkat. Nah, disini seringkali terjadi kesalahan oleh semua orang dalam pergantian tongkat tersebut. Kesalahannya ialah bisa dari penerima ataupun pemberi tongkat tersebut.

Teknik dalam pemberian tongkat agar tidak terjadi kesalahan ialah dengan memegang setengah bagian dari tongkat bagi pemberi, agar bisa diterima oleh penerima dengan memegang pada bagian ujung tongkat tersebeut.

Cara memegang tongkat sendiri bisa dengan menggunakan tangan kanan taupun kiri. Namun harus dipegang setengah dari bagian tongkat tersebut, agar lebih mudah ketika momen pergantian tongkat, akan diterima oleh penerima dengan memegang bagian ujungnya.

Sementara tongkat tersebut diharuskan pada posisi belakang gari start dan tidak menyentuh garis startnya, agar bisa memungkinkan lebih mudah dan cepat ketika ada pergantian tongkat pada pelari selanjutnya.

Beberapa contoh dari lari sambung ini akan dibahas secara detil sesuai peraturannya, yaitu sebagai berikut:

Teknik Start Lari Estafet

Teknik Start Lari Estafet

http://www.penjasorkes.com

Posisi pelari pertama harus tepat pada start awal, dengan berjongkok dan menyiapkan diri untuk cepat berlari. Dan posisi tanganpun harus berada pada belakang garis start dengan memegang tongkat yang tidak menyentuh garis.

Teknik Memegang Tongkat Estafet

Teknik Memegang Tongkat Estafet

http://edukasicenter.blogspot.com

Teknik dalam sebuah lari estafet ini ialah dengan memgang ujung dan setengah dari bagian tongkatnya, sedangkan setengah dari bagian tongkatnya lagi untuk dipegang oleh penerima atau pelari selanjutnya.

Teknik Memberi dan Menerima Tongkat Estafet

Teknik Memberi dan Menerima Tongkat Estafet

http://www.berbagaireviews.com

Dalam pergantian tongkat tentunya ada sebuah teknik, yaitu dengan panjang tongkat 20 meter. Dan harus masih dalah sebuar garis. Karena dalam sebuah pergantian tersebut dilakukan dengan melewati garis, maka akan diskualifikasi agau digugurkan.

Tongkat tersebut memiliki ukuran 20 meter dengan nama wisel. Nah, dalam menerima tongkat  estafet ini harus dalam posisi dari bawah keatas. Karena hanya dipegang setengah bagiannya pada kayu tersebut.

Contoh kesalahan yang umum terjadi:

  1. Tidak fokusa dalam start, yang mengakibatkan terlalu lambat untuk berdiri setelah jongkok dan memungkinkan akan kalah diawal, sehingga tertinggal oleh pelari lainnya.
  2. Posisi saat berlari terlalu dibagin tengah, sehingga bisa mempersulit pergantian pelari dan saat memberi tongkat.
  3. Ketidak stabilan tangan saat berlari sambil membawa tongkat, sehingga akan mempersulit untuk memberikan kepada penerima dan kemungkinan akan gagal dan terjatuh tongkat tersebut.
  4. Kurang berhati-hati saat membawa tongkat, sehingga bisa mudah terjatuh sebelum adanya pergantian.
  5. Ketika akan memberikan tongkat, pemberi ada dibelakang penerima dan dan berlari terlalu ketengah, sehingga bisa menginjak kaki penerima dan terjadi kesulitan untuk berlari.
  6. Pemberi tongkat tidak memberikan aba-aba berupa tanda atau isyarat seperti berteriak kepada penggantinya, sehingga mengakibatkan penerima tidak paham dan tidak mengetahui.
  7. Pemberi tongkat tersebut mulai berlari pelan saat mengangkat tongkat tersebut.

Nomor Lari Estafet

Nomor Lari Estafet

http://www.berbagaireviews.com

1. 100 Meter

Biasanya dengan jarak tempuh seperti diatas dilakukan pada lintasan atletik outdoor. Dan mengenai nomor tersebut menjadi sebuah angka yang bergengsi dalam cabang olahraga yang satu ini.

Karena semua itu akan dilakukan dalam sebuah perlombaan yang menjadi sebuah tantangan dan kebanggan tersendiri. Maka dari itu jenis atletik yang satu ini merupakan ajang bergengsi dalam sebuah olahraga lari estafet.

2. 400 meter

Untuk nomor 400 meter, para peserta lomba berlari harus memutari satu kali putaran pada lintasan tersebut. Seperti halnya dengan lomba 200 meter, yang mempersiapkan posisi start dari pelari tersebut sudah ditentukan jarak yang telah disesuaikan.

Seperti dalam sejarah pemecah rekor dunia 400 meter putra, yang kini telah dipegang oleh Michael Johnson dari Amerika Serikat. Dalam sebuah sejarah mencatat rekor tercepat dengan waktu 43,18 detik. Sedangkan untuk rekor dunia putri ialah Marita Koch dari Jerman Timur. Dengan waktu, 47,60 detik dan hingga tahun 1985 tetap bertahan.

Dalam sebuah tradisi lari estafet dengan nomor 4 × 400 meter merupakan nomor yang paling terakhir dan yang akan dilombakan pada sebuah kejuaraan besar dalam sebuah atletik lari estafet.

Panjang Tongkat Estafet

Panjang Tongkat Estafet

http://citrawidya.com

Dalam sebuah lari estafet, tongkat merupakan benda yang akan dijadikan sebagai barang yang diberikan dengan cara bergantian. Sesuai dengan para pelari dalam satu regu tersebut akan bergilir untuk membawanya sambil berlari.

Ukuran tongkat tersebut ialah sebagai berikut:

Panjang dari tongkat tersebut harus : 11.5 inch = 29.21 cm

Diameter tongkat yang akan dibawa saat perlombaan ialah dengan ukuran : 1.5 inch = 3,81 cm (dewasa), sedangkan untuk anak-anak sendiri memiliki ukuran 1 inch 2,54 cm.

Dan berat dari tongkat tersebut harus ditentukan dengan: 50 gr, tidak boleh kurang ataupun lebih. Karena jika lebih, akan menyulitkan para pelari ketika akan membawanya saat berlari.

Cara Menerima Tongkat Estafet

Cara Menerima Tongkat Estafet

https://satujam.com

  1. Visual : Untuk yang berjarak 4 x 400 meter, harus melihat kebelakang.
  2. Non Visual : Tidak perlu menoleh atau melihat kebelakang, karena cara ini lebih pendek  yaitu 4×100 meter.

Sekian penjelasan tentang cara, teknik dan sejarah mengenai lari estafet atau yang lebih dikenal sebagai lari sambung ini. Untuk keterang yang kurang jelas dan tepat, harap dimaklum, karena data yang didapat dari penulis mungkin bisa saja kurang akurat dan tepat.

Saran dan kritik yang membangun, sangat diharapkan untuk menambakan artikel ini yang masih jauh dari kat sempurna, maka penulis sangat menghargai pendapat dan masukan dari pembaca.

Dan semoga artikel ini bisa membantu anda yang sedangmencari informasi terkait dengan sejarah dari lari estafet. Jika ada kesalahan dalam penulisan kata, nama tempat, negara, nama tokoh dan data, agar bisa dimaafkan sebagaimana mestinya semata-mat artikel ini dibuat untuk berbagi informasi kepada pembaca sekalian.

Leave a Reply